Keragaman Budaya Nasional Dan Interaksi Global


 11 GEOGRAFI


KD 3.6 KERAGAMAN BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL

 

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya yang tinggi. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang memiliki banyak perbedaan dalam berbagai bidang kehidupan. Kata budaya berasal dari bahasa Sanksekerta, yaitu budhhayah. Kata buddhayah merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Dengan demikian, kebudayaan dapat dipahami sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal, seperti pikiran (cipta), rasa, dan kehendak (karsa). Keberagaman budaya Indonesia dapat dilihat dari keragaman ras, suku bangsa, agama, kepercayaan, ideologi, politik, sosial-budaya, dan ekonomi. Ilmu bantu geografi yang mengkahi tentang keanekaragaman budaya adalah antropologi.

 

Secara garis besar, terdapat tiga wujud kebudayaan yang ketiganya tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Ketiga wujud kebudayaan tersebut adalah gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia.

1.     Gagasan sebagai wujud kebudayaan ideal bersifat abstrak, tidak dapat diraba atau disentuh, tetapi manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Wujud dari kebudayaan ini berada di dalam pemikiran masyarakat yang ditaati sebagai pedoman perilaku dan bertindak. Gagasan dapat berupa ide, nilai, norma, peraturan, dan adat istiadat. 

2.     Tindakan atau kebudayaan perilaku merupakan wujud kebudayaan yang tampak secara konkret sebagai hasil aktualisasi ide atau gagasan yang ada dalam pikiran manusia. Aktualiasasi kebudayaan perilaku dapat dipantau oleh pancaindra manusia seperti upacara-upacara adat, tarian, dan tradisi masyarakat.

3.     Hasil karya manusia sebagai wujud kebudayaan merupakan hasil tindakan konkret manusia dalam bentuk kebudayaan fisik. Wujud kebudayaan ini dapat berupa hasil karya berupa benda-benda seni budaya seperti patung, lukisan, dan rumah adat.

 

Menurut Koentjoroningrat, terdapat tujuh unsur kebudayaan nasional yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan, sistem peralatan hidup (teknologi), sistem mata pencaharian, sistem religi, dan kesenian.

1.     Bahasa adalah salah satu alat yang kita gunakan dalam berkomunikasi. Bahasa dalam kehidupan manusia bisa digunakan secara lisan maupun tertulis dalam bentuk aksara.

2.     Sistem pengetahuan masyarakat seputar alam sekitarnya, kondisi geografis, flora dan fauna, waktu, hingga sifat dan tingkah laku. Pengetahuan dapat digunakan untuk membuat sistem penanggalan dan pembuatan rumah adat. Sistem kemasyarakatan adalah kelompok-kelompok yang dibentuk masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka.

3.     Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial meliputi sistem kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, dan lain-lain.

4.     Peralatan hidup dan teknologi mencakup hal-hal yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Teknologi juga merupakan salah satu cara masyarakat untuk mengelola atau mengumpulkan bahan-bahan yang belum jadi (mentah) untuk menjadi bahan yang bisa dipakai dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

5.     Mata pencaharian merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem ekonomi ini meliputi, berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, dan perdagangan.

6.     Sistem religi mencakup kepercayaan, agama, hingga ritual-ritual adat yang diyakini oleh masyarakat. Dalam kata lain sistem religi juga diartikan sebagai sistem yang terpadu antara praktek agama dan keyakinan seseorang yang berkaitan dengan hal-hal sakral atau suci yang tidak dapat dijangkau oleh akal dan pikiran. Sistem religi dalam kebudayaan dapat berupa tradisi atau upacara-upacara adat seperti upacara pernikahan, upacara kelahiran, dan upacara kematian.

7.     Kesenian mencakup hasil kesenian yang diciptakan oleh masyarakat, misalnya seni rupa, musik, hingga tari-tarian. Kesenian juga merupakan salah satu hasil karya manusia atau kelompok yang memiliki nilai keindahan atau estetika yang juga merupakan wujud dari ekspresi jiwa manusia yang disajikan dalam bentuk seni.

 

Keragaman budaya Indonesia dari Sabang hingga Marauke dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain letak geografis, posisi strategis, kondisi ekologis, bentuk wilayah, dan aksesbilitas.

1.     Letak geografis Indonesia dapat mempengaruhi keragaman budaya karena tempat tinggal manusia ikut berperan dalam membentuk tingkah laku dan kebiasaan atau cara hidup yang merupakan dasar terbentuknya suatu budaya. Letak geografis dapat mempengaruhi aktivitas manusia dalam memanfaatkan lingkungannya, misalnya penduduk di dataran rendah akan bermata pencaharian sebagai petani sedangkan penduduk di dataran tinggi bermata pencaharaian sebagai peternak. Pakaian adat suatu wilayah juga dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah.

2.     Posisi strategis Indonesia dapat memengaruhi kebudayaan masyarakat Indonesia dengan datangnya bangsa asing dan bertemu dengan penduduk lokal, memungkinkan adanya penggabungan kebudayaan. Posisi strategis Indonesia yang berada di antara dua benua dan dua samudra menyebabkan banyak pencampuran unsur kebudayaan asing yang masuk ke dalam budaya lokal yang masih menampakan unsur budaya asli (akulturasi), menghasilkan unsur budaya baru yang berbeda dari budaya asli (asimilasi), dan perkawinan campuran antarras (amalgamasi). Misalnya penyerapan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, Belanda, dan Tiongkok.

3.     Kondisi ekologis dapat mendorong manusia untuk beradaptasi agar dapat bertahan hidup dengan kondisi geografis yang berbeda-bedar dari satu tempat ke tempat lain, timbulnya keragaman budaya. Suku Baduy yang membangun rumah berhadapan dan hanya menghadap ke arah Utara dan Selatan hal ini bertujuan supaya sinar matahari dapat menyinari seluruh ruangan melalui jendela samping rumah.

4.     Bentuk wilayah dapat mempengaruhi keberagaman budaya karena Indonesia memiliki bentuk wilayah berupa negara kepulauan sehingga setiap pulau atau wilayah memiliki keunikan budaya yang khas dan berbeda dari pulau atau wilayah lainnya. Suku Mentawai di Pulau Mentawai. Sumatera Barat memikili budaya yang sangat berbeda dengan Suku Padang yang berlokasi di Pulau Sumatera.

5.     Aksesibilitas dapat mempengaruhi kemudahan untuk mencapai suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sarana dan prasaranan (infrastruktur) antarwilayah. Kemudahan aksesbilitas dan sikap terbuka masyarakat dapat menyebabkan masuknya unsur budaya luar ke dalam budaya lokal sehingga budaya lokal dapat berkembang dan menghasilkan budaya baru.







Sumber literasi dalam pembelajaran ini terdapat pada tautan berikut:
https://blog.ruangguru.com/faktor-geografis-terhadap-keragaman-budaya-indonesia
https://www.zenius.net/prologmateri/sosiologi/a/813/unsurbudaya#:~:text=Menurut%20Koentjaraningr
at%2C%20unsur%2Dunsur%20budaya,hidup%2C%20sistem%20religi%20dan%20kesenian


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2021/02/keragaman-budaya-nasional-dan-interaksi.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Samsung Named No 1 Global Tv Manufacturer For 15 Consecutive Years

Samsung Named No 1 Global Tv Manufacturer For 15 Consecutive Years

papar berkaitan - pada 4/3/2021 - jumlah : 232 hits
New industry report affirms 15 years of industry leading innovation positioning Samsung at forefront of TV industry Samsung Electronics Co Ltd topped the global TV market for the 15th consecutive year according to market research firm Omdia...
Apple Officially Releases Global Iphone Se 2020 This List Prices In Various Countries

Apple Officially Releases Global Iphone Se 2020 This List Prices In Various Countries

papar berkaitan - pada 3/3/2021 - jumlah : 205 hits
Photo Apple com Technology Portfolio net Apple has officially launched their cheap iPhone the iPhone SE 2020 Following the release in the United States the iPhone also slid to a number of This is a content summary only Visit my website for ...
Redmi K40 Sah Akan Dipasarkan Sebagai Poco F3 Untuk Pasaran Global

Redmi K40 Sah Akan Dipasarkan Sebagai Poco F3 Untuk Pasaran Global

papar berkaitan - pada 2/3/2021 - jumlah : 210 hits
Minggu lalu apabila siri Redmi K40 dilancarkan ramai di kalangan pembaca teruja kerana peranti ditawarkan pada harga yang amat mampu milik Redmi K40 yang dijana cip Snapdragon 870 misalnya dijual di China pada harga di antara RM1252 RM1690 ...
Malaysia Economy To Improve In 2021 In Line With Global Recovery Pm

Malaysia Economy To Improve In 2021 In Line With Global Recovery Pm

papar berkaitan - pada 1/3/2021 - jumlah : 181 hits
The government expects Malaysia s economic position to improve this year in line with the recovery of global economic and trade activities said Prime Minister Muhyiddin Yassin Citing a World Economic Outlook report he said the world s gross...
Airasia Call For Standardised Global Protocols To Help Air Travel Recovery

Airasia Call For Standardised Global Protocols To Help Air Travel Recovery

papar berkaitan - pada 4/3/2021 - jumlah : 207 hits
As vaccines continue to roll out across the globe and domestic air travel looks set to return to pre Covid 19 levels in the near future AirAsia joins a number of leading aviation and tourism experts in calling for a standardised approach to...
Penyelesaian Global 1mdb Bukti Kerajaan Tidak Berkompromi Tengku Zafrul

Penyelesaian Global 1mdb Bukti Kerajaan Tidak Berkompromi Tengku Zafrul

papar berkaitan - pada 4/3/2021 - jumlah : 147 hits
Tengku Zafrul Tengku Abdul Aziz KUALA LUMPUR Penyelesaian global membabitkan skandal 1Malaysia Development Berhad digunakan untuk melangsaikan kewajiban tertunggak dana tersebut Menteri Kewangan Datuk Seri Tengku Zafrul Abdul Aziz berkata p...
Rmk12 Perikatan Nasional Jangan Berangan

Rmk12 Perikatan Nasional Jangan Berangan

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 150 hits
Kerajaan digesa supaya memberi perhatian yang amat serius terhadap golongan bawahan dan marhaen khususnya dalam Perintah Kawalan Pergerakan yang tidak berkesudahan ini Malah kerajaan pimpinan Perikatan Nasional diminta supaya segera turun p...
Zahid Perjelas Status Terkini Muafakat Nasional

Zahid Perjelas Status Terkini Muafakat Nasional

papar berkaitan - pada 15/2/2021 - jumlah : 185 hits
tuncarlos com KENYATAAN PRESIDEN UMNO Saya tahu ramai tertanya tanya mengenai status terkini Muafakat Nasional yang dipelopori UMNO dan PAS pada tahun 2019 Ia disebabkan PAS secara rasmi telah menyertai Perikatan Nasional yang diasaskan Par...
Saatnya Desa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional

Saatnya Desa Jadi Lokomotif Ekonomi Nasional

papar berkaitan - pada 13/2/2021 - jumlah : 139 hits
Gagasan baru dalam menginovasi berbagai program dan gerakan ekonomi yang berbasis mikro kecil dan menengah terus dilakukan salah satunya adalah Program Desa BRILian
5 Sekawan Dipenjara 36 Tahun 12 Sebatan Kerana Bunuh

Kanak Kanak Usia 3 Tahun Sudah Boleh Diajar Berdikari Tahu Urus Diri Sudah Cukup Baik

Ringgit Has Been Unfortunate Unfairly Assessed Vs Us Dollar Bnm

Ringgit Closes Almost Unchanged As Opr Remains At 3

Asal Usul Coca Cola

Lumira Eka Heights Epitome Of Contemporary Living

Spiritual Leader Indians May Vote For Bersatu Candidate Because Of Pas

Staycation Di Flemington Hotel Taiping



Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3


Harum Mewangi

Websitepgslot 4 May 67 Pgslot Top 36 By Joy Temmax69 Temmax69 Me

Pgslot Pgslotth Games 24 24 Pg Top 32 By Shona

Crisis Management 101

Elok Kita Saja Yang Tanam Bawang Harian Metro 09 05 2024

Tarikh Bayaran Gaji Ogos 2024