Kapendam Cenderawasih Diminta Klarifikasi Pernyataannya


Pendeta Nataniel Tabuni minta Kapendam Cenderawasih klarifikasi pernyataannya

Jayapura, Jubi - Pendeta Nataniel Tabuni meminta Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf. Muhammad Aidi untuk mengklarifikasi pernyataannya yang menyebutkan dia sudah bertemu dengan Pendeta Gemin Nirigi yang dikabarkan tewas dibakar di Mapenduma, Nduga dan Pendeta tersebut dalam keadaan sehat.

Kapendam dalam pernyataan kepada sebuah media Jakarta bersikap seolah Pendeta Nataniel Tabuni menyampaikan informasi tersebut kepada dirinya untuk diteruskan kepada media.
Pendeta Nataniel Tabuni (tengah) bersama Pendeta Esmon Walilo (kanan) saat menyampaikan permintaan klarifikasi kepada Kapendam XVII Cenderawasih - Jubi/Victor Mambor
Di media online Jakarta itu, (https://news.detik.com/berita/4380351/dikabarkan-mati-di-pembantaian-nduga-pendeta-gemin-ternyata-sehat)  tertulis :

"Kabar pembunuhan kepada Pendeta Gemin Nirigi dan mayatnya langsung dibakar sama aparat keamanan adalah tidak benar. Kabar tersebut hanyalah isu yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Pendeta Nataniel Tabuni melalui Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi di Jayapura, Jumat (11/1/2019).

"Nataniel mengakui kalau dia sudah bertemu dengan Pendeta Gemin Nirigi dan beliau dalam keadaan baik baik saja," katanya.

Namun Pendeta Nataniel Tabuni kepada Jubi mengungkapkan dirinya tidak pernah menyampaikan sepatahkatapun kepada Kapendam sebagaimana yang ditulis oleh media tersebut.

“Saya tidak pernah bicara seperti itu. Mapenduma itu jauh sekali. Saya belum pernah injak kaki di situ. Kalau orang tipu seperti ini kan tidak baik. Apalagi pakai nama saya,” kata Pendeta Nataniel Tabuni kepada Jubi di Wamena, Selasa (15/1/2019).

Pendeta Nataniel Tabuni minta Kapendam segera mengklarifikasi pernyataannya di media massa itu. Karena itu bisa memberikan dampak negatif pada dirinya yang selama ini bekerja sebagai pelayan Tuhan di Nduga.

“Saya ini gembala, kalau ternyata itu tidak benar, saya juga berdosa. Jangan pakai nama saya untuk berbohong,” kata Pendeta Nataniel lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Pendeta Esmon Walilo, Kordinator Gereja Kingmi Kabupaten Jayawijaya mengaku sudah berkomunikasi dengan Kapendam terkait pernyataan di media online Jakarta tersebut. Namun saat ia minta klarifikasi Kapendam, ia tak mendapatkan jawaban dan komunikasi keduanya terhenti. Pernyataan apapun yang disampaikan oleh seorang pendeta, kata Pendeta Esmon, berkaitan dengan organisasi dimana pendeta tersebut bernaung sehingga sebagai Ketua Klasis Jayawijaya, ia meminta klarifikasi Kapendam.

“Tapi sampai hari ini saya belum dapat jawaban dari Kapendam. Jadi siapa yang sebenarnya menyebarkan hoax?” tanya Pendeta Esmon.

Menurut Pendeta Esmon, informasi tentang pendeta Gemin Nirigi yang dikabarkan tewas dalam keadaan terbakar didapatkan dari keluarga pendeta tersebut.

Pada tanggal 19 Desember 2018, Pendeta Gemin ikut bersama masyarakat mengungsi dari Mapenduma menuju Paro. Namun di tengah jalan Pendeta Gemin memutuskan untuk kembali ke Mapenduma.  Ia tidak sanggup melanjutkan perjalanan akibat lututnya yang sudah lama sakit. Namun kemudian pendeta ini ditemukan oleh anaknya, Mincena Nirigi sudah dalam keadaan tak bernyawa dengan kondisi terbakar di belakang rumah mereka pada tanggal 3 Januari 2018.

Pendeta Gemin Nirigi adalah salah satu tokoh gereja dan salah satu penerima injil masuk diKabupaten Nduga. Ia juga seorang penterjemah Alkitab ke dalam bahasa lokal.

Namun karena keterbatasan akses transportasi maupun komunikasi, informasi ini masih belum bisa diverifikasi kebenarannya.

“Supaya informasi tentang Pendeta Nirigi ini bisa jelas, sebaiknya akses ke Nduga dibuka semua. Terutama ke Mapenduma supaya wartawan, LSM atau gereja bisa membuktikan siapa yang benar dan siapa yang sebar Hoax,” ujar Pendeta Esmon. (*)

Sumber : https://tabloidjubi.com/artikel-22643-pendeta-nataniel-tabuni-minta-kapendam-cenderawasih-klarifikasi-pernyataannya.html
***

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/01/kapendam-cenderawasih-diminta.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ustaz Arifin Ilham Dirawat Di Rscm Masyarakat Diminta Doakan Kesembuhan

Ustaz Arifin Ilham Dirawat Di Rscm Masyarakat Diminta Doakan Kesembuhan

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 294 hits
Sejumlah tokoh dan pejabat membesuk Ustaz Arifin Ilham di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Mereka meminta masyarakat memanjatkan doa untuk kesembuhan Ustaz Arifin Ilham
Mangkir 2 Kali Aher Diminta Kpk Tak Persulit Proses Hukum Kasus Meikarta

Mangkir 2 Kali Aher Diminta Kpk Tak Persulit Proses Hukum Kasus Meikarta

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 190 hits
Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan alias Aher tak mempersulit proses hukum kasus dugaan suap izin pembangunan proyek Meikarta
Reaktivasi Rel Banjar Cijulang 3 Kepala Daerah Diminta Bantu Tertibkan Bangunan

Reaktivasi Rel Banjar Cijulang 3 Kepala Daerah Diminta Bantu Tertibkan Bangunan

papar berkaitan - pada 8/1/2019 - jumlah : 195 hits
Proses reaktivasi jalur kereta api Banjar Pangandaran Cijulang akan dimulai tahun ini PT KAI yang merupakan inisiator proyek akan menertibkan bangunan yang berada di atas rel
Kpu Diminta Bangun Kepercayaan Publik Agar Hasil Pemilu Tak Jadi Konflik

Kpu Diminta Bangun Kepercayaan Publik Agar Hasil Pemilu Tak Jadi Konflik

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 109 hits
Sebelumnya netralitas KPU menjadi sorotan Setelah membatalkan pemaparan visi misi Capres Cawapres KPU juga memberikan bocoran soal debat capresperdana pada 17 Januari nanti Hal ini membuat kubu Prabowo Sandiaga curiga dengan KPU
Tak Dilarang Aturan Bagasi Lion Air Berbayar Diminta Beri Masa Tenggang 2 Minggu

Tak Dilarang Aturan Bagasi Lion Air Berbayar Diminta Beri Masa Tenggang 2 Minggu

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 220 hits
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan aturan ada maskapai diizinkan untuk memberlakukan tarif termasuk tarif bagasi Namun dia meminta agar pemberlakuan bagasi Lion Air berbayar baru tersebut tidak mengganggu layanan k...
Rapat Dengan Dpr Kpu Diminta Cool Bukan Malah Ikut Buat Gaduh

Rapat Dengan Dpr Kpu Diminta Cool Bukan Malah Ikut Buat Gaduh

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 134 hits
Herman menilai KPU turut serta dalam kegaduhan dalam menangani kasus hoaks tujuh kontainer tersebut Dia berharap penyelenggara pemilu tidak ikut meramaikan apalagi menggiring opini di masyarakat dan menangani masalah dengan lebih Berwibawa
Pendukung Pembuat Hoaks Surat Suara Prabowo Diminta Tata Cara Kampanye

Pendukung Pembuat Hoaks Surat Suara Prabowo Diminta Tata Cara Kampanye

papar berkaitan - pada 9/1/2019 - jumlah : 214 hits
Pendukung Pembuat Hoaks Surat Suara Prabowo Diminta Tata Cara Kampanye Pihaknya berharap relawan dan pendukung capres petahana Joko Widodo tidak masuk lubang sama Menurut Antoni pendukung itu mengikuti pimpinannya Jokowi kata dia bersih dar...
Najib Diminta Teruskan Troll Kerajaan Pakar U Turn

Najib Diminta Teruskan Troll Kerajaan Pakar U Turn

papar berkaitan - pada 6/1/2019 - jumlah : 303 hits
SHAH ALAM Mantan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak diminta terus aktif mengkritik dan mendedahkan salah laku kerajaan Pakatan Harapan di laman sosial Facebook Permintaan itu diluahkan seorang netizen yang menggunakan nama akaun Chee Ko...
Merapi Keluarkan Lava Pijar Masyarakat Diminta Jauhi Radius 3 Kilometer

Merapi Keluarkan Lava Pijar Masyarakat Diminta Jauhi Radius 3 Kilometer

papar berkaitan - pada 5/1/2019 - jumlah : 183 hits
Akibat peristiwa tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klaten meminta masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana III Gunung Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan BPBD juga meminta agar pada radius 3 kilometer dari pun...
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Umno Explores Every Means Possible To Free Najib

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

100 Cawangan Kfc Tutup Dan Akur Kuasa Boikot

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


Kempen Ramadan Dan Raya 2024 Kuskop Mari Beli Lokal Kembali Lagi

Sustainable And Ethical Practices

Aktiviti Majlis Rumah Terbuka Aidilfitri Yayasan Bekas Anggota Perisikan Tentera Malaysia 04 05 2024

Aktiviti Majlis Perasmian Richiamo Mart Dan Rumah Terbuka Aidilfitri Kumpulan Richiamo 2024 Ppim 05 05 2024

Suspek Simbah Asid Faisal Halim Ditahan Direman Hari Ini

Kita Berada Di Dalam Kubur Lebih Lama Daripada Hidup Di Atas Dunia