Kapan Manusia Modern Bermigrasi Dari Afrika


JUM'AT, 22 MARET 2013 | 19:16 WIBKapan Manusia Modern Bermigrasi dari Afrika?Fisik dan otak manusia modern lebih kecil dari nenek moyangnya. (dailymail)
TEMPO.CO, Jakarta - Teori tentang migrasi manusia modern keluar dari Afrika (Out of Africa) kembali diperbarui. Penelitian paling mutakhir dilakukan oleh kelompok pakar genetika evolusi internasional. Mereka menggunakan DNA mitokondria dari sisa-sisa fosil manusia modern untuk memperkirakan tingkat mutasi genetik


Analisis dilakukan terhadap tiga kerangka berumur 31.000 tahun yang berasal dari Republik Cek; dua kerangka berumur 14.000 tahun dari Oberkassel, Jerman; mumi alami Ötzi si Manusia Es yang diperkirakan hidup antara 3350 dan 3100 Sebelum Masehi; dan kerangka terbaru milik seorang pria yang tinggal di Prancis pada abad pertengahan sekitar 700 tahun lalu. Sampel kerangka tertua yang digunakan berumur 40.000 tahun dan berasal dari Tianyuan di Cina.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan genetik antara manusia Afrika dan non-Afrika dimulai 62-95 ribu tahun lalu. Angka ini mirip dengan hasil penelitian arkeologi yang melakukan penghitungan umur terhadap perkakas batu yang ditemukan di Afrika.


"Tapi mereka tidak setuju dengan hasil penelitian genetik yang memperkirakan migrasi dimulai jauh lebih awal, sekitar 130 ribu tahun yang lalu atau bahkan sebelumnya," ujar para peneliti, Jumat 22 Maret 2013.


Penelitian ini dimuat secara detail dalam makalah yang dipublikasikan di jurnal Current Biology pada 21 Maret lalu.


Sebelumnya, pengurutan seluruh genom dilakukan terhadap manusia yang masih hidup. Tujuannya untuk menghitung jumlah mutasi genetik pada bayi yang baru lahir lalu dibandingkan dengan orang tua guna menentukan tingkat mutasi tiap generasi. Hasilnya, ada sekitar 50 mutasi genetik yang muncul per generasi.


Temuan tersebut sangat penting karena menghasilkan "jam" molekuler yang dapat diekstrapolasi ke masa lampau untuk mengetahui peristiwa-peristiwa penting dalam evolusi manusia.


Nah, penelitian terbaru berfokus pada pengurutan DNA mitokondria dari fosil manusia modern. Umur fosil terlebih dulu ditentukan dengan metode penanggalan radiokarbon. Sampel yang digunakan berasal dari manusia yang hidup sampai 40.000 tahun yang lalu.


"Sampel itu menyediakan berbagai titik kalibrasi untuk menaksir kapan awal mereka bermigrasi keluar dari benua Afrika," ujar para peneliti.


Perbedaan waktu migrasi antara penelitian terbaru dengan penelitian genetik sebelumnya bisa diakibatkan minimnya perkiraan jumlah mutasi baru pada generasi manusia yang hidup. Ini bisa terjadi karena sulitnya membedakan mutasi yang riil dengan mutasi yang palsu. Minimnya jumlah mutasi berdampak pada perkiraan waktu yang lebih tua terhadap kapan terjadinya migrasi dari Afrika dan peristiwa penting lainnya.


Para peneliti mengatakan, tanggal baru, yang sesuai dengan bukti arkeologi, menunjukkan bahwa manusia modern sudah menghuni Eropa dan Asia sebelum dan sesudah periode glasiasi yang terbaru. "Mereka mampu bertahan dan beradaptasi dengan perubahan iklim yang berubah dramatis," ucap mereka. Simak berita iptek lainnya di sini.


PHYS | MAHARDIKA SATRIA HADI

Sumber:http://www.tempo.co/read/news/2013/03/22/061468786/Kapan-Manusia-Modern-Bermigrasi-dari-Afrika

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://luagan-ilmu.blogspot.com/2015/01/kapan-manusia-modern-bermigrasi-dari.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Benarkah Pengambilan Jus Buah Penyebab Diabetis Kepada Manusia

Benarkah Pengambilan Jus Buah Penyebab Diabetis Kepada Manusia

papar berkaitan - pada 14/10/2019 - jumlah : 230 hits
Benarkah Pengambilan Jus Buah Penyebab Diabetis Kepada Manusia Tidak di nafikan kebanyakkan daripada kita suka minum jus buah yang mudah di dapati di mana mana kedai makan mahupun restoran Sedar atau tidak diabetis boleh terjadi kepada manu...
Modern Muslims Too Obsessed With Rituals Afterlife Indonesian Scholar

Modern Muslims Too Obsessed With Rituals Afterlife Indonesian Scholar

papar berkaitan - pada 28/10/2019 - jumlah : 258 hits
An obsession with the exterior dimension of Islam and on the afterlife has halted the progress of the Islamic civilisation according to Indonesian academician Prof Yudi Latif Where various Islamic civilisations throughout history used to ga...
Jadual Waktu Badan Manusia Bekerja Nak Sihat Anda Wajib Tahu

Jadual Waktu Badan Manusia Bekerja Nak Sihat Anda Wajib Tahu

papar berkaitan - pada 17/10/2019 - jumlah : 562 hits
Jadual Waktu Badan Manusia Bekerja Waktu Pagi 3 00 am 5 00 am Paru paru Ini adalah waktu terbaik untuk bangun dari tidur Ketika ini terdapat lebih banyak kandungan ozon di udara Ini akan memberi satu sumber tenaga yang baru jika The post ap...
Reman Suspek Kes Penemuan Lapan Bahagian Tubuh Mayat Manusia Disambung

Reman Suspek Kes Penemuan Lapan Bahagian Tubuh Mayat Manusia Disambung

papar berkaitan - pada 18/10/2019 - jumlah : 288 hits
MELAKA 18 Okt Lelaki warga Singapura yang disyaki terlibat dalam kes penemuan lapan bahagian tubuh mayat manusia dipercayai milik lebih daripada seorang individu di kawasan semak Kampung Ladang Krubong di sini disambung reman selama tujuh h...
Penelitian Rata Rata Manusia Temukan Sahabat Di Usia Ini

Penelitian Rata Rata Manusia Temukan Sahabat Di Usia Ini

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 106 hits
Menurut penelitian orang menemukan sahabat terbaiknya di usia rata rata 21 tahun
Manusia Ternyata Memiliki Kemampuan Untuk Melakukan Regenerasi Seperti Salamander

Manusia Ternyata Memiliki Kemampuan Untuk Melakukan Regenerasi Seperti Salamander

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 151 hits
Kami percaya bahwa pemahaman dari kapasitas regeneratif seperti salamander pada manusia ini serta komponen penting yang hilang dari sirkuit regulatori bisa memberi daras pada pendekatan untuk memperbaiki jaringan persendian dan bahkan selur...
Venezuela Umum 039 Kemenangan 039 Rebut Kerusi Majlis Hak Asasi Manusia Pbb

Venezuela Umum 039 Kemenangan 039 Rebut Kerusi Majlis Hak Asasi Manusia Pbb

papar berkaitan - pada 20/10/2019 - jumlah : 235 hits
Venezuela umum kemenangan rebut kerusi Majlis Hak Asasi Manusia PBB Dikemas kini 1 jam yang lalu Diterbitkan pada 19 Oct 20
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Beyond Pregnancy And Weight Loss Maryland Breast Augmentation Solutions

Anwar Mahu Saman Individu Sebar Fitnah Isu Kasino

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta

Cerita Foto Sepanjang Minggu



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Resepi Udang Berempah Kurma

The Debut Of Huawei Pura 70 Series

Exploring The Impact Of Aluminum In Contemporary Design

Sustainability And Metal Buildings A Data Driven Approach To Eco Friendly Construction

Jakim Sets Up Special Hotline To Channel Complaints Regarding Insults To Islam

Targeted Tourist Arrival Figures Mostly Hits Or Misses