Jakarta Mati Listrik Bagi Kami Warga Kalimantan Sudah Biasa


Hanya bisa tersenyum kecil ketika melihat para netizen riuh berkomentar mengenai pemadaman listrik yang dialami selama hampir seharian kemarin. Ada yang statusnya menggunakan bahasa bijak, ada yang lempeng wae, dan ada yang ngedumel gak karuan. Kalau baru sekali aja kejadiannya udah kondisinya riuh seperti ini, bagaimana jika kondisinya dialami setiap hari seperti apa yang kami alami di Kalimantan ya.
Mati listrik, sebuah kondisi dimana pasokan listrik dari PLN tidak bisa dialiri ke rumah para konsumen dikarenakan berbagai macam hal. Umumnya sih alasannya kendala teknis, seperti: terkena tali kawat layangan, efisiensi mesin dan peralatan, dan insiden kerusakan lainnya.
Memang bagi para netizen yang berasal dari kawasan ibukota negara Indonesia (katanya ga lama lagi bakalan dipindah ke Kalimantan), kondisi mati listrik ini menjadi satu momok yang cukup menakutkan karena mereka selama ini sudah sangat tergantung dengan pasokan listrik dari PLN yang notabene adalah satu-satunya perusahaan BUMN yang memegang hak kuasa penuh atas pemenuhan kebutuhan energi listrik di seluruh wilayah Indonesia.
Jakarta Mati Listrik Sangat bergantungnya warga Ibukota dengan pasokan listrik dapat tergambar dari kalimat-kalimat mereka di halaman media sosialnya, sepertinya mereka baru merasakan bagaimana kami yang tinggal di Pulau Kalimantan harus mengalami pemadaman listrik hampir setiap hari baik itu yang terencana maupun dadakan dalam kurun waktu dan timing yang bervariasi. Bagi kami hal ini sudah biasa.
Melihat status dari salah seorang sahabat yang dulunya tumbuh dan besar di kawasan pinggir Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, dimana untuk saat sekarang ini Beliau sudah resmi menjadi warga Ibukota, bahasanya cukup menggelitik. Mau tahu siapa dia??? Langsung aja klik profil facebook miliknya Emma Lafiana.
Dalam salah satu status yang dipublikasikan di media sosialnya pada hari Minggu (04/08/2019, Kak Emma, demikian Blogger Borneo akrab memanggilnya, membuat sebuah tulisan yang cukup bagus terkait kondisi mati listrik di Jakarta. Satu kenangan diungkapkan ketika Beliau masih tinggal di Pontianak kota tercinta. Secara lengkap, status Beliau ditulis ulang dibawah ini dengan mengalami beberapa penyesuaian kalimat.
=====================================================
Ngobrol dengan anak-anak saat gak ada listrik dan wifi ditambah air, berasa kembali ke kampung halaman.
Pontianak, kota yang hari-harinya selalu mati lampu. Gak peduli Maghrib, apalagi saat Ramadhan. Begitu mau berbuka, listrik pun padam. Begitu mau sahur, listrik pun masih padam. Akhirnya karena terbiasa dipadamkan menjadi kekuatan. Iya kuat ngadepin kenyataan… 😁
Begitulah kemarin, sambil bercerita pengalaman dulu dulu saat masih di Pontianak. Enaknya rumah nenek kami di tepian sungai Kapuas. Kalo air ledeng gak ngalir-ngalir ke rumah, kami terbiasa tak pakai air ledeng/PDAM. Kami terbiasa mandi nyebur, terjun, berenang, nyulur di sungai. Minum dan masak masyarakat Pontianak biasa pakai air hujan. Makanya di rumah-rumah selalu ada tempayan besar besar untuk menampung air hujan.
Karena sudah pernah merasakan pemadaman listrik di Pontianak maka tak terlalu mengejutkan saat pemadaman total se Jakarta kemarin. Hanya yang agak terasa susah karena persediaan air. Di Jakarta orang-orang tak biasa menyimpan tempayan atau tong-tong besar. Selama ini air sangat lancar dan warna airnya juga putih bersih sehingga bisa buat masak dan sebagainya. Sebab listrik mati, airnya jadi gak ngalir. Akhirnya alhamdulillah masih ada air galon pengganti air ledeng 😁 buat MCK dan berwudhu.
Tapi bagi masyarakat yang tak biasa dengan keadaan ini memang menjadi penderitaan sebentar buat mereka. Apalagi kalo ada anak bayi, orang tua yang sedang sakit, rumah sakit, yang mau operasi, melahirkan, juga orang-orang yang sedang dalam perjalanan di kereta api. Mendadak kereta tak berjalan sedangkan mereka masih berada di dalam kereta. Terus mau kemana jika keretanya berada di atas. Loncat turun gitu?
Alhamdulillah Gubernur Jakarta cepat mengantisipasi mengevakuasi mereka yang terjebak di kereta-kereta ini. Itulah bedanya kota metropolitan dengan kota di daerah. Di kota semua moda sebagian besar menggunakan listrik. Busway walau gak pakai listrik tapi saat mau keluar masuk kan sistem otomatis harus ON. Bisa masuk gak bisa keluar. Yang sedang di luar tambah gak bisa keluar. Akhirnya turun di tengah jalan akhirnya naik kendaraan lain yang tersedia walau harus sambung menyambung untuk bisa ke tujuan.
Sekarang bagaimana dengan wahana seperti di Ancol dan sebagainya. Kereta gantung, jet coaster jika listrik padam semua, cadangan gak ada. Mesin ATM aja hampir semua mati gak bisa digunakan. Begitupun transaksi online, TIKI, Alfa, apalagi Grab dan Gojek. Padahal kami dah siap pakai taxi atau bajaj jika pagi ini masih tak berfungsi semua untuk berangkat sekolah/kerja. Alhamdulillah hanya beberapa jam pas di hari minggu, gak kebayang yang sedang ada hajatan, nikahan, lahiran, dan lain sebagainya.
Terbiasa dalam keadaan serba kurang, serba terbatas sebetulnya itu yang bikin jadi kuat. Dimanja teknologi, kemudahan bisa menjadi kuat juga bisa merapuhkan seseorang. Semua akan merasakan itu kecuali orang-orang yang tak mau belajar menyesuaikan keadaan. Ada yang butuh waktu lama utk segera sadar dan menyesuaikan, ada yang cepat merespon keadaan semua memang perlu pembelajaran sebagai penyeimbang kehidupan.
Kembali lagi, hidup di dunia ini melenakan. Yang bersusah payah terlena dengan kekurangan akhirnya menjadi orang tak biasa bersyukur. Orang yg terbiasa mudah dan gampang dalam hidup, akan terlena dengan dunia yang menggiurkan. Sehingga mudah mencela yang sedang susah, meremehkan orang lain akhirnya lupa dengan bersyukur atas kehidupannya saat ini. Lebih baik belajar bersyukur saat sempit, saat susah, saat terhina, saat dihina, saat dipuji, saat disanjung, saat menyenangkan saat kelapangan..
Alhamdulilah Alaa Kuli Hall
Tak ada episode hidup yang bukan dalam perencanaan Allah..
Sejauh ini jika tak bisa merasakan ada rencana Allah dalam kehidupannya, sungguh dia orang yang tak pandai bersyukur dan tak pandai membaca hikmah…
Barakallah…
Enaknye Izha Waqoatil Waqiah
=====================================================
Alhamdulillah di sore harinya, beberapa diantara para netizen sudah mengucapkan syukur karena listrik sudah menyala kembali seperti biasa. Mereka pun turut mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah berjibaku maksimal demi membuat listrik dapat menerangi ibukota kembali. Tapi mereka lupa mengucapkan terima kasih kepada Pulau Kalimantan karena selama ini pasokan batu bara yang menjadi bahan bakar utama mesin penggerak PLN diambil dari Tanah Kalimantan.
Semoga dengan kejadian ini dapat memberikan pelajaran bagi para netizen yang selama ini merasa sombong namun terlihat sotoy karena telah menganggap Pulau Kalimantan adalah pulau terbelakang. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/jakarta-mati-listrik-bagi-kami-warga-kalimantan-sudah-biasa/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jakarta Mati Listrik Nagita Slavina Terbang Ke Singapura

Jakarta Mati Listrik Nagita Slavina Terbang Ke Singapura

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 172 hits
Gangguan aliran listrik yang melanda Jakarta membuat Nagita Slavina dan Rafathar memilih untuk mengungsi ke Singapura
Lampu Merah Jakarta Mati Akibat Listrik Padam Pengendara Diimbau Ekstra Hati Hati

Lampu Merah Jakarta Mati Akibat Listrik Padam Pengendara Diimbau Ekstra Hati Hati

papar berkaitan - pada 5/8/2019 - jumlah : 232 hits
Petugas secara bergantian membuka tutup arus baik dari arah Patung Kuda ke arah Senen maupun dari Cikini ke arah Stasiun Gambir
Warga Masih Heboh Polemik Mati Listrik Pulau Jawa Dikabarkan Akan Kehabisan Air Tahun 2040

Warga Masih Heboh Polemik Mati Listrik Pulau Jawa Dikabarkan Akan Kehabisan Air Tahun 2040

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 197 hits
Krisis air bukan cuma soal ketersediaan air untuk mandi atau minum Kalau air beneran habis listrik juga bakal terganggu karena pembangkit listrik kan digerakkan sama air
Listrik Jakarta Padam Warga Khawatir Muncul Aksi Kriminalitas

Listrik Jakarta Padam Warga Khawatir Muncul Aksi Kriminalitas

papar berkaitan - pada 5/8/2019 - jumlah : 191 hits
Jalanan di Jakarta gelap gulita Cahaya dari lampu kendaraan bermotor menjadi penerangan jalan Pasokan listrik untuk wilayah DKI Jakarta belum mengalir Alhasil Jakarta hingga kini gelar gulita
Akibat Listrik Padam Warga Tangerang Alami Krisis Air Bersih

Akibat Listrik Padam Warga Tangerang Alami Krisis Air Bersih

papar berkaitan - pada 6/8/2019 - jumlah : 207 hits
Permintaan air bersih ke PDAM Tirta Benteng membludak sejak pagi tadi
Listrik Mati 4 Kereta Mrt Di Bawah Tanah Dievakuasi

Listrik Mati 4 Kereta Mrt Di Bawah Tanah Dievakuasi

papar berkaitan - pada 4/8/2019 - jumlah : 153 hits
Tim Operasi dan Pemeliharaan saat ini memastikan seluruh proses evakuasi berjalan dengan aman ujarnya
Listrik Padam Warga Depok Serbu Pusat Perbelanjaan

Listrik Padam Warga Depok Serbu Pusat Perbelanjaan

papar berkaitan - pada 5/8/2019 - jumlah : 145 hits
Padamnya aliran listrik selama berjam jam tak menyurutkan niat warga mengunjungi pusat perbelanjaan Salah satunya di pusat perbelanjaan kawasan Depok yang tetap ramai diserbu pengunjung
Imf Menyokong Prakiraan Pertumbuhan Kdnk Malaysia Pada 2024 Kepada 4 4

Standby Guys Pengurangan Subsidi Petrol Bakal Bermula

Filem Sheriff

Sustainable Weekend Villa By Kanopea Architecture Studio And T3 Architects In Vietnam

Afidavit Zahid Mungkin Jejas Hubungan Dengan Anwar

Senarai Wakil Piala Thomas Uber Cup Finals 2024 Chengdu

Cara Claim Towing Kereta Dengan Etiqa Auto Assist Care

15 Timeless Rustic Shed Designs With Unmatched Outdoor Versatility



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Fashion Forward Styling Tips For Incorporating Shapewear Into Your Outfits

Buasir Otak Tv Bahasa Malaysia Jadi Ibu English Jadi Daddy Be Like

Cerita Aidilfitri 2024 Teamrayakedah

Resepi Ayam Masak Lemak Tak Pedas

Skeletal Remains Found At Abandoned Teachers Quarters In Membakut

Ex Judge Urges Govt To Apologise For Ops Lalang