Jadwal Masuk Sd Smp Sma Sudah Dirilis Lihat Syarat Belajar Tatap Muka Dari Mendikbud


Akhirnya Mendikbud Nadiem Makarim merilis jadwal masuk sekolah SD, SMP, SMA tahun ajaran baru 2020/ 2021.
Perhatikan syarat-syarat ketat belajar tatap muka dari Mendikbud agar terhindari penularan virus corona atau Covid-19 .
Hampir enam bulan sudah kegiatan belajar mengajar di sekolah terhenti akibat wabah virus corona.
Memasuki ajaran baru, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim akhirnya mengumumkan jadwal masuk sekolah tahun 2020/2021.
Meski kini virus corona masih mewabah di Indonesia, Nadiem Makarim mengungkapkan proses belajar di sekolah harus segera berjalan.
Ada pun jadwal masuk sekolah di tengah pandemi virus corona ini akan dilaksanakan mulai Juli 2020.
Sementara itu pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah akan dilakukan secara bertahap untuk setiap jenjang pendidikan.
SMA dan SMP sederajat akan menjadi jenjang pendidikan pertama yang akan memulai kegitan belajar secara tatap muka di sekolah.
Dalam siaran pers Kemendikbud, Nadiem mengumumkan hasil keputusan Kemendikbud bersama Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19, Kemenko PMK, Kemenag, Kemenkes, Kemendagri, BNPB dan Komisi X DPR RI pada webinar Senin (15/6/2020).
Webinar yang diselenggarakan tersebut, terkait rencana penyusunan Keputusan Bersama Empat Kementerian tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19.
Dijelaskan, panduan yang disusun dari hasil kerjasama dan sinergi antar kementerian ini bertujuan mempersiapkan satuan pendidikan saat menjalani masa kebiasaan baru.
“Prinsip dikeluarkannya kebijakan pendidikan di masa Pandemi Covid-19 adalah dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat,” jelasnya.
Inilah poin-poin penting pengumuman Mendikbud Nadiem Makarim terkait Tahun Ajaran Baru 2020 dan jadwal masuk sekolah dikutip dari siaran pers Kemendikbud:
1. Tahun Ajaran Baru 2020/2021
Tahun ajaran baru bagi pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di tahun ajaran 2020/2021 tetap dimulai pada Juli 2020.
Namun daerah di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.
“Satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan Belajar dari Rumah,” terang Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, pada webinar tersebut.
Terkait jumlah peserta didik, hingga 15 Juni 2020, terdapat 94 persen peserta didik yang berada di zona kuning, oranye, dan merah dalam 429 kabupaten/kota sehingga mereka harus tetap Belajar dari Rumah.
Adapun peserta didik yang saat ini berada di zona hijau hanya berkisar 6 persen.
2. Syarat Sekolah Bisa Gelar Pembelajaran Tatap Muka
Nadiem menegaskan, proses pengambilan keputusan dimulainya pembelajaran tatap muka bagi satuan pendidikan di kabupaten/kota dalam zona hijau dilakukan secara sangat ketat dengan persyaratan berlapis.
Keberadaan satuan pendidikan di zona hijau menjadi syarat pertama dan utama yang wajib dipenuhi bagi satuan pendidikan yang akan melakukan pembelajaran tatap muka.
– Persyaratan kedua, adalah jika pemerintah daerah atau Kantor Wilayah/Kantor Kementerian Agama memberi izin.
– Ketiga, jika satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa dan siap melakukan pembelajaran tatap muka.
– Keempat, orang tua/wali murid menyetujui putra/putrinya melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.
“Jika salah satu dari empat syarat tersebut tidak terpenuhi, peserta didik melanjutkan Belajar dari Rumah secara penuh,” tegas Mendikbud.
3. Jadwal Masuk Sekolah SD Sampai SMA
Di luar pelarangan yang berlaku di zona kuning, oranye, dan merah, tahapan pembelajaran tatap muka satuan pendidikan di zona hijau dilaksanakan berdasarkan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam menerapkan protokol kesehatan.
Dengan demikian, urutan pertama yang diperbolehkan pembelajaran tatap muka adalah pendidikan tingkat atas dan sederajat, tahap kedua pendidikan tingkat menengah dan sederajat, lalu tahap ketiga tingkat dasar dan sederajat.
Itupun harus dilakukan sesuai dengan tahapan waktu yang telah ditentukan.
“Namun, begitu ada penambahan kasus atau level risiko daerah naik, satuan pendidikan wajib ditutup kembali,” terang Mendikbud.
Rincian tahapan pembelajaran tatap muka satuan pendidikan di zona hijau adalah:
Tahap I: SMA, SMK, MA, MAK, SMTK, SMAK, Paket C, SMP, MTs, Paket B: paling cepat Juli 2020 Tahap II: SD, MI, Paket A dan SLB = paling cepat September 2020 Tahap III: PAUD formal (TK, RA, dan TKLB) dan non formal = paling cepat November 2020 Adapun sekolah dan madrasah berasrama pada zona hijau harus melaksanakan Belajar dari Rumah serta dilarang membuka asrama dan pembelajaran tatap muka selama masa transisi (dua bulan pertama).
Pembukaan asrama dan pembelajaran tatap muka dilakukan secara bertahap pada masa kebiasaan baru dengan mengikuti ketentuan pengisian kapasitas asrama.
Selanjutnya untuk satuan pendidikan di zona hijau, kepala satuan pendidikan wajib melakukan pengisian daftar periksa kesiapan sesuai protokol kesehatan Kementerian Kesehatan.
Kemendikbud akan menerbitkan berbagai materi panduan seperti program khusus di TVRI, infografik, poster, buku saku, dan materi lain mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan pada fase pembelajaran tatap muka di zona hijau.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/jadwal-masuk-sd-smp-sma-sudah-dirilis-lihat-syarat-belajar-tatap-muka-dari-mendikbud/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sah Mendikbud Nadiem Makarim Izinkan Sekolah Di Zona Hijau Gelar Belajar Tatap Muka

Sah Mendikbud Nadiem Makarim Izinkan Sekolah Di Zona Hijau Gelar Belajar Tatap Muka

papar berkaitan - pada 16/6/2020 - jumlah : 188 hits
Pemerintah memutuskan hanya membolehkan wilayah zona hijau menggelar belajar mengajar di sekolah Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam jumpa pers secara daring Senin Dalam situasi sekarang yang...
Waktu Makan Sebenarnya Masa Terbaik Anak Belajar Kita Tengok Muka Dia Jangan Hulur Gajet

Waktu Makan Sebenarnya Masa Terbaik Anak Belajar Kita Tengok Muka Dia Jangan Hulur Gajet

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 367 hits
Sesetengah ibu ayah mengalami kesukaran bila ajak anak makan Anak anak menolak untuk makan atau suka bermain waktu makan Bagi memudahkan kita memujuk anak anak untuk fokus makan dan tidak bermain main kita hulurkan gajet pada mereka Dalam p...
Kalau Nak Homeschool Mama Papa Kena Ada 3 Syarat Asas Ni Baru Anak Dapat Catch Up Bila Masuk Sekolah Balik

Kalau Nak Homeschool Mama Papa Kena Ada 3 Syarat Asas Ni Baru Anak Dapat Catch Up Bila Masuk Sekolah Balik

papar berkaitan - pada 24/6/2020 - jumlah : 375 hits
Mengajar sendiri di rumah atau homeschooling pastinya bukan satu tugas mudah untuk digalas Seperti yang dikongsikan oleh Wawa Shauqi Menurutnya homeschooling itu tidak mudah Bila ibu bapa mengambil keputusan untuk homeschooling anak mereka ...
Nadiem Paud Paling Terakhir Dibuka 5 Bulan Setelah Smp Sma Smk Jika Masih Hijau

Nadiem Paud Paling Terakhir Dibuka 5 Bulan Setelah Smp Sma Smk Jika Masih Hijau

papar berkaitan - pada 15/6/2020 - jumlah : 228 hits
Nadiem memastikan bahwa cara inilah yang paling pelan dan dinilai aman untuk para peserta didik mengikuti proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi virus corona Dia menyebut SD dan PAUD dibuka paling terakhir karena sulit menerapkan so...
Pelajar Belajar Di Atas Pokok Bakal Sambung Pelajaran Di Ums

Pelajar Belajar Di Atas Pokok Bakal Sambung Pelajaran Di Ums

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 478 hits
KOTA KINABALU Seorang pelajar Sabah yang mencetuskan sensasi baru baru ini kerana sanggup belajar di atas pokok semata mata untuk mendapatkan capaian Internet hari ini dapat senyum lebar Universiti Malaysia Sabah menawarkan biasiswa kepada ...
Kenal Di Club Malam Suami Istri Ini Insyaf Dan Belajar Ngaji Bareng

Kenal Di Club Malam Suami Istri Ini Insyaf Dan Belajar Ngaji Bareng

papar berkaitan - pada 28/6/2020 - jumlah : 309 hits
Kadar keimanan seseorang bisa naik dan turun Terkadang berada di tengah kubangan dosa tapi tak menutup kemungkinan pula berada pada titik kesalehan lewat pintu tobat Seperti kisah pasangan asal Malaysia berikut ini Murni Hidayah Azman Tang ...
Wapres Ma Ruf Harus Ada Metode Belajar Di Bidang Pendidikan Agama

Wapres Ma Ruf Harus Ada Metode Belajar Di Bidang Pendidikan Agama

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 218 hits
Menurutnya para pengelola pesantren seperti guru orang tua santri dan calon santri pakar pendidikan serta perlindungan anak harus memperoleh solusi terbaik untuk pendidikan
Kocaknya 5 Kelakuan Bocah Saat Awal Belajar Naik Sepeda Nostalgia Tragedi Jatuh Berulang Kali

Kocaknya 5 Kelakuan Bocah Saat Awal Belajar Naik Sepeda Nostalgia Tragedi Jatuh Berulang Kali

papar berkaitan - pada 25/6/2020 - jumlah : 362 hits
Banyak sekali kelakuan kita yang kalau diingat lagi suka bikin ngakak Seperti belajar sepeda yang jatuh berulang kali tapi tetep antusias buat gowes terooos
Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

Sustainability And Metal Buildings A Data Driven Approach To Eco Friendly Construction

Contoh Inspirasi Poster Ucapan Selamat Hari Pekerja 2024

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

Exploring The Impact Of Aluminum In Contemporary Design



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Enhance Your Look With Special Occasion Makeup

Lirik Lagu Perih Jerih Masdo

Rumah Terbuka Anisya And The Geng

Security Status Not Satisfied

How Often Should You Clean Your Air Ducts A Guide For Laval Homeowners

Ugutan Klopp Punca Salah Berang