Ini 7 Bahaya Makan Pedas Bagi Kesehatan


Makanan pedas hampir selalu menggoda untuk dinikmati. Bbagi para pecinta pedas, makanan tanpa sensasi pedas bisa dianggap hambar dan membosankan.
Padahal di balik kelezatannya, terdapat bahaya makan pedas yang mengintai Anda
Bahaya Makan Pedas
Banyak orang yang percaya bahwa makanan pedas memiliki manfaat seperti mempercepat metabolisme tubuh, antiinflamasi, melawan bakteri dan sel kanker, hingga membuat panjang umur.
Dilansir Doktersehat, hal ini bisa saja terjadi mengingat sumber makanan pedas seperti cabai dan rempah lainnya memang memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh.
Manfaatnya memang banyak, tapi konsumsi makanan yang terlalu pedas dan terlalu sering juga bisa berbahaya bagi tubuh.
Berikut adalah bahaya sering makan pedas yang harus diwaspadai:
1. Diare
Bahaya makan pedas yang pertama adalah dapat menyebabkan diare. Toleransi setiap orang terhadap sensasi pedas berbeda-beda.
Ada yang bisa mengonsumsi makanan sangat pedas dan tidak terkena diare, namun ada juga yang mengonsumsi makanan yang sama dan dengan mudah terkena diare.
Cabai memiliki kandungan capsaicin yang berpotensi untuk menimbulkan rasa terbakar. Ini lah yang menyebabkan kita merasakan sensasi panas di tangan ketika menyentuh cabai.
Sebenarnya sensasi pedas tidak melukai sistem pencernaan secara langsung, melainkan memicu serabut saraf yang pada akhirnya memicu sensasi lainnya, termasuk pergerakan usus yang menjadi semakin cepat dan menyebabkan diare.
2. Gastritis akut
Gastritis atau yang dikenal juga dengan maag adalah kondisi meradangnya mukosa lambung. Maag ditandai dengan gejala seperti sakit perut, mual, muntah, sendawa, hingga kehilangan nafsu makan.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan pedas akan menicu saraf tertentu untuk bereaksi, termasuk menghasilkan rasa nyeri.
Jika makanan pedas lebih banyak dan lebih sering dikonsumsi, maka rasa nyeri akibat peradangan pada mukosa lambung juga dapat semakin memburuk.
3. Meningkatkan gejala GERD
Makan pedas pada dasarnya tidak secara langsung dapat menyebabkan GERD atau yang biasa dikenal dengan penyakti asam lambung. Bahaya makan pedas sebenarnya adalah dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.
Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam, yaitu kondisi naiknya asam lambung hingga ke esofagus. Kondisi ini merupakan salah satu gejala GERD. Refluks asam dapat menyebabkan nyeri dan sensasi panas pada dada.
4. Memperburuk tukak saluran pencernaan
Bahaya makan pedas selanjutnya adalah dapat memperburuk kondisi tukak saluran pencernaan. Tukak saluran pencernaan adalah luka yang terjadi pada lapisan usus kecil, lambung, hingga esofafus.
Penyebab tukak saluran pencernaan yang paling umum adalah karena efek samping obat atau akibat infeksi bakteri H. Pylori.
Gejala tukak lambung meliputi rasa nyeri pada perut bagian atas atau dada, gangguan pencernaan, produksi gas berlebihan, mual, dan muntah.
Penderita tukak saluran pencernaan atau yang memiliki riwayat tukak saluran pencernaan sebaiknya tidak mengonsumsi makanan pedas.
5. Menurunkan sensitivitas lidah
Menurunnya sensitivitas lidah juga bisa merupakan bahaya sering makan pedas. Setelah mencoba makanan dengan tingkat pedas tertentu, lidah mungkin akan menginginkan makanan yang lebih pedas lagi.
Padahal, semakin pedas makanan, maka akan semakin menyebabkan luka yang lebih para di lidah.
Jika kebiasaan ini dibiarkan, bukan tidak mungkin sensitivitas lidah terhadap rasa akan berkurang. Perlu diketahui bahwa pedas bukan termasuk ke dalam rasa, melainkan sebuah sensasi.
Kerusakan lidah akibat sensasi pedas ini bisa terjadi pada seluruh lidah dan menurunkan sensitivitas kita terhadap rasa manis, asam, asin, gurih, dan pahit.
6. Menurunkan nafsu makan
Banyak yang berpendapat bahwa makanan pedas cocok untuk menurunkan berat badan. Hal ini mungkin ada benarnya karena makanan pedas memang dapat menekan nafsu makan.
Jika konsumsinya terlalu berlebihan tentunya tidak akan baik karena dapat menimbulkan hilangnya nafsu makan secara berlebihan juga.
7. Insomnia
Makanan pedas juga bisa menyababkan insomnia. Bahaya makan pedas yang satu ini sering dikaitkan dengan kemampuan makanan pedas untuk meningkatkan suhu tubuh.
Makanan pedas dapat meningkatkan waktu terjaga dan sleep onset latency yang merupakan waktu antara bangun penuh hingga tertidur
Sumber: rakyatku.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/ini-7-bahaya-makan-pedas-bagi-kesehatan/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Makan Tengahari Di Asam Pedas Sungai Ayam Kak Nolik Batu Pahat Johor

Makan Tengahari Di Asam Pedas Sungai Ayam Kak Nolik Batu Pahat Johor

papar berkaitan - pada 22/2/2019 - jumlah : 1164 hits
Makan Tengahari di Asam Pedas Sungai Ayam Kak Nolik Batu Pahat Johor Assalamualaikum Dah lama gambar dalam draft tapi tak menulis lagi So kali ni Cik Rose tulis bagi jadi konsepnya hihi Batu Pahat ni terkenal dengan pelbagai jenis makanan N...
Suka Makan Kotorannya Sendiri 1 Dari 5 Alasan Ikan Mujair Diklaim Berbahaya Bagi Kesehatan

Suka Makan Kotorannya Sendiri 1 Dari 5 Alasan Ikan Mujair Diklaim Berbahaya Bagi Kesehatan

papar berkaitan - pada 22/2/2019 - jumlah : 218 hits
Ikan mujair merupakan ikan yang umum ditemukan dan diolah sebagai bahan masakan di berbagai negara Di Indonesia ikan ini menjadi favorit banyak orang dan juga diternakkan dalam kolam kolam Namun ternyata mengonsumsi ikan mujair punya banyak...
Mengidam Nak Makan Manis Masin Pedas Kawal Rasa Mengidam Anda Dengan Ikuti 4 Tip Ini

Mengidam Nak Makan Manis Masin Pedas Kawal Rasa Mengidam Anda Dengan Ikuti 4 Tip Ini

papar berkaitan - pada 5/2/2019 - jumlah : 321 hits
Mengidam atau teringin makan sesuatu makanan adalah fenomena biasa untuk wanita hamil terutama semasa berada dalam trimester pertama atau kedua Walau bagaimanapun makanan yang paling menjadi idaman wanita hamil ialah makanan yang manis masi...
Amar Jawab Anwar Pas Bukan Bohong Isu Jatuhkan Dr M Siapa Makan Cili Dia Rasa Pedas

Amar Jawab Anwar Pas Bukan Bohong Isu Jatuhkan Dr M Siapa Makan Cili Dia Rasa Pedas

papar berkaitan - pada 24/2/2019 - jumlah : 299 hits
Oleh Fazallah PitDatuk Mohd Amar Nik Abdullah mendakwa PAS ada maklumat berkaitan usaha menjatuhkan perdana menteri menerusi undi tidak percaya Foto oleh Yusof Mat IsaKUALA LUMPUR 24 Feb Naib presiden PAS menafikan parti itu membuat fitnah ...
Bahaya Ke Kalau Suka Makan Makanan Masam Masam

Bahaya Ke Kalau Suka Makan Makanan Masam Masam

papar berkaitan - pada 11/2/2019 - jumlah : 576 hits
Siapa kat sini suka sangat makan jeruk asam masin dan apa jua makanan yang dijerukkan Penulis tidak sudah lama betul penulis berpantang dari mengambil makanan jeruk atau yang masam masam Sebabnya memang penulis tidak tahan dengan makanan ma...
Pria Minahasa Tewas Setelah Makan Durian Dan Minum Kopi Benarkah Kopi Dan Durian Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Pria Minahasa Tewas Setelah Makan Durian Dan Minum Kopi Benarkah Kopi Dan Durian Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 271 hits
Kabar meninggalnya seorang pria di Minahasa setelah mengonsumsi durian dan kopi viral di media sosial Banyak yang meyakini bahwa pria tersebut memang meninggal dunia gara gara mengonsumi durian dan kopi secara bersamaan Namun benarkah demik...
Dia Nak Try Makan Babi Sebab Bts Makan Abang Buntu Nak Hadap Perangai Adik Perempuan

Dia Nak Try Makan Babi Sebab Bts Makan Abang Buntu Nak Hadap Perangai Adik Perempuan

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 1177 hits
Seperti yang semua orang tahu kumpulan kpop seperti BTS memang sangat terkenal dan mempunyai peminat hampir di seluruh dunia Ini termasuklah kat Malaysia yang mana gadis gadis remaja kat sini siap ada buat fanclub tersendiri dan gelarkan di...
Doa Ketika Selesai Makan Di Rumah Orang Lain

Doa Ketika Selesai Makan Di Rumah Orang Lain

papar berkaitan - pada 9/2/2019 - jumlah : 321 hits
Ketika kita makan di rumah orang lain saat bertamu atau karena ada acara selain dianjurkan membaca doa setelah makan yang sudah masyhur Kita juga dianjurkan untuk membaca doa berikut Latin Allohumma inkana hazat tho ama halalan fawassi ala ...
Viral Lelaki Maut Selepas Makan Durian Minum Kopi Dan Berhubungan Intim

Viral Lelaki Maut Selepas Makan Durian Minum Kopi Dan Berhubungan Intim

papar berkaitan - pada 10/2/2019 - jumlah : 750 hits
Sabtu 9 Februari 2019 4 54 PM SEORANG lelaki meninggal dunia selepas makan durian minum kopi dan minum minuman tenaga Sebelum meninggal dunia Alfianus Laki 26 dari Tondano Sulawesi Utara juga dilaporkan sempat melakukan hubungan intim denga...
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

Utilizing Crowdfunding For Business

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

World Bank Report Says Malaysian Children Not Learning Enough In Schools



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


The Cultural Impact Of Online Casino Gaming On Filipino Society

Kerana Wanita Melintas Penunggang Motosikal Berkuasa Tinggi Maut

Polis Tahan Pemandu Peribadi Kerana Melakukan Khianat Dan Memukul

Pn Talks Of Gov T Change After Kkb Azmin Holds Back On Revelations Against Ph

We Are Not Subject Of Macc Investigation Say Two Of Mahathir S Sons

Apam Lenggang Rangup Manis Berlemak