Indomaret Vs Alfamart Persaingan 2 Minimarket Besar Indonesia



Di mana ada Indomaret, di sana ada Alfamart. Begitu tampaknya persaingan antara dua bisnis minimarket raksasa di Indonesia ini yang terjadi secara terang-terangan.

Kemunculan minimarket dalam beberapa tahun terakhir memang semakin banyak di tengah kehidupan masyarakat yang semakin moderen. Melalui sistem waralaba, perusahaan ritel semakin mudah membuka toko tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Akibatnya, outlet Alfamart dan Indomaret kian menjamur sampai ke berbagai pelosok desa di seluruh Indonesia. Keduanya sama-sama bergerak untuk menyediakan keperluan sehari-hari masyarakat, yaitu keperluan rumah tangga, makanan sampai parfum dengan harga bersaing.

Di beberapa kota di Indonesia, masyarakat sering melihat pemandangan outlet Indomaret dan Alfamart berhadapan atau bersebelahan. Dengan strategi bisnis yang tak jauh berbeda, keduanya semakin giat bersaing di dalam harga dan juga di dalam peningkatan jumlah outlet.

Mau tau bagaimana pertarungan sengit minimarket besutan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan PT Indomarco Prismatama ? Berikut ini ulasan yang dikutip dari website resmi Alfamart dan Indomaret dan sejumlah sumber lainnya.

Mana yang Berdiri Lebih Dulu?Indomaret Vs Alfamart, mana yang lahir lebih dulu?PT Indomarco Prismatama berdiri tahun 1985 dan empat tahun kemudian mendirikan gerai Indomaret guna meyediakan keperluan pokok untuk karyawan. Sejak itu, perusahaan memasuki industri ritel guna menyediakan gerai dengan suasana nyaman, produk berkualitas serta harga yang bersaing.

Sementara itu, PT Sumber Alfaria Trijaya berdiri sejak tahun 1989 dan mulai memasuki sektor ritel pada tahun 1999. Pada tahun 2002, perusahaan baru mulai melakukan ekspansi dengan mengakuisisi sebanyak 141 toko Alfa Minimart lalu mengganti namanya menjadi Alfamart.

Marketing dari Director PT Indomarco yaitu Prismatama, Wiwiek Yusuf beranggapan Alfamart sebagai perusahaan yang mengopi strategi bisnisnya. Bahkan diakuinya, sejumlah karyawan Indomaret pun banyak yang pindah ke pesaingnya tersebut.

Menurutnya, Alfamart belajar banyak dari pendahulunya Indomaret di dalam mengelola bisnis ritelnya. Hingga sekarang, persaingan di antara keduanya semakin panas dan sengit. Di mana ada Indomaret, di sana ada Alfamart.
Jumlah Outlet Terbanyak?
Siapa pemilik outlet terbanyak, Indomaret atau Alfamart?Hingga Maret 2014, Indomaret berhasil mengoperasikan 9.096 outlet yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Sebanyak 60 % dimiliki perusahaan , sisanya dikelola pemilik usaha waralaba.

Sejauh ini, lebih dari 9.000 (sembilan ribu) outlet Indomaret tersebut telah berdiri di pulau Bali, Madura, Jawa, Lombok, Sulawesi dan Kalimantan. Masing-masing toko menyediakan lebih dari 4.800 jenis makanan dan keperluan sehari-hari.
Mana yang Lebih Untung?
Alfamart atau Indomaret, mana yang lebih untung?PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pemilik jaringan toko Alfamart mencatatkan laba bersih mencapai Rp 538,35 miliar sepanjang 2013. Laba perseroan naik 11,9% dari pencapaian tahun 2012 sebesar Rp 480,95 miliar.

Sementara PT Indomarco Prismatama yang mengoperasikan Indomaret tercatat berhasil mencetak laba senilai Rp 471,124 miliar sepanjang 2013. Hingga bulan Desember tahun lalu, Indomarco mempunyai aset sebesar Rp 10,87 triliun.





Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.zonanesia.com/2017/05/indomaret-vs-alfamart-persaingan-2-minimarket-besar-di-indonesia.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sandiaga Nilai Perempuan Dan Milenial Berpotensi Besar Majukan Ekonomi Indonesia

Sandiaga Nilai Perempuan Dan Milenial Berpotensi Besar Majukan Ekonomi Indonesia

papar berkaitan - pada 7/3/2020 - jumlah : 120 hits
Menurut Sandiaga kaum perempuan memiliki radar ekonomi yang sangat tajam sementara milenial memiliki semangat dan kreatifitas yang besar
Bank Mega Nilai Pemangkasan Suku Bunga The Fed Tak Berdampak Besar Ke Indonesia

Bank Mega Nilai Pemangkasan Suku Bunga The Fed Tak Berdampak Besar Ke Indonesia

papar berkaitan - pada 5/3/2020 - jumlah : 155 hits
Direktur Utama Bank Mega Tbk Kostaman Thayib menilai pemangkasan suku bunga The Fed tak berpengaruh besar ke Indonesia Sebab hubungan ekonomi terbesar Indonesia masih dengan China Kostman menambahkan pemangkasan suku bunga The Fed juga tida...
Perpindahan Ibu Negara Indonesia Beri Impak Besar Ke Sarawak Kata Timbalan Ketua Menteri

Perpindahan Ibu Negara Indonesia Beri Impak Besar Ke Sarawak Kata Timbalan Ketua Menteri

papar berkaitan - pada 9/3/2020 - jumlah : 290 hits
Perpindahan ibu negara Indonesia beri impak besar ke Sarawak kata timbalan ketua menteri Dikemas kini 1 jam yang lalu Diterb
Data Terkini Corona Di Indonesia 69 Kasus Positif 4 Meninggal Dunia Dan 5 Sembuh

Data Terkini Corona Di Indonesia 69 Kasus Positif 4 Meninggal Dunia Dan 5 Sembuh

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 215 hits
Jumlah kasus positif virus Corona di Indonesia terus bertambah Dari semula dua kasus hingga hari ini Jumat jumlahnya menjadi 69 kasus Dari jumlah itu empat kasus meninggal dunia dan lima kasus berhasil sembuh
Club Liga Indonesia Mulai Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Club Liga Indonesia Mulai Antisipasi Penyebaran Virus Corona

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 200 hits
Beberapa club Indonesia telah mengantisipasi penyebaran Corona Berikut beberapa upaya yang dilakukan untuk mengantisiapasi penyebaran Covid 19
6 Imbauan Dewan Masjid Indonesia Terkait Corona Jemaah Sakit Salat Di Rumah

6 Imbauan Dewan Masjid Indonesia Terkait Corona Jemaah Sakit Salat Di Rumah

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 263 hits
Sementara itu walau menunjukkan tren positif pemerintah tetap melakukan antisipasi waspada terhadap penyebaran virus tersebut Salah satunya langkah yang diambil Lembaga Dewan Masjid Indonesia
Indonesia Larang Eksport Topeng Muka

Indonesia Larang Eksport Topeng Muka

papar berkaitan - pada 14/3/2020 - jumlah : 189 hits
OLEH NORRASYIDAH ARSHADSHAH ALAM 13 MAC Indonesia hari ini melarang pengeskportan topeng muka buat sementara waktu dalam usaha menangani masalah Covid 19 kata menteri perdagangannya Agus Suparmanto berkata arahan berkenaan dikuat kuasa demi...
Jokowi Sebut Dua Pasien Corona Di Indonesia Meninggal Dunia

Jokowi Sebut Dua Pasien Corona Di Indonesia Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 13/3/2020 - jumlah : 145 hits
Presiden Joko Widodo memastikan sudah ada dua orang yang meninggal positif virus Corona Covid 19 Jokowi mengatakan virus corona tidak mengenal batas negara sudah ada 117 negara yang terkena epidemik corona
Di Indonesia Langka Akibat Virus Corona Ekspor Masker Bakal Dilarang Pemerintah

Di Indonesia Langka Akibat Virus Corona Ekspor Masker Bakal Dilarang Pemerintah

papar berkaitan - pada 13/3/2020 - jumlah : 171 hits
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto akan menerbitkan aturan larangan ekspor masker Larangan tersebut untuk mengantisipasi kelangkaan masker di Indonesia di tengah merebaknya virus Corona Larangan ekspor tersebut untuk menjamin kebutuhan ind...
Dapat Suami Tak Banyak Cakap Menyesal Kahwin Dulu Tak Ikut Cakap Mak Stres Aku

Kakak Maut Adik Kritikal Dalam Kemalangan

Orang Masjid Caj Rm1 000 Upah Solat Jenazah

Ht House By 007studio In Ha Tinh Vietnam

Ben Nathan Kebahagiaanmu Chord

Jasa Pendaftaran Brand Membantu Anda Membangun Dan Memperkuat Identitas Brand Anda

Ringgit Slips On Expected Us Policy Tightening

Lama Tunggu Grab Chef Anis Nabilah Tawar Diri Hantar Lelaki Oku Penglihatan Balik Rumah



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Effective Elevator Pitch

Biodata Lee Chong Wei Pemain Badminton No 1 Dunia

Kitab Tauhid Fiqih Akbar

Bermula Dari Kita

Pasangan Gbp Usd 13 Mei Pedagang Menunggu Laporan Inflasi As

Dah Tengok Shaitaan Lakonan Ajay Devgan Di Netflix