Hujan Batu Di Purwakarta Jatuh Bahkan Terbang Merusak Rumah Warga Besar Segede Gajah


Ada kejadian yang membuat warga Purwakarta Geram. Tiba-tiba ada hujan batu di Purwakarta. Dilihat dari foto-fotonya batu tersebut terlihat besar segede gajah.
Batu raksasa ini jatuh bahkan terbang menimpa rumah warga. Hal ini membuat rumah tersebut rusak berat.
Dodi Dores (37) adalah satu dari sejumlah warga yang menyaksikan langsung berjatuhannya batu sebesar gajah dari perbukitan di Purwakarta. Batu-batu itu jatuh diduga terjadi saat proses “Blasting” atau peledakan batu oleh PT MSS.

Dari informasi yang dihimpun Tribun Jabar, dua rumah warga rusak berat. Rumah Dodi Dores sendiri hampir keseluruhannya hancur, hanya tersisa bagian depannya.
Meski tak ada korban jiwa manusia,  tampak seekor ayam tergeletak dekat sebuah batu berukuran cukup besar di bagian belakang rumahnya.
Sedangkan satu rumah lagi hampir serupa. Satu batu berukuran besar menimpa rumah tersebut. Kini, penghuni rumah sudah mengungsi. Sedangkan puluhan rumah, dan sekolah lainnya mengalami kerusakan ringan.

Dodi menceritakan peristiwa yang terjadi itu sekitar pukul 12.30 WIB, pada Rabu (8/10/2019). Menurutnya ketika itu tengah dilakukan proses peledakan bebatuan. Lalu, batu-batu berukuran kecil hingga besar berjatuhan ke permukiman warga.
“Pada jatuh ke bawah, ada yang terbang dan lainnya. Akhirnya masuk ke rumah, madrasah, kena pepohonan, ke jalan, dan lainnya,” ujar Dodi kepada Tribun Jabar, di kediamannya, di Kampung Cihandeleum RT.09/05, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Rabu (9/10/2019).
Menurutnya, pada saat bebatuan jatuh itu seperti tidak kelihatan berupa batu-batu. Tetapi mulanya berupa asap begitu pekat yang terjadi. Saat itu, di dalam rumah istrinya tengah melaksanakan salat.
“Suaranya begitu gemuruh dan dahsyat. Suaranya brak, seperti tembakan. Dengan kecepatan cepat. Saya sudah diluar, lalu memanggil masyarakat sambil menjerit-jerit memberitahu,” katanya.
Dodi menuturkan selain rumah hancur, benda-benda yang berada didalam rumahnya juga rusak parah. Semisal kulkas, laptop, printer, seluruh barang peralatan dapur, pakaian, handycam, kamera digital, lemari, dan lainnya.
“Ini rumah rusak berat, enggak bakalan bisa disambung karena hancur. Rugi dihitung sementara bisa ratusan juta lebih. Bangun rumah seperti ini lagi sudah berapa totalnya,” ujarnya.
Dia menyampaikan semestinya pihak perusahaan tersebut bisa memperhitungkan dampak yang akan terjadi. Menurutnya, bukan hanya persoalan materi tetapi nyawa yang terancam.
“Demi keselamatan warga kami di sini, tolonglah keteledoran dan kecerobohan yang dilakukan oleh perusahaan jangan sampai terulang kembali seperti ini lagi,” katanya.
Rumah dan Sekolah Rusak
Batu-batu berukuran besar segede gajah dari perbukitan menimpa bangunan rumah dan sekolah di Purwakarta.
Akibatnya, bangunan tersebut rusak parah.
Dari informasi yang dihimpun Tribun Jabar, bahkan sebuah permukiman di Kampung Cihandeleum, RT.09/05, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta sempat dihujani bebatuan siang tadi.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono membenarkan peristiwa tersebut.
Suasana warga melakukan musyawarah Tetapi, dikabarkan batu-batu yang menimpa rumah warga itu bukan disebabkan faktor alam.
“Kami dapat laporan dari warga setempat bernama Azis. Tidak ada korban jiwa. Tapi kerugian materi sekitar Rp.460.000.000 juta,” ujar Wahyu, melalui ponselnya, di Kabupaten Purwakarta, Selasa (8/10/2019).
Menurutnya, peristiwa itu bermula diduga kuat saat proses “Blasting” atau peledakan batu oleh PT.MSS.
Lantas dari ledakan itu mengenai rumah-rumah yang berada di sekitar pemukiman warga.
Sehingga warga marah dan berbondong bondong mendatangi pihak perusahaan guna meminta pertanggungjawaban.
“Dari hasil pengecekan di lapangan dan menurut keterangan saksi, batu tersebut jatuh dari ketinggian sekira 500 meter ke rumah warga yang ada di bawah gunung,” katanya.

Sedangkan warga setempat, Azis (30) menuturkan, sebanyak 6 rumah dan satu sekolah dalam keadaan rusak. Dari ringan hingga berat.
Di lokasi kejadian pun terdapat 8 buah batu ukuran besar.
“Banyak sekali batu-batu yang menimpa bangunan sampai ke jalan,” ujarnya.
Warga Bermusyawarah
Puluhan warga melakukan musyawarah dengan pihak perusahaan yang diduga  bertanggung jawab atas peristiwa tertimpanya bangunan dan pohon oleh batu berbagai jenis ukuran.
Peristiwa ini diduga terjadi saat proses peledakan batu oleh PT MSS.
Musyawarah dilakukan di sekolah Raudhatul Athfal Al-Huda, Purwakarta, Rabu (9/10/2019).
Kegiatan itu difasilitasi oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Polisi, TNI, perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta, dan lainnya.
Para perwakilan tersebut duduk di kursi.
Sedangkan puluhan warga duduk di lantai. Beberapa orang perwakilan PT MSS juga turut hadir.
Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, dalam musyawarah tersebut mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa manusia dalam peristiwa tersebut. Tetapi ia menemukan seekor ayam mati tergeltak dekat sebuah batu besar yang terlempar.
Ia juga meminta masyarakat mengambil hikmah dalam peristiwa ini.
“Daripada demo lebih baik jalan musyawarah,” ujar Matrius, di Kabupaten Purwakarta, Rabu (9/10/2019).
Perwakilan warga, Dodi Dores (37), menuturkan apabila pihak PT MSS tidak mau bertanggung jawab, mereka menuntut kegiatan operasional perusahaan tersebut ditutup.
“Kami meminta ditutup saja. Setuju tidak ditutup?” kata Dodi dijawab serentak puluhan warga menyatakan setuju.
Sementara itu, musyawarah sempat berlangsung tegang. Beberapa orang warga juga menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka atas peristiwa tersebut.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/hujan-batu-di-purwakarta-jatuh-bahkan-terbang-merusak-rumah-warga-besar-segede-gajah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Video Warga Panik Batu Raksasa Hujani Kampung Di Purwakarta Hancurkan Rumah Suaranya Dahsyat

Video Warga Panik Batu Raksasa Hujani Kampung Di Purwakarta Hancurkan Rumah Suaranya Dahsyat

papar berkaitan - pada 10/10/2019 - jumlah : 250 hits
Video baju segede gajah timpah rumah hingga sekolah beredar di medi sosial Berdasarkan informasi yang dihimpun kejadian batu raksasa timpa rumah dan sekolah itu terjadi di Kampung Cihandeuleum Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Purwarkarta ...
7 Rumah Warga Hancur Tertimpa Batu Raksasa Akibat Penambangan Di Purwakarta

7 Rumah Warga Hancur Tertimpa Batu Raksasa Akibat Penambangan Di Purwakarta

papar berkaitan - pada 9/10/2019 - jumlah : 147 hits
Seluruh rumah yang tertimpa berada dekat dengan lokasi penambangan tersebut Tujuh rumah rusak akibat tertimpa batu raksasa dari aktivitas penambangan tersebut
Kasus Hujan Batu Di Purwakarta Operasional Perusahaan Tambang Pt Mss Dihentikan

Kasus Hujan Batu Di Purwakarta Operasional Perusahaan Tambang Pt Mss Dihentikan

papar berkaitan - pada 13/10/2019 - jumlah : 129 hits
PT Mandiri Sejahtera Sentra selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan di lokasi tersebut membuat kesalahan perencanaan karena desain peledakan yang dipakai tidak sesuai dengan dokumen studi kelayakan sehingga operasionalnya dihentikan untuk s...
Rendahkan Harga Rumah Untuk Warga Asing Menteri Ph Masing Masing Lepaskan Tanggungjawab

Rendahkan Harga Rumah Untuk Warga Asing Menteri Ph Masing Masing Lepaskan Tanggungjawab

papar berkaitan - pada 14/10/2019 - jumlah : 262 hits
Pelik sungguh kerajaan Pakatan Harapan antara menteri semacam tiada komunikasi bidas Ketua Pergerakan Pemuda UMNO Malaysia Datuk Dr Asyraf Wajdi Dusuki Katanya bagaimana PH boleh mengumumkan satu dasar penting yang boleh memberikan kesan ke...
Demo Mahasiswa Di Kendari Polisi Cek Proyektil Ditemukan Di Rumah Warga

Demo Mahasiswa Di Kendari Polisi Cek Proyektil Ditemukan Di Rumah Warga

papar berkaitan - pada 27/9/2019 - jumlah : 160 hits
Di lokasi ibu tersebut kata Iqbal ditemukan proyektil Sedangkan di lokasi Randi ditemukan terkapar tidak didapati proyektil
Gudang Belerang Di Purwakarta Terbakar Warga Panik Dan Mengungsi

Gudang Belerang Di Purwakarta Terbakar Warga Panik Dan Mengungsi

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 143 hits
Areal gudang belerang milik PT Pasific Viscose di Kampung Ciroyom Desa Cicadas Babakancikao Purwakarta terbakar Kebakaran membuat warga di sekitar pabrik panik dan berusaha menyelamatkan diri
Senarai Kerja Rumah Mengikut Usia Anak Latih Anak Buat Kerja Rumah Agar Besar Tak Jadi Raja

Senarai Kerja Rumah Mengikut Usia Anak Latih Anak Buat Kerja Rumah Agar Besar Tak Jadi Raja

papar berkaitan - pada 2/10/2019 - jumlah : 545 hits
Senarai kerja rumah mengikut usia anak Latih anak buat kerja rumah agar besar tak jadi raja Semalam berdebat dengan pelajar MF sambil sambil layan diorang buat kerja saja duduk sembang sembang Ada pelajar MF dok cakap pasal couple dan awek ...
Berharap Hujan Ribuan Warga Tasikmalaya Salat Istisqa

Berharap Hujan Ribuan Warga Tasikmalaya Salat Istisqa

papar berkaitan - pada 5/10/2019 - jumlah : 114 hits
Camat Mangkubumi Dahlan menyebut kemarau tahun ini memberikan dampak kekeringan hampir di seluruh wilayah Kecamatan Mangkubumi Hal tersebut pun menjadikan warga mengandalkan bantuan air dari mereka yang memberikan bantuan
Sebagian Warga Wamena Yang Mengungsi Mulai Kembali Ke Rumah

Sebagian Warga Wamena Yang Mengungsi Mulai Kembali Ke Rumah

papar berkaitan - pada 6/10/2019 - jumlah : 165 hits
Sebagian Warga Wanena yang Mengungsi Mulai Kembali ke Rumah Menurutnya hal yang terpenting saat ini yakni mengembalikan warga Wamena pada suasana persaudaraan Dia juga berharap masyarakat Indonesia bisa lebih bijaksana dalam membagikan info...
Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Resepi Char Kuew Teow Udang

Kuih Lopes

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Panduan Menjalankan Sujud Sahwi Dalam Solat Dan Sebab Sebab Perlu Sujud Sahwi

April 18 2024 Pesan Orang Alim