Hikmah Kecelakaan Mobil Di Nganjuk Perkataan Sebagian Dari Doa


Perumpaan berupa perkataan sebagian dari doa adalah benar adanya.
Setidaknya pepatah lawas ini menjadi hikmah dari kecelakaan mobil yang menewaskan penumpangnya di Nganjuk, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.
Video sebelum kecelakaan sempat terekam dan viral di media sosial (medsos) setelah diunggah akun Twitter @Ibaass_ .
Dalam keterangan video tersebut dijelaskan, momen sebelum kecelakaan, salah seorang penumpang bercelutuk “kecelakaan”.
Setelah mengucapkan hal itu, mobil yang ditumpanginya langsung mengalami kecelakaan.
Terlepas dari kasus kecelakaan tersebut, hikmah yang bisa dipetik yaitu jangan sembarangan berucap. Sebab ada pepatah mengatakan bahwa perkataan sebagian dari doa.
Dalam Islam pun dibenarkan pepatah tersebut. Seperti dijelaskan Ustadz Fauzan Amin, ada baiknya kita sebagai umat beragama menjaga lisan.
“Hati-hati dengan ucapan, karena itu doa. Terutama ucapan orangtua, lebih-lebih seorang ibu. Sebab, jika dia sudah terlalu jengkel melihat perilaku buruk anaknya, dan tak sengaja bersumpah, maka itu bisa dikabulkan Allah SWT,” tuturnya kepada Okezone, Selasa (10/9/2019).
Ustadz Fauzan yang juga merupakan Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia menambahkan, dalam Surat Al-Isra Ayat 53 telah diatur mengenai cara manusia berucap:
وَقُلْ لِعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْزَغُ بَيْنَهُمْ ۚ إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلْإِنْسَانِ عَدُوًّا مُبِينًا “Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.”
Rasulullah SAW bersabda:
ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ “Tiga golongan orang yang doanya dikabulkan, yang tidak ada keraguan padanya, mereka ialah [1] doa orang yang dizholimi, [2] doa orang yang sedang safar, dan [3] doa (buruk) orang tua kepada anaknya.” (HR. Abu Dawud no. 1536, Tirmidzi no. 1906, Al Bukhori dalam Adabul Mufrod no. 32).
Dengan begitu, sambung Ustadz Fauzan, kita harus hati-hati dalam berucap, terlebih kalimat buruk, karena takut hal itu malah didengar Allah dan terkabul langsung. Sebab sekali lagi, perkataan sebagian doa.
Rasulullah bersabda:
فليقل خيرا او ليصمت “Berkatalah yang baik-baik atau pilih diam.”
Adab Dalam Perjalanan
Selain mengetahui bagaimana omongan adalah doa, dari kasus kecelakaan mobil di Nganjuk itu kita bisa belajar bahwa adab dalam perjalanan itu memang penting dan sebisa mungkin dijaga.
Sebab, bagaimana pun perjalanan jika diridoi Allah SWT maka akan lebih lancar dan diberkahi.
Ustadz Fauzan menjelaskan tujuh adab dalam perjalanan yang bisa diterapkan umat Islam agar perjalanan selalu dilindungi Allah SWT. Adab tersebut yakni:
1. Niat
Jika perjalanan baik seperti jihad, silaturahim, belajar, dan semacamnya, maka di sunahkan berdoa.
Walau pun perjalanan mubah seperti nonton bola, rekreasi, bacalah doa agar tetap dapat berkah.
2. Berdoa Sebelum Naik Kendaraan
Rasulullah SAW mengajarkan untuk berdoa sebelum menggendarai sesuatu. Begini doanya;
(سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَـهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ) اَلْحَمْدُ لِله اَلْحَمْدُ لِلََّهِ اَلْحَمْدُ لِله ، اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ ، سُبْحَانَكَ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Allah yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (pada hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau, ya Allah! Sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).
3. Berdoalah Jika Kendaraan Bermasalah
Jika kendaraan Anda menemukan kendala, maka bacalah doa. Rasulullah melarang kita mengumpat ‘setan’ ketika tergelincir. Rasulullah mengajarkan kita untuk mengucapkan, “Bismillah”.
Usamah bin Umair menceritakan, “Aku pernah dibonceng Nabi SAW, lantas tunggangannya tergelincir, maka aku berkata, ‘tergelincirlah setan.’ Maka Nabi berkata; Janganlah kamu katakan tergelincirlah setan. Jika kamu berkata demikian, dia (setan) akan membesar hingga sebesar rumah, dan berkata ‘Dengan kekuatanku.’ Akan tetapi katakanlah, ‘bismillah’. Jika kamu berkata demikian, dia akan mengecil hingga sekecil lalat.’” (HR. Abu Dawud)
4. Memilih Kendaraan yang Baik Serta Merawatnya
Ini berlaku pada semua jenis kendaraan. Dulu Nabi memastikan kondisi unta yang dinaiki harus cukup sehat dan kuat. Maka dalam konteks hari ini, mobil atau motor harus fit dan cukup bensin sebelum dikendarai.
Allah SWT berfirman,
وَتَحْمِلُ أَثْقَالَكُمْ إِلَى بَلَدٍ لَمْ تَكُونُوا بَالِغِيهِ إِلا بِشِقِّ الأنْفُسِ إِنَّ رَبَّكُمْ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ (٧)وَالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيرَ لِتَرْكَبُوهَا وَزِينَةً وَيَخْلُقُ مَا لا تَعْلَمُونَ “Dan ia (hewan ternak) mengangkut beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup mencapainya, kecuali dengan susah payah. Sungguh, Rabbmu Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai untuk kamu tunggangi dan (menjadi) perhiasan. Allah menciptakan apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. An-Nahl: 7-8)
5. Berdzikir Safar
Isilah perjalanan atau safar Anda dengan memperbanyak dzikir. Jabir RA berkata, “Kami bertakbir ketika melewati jalan yang naik, dan bertasbih ketika melewati jalan yang turun.” (HR. Al-Bukhari)
Maksudnya adalah ketika menaiki tempat-tempat yang tinggi mengucapkan: “Allahu Akbar”, dan ketika menuruni tempat-tempat yang lebih rendah mengucapkan: “Subhanallah”.
Bertakbir manakala menaiki tempat yang tinggi akan membuat kita merasakan kebesaran Allah Ta’ala serta keagungan-Nya.
Sedangkan bertasbih ketika menuruni tempat yang rendah akan membuat kita merasakan kesucian Allah Ta’ala.
6. Mohon Keselamatan Perjalanan
Allah berfirman,
وَإِذَا مَسَّكُمُ الضُّرُّ فِي الْبَحْرِ ضَلَّ مَنْ تَدْعُونَ إِلا إِيَّاهُ فَلَمَّا نَجَّاكُمْ إِلَى الْبَرِّ أَعْرَضْتُمْ وَكَانَ الإنْسَانُ كَفُورًا “Dan apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilang semua yang (biasa) kamu seru, kecuali Dia. Tetapi ketika Dia menyelamatkan kamu ke daratan, kamu berpaling (dari-Nya).” (QS. Al-Isra: 67)
7. Jangan Bebani Kendaraan Melebihi Kapasitas
Rasulullah SAW pernah memboncengkan sebagian sahabatnya seperti Mu’adz, Usamah, Al-Fudhail, begitu juga memboncengkan ‘Abdullah bin Ja’far dan Hasan atau Husain bersama-sama, semoga Allah Ta’ala meridhai mereka semua.
Membebani kendaraan melebihi daya angkut yang telah ditetapkan merupakan suatu bentuk kedzaliman dan perbuatan berlebihan dan tidak proporsional.
Sumber: okezone.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/hikmah-kecelakaan-mobil-di-nganjuk-perkataan-sebagian-dari-doa/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Identitas Korban Kecelakaan Nganjuk Madiun

Ini Identitas Korban Kecelakaan Nganjuk Madiun

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 296 hits
Polisi memastikan penyebab kecelakaan karena mobil melaju dengan kecepatan tinggi sehingga oleng ke jalur sebelah
Polisi Benarkan Video Beredar Di Medsos Korban Kecelakaan Nganjuk Madiun

Polisi Benarkan Video Beredar Di Medsos Korban Kecelakaan Nganjuk Madiun

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 375 hits
Diduga sopir membawa mobil dengan kecepatan tinggi Saat di lokasi sopir tiba tiga saja oleng berpindah lajur berjalan terlalu ke kanan tanpa memperhatikan situasi arus lalu lintas
Bus Mira Vs Innova Di Nganjuk Bau Alkohol Tercium Di Lokasi Kecelakaan

Bus Mira Vs Innova Di Nganjuk Bau Alkohol Tercium Di Lokasi Kecelakaan

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 324 hits
Polisi menemukan fakta baru terkait kecelakaan maut antara Toyota Innova vs Bus Mira di Jalan Raya Surabaya Nganjuk Desa Selorejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Senin lalu Tiga orang tewas dalam insiden kecelakaan ini
Rem Blong Mobil Yang Ditumpangi Nia Daniaty Alami Kecelakaan Di Bojonegoro

Rem Blong Mobil Yang Ditumpangi Nia Daniaty Alami Kecelakaan Di Bojonegoro

papar berkaitan - pada 8/9/2019 - jumlah : 156 hits
Penyanyi senior Nia Daniaty mengalami musibah Nia dikabarkan mengalami kecelakaan setelah mobil yang ditumpanginya mengalami rem blong di Bojonegoro Jawa Timur
Kecelakaan Beruntun 5 Mobil Dan Truk Sampah Terjadi Di Bintaro

Kecelakaan Beruntun 5 Mobil Dan Truk Sampah Terjadi Di Bintaro

papar berkaitan - pada 7/9/2019 - jumlah : 92 hits
Tabrakan beruntun terjadi di Jalan CBD Bintaro sektor 7 Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Jumat Kecelakaan tersebut sedikitnya melibatkan lima mobil pribadi dan dump truk
4 Mobil Terbakar Yang Terlibat Kecelakaan Cipularang Teridentifikasi

4 Mobil Terbakar Yang Terlibat Kecelakaan Cipularang Teridentifikasi

papar berkaitan - pada 7/9/2019 - jumlah : 135 hits
4 Mobil Terbakar yang Terlibat Kecelakaan Cipularang Teridentifikasi Disebutkan Trunoyudo totalnya ada 20 kendaraan yang mengalami kerusakan Empat kendaraan kondisinya rusak parah karena terbakar
Kecelakaan Nganjuk Madiun Video Sebelum Kejadian Beredar Di Medsos

Kecelakaan Nganjuk Madiun Video Sebelum Kejadian Beredar Di Medsos

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 192 hits
Dalam video terdengar suara laki laki yang berujar iki gaweo cerito gik Lek aku nabrak nabrak
Fakta Kecelakaan Maut Innova Vs Bus Mira Di Nganjuk Kronologi Hingga Identitas Korban

Fakta Kecelakaan Maut Innova Vs Bus Mira Di Nganjuk Kronologi Hingga Identitas Korban

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 441 hits
Kecelakaan maut antara Toyota Innova dengan Bus Mira terjadi di Jalan Nganjuk Madiun Jawa Timur Senin Toyota Kijang Innova nopol AE 567 SC diketahui oleng dan menghantam Bus Mira nopol S 7190 US Dalam kecelakaan itu tiga orang tewas dan sat...
Fakta Terbaru Kecelakaan Innova Vs Bus Mira Di Nganjuk Korban Selamat Ternyata Buronan Polisi

Fakta Terbaru Kecelakaan Innova Vs Bus Mira Di Nganjuk Korban Selamat Ternyata Buronan Polisi

papar berkaitan - pada 11/9/2019 - jumlah : 615 hits
Penumpang sempat merekam video detik detik sebelum mobilnya oleng dan menghantam bus dari arah berlawanan
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Backstabbing Drama In The Opposition Pas Sabotaging Bersatu By Attacking Chinese Vernacular Schools

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Umno Explores Every Means Possible To Free Najib

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Calon Bersatu Prk Kkb Tunggang Isu Kematian Teoh Beng Hock

Bonus R 5000 Jogue Ca A T Queis Onlin

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


5 Tips Mudah Rumah Sentiasa Kemas Walaupun Ada Anak Kecil

Samsung Knox Vault Ciri Keselamatan Wajib Untuk Semua Pemilik Telefon Pintar

Kempen Ramadan Dan Raya 2024 Kuskop Mari Beli Lokal Kembali Lagi

Sustainable And Ethical Practices

Aktiviti Majlis Rumah Terbuka Aidilfitri Yayasan Bekas Anggota Perisikan Tentera Malaysia 04 05 2024

Aktiviti Majlis Perasmian Richiamo Mart Dan Rumah Terbuka Aidilfitri Kumpulan Richiamo 2024 Ppim 05 05 2024