Herman Wainggai Indonesia Adalah Corona Virus Bagi Bangsa Papua


Pendiri sekaligus direktur eksekutif West Papua Human Rights Center (WPHRC) USA, Herman Wainggai, mengatakan Indonesia adalah Virus Corona yang begitu mematikan karena terus membunuh dan bakal memusnahkan Rakyat Papua di tanahnya.

Hal itu disampaikan Wainggai dalam aksi protes damai bersama sejumlah aktivis Papua yang berlangsung di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, pada Rabu (18/3).

"Kami berdiri disini untuk menyampaikan bahwa Rakyat Papua telah banyak yang mati. Karena itu kami ingin mengingatkan masyarakat internasional hari ini bahwa militer dan polisi Indonesia lebih berbahaya dari Corona Virus," ungkap Wainggai saat membacakan pernyataan yang ditujukan untuk meminta perhatian Presiden AS, Donald J. Trump dan masyarakat internasional.

Menurut pria yang juga diplomat United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini, meski Indonesia telah nemasuki masa reformasi sejak 1998 dengan kejatuhan Presiden Soeharto yang otoriter, namun hingga masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, pendekatan militerisme masih tetap berlaku, terutama bagi Rakyat Papua.

Hal lain kata dia, bisa dilihat juga dari dilarangnya jurnalis asing dan Lembaga pemantau HAM internasional untuk bekerja di Papua secara independen. Pembatasan itu pun membuat informasi tentang situasi yang terjadi di Papua Barat sedemikian tertutup bagi dunia luar.

"Karena itu kami meminta perhatian Pemerintah AS melalui Presiden Donald Trump untuk mendesak Pemerintah Indonesia segera mengijinkan Komisi Tinggi HAM PBB dapat melakukan investigasi dan pemantauan situasi pelanggaran HAM yang terjadi di Papua," tegas pria yang pernah menjadi visiting scholar untuk studi analisis konflik dan resolusi pada George Mason University (GMU) Virginia ini.

Baca juga: Raja Belanda Datang Minta Maaf, Pemerintah RI Berak di Muka Sendiri

Jurnalis asing dan kelompok-kelompok pegiat kemanusiaan internasional, menurut Herman Wainggai, perlu juga diberikan akses secara terbuka untuk bekerja bersama pemimpin Rakyat Papua yang berada di dalam maupun luar negeri.

"Bahkan jika perlu pada akhirnya, PBB dapat menyiapkan suatu prose's penyerahan kedaulatan kembali kepada Rakyat Papua secara damai," harap pria yang pernah membawa 43 orang dari Papua untuk mengungsi dan mencari suaka politik di Australia pada Januari 2006 ini.

Dalam kesempatan yang sama, Charity Titiulu, seorang pegiat WPHRC USA, juga mengatakan, Papua Barat sebagai bagian dari keluarga besar rumpun ras Melanesia di Pasifik Selatan, mestinya dapat diberikan hak untuk menentukan nasib sendiri.

"Indonesia tidak bisa menyembunyikan kejahatan kemanusiaan yang sudah mereka lakukan atas Rakyat Papua Barat," tegasnya.

Aksi damai yang dikoordinir WPHRC USA itu berlangsung selama kurang lebih satu jam di depan KBRI Washington DC. Para aktivis terlihat membawa selembar bendera Bintang Fajar dan gambar bendera Bintang Fajar yang di bawahnya tertulis "Free West Papua".

Sebuah poster berisi seruan pembebasan bagi tahanan politik perempuan Papua, Sayang Mandabayan, juga diusung. Aksi berakhir setelah pembacaan pernyataan.

Menariknya, aksi ini dilakukan dengan nekad ketika Rakyat AS sedang mengalami kepanikan untuk tidak beraktivitas di ruang publik saat makin mewabahnya pandemi Coronavirus (Covid-19) di negara Paman Sam ini.

Aksi tersebut dilakukan guna memperingati 24 tahun kematian mendiang tokoh Papua, DR. Thomas Wainggai pada 12 Maret 1996. Ia adalah seorang akademisi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura dan proklamator Republik Melanesia Barat yang meninggal secara misterius di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang Jakarta, saat menjalani masa hukuman sebagai tahanan politik Papua selama 20 tahun.

————
Julian Howay - Penulis adalah seorang Journalist bebas Papua yang sedang melakukan penelitian akademis di Amerika.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/03/herman-wainggai-indonesia-adalah-corona.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Virus Corona Uji Solidaritas Dan Kekuatan Kebangsaan Indonesia

Virus Corona Uji Solidaritas Dan Kekuatan Kebangsaan Indonesia

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 127 hits
Seruan untuk menutup sebagian wilayah atau bahkan seluruh Indonesia nyaring disuarakan di media sosial Hal tersebut merujuk pada kebijakan negara seperti China yang me lockdown Wuhan dan beberapa kota atau lockdown total seperti di Italia d...
Hasil Investigasi China Terbaru Menyatakan Virus Corona Merupakan Kiriman Dari Indonesia Ke China

Hasil Investigasi China Terbaru Menyatakan Virus Corona Merupakan Kiriman Dari Indonesia Ke China

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 188 hits
China mengklaim kasus kasus baru infeksi virus corona COVID 19 yang muncul di negara tersebut merupakan kasus impor yang salah satunya berasal dari Indonesia Klaim kasus infeksi impor tersebut dipaparkan pemerintah wilayah Shaanxi Dari 16 M...
China Laporkan Kasus Baru Virus Corona Dari Indonesia

China Laporkan Kasus Baru Virus Corona Dari Indonesia

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 199 hits
Pemerintah Provinsi Shaanxi China melaporkan satu kasus baru virus corona yang dibawa dari Indonesia Melalui keterangan resmi pemerintah setempat menyatakan bahwa pasien merupakan pria berkewarganegaraan China berusia 35 tahun yang datang d...
Adb Hibahkan Rp 47 6 M Ke Indonesia Bantu Perangi Wabah Virus Corona

Adb Hibahkan Rp 47 6 M Ke Indonesia Bantu Perangi Wabah Virus Corona

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 144 hits
Asian Development Bank menyetujui hibah senilai USD 3 juta atau senilai Rp 47 6 miliar untuk Indonesia Dana hibah ini diberikan guna mendukung pemerintah Indonesia melawan pandemi virus corona Dana hibah digunakan untuk pembelian segera ber...
Cegah Penyebaran Virus Corona Bank Indonesia Ajak Masyarakat Transaksi Elektronik

Cegah Penyebaran Virus Corona Bank Indonesia Ajak Masyarakat Transaksi Elektronik

papar berkaitan - pada 24/3/2020 - jumlah : 199 hits
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengimbau masyarakat untuk memilih bertransaksi menggunakan pembayaran non tunai guna mencegah penularan virus corona atau Covid 19 Di sisi lain Perry memastikan uang tunai yang beredar di tengah masyar...
Deretan Pejabat Indonesia Yang Positif Virus Corona

Deretan Pejabat Indonesia Yang Positif Virus Corona

papar berkaitan - pada 21/3/2020 - jumlah : 156 hits
Saat ini pasien yang dinyatakan positif corona di Indonesia sudah mencapai lebih dari 300 orang
Akhir Maret Indonesia Kedatangan Alat Tes Virus Corona Buatan Swiss

Akhir Maret Indonesia Kedatangan Alat Tes Virus Corona Buatan Swiss

papar berkaitan - pada 20/3/2020 - jumlah : 166 hits
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir akan mendatangkan alat tes kesehatan untuk Virus Corona dari Swiss Alat pendeteksi virus tersebut diperkirakan akan sampai dalam negeri pada akhir bulan ini Pemerintah akan memesan yang dapat me...
Jack Ma Kirim Perlengkapan Medis Ke Indonesia Bantu Atasi Virus Corona

Jack Ma Kirim Perlengkapan Medis Ke Indonesia Bantu Atasi Virus Corona

papar berkaitan - pada 20/3/2020 - jumlah : 160 hits
Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation mengumumkan donasi perlengkapan medis ke empat negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia
Covid 19 Adalah Nama Baru Virus Corona Dan Penulisannya Yang Benar

Covid 19 Adalah Nama Baru Virus Corona Dan Penulisannya Yang Benar

papar berkaitan - pada 29/3/2020 - jumlah : 246 hits
Belakangan ini media massa menuliskan atau menyebutkan istilah Virus Corona dengan COVID 19 atau Covid 19 Selain lebih ringkas dilansir Pikobar Jabar nama baru Virus Corona ini yaitu Covid 19 diumumkan oleh Direktur Organisasi Kesehatan Dun...
Azmin Pledges To Tell All On May 11

Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Nga S Aide Chosen For Kuala Kubu Baharu After Dap Abandoned Hope Of Malay Vote

What Is The Lifespan Of Vinyl Windows And How Can You Prolong It

Big Bucks Top 10 Sellers From Bonhams Spring Stafford Sale

Tanya Hadi Mengapa Tak Bantah Akta Laut Wilayah Mb Terengganu Diberitahu

Berebut Kasih

Reaching Out



Info Dan Sinopsis Restu Drama Melayu Berepisod Platform Online iQIYI Malaysia

10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi


Sayur Tauge Masak Lemak Putih Untuk Lunch

Sungai Muda Sempadan Pulau Pinang Kedah

Makanan Perlis Paling Popular

Tafsir Mimpi Gajah

Panduan Produk Kesihatan

Grab Nanyang Siang Pau 27 04 2024