Hati Hati 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini Berbahaya Dilakukan Saat Hamil


Ketika hamil, kamu sudah tidak bisa lagi bebas beraktivitas sebagai ibu rumah tangga. Alasannya, karena pada masa ini tubuhmu menjadi lebih rentan dari biasanya.
Beberapa pekerjaan rumah tangga mau tidak mau harus kamu lepas demi menjaga kehamilan agar tetap sehat.
Tidak semua pekerjaan rumah tangga aman dilakukan oleh ibu hamil, lho! Berikut ini penjelasannya:
1. Membersihkan Kotak Kotoran Kucing
Apabila kamu memelihara kucing, sebaiknya aktivitas rutin membersihkan kotak kotoran kucing dihindari dulu selama kehamilan. Hal ini guna menghindari diri dari risiko terinfeksi toksoplasmosis.
Infeksi ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Kabar buruknya, parasit tersebut bisa saja sembunyi di kotoran kucing yang terinfeksi.
Ibu hamil bisa saja terinfeksi toksoplasma ketika makan atau menyentuh hidung dengan tangan yang tidak terjaga kebersihannya, terlebih setelah membersihkan kotoran kucing tersebut.
Jika kamu belum pernah terinfeksi toksoplasmosis sebelumnya, kamu mungkin bisa terjangkit saat hamil. Kondisi tersebut bisa berisiko pada kehamilanmu karena parasit tersebut mungkin bisa menjangkau plasenta dan janin.
Efek dari infeksi ini bisa berdampak ringan hingga parah. Efek buruk yang mungkin menimpa Si Kecil seperti cacat lahir serius pada mata dan otak, dapat menyebabkan kerusakan struktural dan neurologis jangka panjang.
Kedua hal tersebut meningkatkan risiko bayi menderita epilepsi, gangguan tumbuh kembang, hingga menyebabkan kebutaan pada mata. Yang lebih berbahaya lagi, terdapat risiko keguguran, hingga bayi lahir dalam keadaan tidak bernyawa.
2. Mengangkat Atau Memindahkan Benda Berat
Pekerjaan yang mengharuskan kamu mengangkat atau memindahkan benda-benda berat dianjurkan untuk dihindari selama kehamilan.
Karena ketika hamil, perubahan hormon bisa membuat jaringan penghubung dan ligamen menjadi lebih lemah. Risiko mengalami cidera atau nyeri otot pun meningkat ketika mengangkat atau memindahkan benda berat.
Selain itu, dengan membawa janin di perutmu saja kamu sudah memberi banyak tekanan kepada punggungmu. Nah, jadi jangan menambah beban pada punggungmu dengan melakukan pekerjaan rumah yang berhubungan dengan benda-benda berat.
Menurut beberapa dokter, aktivitas yang menuntut ibu hamil mengangkat atau memindahkan benda yang sangat berat mungkin bisa memicu perdarahan, persalinan prematur, atau air ketuban pecah dini.
Hingga saat ini, belum ditentukan batasan berat benda yang aman diangkat oleh ibu hamil. Namun, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan aktivitas ini dihindari selama kehamilan.
3. Berdiri Terlalu Lama
Salah satu pekerjaan rumah tangga yang bisa melibatkan kamu untuk berdiri dalam waktu lama yaitu memasak.
Ketika memasak, rangkaian proses akan kamu lalui, seperti menyiapkan bahan-bahan makanan, lalu mencucinya, memotongnya, hingga proses memasak yang membuatmu harus terus berdiri sambil memegang spatula.
Sebenarnya kamu boleh, kok, memasak, asal jangan terlalu lama berdiri. Misalnya, ketika memotong bahan makanan, kamu bisa melakukannya sambil duduk atau jangan memasak makanan yang membutuhkan waktu lama.
4. Membersihkan Rumah Dengan Produk Berbahan Kimia
Kamu mungkin risih melihat lantai kamar mandi yang kotor dan ingin segera membersihkannya dengan larutan berbahan kimia.
Atau mungkin kamu tidak tahan dengan serangga yang ada di rumah dan ingin membasminya dengan semprotan anti serangga. Sayangnya, ada beberapa zat kimia di produk tersebut yang tidak aman bagi kesehatan janin.
Pada masa-masa ini, lebih baik kamu memakai bahan pembersih yang alami dan berbahan aman seperti soda kue dan cuka dan menggunakan asam borat sebagai semprotan pembasmi serangga.
5. Berada di Ketinggian
Jika kamu melihat kipas angin yang menempel di langit-langit terlihat kotor, disarankan untuk jangan langsung bergegas mengambil tangga dan naik untuk membersihkannya.
Tahan hasrat yang muncul untuk membersihkan area yang tidak terjangkau oleh ibu hamil. Hal ini guna menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan seperti terjatuh.
Selama masa kehamilan, minta bantuan pasangan untuk menangani pekerjaan rumah tangga yang bisa membawa risiko pada keadaanmu saat ini.
Dan satu hal yang perlu kamu ingat, jangan jadikan hal di atas sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Saat hamil kamu juga harus tetap aktif bergerak, yah! Kamu tetap bisa, kok, melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan.
Sumber: alodokter.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/hati-hati-5-pekerjaan-rumah-tangga-ini-berbahaya-dilakukan-saat-hamil/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
5 Hal Yang Bisa Mengacaukan Libido Dan Merusak Kebahagiaan Rumah Tangga Suami Istri

5 Hal Yang Bisa Mengacaukan Libido Dan Merusak Kebahagiaan Rumah Tangga Suami Istri

papar berkaitan - pada 20/4/2019 - jumlah : 246 hits
Menurunnya Libido seseorang merupakan hal buruk yang bisa terjadi pada kehidupan rumah tangga Hal ini bisa berakibat buruk pada kebahagiaan seksual serta kebahagiaan secara keseluruhan Penurunan pada libido ini bisa terjadi karena sejumlah ...
Bos Bkpm Beberkan Pekerjaan Rumah Bidang Investasi Presiden Terpilih

Bos Bkpm Beberkan Pekerjaan Rumah Bidang Investasi Presiden Terpilih

papar berkaitan - pada 14/4/2019 - jumlah : 327 hits
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menyatakan pekerjaan rumah pemerintah mendatang ialah melanjutkan proses penyederhanaan perizinan Penyederhanaan perizinan bermanfaat dalam menggenjot investasi Menurutnya revolusi indu...
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

papar berkaitan - pada 19/4/2019 - jumlah : 234 hits
Mual saat hamil memang sering terjadi di trimester pertama hingga kedua Bagi Anda yang mengalaminya tak perlu khawatir selama mual yang terjadi masih dalam tahap normal Mual pada dasarnya disebabkan karena adanya perubahan pada hormon dalam...
Pilihlah Suami Yang Ada 13 Sifat Terpuji Anjuran Nabi Ini Agar Rumah Tangga Akan Diberkati

Pilihlah Suami Yang Ada 13 Sifat Terpuji Anjuran Nabi Ini Agar Rumah Tangga Akan Diberkati

papar berkaitan - pada 11/4/2019 - jumlah : 290 hits
Sebagai ketua dan imam keluarga suami haruslah memiliki sifat sifat terpuji sebagaimana Rasulullah SAW dalam mendidik isteri serta anak anak demi mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat Agar rumah tangga yang dibina sentiasa diberkati ...
Bolehkah Bercinta Saat Sedang Hamil Ini 5 Fakta Penting Yang Bisa Jawab Rasa Penasaranmu

Bolehkah Bercinta Saat Sedang Hamil Ini 5 Fakta Penting Yang Bisa Jawab Rasa Penasaranmu

papar berkaitan - pada 21/4/2019 - jumlah : 180 hits
Banyak yang takut bercinta saat sedang hamil karena rasa khawatir Faktanya ena ena sama suami boleh nggak sih atau sebaiknya tunda dulu
5 Makanan Ini Tambah Asupan Zat Besi Saat Anda Hamil

5 Makanan Ini Tambah Asupan Zat Besi Saat Anda Hamil

papar berkaitan - pada 27/4/2019 - jumlah : 262 hits
Zat besi yang memadai merupakan kondisi yang dibutuhkan saat Anda sedang hamil Anda harus sadar akan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia Akan sangat bermanfaat jika Anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi ...
Pulang Dari Rumah Prabowo Sandiaga Tunjuk Tenggorokan Saat Ditanya Kondisinya

Pulang Dari Rumah Prabowo Sandiaga Tunjuk Tenggorokan Saat Ditanya Kondisinya

papar berkaitan - pada 18/4/2019 - jumlah : 189 hits
Sandi hanya mengangguk saat ditanya wartawan soal kondisinya yang disebut sebut sedang sakit Namun dia tidak mengutarakan penyakitnya Sambil tersenyum Sandi hanya menunjuk ke arah tenggorokan saat ditanya penyakitnya
Istri Pelaku Bom Sri Lanka Yang Sedang Hamil Meledakkan Diri Saat Digerebek Polisi

Istri Pelaku Bom Sri Lanka Yang Sedang Hamil Meledakkan Diri Saat Digerebek Polisi

papar berkaitan - pada 25/4/2019 - jumlah : 305 hits
Ibu hamil itu adalah istri dari salah satu kakak beradik putra dari pengusaha tajir sekaligus keluarga terpandang
Hiburan Pergi Mahkamah Rumah Tangga Datuk Red Dan Adira Bergolak

Hiburan Pergi Mahkamah Rumah Tangga Datuk Red Dan Adira Bergolak

papar berkaitan - pada 16/4/2019 - jumlah : 331 hits
Kehadiran suami penyanyi Adira Suhaimi iaitu Datuk Red ke mahkamah mengejutkan ramai Datuk Red juga turut memuat naik bait bait sedih menerusi Insta Stories Ditambah pula sebelum ini timbul gosip mengatakan rumah tangga pasangan ini sedang ...
Inspirasi Kad Kahwin Pilihan Reka Bentuk Dan Percetakan

Time To Move Forward On Subsidies

Pendaftaran Brand Dapat Membantu Membangun Kepercayaan Konsumen Terhadap Produk Dan Layanan

Aeon Bank Cara Buka Akaun Servis Perkhidmatan Login

Hutang Jangka Masa Panjang Pertama Di Usia 28 Tahun

Tuhan Aku Ingin Hijrah Oleh Ustaz Adnin Roslan

Quaker Menjemput Rakyat Malaysia Menjalani Kehidupan Yang Lebih Sihat Dalam Kempen Jom Quaker Fit

Cari Tudung Saji Di Pengkalan Balak Melaka



Benarkah Kena Hujan Menyebabkan Kita Jatuh Sakit

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Khilaf Yang Tertulis Slot Samarinda TV3

5 Projek Filem Aneh Hasil Karya Pengarah Filem Terkenal Hollywood

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Cinta Untuk Sekali Lagi Slot Megadrama Astro Ria

Biodata MUA Bellaz Muabellaz Jurusolek Dan Usahawan Terkenal


Drama Senyawa

Pandu Puteri Tunas Visi Misi Sejarah Pakaian Seragam Lagu Dll

Ihtifal Lughawi 2024 Garis Panduan Acara Tema

Dudy Oris Aku Yang Jatuh Cinta Chord

Titah Adendum Menteri Besar Pahang Sokong Permohonan Datuk Seri Najib Razak Isu Tahanan Rumah

Selamat Hari Lahir Pak Zain Yg Ke 70 Tahun