Gaji 500 Ribu Yang Meninggal 90 Orang Begini Beratnya Jadi Petugas Kpps


Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat bertugas telah mencapai angka 90 orang pada Pemilu 2019 lalu.
Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 374 petugas KPPS mengalami sakit bervariasi.
Ketua KPU, Arief Budiman menuturkan petugas KPPS yang meninggal dan sakit tersebut tersebar di 19 provinsi.
Sementara ini diduga petugas KPPS yang meninggal dan sakit itu karena kelelehan usai bertugas mengawal penghitungan hingga rekapitulasi suara.
Petugas KPPS merupakan warga biasa di tengah masyarakat yang diangkat dan disumpah untuk bekerja melaksanakan pemungutan suara dengan prinsip jujur, adil, langsung, bebas, umum dan rahasia. Ketua KPPS hanya berhak dua kali periode.
Melihat Undang-undang Pemilu, petugas KPPS sendiri berada di bawah KPU kabupaten dan kota. KPU kabupaten kota diangkat dan dilantik oleh KPU provinsi dan KPU provinsi diangkat dan dilantik oleh KPU RI. KPU RI menjalankan kewenangannya di luar kekuasaan pemerintah.
Dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-118/MK.02.2016 tentan‎g Penetapan Standar Biaya Honorarium Tahapan Pemilu, upah untuk Ketua KPPS sebesar Rp 550 ribu dan anggota Rp 500 ribu.
Tribun mewawancarai komisioner KPU Purwakarta, Sabtu (20/4) Ramlan Maulana untuk memberikan gambaran umum seberat apa beban kerja petugas KPPS. ‎Seperti diketahui, dua petugas PPS di Kabupaten Purwakarta meninggal dunia.
Ramlan mengatakan, tugas dan beban kerja petugas KPPS di Pemilu 2019 yang mengagendakan pemilihan presiden, DPRD kota, kabupaten dan provinsi lalu pemilihan DPR dan DPD RI ini lebih berat dibanding Pemilu 2014 yang hanya memilih anggota DPR RI, DPRD kota, kabupaten, provinsi dan DPD RI saja dan untuk Pilpres 2014, digelar usai Pemili Legislatif.
Sehingga, ada jeda waktu untuk istirahat dan berkas administrasinya tidak sebanyak pada Pemilu 2019.
“Petugas KPPS bekerja hampir seminggu sebelum hari HA dengan melaksanakan pengumuman dan sosialisasi. ‎Lalu, 3 hari sebelum hari H, harus mendistribusikan surat C 6 yang berisi panggilan memilih. Mereka menyalin nama pemilih di DPT ke C6 secara manual,”ujar Ramlan.
Mereka juga belum akan merasa tenang jika logistik pemilu belum sampai ke tangan mereka. Misalnya, logistik kotak suara hingga surat suara itu sendiri.
Tidak jarang, proses persiapan itu sudah menguras tenaga, waktu dan pikiran. Belum rehat sejenak, pada hari H, 17 April‎, mereka sudah membuat TPS dan jam 06.00 mulai bertugas kemudian pukul 07.00 hingga pukul 13.00, mereka melayani proses pemungutan suara.
Kata Ramlan, itu bukan perkara gampang karena pada pelaksanaannya, mereka menemukan sejumlah kendala.
Seperti melayani daftar pemilih tambahan (DPTb) atau pemilih pindahan hingga daftar pemilih khusus (DPK), syukur-syukur juga DPTb dan DPK ini syarat administrasinya lengkap, jika tidak, kata Ramlan, menimbukan dilema baru.
“Kalau pemilih sesuai DPT mah kan tinggal masuk, layani, selesai,” kata Ramlan.
Usai tujuh jam melayani pemungutan suara, bukannya istirahat layaknya pekerja kantoran. Para petugas PPS ini langsung menggelar penghitungan suara manual, menghitung satu persatu surat suara di lima kotak suara yang terdiri dari kotak suara pilpres, pemilihan anggota DPD dan DPR RI, DPRD kota, kabupaten dan provinsi ‎ yang jumlahnya mencapai ribuan.
“Kalau satu kotak suara ada 250 DPT, maka jika lima kotak suara sudah ada 1.250 surat suara. Dan itu dibuka, dicek tanda coblosan dan dihitung satu persatu‎. Anda bisa bayangkan jika dalam satu TPS, DPT-nya lebih dari 250,” ujarnya.
Syukur-syukur jika penghitungannya sesuai. Tidak jarang, usai dihitung, jika misalnya surat suara ada 250 setelah dihitung, tidak jarang bertambah atau bahkan berkurang. Konsekuensiny harus dihitung ulang.
“Dan penghitungan suara di lima kot‎ak suara itu harus dihitung ulang,” katanya.
Rosmita, Siswi SMK di Takalar yang meninggal dunia setelah kelelahan menjadi saksi parpol saat Pemilu 2019 Pascapenghitungan, mereka‎ pun harus menyusun kelengkapan administrasi di formulir model C secara manual. Ia mencontohkan, model C untuk Pilpres mencapai 8 eksemplar, untuk level DPR, DPRD kota, kabupaten dan provinsi 22 eksemplar dan DPD RI sebanyak 55 eksemplar.
“Semuanya ditulis manual. Jadi petugas PPS berakhir kerjanya setelah suara dilimpahkan ke level kelurahan atau desa,” ujarnya.
Di luar itu, diakui Ramlan, para petugas PPS saat ini bekerja di tengah post truth (pasca kebenaran) Pemilu 2019. Menurut Ramlan, jauh hari, penyelenggara pemilu kerap dituding tidak netral hingga berbuat curang.
“Sedikit banyak itu memengaruhi psikologis para petugas PPS,” ujar dia. KPU Jabar sendiri menyebut sudah ada 12-an petugas PPS yang meninggal karena kelelalahan.
“Maka tidak salah jika kita menyebut mereka sebagai pahlawan demokrasi Pemilu 2019,” ujar Ramlan.
Tribun juga mewawancarai Agus (40), Ketua KPPS di Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Kota Bandung ‎pada Jumat (19/4) malam di Kantor Kecamatan Lengkong, Jalan Talaga Bodas. Di sela menerima kunjungan Kapolrestabes Bandung dan Dandim Tabes, mukanya tampak sayu.
“Seminggu terakhir ini sibuk pak, kerjaan sudah selesai tapi saya kesini untuk persiapan pleno PPK,” ujar Agus.
Ia tidak heran dengan kabar banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya karena kelelahan. Toh, kata dua, tugasnya memang berat.
“Selain mengurasi fisik, juga menguras mental. Kami dituntut jeli, konsentrasi tinggi dalam menyusun kelengkapan administrasi. Jika ada yang salah, habis lah kami,” ujar Agus.
Sedikit harapan yang ia lontarkan di tengah kegaduhan pascapemungutan suara. Ia berharap semua pihak untuk bersabar menunggu keputusan resmi KPU tanpa harus menuding segala macam.
“Kami ini disumpah melaksanakan pemungutan suara dengan jurdil luber, kami bekerja keras mewujudkan kita. Jadi, kami harap semua pihak percaya,” ujar Agus.
Ketua KPU Jabar Rifqi Mubaroq menambahkan, umumnya petugas PPS yang meninggal karena sakit akibat kelelahan menjalankan tugas.
“Hampir semuanya ada yang serangan jantung, karena faktor kelelahan ada juga meninggal setelah menerima laporan kekurangan surat suara, mungkin stres, ada juga faktor kelelahan. Kami terima beberapa laporannya mungkin juga jadi bahan evaluasi ke depannya,” ujar Rifqi.
Bagi KPU Jabar, petugas KPPS merupakan pahlawan demokrasi. Pihaknya berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya para pahlawan demokrasi di Pemilu 2019.
“Mereka pahlawan demokrasi di Pemilu 2019. Atas nama KPU Jabar mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya semoga almarhum khusnul khotimah, mereka bisa mengawal pemilu dan demokrasi berjalan dengan baik dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan ketawakalan atas musibah ini,” kata Rifqi.
“Ke depan pemilu diupayakan tidak memakan waktu durasi yang cukup lama sehingga petugas kami tanpa jeda harus mengurus dokumen yang cukup ini yah cukup banyak,” kata dia.
Selain petugas TPS yang meninggal dunia, anggota Polri yang bertugas pengamanan TPS di Kecamatan Cilengkrang, Aiptu M Saepudin juga meninggal dunia pada Rabu (17/4) pagi, diduga karena kelelahan setelah malam sebelum pencoblosan, mengawal puluhan kotak suara.
Merespon hal tersebut, Jokowi, calon presiden nomor urut 01 mengaku sangat berduka atas meninggalnya petugas KPPS maupun para anggota Polri.
“Saya ucapkan rasa berduka cita yang mendalam atas meninggalnya petugas KPPS juga beberapa diluar KPPS. Saya kira beliau-beliau ini adalah pejuang demokrasi yang meninggal dalam tugas,” ungkap Jokowi, Senin (22/4/2019) malam di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat
“‎Sekali lagi atas nama negara dan masyarakat, saya ucapkan duka yang sangat mendalam,” tambah Jokowi.
Bagi para korban anggota KPPS baik yang meninggal dunia maupun sakit, KPU bakal memberikan santunan yang masih dibicarakan dengan Kementerian Keuangan.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/gaji-500-ribu-yang-meninggal-90-orang-begini-beratnya-jadi-petugas-kpps/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Sebelum Meninggal Petugas Kpps Di Makassar Beri Rp 530 Ribu Ke Istri

Sebelum Meninggal Petugas Kpps Di Makassar Beri Rp 530 Ribu Ke Istri

papar berkaitan - pada 28/4/2019 - jumlah : 268 hits
Sebelum Meninggal Petugas KPPS di Makassar Beri Rp 530 Ribu ke Istri Bersama Ramlah almarhum miliki anak laki laki namun di usia masih delapan bulan buah hati mereka meninggal dunia setelah step
Cegah Angka Meninggal Bertambah Idi Kaltim Cek Kesehatan 3 000 Petugas Kpps

Cegah Angka Meninggal Bertambah Idi Kaltim Cek Kesehatan 3 000 Petugas Kpps

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 194 hits
IDI telah mendapat kabar tidak sedikit petugas penyelenggara Pemilu bersama dengan petugas kepolisian yang jatuh sakit hingga meninggal dunia akibat kelelahan Ini kami sayangkan
Lebih Dari 90 Petugas Kpps Meninggal Wapres Jk Akan Evaluasi Keras Pemilu 2019

Lebih Dari 90 Petugas Kpps Meninggal Wapres Jk Akan Evaluasi Keras Pemilu 2019

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 200 hits
Wakil Presiden Jusuf Kalla atau akrab disapa JK mengakui penggabungan pemilihan presiden dan legislatif membuat pemilu serentak tahun ini semakin rumit Karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemilu
Ma Ruf Setuju Petugas Kpps Meninggal Diberi Santunan Dan Dapat Penghargaan

Ma Ruf Setuju Petugas Kpps Meninggal Diberi Santunan Dan Dapat Penghargaan

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 176 hits
Ma ruf menambahkan kejadian petugas KPPS meninggal akibat kelelahan membuat beberapa hal terkait Pemilu Serentak harus dievaluasi Hal ini untuk menghindari kejadian sama terulang kembali
Kpu Diy Sebut Ada Lima Petugas Kpps Meninggal Dunia

Kpu Diy Sebut Ada Lima Petugas Kpps Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 228 hits
Hamdan mengungkapkan untuk petugas KPPS yang sakit ada tujuh orang Empat orang petugas KPPS yang mengalami sakit ini baru dilaporkan sedangkan tiga orang petugas KPPS sudah dilaporkan sejak kemarin sore
Hingga Hari Ini Jumlah Petugas Kpps Pemilu 2019 Meninggal Bertambah Jadi 90 Orang

Hingga Hari Ini Jumlah Petugas Kpps Pemilu 2019 Meninggal Bertambah Jadi 90 Orang

papar berkaitan - pada 23/4/2019 - jumlah : 224 hits
Jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang meninggal dunia bertambah menjadi 90 orang Selain itu Komisi Pemilihan Umum mencatat sebanyak 374 petugas KPPS sakit Terkait dengan jumlah sementara sampai pukul 15 00 jumlah updat...
Soal Petugas Kpps Meninggal Sandi Ingatkan Pentingnya Nyawa Ketimbang Target Waktu

Soal Petugas Kpps Meninggal Sandi Ingatkan Pentingnya Nyawa Ketimbang Target Waktu

papar berkaitan - pada 29/4/2019 - jumlah : 193 hits
Dia menyadari beban kerja 24 jam tanpa henti membuat para pejuang demokrasi itu sangat berat Menurut mantan Wagub DKI Jakarta itu beban kerja semakin berat jika terjadi penghitungan ulang
Petugas Kpps Meninggal Kelelahan Kpu Minta Sistem Pemilu Serentak Dikaji Ulang

Petugas Kpps Meninggal Kelelahan Kpu Minta Sistem Pemilu Serentak Dikaji Ulang

papar berkaitan - pada 21/4/2019 - jumlah : 288 hits
Komisioner KPU Wahyu Setiawan berharap pemerintah mengkaji ulang pemilu serentak Sebab adanya pemilu serentak membuat beban pekerjaan KPPS berkali lipat
Kelelahan Saat Bertugas Satu Petugas Kpps Di Tangerang Selatan Meninggal

Kelelahan Saat Bertugas Satu Petugas Kpps Di Tangerang Selatan Meninggal

papar berkaitan - pada 21/4/2019 - jumlah : 220 hits
Kabar duka juga datang dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten Satu orang petugas KPPS meninggal dunia karena kelelahan saat bertugas
Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Kuih Lopes

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Panduan Menjalankan Sujud Sahwi Dalam Solat Dan Sebab Sebab Perlu Sujud Sahwi

April 18 2024 Pesan Orang Alim

La Dolce Vita Cranking The Vespa Gt 200 Up To Eleven