Film The Santri Dalam Sikap Kritis Umat Islam Untuk Dapatkan Hiburan Halal


Ilustrasi artikel. (Dok. Istimewa)Trailer film The Santri yang dirilis pada tanggal 9 September 2019 menuai tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat, baik awam, tokoh publik, pejabat pemerintahan, politikus, dan lainnya. 
Dari beragam tanggapan tersebut ada yang bersifat pro dan juga ada yang kontra, membuat keberadaan film yang diinisiasi oleh salah satu organisasi Islam bekerjasama dengan sutradara yang punya akses pemasaran ke Amerika Serikat ini menuai kontroversi.
Kontroversialnya film ini dipicu karena ada beberapa adegan yang dianggap tidak sesuai dengan penerapan sistim yang diberlakukan pada pondok pesantren, sementara pada pihak yang pro pada keberadaan film ini mengatakan film ini lebih menonjolkan nilai toleransi demi mendukung inisiatif pemuda regional dan global. 
Untuk mendalami polemik yang terjadi pada dua perspektif yang berbeda pada film ini, kita dapat melakukannya dengan mengembalikan ingatan pada zaman kejayaan Islam dari abad 750 - 1258 M silam. Dimana pada masa itu Islam menguasai sains, ekonomi, dan kebudayaan. 
Merujuk pada kebudayaan, akan kita jumpai salah salah satu produknya, kesenian. Produk kesenian tersebut bisa berupa seni musik, seni peran, sastra, grafis, dan lainnya. 
Seni peran semakin berkembang dari masa ke masa, saat ini produknya bisa berupa film, sinetron, dan lainnya. Untuk film disajikan pada masyarakat melalui bioskop, televisi, youtube, dan media aplikatif lainnya. Namun perbedaan dengan zaman sekarang, pada zaman kejayaan Islam itu produk kebudayaan dikuasai oleh para kreator seni Islam, sehingga dapat menjadikannya sebagai salah satu media syiar dalam menyampaikan syariat Islam ke seluruh dunia. 
Sebelum mempolemikkan film The Santri, kita harus mengetahui dulu siapa penggarap film ini, apakah seorang yang beragama Islam, apakah kreator seni Islam, apakah orang yang mengerti tentang seluk beluk dunia pesantren, dan untuk siapa film itu diproduksi? 
Meskipun film tersebut bertajuk The Santri mungkin saja hanya mengangkat salah satu pondok pesantren yang satu pemahaman islamnya dengan penggarap filmnya. Karena belum tentu film tersebut mewakili sistem pondok pesantren secara umum. 
Film adalah produk kebudayaan yang memuat pesan-pesan tertentu dari tujuan pembuat film tersebut. Dan yang tahu tujuan film tersebut dibuat tentu adalah pembuat film itu sendiri. Ketika film tersebut dihadirkan di tengah masyarakat pasti akan menuai beragam interprestasi. Kita tahu, film The Santri diinisiasi oleh sebuah organisasi islam, bukanlah oleh kesepakatan dari seluruh organisasi Islam. Dan wajarkan saja bila mengusung pesan yang diinginkannya. 
Jika tidak sejalan dengan pemahaman Islam yang ada pada film The Santri, menghujat bukanlah perilaku yang baik, karena dilarang oleh ajaran Islam. Karena tindakan ini bisa saja jadi pemicu perpecahan dalam konteks hidup bernegara. Untuk mengkritiknya lakukanlah dengan cara cerdas, berintelektual, dan beretika. Untuk membentengi umat Islam dari hal yang dianggap kontroversial pada film The Santri, lakukanlah dengan cara yang sama. Lagu dibalas dengan lagu, film dibalas dengan film. 
Bagi yang sudah punya pondasi kuat dalam akidah Islam, menonton film The Santri bisa jadi bahan studi dan analisis tentang pemahaman Islam yang ingin diterapkan dalam hidup bernegara, untuk bahan membagun strategi dalam upaya menyelamatkan generasimuda Islam. Bagi yang was-was dengan hadirnya film The Santri, berilah perlindungan pada anak-anaknya, keluarganya, dan kerabat yang belum punya bekal cukup dalam memahami Islam. 
Film The Santri bisa saja mengangkat satu sampel fakta, karena produk seni memang harus jujur dan murni dalam mengekspresikan karya. 
Mengingat zaman keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi telekomunikasi pada saat ini membuat umat Islam semakin kritis dalam menerima sajian hiburan. Mereka sangat menginginkan hiburan halal yang lebih sesuai dengan pemahaman Islam yang sudah mereka punya. Sejatinya, mereka menunggu para kreator seni muslim untuk memberikan konten-konten halal pada sajian hiburan yang mereka inginkan. Jika tidak kita mulai dari sekarang untuk menguasai dunia perfilm dunia agar dapat menjadi katalisator kebudayaan bagi dunia, mustahil zaman kejayaan Islam itu akan dapat kita kembalikan. (*)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/09/film-santri-dalam-sikap-kritis-umat.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Film The Santri Tuai Kontroversi Yusuf Mansur Minta Doa Hingga Wagub Jabar Nilai Kebablasan

Film The Santri Tuai Kontroversi Yusuf Mansur Minta Doa Hingga Wagub Jabar Nilai Kebablasan

papar berkaitan - pada 19/9/2019 - jumlah : 366 hits
Film The Santri karya sutradara cantik Livi Zheng menuai kontroversi Mendapat kritikan pedas Yusuf Mansur balas dengan minta didoakan Wagub Jabar juga menilai film tersebut kebablasan Film The Santri menjadi film produksi PBNU dengan mengga...
Baitulmaqdis Akan Sentiasa Terbuka Selagi Umat Islam Masih Bertapak Ke Sini

Baitulmaqdis Akan Sentiasa Terbuka Selagi Umat Islam Masih Bertapak Ke Sini

papar berkaitan - pada 15/9/2019 - jumlah : 230 hits
Dalam masa 24 jam itu semakin lama semakin banyak ruang masa yang diambil oleh musuh Islam Setiap saat yang kita lengahkan dalam melindungi kota suci ini terkenangkan fatwa buruk memegang perasaan takut setiap saat itulah sebahagian tanah s...
Jelajahi The True Asia Dengan Liburan Halal Yang Menyenangkan Di Filipina

Jelajahi The True Asia Dengan Liburan Halal Yang Menyenangkan Di Filipina

papar berkaitan - pada 19/9/2019 - jumlah : 172 hits
Kian merasa nyaman saatnya manfaatkan promo tiket untuk jelajahi berbagai destinasi liburan halal seru di Filipina
Antara Negara Pertumbuhan Umat Islam Tercepat Sedunia

Antara Negara Pertumbuhan Umat Islam Tercepat Sedunia

papar berkaitan - pada 19/9/2019 - jumlah : 395 hits
TERDAPAT berita menggalakkan ketika beberapa waktu lalu Telegraph melaporkan data mengenai perkembangan umat Islam di Britain Buat kali pertama tahun ini jumlah umat Islam di negara Queen Elizabeth mencapai tiga juta Pembangunannya sangat p...
4291 Pertubuhan Komuniti Sppz Bakal Jadi Rujukan Utama Muamalat Umat Islam Sidang Media Ppim 19 09 2019

4291 Pertubuhan Komuniti Sppz Bakal Jadi Rujukan Utama Muamalat Umat Islam Sidang Media Ppim 19 09 2019

papar berkaitan - pada 20/9/2019 - jumlah : 393 hits
Persatuan Pengguna Islam Malaysia telah memperkenalkan sebuah pertubuhan yang dinamakan Pertubuhan Komuniti Sokong Peniaga Pembayar Zakat Ketua Aktivis PPIM Nadzim Johan berkata matlamat utama Komuniti SPPZ ialah bagi menjadi sebuah platfor...
Insulting Islam Prophet Muhammad And The Sultans Should No Longer Be Crimes Under Malaysia Baru

Insulting Islam Prophet Muhammad And The Sultans Should No Longer Be Crimes Under Malaysia Baru

papar berkaitan - pada 14/9/2019 - jumlah : 309 hits
DAP supremo Lim Kit Siang today called for the release of all those arrested under the Sedition Act and reminded the Pakatan Harapan government that it had promised to repeal the law in its election manifesto He said the arrest of PSM activ...
Kritikan Dr Tajuddin Rasdi Ke Atas Islam Dan Umat Islam Di Gereja

Kritikan Dr Tajuddin Rasdi Ke Atas Islam Dan Umat Islam Di Gereja

papar berkaitan - pada 18/9/2019 - jumlah : 305 hits
Dr Kamarul Yusoff Ramai rakan yang bertanya saya mengenai perkara perkara yang dikritik oleh Dr Tajuddin Rasdi di hadapan penganut Kristian dalam forum Naratif Malaysia Baharu di Mega Chinese Methodist Church Kota Damansara Selangor pada 14...
3 Kedengkian Yahudi Kepada Umat Islam

3 Kedengkian Yahudi Kepada Umat Islam

papar berkaitan - pada 10/9/2019 - jumlah : 179 hits
SOALAN Saya pernah mendengar suatu ketika dahulu kisah orang Yahudi dengkikan umat Islam pada 3 benda tetapi saya telah lupa kerana sudah lama Bolehkah ustaz sebut tiga benda itu Adakah kisah ini sahih JAWAPAN Bangsa Yahudi sangat hasad den...
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

The Evolution Of Adult Entertainment

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Menambat Selera Rakyat Malaysia Dengan Kebaikan Berasaskan Tumbuhanterbaharu Dari Nestl

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

What You Should Know About New Construction Plumbing



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Ramai Netizen Dan Rakyat Teruja Gembira Bila Dimaklumkan Tun Mahathir Antara Yang Sedang Disiasat Sprm

Masak Lemak Ikan Bawal Cermin Dengan Belimbing Buluh

Utilizing Crowdfunding For Business

Pemandu E Hailing Pengguna Muslim Wajiib Abaikan Grab Kenyataan Media Ppim 26 04 2024

Selamat Bersara Contoh Ucapan Hari Persaraan Poster

Juyaya Semun Ngintu Gawai Chord