Fakta Tentang Bintang





Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Terdapat bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).

Dan berikut ini adalah 10 fakta menarik bintang yang mungkin belum anda ketahui

1. Bintang Paling Dekat Dengan Bumi Adalah Matahari


Bintang paling dekat dengan Bumi adalah Matahari. Objek ini hanya berjarak 150 juta km dari Bumi (1 SA/AU). Matahari kita sendiri diklasifikasikan sebagai bintang katai kuning G2 pada fase deret utama hidupnya. Matahari mengubah hidrogen menjadi helium pada intinya selama 4,5 miliar tahun,dan kemungkinan akan terus melakukannya selama 7 + miliar tahun kedepan. Ketika Mataharikehabisan bahan bakar, itu akan menjadi raksasa merah, mengembang berkali-kali dari ukurannya saat ini. Ketika mengembang, Matahari akan mengkonsumsi Merkurius, Venus dan mungkin bahkanBumi. Akhirnya dia akan menjadi Nebula Planet. 

2. Setiap Bintang Yang Terlihat Di Langit Malam, Lebih Besar Dan Lebih Terang Dari Matahari Kita



Dari 5.000 atau lebih bintang yang memiliki magnitudo 6, hanya segelintir bintang yang sangat samar yang memiliki ukuran dan kecerahan seperti matahari kita dan semua sisanya adalah bintang yang sangat besar dan lebih cerah. Dari 500 atau lebih bintang yang memiliki magnitudo 4 (yang mencakup dasar setiap bintang yang terlihat dengan mata telanjang dari lokasi perkotaan), semuas ecara hakekatnya lebih besar dan lebih terang dari Matahari kita. Dari 50 bintang yang terlihat oleh mata manusia dari Bumi, yang paling redup adalah Alpha Centauri, itu masih 1,5 kali lebih cemerlang dari Matahari kita, dan tidak dapat dengan mudah dilihat dari sebagian besar belahan bumi utara. Contoh perbandingan antar Planet dan bintang bisa dilihat dibawah ini: 


Tampak begitu kecil.. bahkan bagai butiran kedelai bumi ini..
 Bintang terbesar dijagat raya adalah VY Canis Majoris, terletak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Diameternya diperkirakan mencapai  1.975.220.000 km
Diamater  betelgeuse adalah 1.641.380.000 km, sedangkan diameter matahari adalah 1.391.684 km.
3. Anda Tak Dapat Melihat Jutaan Bintang Di Langit Yang Gelap

Walaupun mungkin anda pernah dengar di iklan TV, puisi dan lagu tentang "melihat jutaan bintang di langit", itu tidak benar. Faktanya adalah kita tidak akan bisa melihat jutaan bintang di langit. Padamalam yang benar-benar luar biasa, dengan tidak ada bulan dan jauh dari sumber cahaya, seseorang dengan penglihatan yang sangat baik mungkin hanya dapat melihat 2000-2500 bintang pada satu waktu. (Bahkan menghitung jumlah yang sedikit ini akan sangat sulit). Jadi pada saat Andamendengar seseorang mengklaim telah melihat juta bintang di langit, sebaikany kita hargai saja... anggap mereka berpuisi ^_^

4. Merah Panas - Biru Dingin (Itu Salah)

Kita terbiasa mengacu pada hal-hal yang merah panas dan biru dingin. Warna bintang dapat berkisar dari merah >> putih dan menjadi biru . Merah adalah warna yang paling dingin , suhunya kurang dari 3.500 Kelvin . Bintang seperti Matahari kita berwarna putih kekuning-kuningan dan rata-rata bersuhu sekitar 6.000 Kelvin . Bintang-bintang paling panas berwarna biru , yang memiliki suhu di atas 12.000 Kelvin . Jadi bintang-bintang merah yang Anda lihat di langit adalah " bintang dingin " ( sedikit panas) , dan bintang-bintang biru adalah bintang paling panas !


5. Jumlah Bintang Sangat-Sangat Banyak

Berapa banyak bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti Kita? Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahuinya bahwa ada sekitar 200-400.000.000.000 bintang di galaksi kita ini. Sangat mungkin beberapa bintang itu memiliki planet atau mungkin kehidupan. Kemudian, mungkin ada sebanyak500 miliar galaksi di alam semesta, dan masing-masing bisa memiliki banyak atau sedikit bintang dari Bima Sakti. Kalikan dua angka itu dan Anda akan melihat bahwa mungkin ada sebanyak 3 x 10^23bintang di alam semesta. Itu sama dengan 300.000.000.000.000.000.000.000 atau 300 sextillion  (Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Star#Distribution)


6. Bintang-Bintang Terbesar Akan Menelan Saturnus Jika Ditempatkan Di Dalam Tata Surya

Berbicara tentang raksasa merah atau dalam hal ini supergiants merah, ada beberapa bintang rakasadi luar sana yang benar-benar membuat Matahari terlihat kecil. Bintang maha raksasa yang terkenaladalah bintang Betelgeuse di konstelasi Orion. Ini memiliki massa sekitar 20 kali massa Matahari, tapi itu 1.000 kali lebih besar dari Matahari kita. Tapi itu bukan apa-apa. Bagaimana dengan maharaksasaNML Cygni. Bintang ini dianggap lebih besar 1.650 kali ukuran Matahari, itu akan menelan orbit Saturnus!

7. Bintang Tidak Berkelip

Bintang tampak berkelip, khususnya bila mereka berada dekat cakrawala. Satu bintang, Sirius,berkelap-kelip beberapa kali sehingga orang-orang mengiranya sebagai UFO. Namun pada kenyataannya, kelipan itu bukanlah milik bintang-bintang, tetapi karena atmosfer bumi bergolak.Saat cahaya dari sebuah bintang melewati atmosfer, terutama ketika bintang muncul di dekatcakrawala, harus melewati banyak lapisan atmosfer dengan kepadatan yang berbeda. Ini memiliki efek membelokkan cahaya sedikit seolah-olah seperti bola dalam mesin pinball. Cahaya akhirnyasampai ke mata Anda, tapi setiap pembelokan menyebabkannya mengubah sedikit warna dan intensitas. Hasilnya adalah "berkelap-kelip." Di atas atmosfer bumi, bintang-bintang tidak kelap-kelip.

8. Anda Dapat Melihat Objek Di Langit Setidaknya 20 quadrillion kilometer Jauhnya

Pada malam yang baik, Anda dapat melihat objek sekitar 19.000.000.000.000.000 mil jauhnyadengan mudah.Itu 19 quadrillion mil, perkiraan jarak ke bintang terang Deneb di Cygnus. Deneb dapat dilihat dimana saja dari Bumi. Ada bintang lain, Eta Carina, yang sedikit lebih jauh, sekitar 44quadrillion mil. Tapi Eta Carina adalah bintang samar. Ada 2 galaksi juga dapat dilihat dengan kondisi tertentu,Andromeda dan Triangulum . Mereka berjarak sekitar 15 dan 18 quintillion mil jauhnya! (1Quadrillion = 1015sedangkan 1 Quintillion = 1018).

9. Bintang Paling Masif Adalah Bintang Yang Memiliki Hidup Paling Singkat

Bintang-bintang katai merah yang memiliki massa sedikit bisa mencicipi bahan bakarnya selama 10 triliun tahun sebelum akhirnya habis. Sebaliknya,bintang-bintang masif akan memakan bahan bakarnya dengan cepat. Sebagai contoh, salah satu bintang paling masif yang kita tahu adalah EtaCarinae, yang terletak sekitar 8.000 tahun cahaya. Bintang ini diperkirakan memiliki massa 150 kalimassa matahari dan mengeluarkan energi 4 juta kali lebih banyak dari energi Matahari. Secara perlahan Matahari kita membakar hidrogennya sudah miliaran tahun dan masih akan terus membakar miliaran tahun kedepan. Sedangkan Eta Carinae mungkin akan hancur dalam beberapa juta tahun kemudian karena kehabisan bahan bakar. Para astronom memperkirakan bintang ini akan meledak menjadi Supernova. Ketika itu terjadi,bintang ini akan menjadi objek paling terang ketiga di langit setelah Matahari dan Bulan. Anda bisa melihatnya siang hari dan di malam hari,anda bisa membaca menggunakan cahayanya.

10. Dan Mereka Sangat Jauh

Dengan begitu banyak bintang di luar sana,berarti kita jelas jarak yang jauh juga kita bicarakan.Bintang terdekat dengan Bumi adalah Proxima Centauri, yang terletak 4,2 tahun cahaya. Dengan kata lain, cahaya bintang ini membutuhkan 4 tahun lebih untuk mencapai Bumi. Jika Anda mencoba untuk mencari tumpangan pada pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah diluncurkan dari Bumi,anda membutuhkan 70.000 tahun untuk sampai ke bintang Proxima Centauri. Saat ini,perjalanan antar bintang masih belum memungkinkan.

Sumber : http://astronesia.blogspot.com/2014/03/10-fakta-menarik-bintang-bagian-ii.htmlMuhammmad Irfan Blog's

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://irfanmuhluster.blogspot.com/2014/10/fakta-tentang-bintang.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Fakta Menarik Tentang Biskut Oreo

Fakta Menarik Tentang Biskut Oreo

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 201 hits
Putar Jilat Celup Itulah salah satu trade mark biskut Oreo yang pasti di ingati oleh setiap orang yang mendengarnya Jika anda juga salah seorang penggemar makanan ringan Oreo cuba semak fakta menarik tentang biskut tersebut Yang dipetik dar...
Fakta Tentang Pesawat Mh370

Fakta Tentang Pesawat Mh370

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 166 hits
NAMA SEBENARNYA ialah 9M MRO tetapi sejak 8 Mac yang lalu seluruh dunia lebih mengenalinya dengan nama MH370 Pesawat jenis Boeing 777 200 itu adalah yang ke 404 dikeluarkan oleh syarikat pembuat kapal terbang Boeing Ia mula terbang pada 14 ...
Fakta Tentang Makkah Al Mukarramah

Fakta Tentang Makkah Al Mukarramah

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 191 hits
Kita sebagai umat Islam yang mencintai agama kita harus mengetahui sedikit sebanyak tentang tempat suci Semoga dengan pengetahuan ini menambahkan lagi rasa cinta kita pada Allah SWT Ia suatu fakta yang menarik insyaAllah 01 Dalil secara Qat...
Clever Girl Ke Lucky Girl Ini 7 Fakta Yang Anda Tak Tahu Tentang Fatin Juara Clever Girl Malaysia

Clever Girl Ke Lucky Girl Ini 7 Fakta Yang Anda Tak Tahu Tentang Fatin Juara Clever Girl Malaysia

papar berkaitan - pada 1/11/2021 - jumlah : 188 hits
Clever Girl Ke Lucky Girl Ini 7 Fakta Yang Anda Tak Tahu Tentang Fatin Juara Clever Girl MalaysiaWalaupun Clever Girl Malaysia merupakan rancangan realiti baru sambutan yang diterima oleh penonton boleh dikatakan menyengat Clever Girl nyata...
Fakta Penting Tentang Bangsa Melayu Yang Telah Dilupakan

Fakta Penting Tentang Bangsa Melayu Yang Telah Dilupakan

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 185 hits
Dalam tahun 1879 Parlimen Hawaii di Honolulu telah membincangkan kemungkinan penyatuan Dunia Melayu Polinesia yang luas Sembilan tahun selepasnya Apolinario Mabini di Manila mencadangkan Federation Malaya dengan gagasan yang sama Muncul di ...
Fakta Yang Perlu Tahu Tentang Khasiat Isap Nenen

Fakta Yang Perlu Tahu Tentang Khasiat Isap Nenen

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 618 hits
Fakta Yang Perlu Tahu Tentang Khasiat Isap Nenen Info ini jangan lihat dari segi lain pulak tau boleh share pada pasangan masing masing yang berkahwin untuk couple jangan nak menggatal pulak hehe jom kita tengokManfaat Hisap Payudara tetek ...
Song Hyekyo Ulas Tentang Drama Now We Are Breaking Up Julat Emosi Dan Banyak Lagi

Song Hyekyo Ulas Tentang Drama Now We Are Breaking Up Julat Emosi Dan Banyak Lagi

papar berkaitan - pada 9/11/2021 - jumlah : 241 hits
Song Hye kyo kelihatan cantik seperti biasa dalam gambar barunya untuk majalah Dazed ARTIKEL BERKAITAN Dalam temu bualnya Song Hye kyo bercakap mengenai drama akan datangnya Now We Are Breaking Up Drama SBS baharu tersebut ialah drama perci...
65 Perkara Tentang Anxiety Disorder

65 Perkara Tentang Anxiety Disorder

papar berkaitan - pada 9/11/2021 - jumlah : 261 hits
Tak semena2 dalam FB ai ada beberapa kenalan yg declare telah menghidap anxiety disorders Jantung dag dig dug Mostly mereka itu jelita2 belaka Alhamdulillah dpt mengenali
Bulughul Maram Shalat Hadits Penting Tentang Syarat Dan Rukun Shalat

Bulughul Maram Shalat Hadits Penting Tentang Syarat Dan Rukun Shalat

papar berkaitan - pada 9/11/2021 - jumlah : 306 hits
Hadits ini penting sekali dalam memahami cara shalat Nabi shallallahu alaihi wa sallam karena diterangkan beliau langsung lewat lisan dalam rangka membenarkan orang yang jelek shalatnya Baca juga Hadits Musii fii Shalatihi Bulughul Maram ka...
Irma Hasmie Enggan Komen Status Perkahwinan Apa Yang Penting Allah Jaga Hati Fikiran Kami

Salah Besar Kalau Kembali Kepada Quran Dan Sunnah Saja Tambah Ulil Amri

Panduan Dan Cara Atasi Sembelit Bagi Dewasa Kanak Kanak Dan Selepas Bersalin

Cheah Liek Hou

Mcmc S Police Report Against Writer Murray Hunter Is High Handed And Has A Chilling Effect On Freedom Of Speech

Adapting To Consumer Behavior

Keluarga Berang Terima Kiriman Jenazah Individu Lain

Kenyataan Wan Rosdy Bakar Semangat Penyokong Pakatan Harapan Di Prk Dun Kuala Kubu Bharu



5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Racun Rihanna Slot Samarinda TV3


Family Camping Journey Kami Repeat Lagi Camping 3h2m Di Dusun Pak Abu Campsite

Papagomo Ditahan Aibkan Agong

Tergamak Petik Al Quran Kaki Fitnah Dipanggil Pejuang Rakyat

Normani S Legs And Feet In Tights 5

Jadwal Puasa Sunnah Mei 2024

Wanita Maut Ditikam 30 Kali Di Sepanyol