Diserang Peretas Suarapapua Com Sempat Tak Bisa Diakses


Pada 30 januari 2020 malam saya lihat diberanda facebook ada link yang dishare dari sumber situs SuaraPapua.com karena tertarik melihat isi beritanya saya mencoba akses dengan klik tautan tersebut. Saya sedikit terkejut karena tampilan layarnya berbeda dan tidak seperti biasanya. Awalnya saya pikir situs lagi down, atau karena limit jumlah kunjungan dan sebagainya. Malamnya saya kembali kunjungi hasilnya sama saja tampilan layar putih.

Sempat saya kunjungi fanspage Suara Papua juga fanspagenya pimpinan SuaraPapua Arnold Belau untuk melihat mungkin ada status pemberitahuan dan sebagainya terkait situs Suara Papua. Namun tidak ada informasi yang  tertera. Saya juga mencoba tanyakan via facebook kepada satu jurnalis Suara Papua; dan dari dia saya tau bahwa situs SuaraPapua memang diserang hacker/peretas.

Lebih lanjut setelah baca-baca di berita Jubi.co.id ada informasi lebih detail tentang situs suarapapua yang dikonfirmasi langsung kepada pihak suara Papua.

Jubi telah berusaha mengakses dua link berita itu, namun tak berhasil. Pemimpin redaksi Suarapapua.com. Arnold Belau mengatakan situs mereka mulai diserang peretas pada 26 Januari 2020, tak lama setelah pihaknya menurunkan berita penembakan di Intan Jaya. kini situs suarapapua.com lumpuh total. Tak bisa diakses.

Dalam pemberitaan itu, kata Arnold, Suarapapua.com mengkonfirmasi data berbeda dari apa yang diumumkan polisi. Versi polisi menyatakan ada dua orang yang disebut sebagai “Kelompok Kriminal Bersenjata/ KKB) tertembak mati pada kontak senjata di Kabupaten Intan Jaya, Minggu, 26 Januari 2020.

Sedangkan versi lain yang diperoleh SuaraPapua, disebutkan satu orang tewas tertembak. Dua warga lainnya terluka pada kontak tembak itu.

Korban tewas berdasarkan penelusuran Suarapapua, merupakan seorang pria yang berprofesi sebagai tukang ojek, sekaligus menjabat sebagai sekretaris kampung Selemana, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya.

“Pada hari pertama memberitakan peristiwa itu, traffic situs kami jadi cukup tinggi, menjangkau sekitar 70 ribu pembaca, sepanjang Januari lalu, situs kami diretas sekitar 200 kali, hingga akhirnya lumpuh total, tak bisa diakses selama beberapa hari ini,” kata dia kepada Jubi melalui sambungan telepon, Sabtu, 1 Februari 2020.

SuaraPapua Sudah Bisa diakses

Pada 03 Februari 2020 sore tadi saya coba akses suarapapua untuk memastikan lagi sebelum naikan tulisan singkat ini; dan ternyata situs SuaraPapua.com sudah bisa diakses. Tampil seperti sebelumnya dan tidak ada yang berubah, atau berkurang. Silahkan kunjungi website www.SuaraPapua.com untuk memastikan juga kawan-kawan.


Serangan kepada Situs-situs Papua Bukan Hal Baru

Serangan peretas pada situs-situs yang memuat informasi tentang perjuangan bangsa Papua sudah terjadi berulangkali. Dan bukan hanya situs suara papua; ada juga serangan peretas pada akun-akun sosial media seperti facebook.

Pada juni 2013 lalu, Akun admin di Grup facebook KNPB pernah diretas dan siperetas kemudian menghapus grup tersebut. Selain itu ada pulluhan akun yang diambil alih peretas. Ada juga situs TPNPB yang dihack.

Lihat: Hack anti Papua dan ini Akun2 yang diretas
Lihat: Tiga Website TPNPB Dihacker

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terulang pada situs lainnya yang isi berita utamanya menyangkut perjuangan Bangsa Papua, sangat dianjurkan untuk memaksimalkan kemanan situs. Begitu juga dengan akun/profil pribadi di sosmed, perkuat keamanan sehingga tidak mudah dijebol oleh peretas.(PH)

Phaul Heger

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2020/02/diserang-peretas-suarapapuacom-sempat.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Usai Terima Nurmansjah Lubis Psi Dki Akan Pilih Cawagub Bisa Kerja

Usai Terima Nurmansjah Lubis Psi Dki Akan Pilih Cawagub Bisa Kerja

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 153 hits
Walaupun singkat pihaknya menyampaikan terkait proses pemilihan Cawagub PSI ingin ada tes kompetensi untuk mengukur kecocokan dan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Pemerintah Ingin Perekrutan Cpns Bisa Digelar Setiap Hari Sesuai Kebutuhan

Pemerintah Ingin Perekrutan Cpns Bisa Digelar Setiap Hari Sesuai Kebutuhan

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 176 hits
Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengemukakan proses seleksi CPNS nantinya bisa dilaksanakan seperti tes TOEFL sehingga tidak menimbulkan kehebohan dalam sekali waktu
Nyeri Yang Terjadi Di Dada Bisa Jadi Salah Satu Tanda Adanya Serangan Jantung

Nyeri Yang Terjadi Di Dada Bisa Jadi Salah Satu Tanda Adanya Serangan Jantung

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 144 hits
Penyakit jantung merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab banyak kematian di seluruh dunia Terkait masalah kesehatan ini untuk mencegah masalah lebih lanjut penting untuk mengetahui tanda tanda yang dimunculkannya
Jika Disetujui Dpr Polis Nasabah Jiwasraya Bisa Dicicil Mulai Akhir Maret

Jika Disetujui Dpr Polis Nasabah Jiwasraya Bisa Dicicil Mulai Akhir Maret

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 149 hits
Sejauh ini Jiwasraya memiliki tanggungan wajib pembayaran klaim kepada nasabah sebesar Rp16 triliun Sementara saat ini perusahaan pelat merah tersebut memiliki kekurangan solvabilitas sebesar Rp28 triliun
Luna Simo G50 Bisa Akses Internet Tanpa Sim Card Dan Wifi

Luna Simo G50 Bisa Akses Internet Tanpa Sim Card Dan Wifi

papar berkaitan - pada 29/1/2020 - jumlah : 229 hits
Luna Simo G50 Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Foxconn perusahaan produsen smartphone dengan brand Di awal tahun 2020 Luna meluncurkan seri ponsel terbarunya di Indonesia yaitu Luna Simo G50 Dibanding dengan seri seri sebelumnya Luna Si...
5 Hewan Yang Bisa Melihat Hantu Makhluk Gaib

5 Hewan Yang Bisa Melihat Hantu Makhluk Gaib

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 189 hits
Hantu merupakan makhluk gaib yang tidak bisa dilihat oleh manusia Tapi ada sebagian manusia yang bisa melihat serta merasakan keberadaah makhluk gaib tersebut Dan ada juga beberapa orang yang dikatakan bisa berinteraksi dengan makhluk gaib ...
Bakteri Di Dalam Usus Anak Bisa Jadi Penyebab Perubahan Perilaku Mereka

Bakteri Di Dalam Usus Anak Bisa Jadi Penyebab Perubahan Perilaku Mereka

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 119 hits
Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada jurnal mBio Diketahui bahwa mikroorganisme unik berada pada usus anak anak yang memiliki masalah perilaku Hasil temuan diperoleh berdasar analisis mikrobioma dari 40 anak berusia antara 5 hingg...
6 Cara Merawat Tanaman Monstera Dalam Rumah Biar Daunnya Bisa Selebar Kayak Di Kafe Kekinian

6 Cara Merawat Tanaman Monstera Dalam Rumah Biar Daunnya Bisa Selebar Kayak Di Kafe Kekinian

papar berkaitan - pada 30/1/2020 - jumlah : 287 hits
Monstera yang seringnya ada di kafe kekinian dan di hotel hotel itu bisa banget ditanam dan ditaruh di samping jendela kamarmu
Jenis Pelaburan Terbaik Di Malaysia

Kenaikkan Harga Hotel Bajet Bakal Jejaskan Industri Pelancongan Negara

Datin Thalia Terkilan Dengan Sikap Buruk Pembantu Rumahnya

Honor Lancar Empat Peranti Baharu Honor Pad 9 5g Honor X7b 5g Honor Magicbook X 16 Honor Band 9

Either You Are For The Working Class Or Against It Anwar You Can T Both Run With The Foxes And Hunt With The Hounds

Pm Political Stability Making Malaysia Valued Investment Destination

Persatuan Hotel Bajet Sarankan Penggunaan Pekerja Asing Untuk Industri Perhotelan

Kkb Polls Respect Mca S Decision To Boycott Campaign



8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023

Biodata Dan Umur Adik Tantari Penyanyi Lagu Viral Rindu Hatiku Rindu Pesilat Cilik


Masverse Unveils Groundbreaking Blockchain Platform

Update Daftar Link 50 Anggota Aktif Komunitas Blogger Pontianak

Time Crunched Car Care How Mobile Washes Save The Day

Semakin Ramai Kanak Kanak Masuk Hospital Akibat Vape E Rokok

Home Detention Najib Keputusan Lembaga Pengampunan Atau Bukan

Mainkan Peranan Anda Dan Gunakan Semangat Pasukan Untuk Menaikkan Piala Thomas