Definisi Asuransi Syariah Beserta 4 Keunggulan Dibanding Asuransi Konvensional


Asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara para pemegang polis (peserta), yang dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan prinsip syariah.
Definisi Asuransi Syariah Asuransi syariah menggunakan prinsip sharing of risk, dimana risiko dari satu orang/pihak dibebankan kepada seluruh orang/pihak yang menjadi pemegang polis, sedangkan asuransi konvensional menggunakan sistem transfer of risk dimana risiko dari pemegang polis dialihkan kepada perusahaan asuransi.
Dapat dikatakan bahwa peran perusahaan asuransi syariah adalah melakukan pengelolaan operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima dari pemegang polis, berbeda dengan perusahaan asuransi konvensional yang bertindak sebagai penanggung risiko.
Akad yang digunakan dalam asuransi syariah menggunakan prinsip tolong-menolong antara sesama pemegang polis dan perwakilan/kerja sama pemegang polis dengan perusahaan asuransi syariah, sedangkan akad yang digunakan oleh asuransi konvensional berdasarkan prinsip pertukaran (jual-beli).
Keunggulan Asuransi Syariah Pada dasarnya, baik asuransi konvensional maupun asuransi syariah memiliki keunggulan atau kekurangan masing-masing sehingga pemilihan produk asuransi dikembalikan kepada konsumen sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Namun pada kesempatan kali ini yuk kita ketahui lebih lanjut mengenai keunggulan asuransi syariah:
1. Pengelolaan Dana Menggunakan Prinsip Syariah Islami Hal ini menjadi salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah dimana pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah harus memenuhi prinsip-prinsip syariah.
Sebagai contoh, dana tersebut tidak dapat diinvestasikan pada saham dari emiten yang memiliki kegiatan usaha perdagangan/jasa yang dilarang menurut prinsip syariah, termasuk perjudian atau kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa haram berdasarkan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).
2. Transparansi Pengelolaan Dana Pemegang Polis Pengelolaan dana oleh perusahaan asuransi syariah dilakukan secara transparan, baik terkait penggunaan kontribusi dan surplus underwriting maupun pembagian hasil investasi. Pengelolaan dana tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan bagi pemegang polis secara kolektif maupun secara individu.
3. Pembagian Keuntungan Hasil Investasi Hasil investasi yang diperoleh dapat dibagi antara pemegang polis (peserta), baik secara kolektif dan/atau individu, dan perusahaan asuransi syariah, sesuai dengan akad yang digunakan. Hal ini berbeda dengan perusahaan asuransi konvensional yang hasil investasinya merupakan milik perusahaan asuransi, kecuali untuk produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi.
4. Kepemilikan Dana
Pada asuransi konvensional, seluruh premi yang masuk adalah menjadi hak milik perusahaan asuransi, kecuali premi pada produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi yang terdapat bagian dari premi yang dialokasikan untuk membentuk investasi/tabungan pemegang polis.
Sedangkan di asuransi syariah, kontribusi (premi) tersebut sebagian menjadi milik perusahaan asuransi syariah sebagai pengelola dana dan sebagian lagi menjadi milik pemegang polis secara kolektif atau individual.
5. Tidak Berlaku Sistem “Dana Hangus” Dana kontribusi (premi) yang disetorkan sebagai tabarru’ dalam asuransi syariah tidak hangus meskipun tidak terjadi klaim selama masa perlindungan. Dana yang telah dibayarkan oleh pemegang polis tersebut akan tetap diakumulasikan di dalam dana tabarru’ yang merupakan milik pemegang polis (peserta) secara kolektif.
6. Adanya Alokasi dan Distribusi Surplus Underwriting
Dalam sektor asuransi syariah, dikenal istilah surplus underwriting yaitu selisih lebih dari total kontribusi pemegang polis ke dalam dana tabarru’ setelah ditambah recovery klaim dari reasuransi dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi, dan penyisihan teknis, dalam satu periode tertentu.
Pada asuransi konvensional, seluruh surplus underwriting ini menjadi milik perusahaan asuransi sepenuhnya namun dalam asuransi syariah surplus underwriting tersebut dapat dibagikan ke dana tabarru’, pemegang polis yang memenuhi kriteria, dan perusahaan asuransi sesuai dengan persentase yang ditetapkan di dalam polis.
Untuk produk asuransi syariah, saat ini yang tersedia sangat beragam dan jenisnya hampir sama dengan yang biasa Sobat Sikapi temukan di asuransi konvensional. Secara umum, produk asuransi tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut:
Produk asuransi syariah yang memberikan manfaat berupa santunan atau penggantian jika terjadi musibah, misalnya meninggal dunia, sakit, kecelakaan, kerusakan dan/atau kehilangan harta benda. Produk asuransi yang memberikan manfaat asuransi berupa santunan jika peserta meninggal dunia dan manfaat berupa hasil investasi. Pada produk ini, sebagian kontribusi atau premi yang dibayarkan oleh peserta akan dialokasikan untuk dana tabarru’ dan sebagian lainnya dialokasikan menjadi investasi peserta. Nah, setelah mengetahui lebih detail mengenai asuransi syariah tersebut, Anda tentunya semakin bisa menentukan produk asuransi yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Salah satu produk asuransi syariah yang ada adalah Sun Life Syariah.
Yuk semakin cerdas dalam menentukan produk-produk keuangan yang akan digunakan. Sikapi uangmu dengan bijak, Cerdas mengelola, masa depan sejahtera. (ADV)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/definisi-asuransi-syariah-beserta-4-keunggulan-dibanding-asuransi-konvensional/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Syariah Court Finds Maria Chin In Contempt Imposes 7 Day Jail

Syariah Court Finds Maria Chin In Contempt Imposes 7 Day Jail

papar berkaitan - pada 25/4/2022 - jumlah : 257 hits
Naza group chairperson SM Faisal SM Nasimuddin has succeeded in his bid to cite Petaling Jaya MP Maria Chin Abdullah for contempt The Federal Territory Syariah High Court late this morning sentenced the PKR lawmaker to seven days in jail ov...
Maqasid Syariah Kementerian Agensi Patut Jadikan Jakim Rujukan Pm

Maqasid Syariah Kementerian Agensi Patut Jadikan Jakim Rujukan Pm

papar berkaitan - pada 22/4/2022 - jumlah : 87 hits
Maqasid Syariah Kementerian agensi patut jadikan JAKIM rujukan PM Jabatan Kemajuan Islam Malaysia sepatutnya dijadikan pusat rujukan oleh kementerian dan agensi agensi kerajaan dalam melaksanakan tadbir urus berasaskan Maqasid Syariah Menur...
2021 Aset Keuangan Syariah Ri Tumbuh 13 82 Persen

2021 Aset Keuangan Syariah Ri Tumbuh 13 82 Persen

papar berkaitan - pada 15/4/2022 - jumlah : 91 hits
Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan Nyimas Rohmah mengatakan keuangan syariah di Indonesia mampu tumbuh positif di tengah pandemi Tercatat aset keuangan syariah Indonesia tumbuh 13 82 persen year on ye...
Tanggapan Agnez Mo Saat Dibanding Bandingkan Mereka Melihatku Sebagai Standar

Tanggapan Agnez Mo Saat Dibanding Bandingkan Mereka Melihatku Sebagai Standar

papar berkaitan - pada 20/4/2022 - jumlah : 108 hits
Sudah jauh lebih dulu go international tapi tak tampil di Coachella seperti Niki dan Rich Brian Agnez pun tuai cibiran
Syariah Prosecution Of Maria Oppressive Intimidation Against Women Jag

Syariah Prosecution Of Maria Oppressive Intimidation Against Women Jag

papar berkaitan - pada 26/4/2022 - jumlah : 100 hits
The Joint Action Group for Gender Equality has condemned the sentencing of Petaling Jaya MP Maria Chin Abdullah to seven days in jail for contempt of a Syariah court The over comments the lawmaker made on a different case was disproportiona...
Ketua Ojk Keuangan Syariah Tunjang Momentum Pemulihan Ekonomi

Ketua Ojk Keuangan Syariah Tunjang Momentum Pemulihan Ekonomi

papar berkaitan - pada 27/4/2022 - jumlah : 127 hits
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan laporan tersebut antara lain menjelaskan strategi industri keuangan syariah yang beradaptasi dengan kondisi sosial ekonomi di masa pandemi agar dapat bertahan
Prestasi Dana Unit Trust Patuh Syariah

Prestasi Dana Unit Trust Patuh Syariah

papar berkaitan - pada 30/4/2022 - jumlah : 196 hits
Assalamualaikum Salam SejahteraSebelum ini saya telah berkongsi tentang Saya juga telah berkongsi artikel dari laman sesawang FIMM mengenai dan Kali ini saya Sekadar hendak berkongsi tentang prestasi dana unit trust patuh syariah berdasarka...
76 Kumpulan Mp Anti Islam Sokong Maria Chin Tentang Keputusan Mahkamah Syariah

76 Kumpulan Mp Anti Islam Sokong Maria Chin Tentang Keputusan Mahkamah Syariah

papar berkaitan - pada 29/4/2022 - jumlah : 281 hits
Sekumpulan 76 ahli parlimen hari ini menyatakan sokongan mereka kepada rakan wakil rakyat Maria Chin Abdullah yang baru baru ini dijatuhi hukuman penjara oleh Mahkamah Tinggi Syariah Kuala Lumpur selepas dia mengkritik mahkamah yang sama be...
Mahkamah Sivil Tak Boleh Semak Keputusan Mahkamah Syariah Kata Kerajaan

Mahkamah Sivil Tak Boleh Semak Keputusan Mahkamah Syariah Kata Kerajaan

papar berkaitan - pada 27/4/2022 - jumlah : 113 hits
KUALA LUMPUR Kerajaan memberitahu Mahkamah Tinggi hari ini bahawa keputusan yang dibuat oleh mahkamah syariah adalah muktamad dan mahkamah sivil tidak mempunyai kuasa untuk menyemaknya Peguam Persekutuan Sallehuddin Md Ali berkata Perkara 1...
Lesson In Economics From Hawkers Rebellion

Is Now A Good Time To Buy Property In 2024

Masverse Unveils Groundbreaking Blockchain Platform

Tiga Lelaki Bakar Anak Kucing Diburu Polis

Banjir Besar Dubai 2024 Ustaz Azhar Idrus

Lirik Lagu Cinta Setandan Pisang Eda Ezrin Den Manjo

Home Detention Najib Keputusan Lembaga Pengampunan Atau Bukan

Too Soon To Tell Analyst Says On Mipp S Prospects In Pn



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Kunjung Marhaban Aidilfitri 2024

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Legacy Credit Emerges As A Substantial Shareholder In Vci Global