Dalam Semalam Desa Ini Lenyap Kisah Nyata Sodom Gomorah Di Banjarnegara Jawa Tengah


Di ujung tahun ini bencana alam datang bertubi-tubi menimpa Indonesia.
Bagi yang memiliki iman, bencana alam yang datang bertubi-tubi menimpa bangsa ini tentu merupakan satu isyarat dari Allah swt, agar kita kembali ke jalan tauhid dengan benar, tidak menuhankan sesama mahluk, tidak menuhankan benda mati, karena Tuhan itu hanya satu yakni Allah swt.
Ada sekelumit kisah nyata yang pernah terjadi pada sebagian bangsa ini yang mungkin kita telah lupa.
Dan sayangnya, peristiwa yang penuh dengan pelajaran ini sama sekali tidak disinggung-singgung sedikit pun di dalam buku pelajaran di sekolah.
Kita dan anak-anak kita tidak pernah tahu jika ada suatu desa yang penduduknya nyaris sama dengan kaum Sodom-Gomorah, senang bermaksiat, yang oleh Allah swt dikubur seluruhnya dalam satu malam hingga tidak bersisa.
Satu desa bersama seluruh penduduknya lenyap dalam satu malam tertutup puncak sebuah gunung yang berada agak jauh dari lokasi desa itu.
Siapa yang mampu memindahkan puncak gunung itu ke suatu tempat untuk mengubur satu desa kecuali Allah Yang Maha Kuasa?
Inilah kisah tentang Dukuh Legetang, yang masuk dalam wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah. Kejadiannya di tahun 1955.
Dukuh Legetang adalah sebuah dukuh makmur yang lokasinya tidak jauh dari dataran tinggi Dieng-Banjarnegara, sekira 2 kilometer di sebelah utaranya.
Penduduknya cukup makmur dan kebanyakan para petani yang cukup sukses. Mereka bertani sayuran, kentang, wortel, kobis, dan sebagainya.
Berbagai kesuksesan duniawi yang berhubungan dengan pertanian menghiasi dukuh Legetang. Misalnya apabila di daerah lain tidak panen tetapi mereka panen berlimpah. Kualitas buah dan sayur yang dihasilkan juga lebih baik dari yang lain.
Namun bukannya mereka bersyukur, dengan segala kenikmatan ini mereka malah banyak melakukan kemaksiatan.
Barangkali ini yang dinamakan “istidraj” atau disesatkan Allah dengan cara diberi rezeki yang banyak namun orang tersebut akhirnya makin tenggelam dalam kesesatan.
Masyarakat Dukuh Legetang umumnya ahli maksiat. Perjudian di dukuh ini merajalela, begitu pula minum-minuman keras.
Tiap malam mereka mengadakan pentas Lengger, sebuah kesenian tradisional yang dibawakan oleh para penari perempuan, yang sering berujung kepada perzinaan.
Ada juga anak yang malah melakukan kemaksiatan bersama ibunya sendiri. Beragam kemaksiatan lain sudah sedemikian parah di dukuh ini.
Pada suatu malam, 17 April 1955, turun hujan yang amat lebat di dukuh itu. Tapi masyarakat Dukuh Legetang masih saja tenggelam dalam kemaksiatan.
Barulah pada tengah malam hujan reda. Tiba-tiba terdengar suara keras seperti sebuah bom besar dijatuhkan di sana, atau seperti suara benda yang teramat berat jatuh.
Suara itu terdengar sampai ke desa-desa tetangganya. Namun malam itu tidak ada satu pun yang berani keluar karena selain suasana teramat gelap, jalanan pun sangat licin.
Pada pagi harinya, masyarakat yang ada di sekitar Dukuh Legetang yang penasaran dengan suara yang amat keras itu barulah keluar rumah dan ingin memeriksa bunyi apakah itu yang terdengar amat memekakkan telingan tadi malam.
Mereka sangat kaget ketika di kejauhan terlihat puncak Gunung Pengamun-amun sudah terbelah, rompal.
Dan mereka lebih kaget bukan kepalang ketika melihat Dukuh Legetang sudah tertimbun tanah dari irisan puncak gunung tersebut.
Bukan saja tertimbun tapi sudah berubah menjadi sebuah bukit, dengan mengubur seluruh dukuh beserta warganya.
Dukuh Legetang yang tadinya berupa lembah, kini sudah menjadi sebuah gundukan tanah baru menyerupai bukit. Seluruh penduduknya mati. Gegerlah kawasan Dieng…
Masyarakat sekitar terheran-heran. Seandainya Gunung Pengamun-amun sekedar longsor, maka longsoran itu pasti hanya akan menimpa lokasi di bawahnya.
Akan tetapi kejadian ini jelas bukan longsornya gunung. Antara Dukuh Legetang dan Gunung Pengamun-amun terdapat sungai dan jurang, yang sampai sekarang masih ada.
Namun sungai dan jurang itu sama sekali tidak terkena longsoran. Jadi kesimpulannya, potongan gunung itu malam tadi terangkat dan jatuh menimpa dukuh Legetang.

أَأَمِنتُم مَّن فِي السَّمَاءِ أَن يَخْسِفَ بِكُمُ الْأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ “Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang dilangit bahwa Dia akan menjungkirbalikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?” (QS al-Mulk 67: 16).
Untuk memperingati kejadian itu, pemerintah setempat mendirikan sebuah tugu yang hari ini masih bisa dilihat siapa pun. Ditugu tersebut ditulis dengan plat logam:
TUGU PERINGATAN ATAS TEWASNJA 332 ORANG PENDUDUK DUKUH LEGETANG
SERTA 19 ORANG TAMU DARI LAIN-LAIN DESA
SEBAGAI AKIBAT LONGSORNJA GUNUNG PENGAMUN-AMUN
PADA TG. 16/17-4-1955
Sungguh kisah tenggelamnya dukuh Legetang ini menjadi peringatan bagi kita semua bahwa azab Allah swt yang seketika itu tak hanya terjadi di masa lampau, di masa para nabi, tetapi azab itu pun bisa menimpa kita di zaman ini.
Bahwa sangat mudah bagi Allah swt untuk mengazab manusia-manusia lalim dan durjana dalam hitungan detik.
Andaikan di muka bumi ini tak ada lagi hamba-hamba-NYa yang bermunajat di tengah malam menghiba ampunan-Nya, mungkin dunia ini sudah kiamat.
Kita berhutang budi kepada para ibadurrahman, para hamba Allah swt yang berjalan dengan rendah hati, tak menyombongkan dirinya.
Mereka senantiasa bersujud memohon ampunan-Nya. Meski keberadaan mereka terkadang tak dianggap, hanya dipandang sebelah mata oleh manusia, tetapi sesungguhnya mereka begitu akrab dengan penghuni langit.
Mereka begitu tulus menghamba pada-Nya, berusaha menegakkan kalimat-Nya di muka bumi ini. Mereka tak pernah mengharapkan imbalan dari manusia, karena imbalan dari Allah swt lebih dari segalanya.

Sumber: eramuslim.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/dalam-semalam-desa-ini-lenyap-kisah-nyata-sodom-gomorah-di-banjarnegara-jawa-tengah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hoaks Gempa Bermagnitudo 8 2 Dan Tsunami Di Jawa Tengah Pada Kamis Hari Ini

Hoaks Gempa Bermagnitudo 8 2 Dan Tsunami Di Jawa Tengah Pada Kamis Hari Ini

papar berkaitan - pada 18/10/2018 - jumlah : 261 hits
Belum lama ini beredar pesan di aplikasi pesan WhatsApp yang mengabarkan adanya prediksi gempa bermagnitudo 8 2 yang akan terjadi hari ini Kamis Pesan ini dibuat dengan mengatasnamakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah Adapun ...
Pakatan Debates Zahid Hamidi S Sodom And Gomorah Statement

Pakatan Debates Zahid Hamidi S Sodom And Gomorah Statement

papar berkaitan - pada 24/10/2018 - jumlah : 303 hits
Umno president Ahmad Zahid Hamidi has drawn scorn for attributing the recent earthquake and tsunami in Palu Indonesia to God s wrath over LGBT activities there Asean Parliamentarians for Human Rights chairman Charles Santiago said Zahid was...
Kisah Rasulullah Menjadi Halimunan

Kisah Rasulullah Menjadi Halimunan

papar berkaitan - pada 19/10/2018 - jumlah : 875 hits
Assalamualaikum w b t BismillahirahmanirahimPada suatu hari Rasulullah S A W mengumpulkan kaumnya dan baginda berkata Aku adalah utusan Allah kepada kamu sekalian untuk menyampaikan berita bahawa seksa Allah itu amat pedih oleh itu selamatk...
Jawa Tengah Paling Banyak Terima Aduan Soal Dpt

Jawa Tengah Paling Banyak Terima Aduan Soal Dpt

papar berkaitan - pada 18/10/2018 - jumlah : 250 hits
Jawa Tengah paling banyak terima aduan soal DPT Posko yang disediakan mulai awal Oktober 2018 guna memperbaiki validitas bentuk permasalahan yang terjadi pada daftar pemilih tetap Pemilu 2019
Kisah Penyiasatan Umno Bn Dan Kuncu Kuncunya Termasuk Isteri Dan Anak Beranak Mereka 8327

Kisah Penyiasatan Umno Bn Dan Kuncu Kuncunya Termasuk Isteri Dan Anak Beranak Mereka 8327

papar berkaitan - pada 9/10/2018 - jumlah : 272 hits
BERITA KesIsnin 8 Oktober 2018 1 32pmGAMBAR fail Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi selaku Presiden UMNO ketika sidang media selepas Majlis Penggulungan Perhimpunan Agung UMNO 2018 di Pusat Dagangan Dunia Putra Kuala Lumpur September lalu Fot...
Pentas Pd Satu Karya Wayang Kulit Kisah Dongeng Penglipur Lara

Pentas Pd Satu Karya Wayang Kulit Kisah Dongeng Penglipur Lara

papar berkaitan - pada 9/10/2018 - jumlah : 387 hits
MARAN 9 Okt 8211 Terkesima Demi kuasa politik manusia sanggup melakukan apa sahaja hinggalah ke tahap melupakan dosa yang dicipta Tambah memualkan kata Ketua UMNO Bahagian Maran Datuk Seri Shahaniza Shamsuddin sebagaimana dalam entri terbah...
Kisah Dusta Ibnu Hajar Dan Batu

Kisah Dusta Ibnu Hajar Dan Batu

papar berkaitan - pada 8/10/2018 - jumlah : 348 hits
Benarkah Kisah Ibnu Hajar dan Batu Ada seorang dai nasional menyebutkan kisah perjalanan belajar al Hafidz Ibnu Hajar Kata sang dai dulunya al Hafidz ini orang yang bodoh Lalu beliau melihat air yang bisa melubangi abtu akhirnya beliau kemb...
Erick Thohir Capres Cawapres Kami Kerja Nyata Tidak Goreng Isu

Erick Thohir Capres Cawapres Kami Kerja Nyata Tidak Goreng Isu

papar berkaitan - pada 28/10/2018 - jumlah : 220 hits
rick mengakui masyarakat kadang salah kaprah apakah kerja kerja sebagai petahana merupakan kampanye Bawaslu kata mantan bos Inter Milan itu telah menyamakan persepsi
Bank Negara Seeks To Overturn Unfair Dismissal Ruling

Biodata Lee Chong Wei Pemain Badminton No 1 Dunia

No Pc Needed Blend Work And Play Effortlessly With This New Lg Myview Monitor

Woorarra House By Rptecture Architects In The Yarra Valley Australia

Maldini Sidney Goyang Kanan Kiri Chord

Dah Tengok Shaitaan Lakonan Ajay Devgan Di Netflix

Tular Kejadian Kepala Air Di Lata Iskandar Lata Kinjang

The Knox Journals Tired Of Prying Eyes On Your Personal Information Here S How To Stop It



Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix

Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal


Tips Jantung Pisang Tidak Lebam

Bantu Kesan 3 Remaja Perempuan Hilang Sejak Jumaat

Questions About Pn S Value Proposition After By Election Loss

Malaysia Unicef Study Highlights The Stark Realities Of Poverty In Malaysia

Percubaan Awam Percuma Untuk Tram Tanpa Laluan Di Putrajaya Dibuka

Barcelona Menewaskan Real Sociedad Untuk Naik Ke Tempat Kedua