Dalam Hutang Piutang Lakukan 5 Perkara Ini Agar Aman Dari Riba



Perbuatan riba merupakan dosa besar yang akan mendapat laknat Allah SWT dan Rasulullah SAW jika tidak segera ditinggalkan. Umat Islam mesti meninggalkan bermualah yang memiliki unsur riba.
“Yang menghalalkan riba telah kafir dan yang melakukannya fasik, serta mendapat lima dosa sekaligus,” kata Ustaz Ahmad Sarwat Lc MA dalam bukunya. “Hukum Bermualamah Dengan Bank Konvensiona”.
Ustadz Ahmad mengatakan, secara garis besarnya riba ada dua macam, yaitu riba yang terkait dengan jual-beli yang disebut riba fadhl dan riba yang terkait dengan peminjaman uang disebut riba nasiah. “Inti riba nasi’ah adalah pinjaman uang yang harus ada tambahan dalam pengembaliannya,” katanya.
Nasi’ah berasal dari kata nasa’i yang artinya penangguhan. Ustadz Ahmad mencontohkan misalnya A memberi utang berupa uang kepada B, dengan ketentuan harus dengan tambahan prosentase bunganya.



“Riba dalam nasi’ah muncul karena adanya perbedaan, perubahan, atau tambahan antara yang diserahkan saat ini dengan yang diserahkan kemudian,” katanya.
Menurut Ustadz Ahmad untuk bisa dianggap sebagai riba nasi’ah secara benar dan akurat, setidaknya harus ada lima ketentuan yang terpenuhi.
1. Utang
Tidaklah disebut riba nasi’ah kalau akadnya bukan utang-piutang. Misalnya A pinjam uang dari B, lalu B harus membayar lebih dari jumlah yang dia pinjam.
“Namun kalau yang terjadi bukan pinjam melainkan titip uang, kasusnya sudah keluar dari riba,” katanya.
Ia mencontohkan, misalnya A titip uang 10 juta kepada B. Jelas sekali akadnya bukan utang melainkan titipan. Seandainya saat pengembaliannya B memberi tambahan kepada A menjadi 11 juta, kasus ini tidak bisa dihukumi sebagai riba. “Sebab riba itu hanya terjadi kalau kasusnya pinjam meminjam atau hutang,” katanya.
2. Berupa uang
Utang yang dimaksud di atas hanya sebatas pada utang dalam wujud uang, baik emas perak di masa lalu atau pun uang kertas di masa sekarang. Sederhananya harus berupa benda yang berfungsi sebagai alat pembayaran dalam jual-beli.



Sedangkan utang dalam wujud benda-benda, barang atau aset-aset, misalnya rumah, kendaraan, tanah, dan lainnya, tidak berlaku riba meski saat pengembaliannya ada tambahan atau kelebihan yang harus dibayarkan.
Sebab pinjam benda yang harus ada tambahannya masuk ke dalam akad sewa menyewa, atau disebut dengan ijarah. “Dan ijarah adalah akad yang dihalalkan dalam agama,” katanya.
3. Tambahan menjadi syarat di awal
Titik keharaman riba nasi’ah ini sebenarnya ada pada syarat yang disepakati di awal, di mana harus ada tambahan dalam pengembaliannya.
Seandainya tambahan itu tidak disyaratkan di awal dan terjadi begitu saja, ini pun juga bukan termasuk riba yang diharamkan.
Karena dasarnya adalah kasus yang terjadi pada Rasulullah SAW, ketika beliau meminjam seekor unta yang masih muda (kecil) dari seseorang. Giliran harus mengembalikan, ternyata Beliau tidak punya unta yang muda. “Maka diberikanlah unta yang lebih tua (besar),” tulis Ustadz Ahmad.
Hadits ini, kata dia, menunjukkan bahwa seandainya kelebihan atau tambahan ini diberikan begitu saja, tidak lewat syarat atau kesepakatan sebelumnya, maka tidak menjadi riba.
4. Tambahan yang menjadi kebiasaan



Namun meski tidak disyaratkan saat akad peminjaman, tetapi bila sudah jadi kebiasaan (’urf) yang berlaku, sehingga setiap pinjam selalu ada tambahan yang diberikan, maka ini termasuk riba yang diharamkan. Memang tidak disyaratkan, tetapi kalau sudah jadi kebiasaan, hukumnya menjadi tidak boleh.
5. Tidak dalam kasus inflasi
Di masa sekarang kita mengenal ada inflasi yang ekstrem, sehingga membuat nilai mata uang anjlok. Misalnya pinjam uang senilai Rp 10 juta pada 1970.



Kalau sampai 50 tahun kemudian belum dikembalikan, apakah pengembaliannya tetap 10 juta ataukah harus disesuaikan dengan nilainya di hari ini?
Pada 1970 uang 10 juta bisa beli rumah lumayan besar. Tapi uang segitu di 2020 cuma cukup buat beli pintu gerbangnya saja. Maka hal ini membuat para ulama berbeda pendapat. “Ada yang keukeuh hanya boleh dibayar 10 juta saja,” katanya.
Akan tetapi ada juga yang lebih realistis dan membolehkan pengembaliannya disesuaikan dengan nilai yang setara di hari ini.
Sumber: republika.co.id
The post Dalam Hutang Piutang Lakukan 5 Perkara Ini Agar Aman Dari Riba appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/07/07/dalam-hutang-piutang-lakukan-5-perkara-ini-agar-aman-dari-riba/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Perkara Romantik Yang Boleh Suami Isteri Lakukan Bersama Semasa Arahan Pkp Covid 19

Perkara Romantik Yang Boleh Suami Isteri Lakukan Bersama Semasa Arahan Pkp Covid 19

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 405 hits
Duduk di rumah selama berminggu minggu sangat sangat membosankan lebih lebih lagi apabila kita tidak dapat keluar bersama seisi keluarga untuk bersosial di luar kerana arahan dari kerajaan untuk membendung wabak Corona Virus yang semakin me...
Ketahui 9 Perkara Yang Perlu Dielakkan Agar Waktu Tidur Anda Kekal Nyenyak Sehingga Ke Pagi

Ketahui 9 Perkara Yang Perlu Dielakkan Agar Waktu Tidur Anda Kekal Nyenyak Sehingga Ke Pagi

papar berkaitan - pada 10/7/2020 - jumlah : 243 hits
Tempoh tidur yang cukup adalah sangat penting agar tubuh badan mendapat rehat yang secukupnya seterusnya boleh berfungsi pada tahap yang maksimum pada waktu siang Bagaimanapun tidak dapat dinafikan sesetengah daripada kita ada kalanya mengh...
Fungsi Smart Compose Diuji Pada Gboard Agar Proses Menaip Lebih Pantas

Fungsi Smart Compose Diuji Pada Gboard Agar Proses Menaip Lebih Pantas

papar berkaitan - pada 1/7/2020 - jumlah : 242 hits
Gboard adalah papan kekunci yang popular untuk pengguna Android dan juga iOS Ia hadir dengan banyak ciri dan fungsi menarik seperti pengurus papan klip mudah untuk menghantar GIF pelbagai pilihan pelekat dan emoji dan juga ringkas Kesemua p...
Asal Beli Je Cepat Sangat Masak Ini Rahsia Cara Simpan Buah Pisang Agar Tahan Lama

Asal Beli Je Cepat Sangat Masak Ini Rahsia Cara Simpan Buah Pisang Agar Tahan Lama

papar berkaitan - pada 2/7/2020 - jumlah : 393 hits
Kalau anda beli pisang biasanya berapa hari pisang tu bertahan untuk kekal segar Mungkin ada yang kreatif kalau sampai masa pisang tu dah terlalu masak dan mula melembik mereka akan memasak pisang tersebut menjadi cekodok pisang Tidak kuran...
Tips Sederhana Agar Kamu Percaya Diri

Tips Sederhana Agar Kamu Percaya Diri

papar berkaitan - pada 4/7/2020 - jumlah : 255 hits
Percaya diri adalah cara seseorang mengakui kemampuannya untuk melakukan sesuatu Semakin tinggi tingkat percaya diri seseorang maka semakin tinggi juga penilaian positif terhadap dirinya Nah This is a content summary only Visit my website f...
Cara Simpan Kelapa Parut Agar Tidak Mudah Rosak

Cara Simpan Kelapa Parut Agar Tidak Mudah Rosak

papar berkaitan - pada 29/6/2020 - jumlah : 460 hits
Kelapa parut memang ada pelbagai kegunaan Selain diperah untuk dijadikan santan kelapa parut juga boleh digunakan untuk membuat kerisik membuat kuih dan banyak lagi Disebabkan itu ada yang membeli kelapa parut dengan jumlah yang banyak supa...
Anda Setting Iklan Bagi Cantik Agar Kos Fb Ads Jatuh Lebih Murah

Anda Setting Iklan Bagi Cantik Agar Kos Fb Ads Jatuh Lebih Murah

papar berkaitan - pada 26/6/2020 - jumlah : 390 hits
Cara buat fb ads yang murah ialah dengan memilih target yang betul betul minat sahaja Ramai yang beranggapan bahawa apabila setting fb ads ialah bertujuan untuk target seramai mungkin Benar memang kita nak exposure yang lebih besar tapi kit...
Epf Account 3 Can Help Contributors During Emergencies Expert

Work Harder At Communicating Achievements On Reforms Govt Told

Apabila Sang Profesor Datang Melawat

Azmin Pledges To Tell All On May 11

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Isn T Akmal S Call To Reject Passport Renewal Based On Bm Fluency A Disservice Amid Looming Kkb Polls

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Utilizing Crowdfunding For Business



10 Istilah Hampir Serupa Bahasa Inggeris Yang Kita Keliru Penggunaannya

5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan


Beraya Di Kuantan Dan Melaka

Lirik Lagu Katakan Saja Nabila Razali

Jadual Dan Keputusan Piala Thomas Piala Uber 2024

Reaching Out

Iddah Wanita Kematian Suami

Berebut Kasih