Cek Fakta Presiden Israel Janji Bikin Indonesia Seperti Palestina Jika Terus Ikut Campur Benarkah


Gambar tangkapan layar artikel di situs Tirastimes yang berisi pernyataan bernada mengancam dari Presiden Israel terhadap Indonesia beredar di media sosial.
Artikel tersebut berjudul “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”.
Di Facebook, gambar tangkapan layar itu diunggah salah satunya oleh akun Muhammad Rehvall, yakni pada 19 Juli 2020.

Akun ini memberikan narasi, “Ngelawak gan!” Hingga artikel ini dimuat, gambar tangkapan layar itu telah dikomentari sebanyak 133 kali dan dibagikan sebanyak 119 kali.
Apa benar Presiden Israel janji bikin Indonesia seperti Palestina jika terus ikut campur?
PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran Tim CekFakta Tempo, artikel di situs Tirastimes yang memuat pernyataan Presiden Israel Reuven Rivlin itu dimuat tiga tahun yang lalu, yakni pada 20 Desember 2017.
Artikel ini menyebutkan bahwa ancaman Rivlin itu dilontarkan karena situs-situs mereka dibombardir oleh para peretas yang mayoritas berasal dari Indonesia.
Karena masalah itu, Rivlin meminta warga Indonesia tidak mencampuri urusan Israel, khususnya para hacker Tanah Air untuk tidak menyerang situs-situs Israel.
Jika permintaan itu tidak diindahkan, Israel bakal menyerang Indonesia, sama seperti Palestina.
“Israel bisa saja menghentikan aksi jika Indonesia tidak ikut campur masalah Israel, kecuali itu perintah atau gabungnya Indonesia dengan PBB. Kalau hanya relawan maupun sekelompok orang yang kami anggap ilegal, kami tidak akan segan-segan membuat nasibnya sama dengan Palestina,” ujar Rivlin seperti yang ditulis oleh situs Tirastimes.
Untuk memverifikasi klaim dalam artikel di situs Tirastimes itu, bahwa Rivlin mengancam Indonesia, Tempo menelusuri pemberitaan media arus utama dengan memasukkan kata kunci “Presiden Israel ancam Indonesia” di mesin perambah Google.
Hasilnya, tidak ditemukan berita terkait ancaman dari Rivlin itu di media arus utama.
Narasi serupa justru ditemukan dalam video di kanal YouTube Gangpro Gaming pada 19 Juli 2020 yang berjudul “Presiden Israel: Bila Hacker Indonesia Terus Ikut campur, Kami Buat Indonesia Seperti Palestina!”.
Narasi yang dibacakan dalam video berdurasi 2 menit 12 detik tersebut identik dengan narasi di artikel Tirastimes.
Namun, kanal Gangpro Gaming mencantumkan tautan artikel dari situs Merdeka.com sebagai sumber informasinya.
“Bilang ini Hoax ? wait Bro Ada Artikel nya untuk memastikan liat sendiri ok,” demikian keterangan yang ditulis oleh kanal Gangpro Gaming pada videonya.
Sumber informasi yang dimaksud oleh kanal Gangpro Gaming adalah berita di situs Merdeka.com yang berjudul “Diserang hacker Indonesia, Israel ancam lakukan balasan”.
Berita yang dimuat pada 22 November 2012 ini menceritakan perang di dunia maya sebagai imbas invasi Israel di wilayah Jalur Gaza, Palestina, ketika itu.
Didorong sentimen solidaritas sebagai sesama negara muslim, beberapa hacker Indonesia menyerang sejumlah server dan situs Israel.
Tak lama kemudian, otoritas keamanan internet Indonesia (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/IDSIRTI) mengabarkan adanya pemberitahuan dari otoritas internet Israel bahwa mereka bakal melakukan serangan balasan terhadap DNS server Indonesia yang menyasar domain-domain berakhiran .id.
Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Andy Budimansyah mengatakan sudah mendengar informasi tersebut.
Namun, dari hasil pemeriksaan sementara, belum ada serangan yang dilancarkan hacker Israel ke domain Indonesia.
“Sejauh ini belum ada serangan, tapi kemarin memang ada notifikasi dari First Org. Itu lembaga semacam IDSIRTI-nya Israel,” ujarnya pada 23 November 2012.
Sumber yang digunakan ini juga tidak relevan dengan klaim “Presiden Israel Reuven Rivlin janji bikin Indonesia seperti Palestina jika terus ikut campur”.
Pasalnya, berita di situs Merdeka.com itu dimuat pada 22 November 2012. Sementara Rivlin baru terpilih sebagai Presiden Israel pada Juni 2014.
KESIMPULAN
Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, klaim bahwa Presiden Israel Reuven Rivlin janji bikin Indonesia seperti Palestina jika terus ikut campur adalah klaim yang keliru.
Tidak ditemukan informasi dari otoritas resmi maupun pemberitaan media arus utama yang menyebutkan adanya ancaman dari Rivlin bahwa Indonesia akan dibuat seperti Palestina jika terus ikut campur.
Sumber: tempo.co


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/cek-fakta-presiden-israel-janji-bikin-indonesia-seperti-palestina-jika-terus-ikut-campur-benarkah/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cek Fakta Benarkah Radiasi Laser Thermo Gun Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

Cek Fakta Benarkah Radiasi Laser Thermo Gun Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

papar berkaitan - pada 20/7/2020 - jumlah : 213 hits
Klaim tentang radiasi laser termometer tembak atau thermo gun berbahaya bagi tubuh manusia beredar di media sosial Klaim ini disebarkan lewat video bertajuk VIRALKAN Radiasi Laser THERMO Gun Ternyata berbahaya Simak Penjelasannya yang diung...
Cek Fakta Warga Jawa Tengah Akan Didenda Hingga Rp 250 Ribu Jika Tak Pakai Masker Benarkah

Cek Fakta Warga Jawa Tengah Akan Didenda Hingga Rp 250 Ribu Jika Tak Pakai Masker Benarkah

papar berkaitan - pada 21/7/2020 - jumlah : 264 hits
Beredar kabar soal denda bagi warga Jawa Tengah yang tidak memakai masker di media sosial Kabar ini meluas melalui pesan berantai di aplikasi percakapan Whatsapp sejak pekan lalu Berikut isi pesan berantai tersebut Sesuai Instruksi Presiden...
Cek Fakta Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang

Cek Fakta Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang

papar berkaitan - pada 10/7/2020 - jumlah : 322 hits
Foto Presiden Xi Jinping berterima kasih pada Jokowi karena pengangguran berkurang adalah tidak benar Presiden Xi Jinping tidak pernah menyebutkan hal tersebut
Cek Fakta Tidak Benar Jokowi Jual Tanah Lebih Murah Ke Perusahaan China

Cek Fakta Tidak Benar Jokowi Jual Tanah Lebih Murah Ke Perusahaan China

papar berkaitan - pada 10/7/2020 - jumlah : 242 hits
Judul berita yang dibuat CuplikanIslam com yakni Jokowi Akan Jual Tanah Lebih Murah Ke Ratusan Perusahaan China tidak sesuai dengan isi beritanya Judul berita tersebut adalah tidak benar
Cek Fakta Nasi Padang Menjadi Sumber Penularan Covid 19 Cek Faktanya

Cek Fakta Nasi Padang Menjadi Sumber Penularan Covid 19 Cek Faktanya

papar berkaitan - pada 13/7/2020 - jumlah : 213 hits
Beredar kabar yang menyebutkan nasi pada menjadi sumber penularan virus korona tipe baru Kabar itu melalui pesan berantai WhatsApp Dalam pesan yang beredar disebutkan penyebaran covid 19 melalui makanan yang tidak habis lalu kembali disajik...
Cek Fakta Tidak Benar Helikopter Buang Jenazah Covid 19 Ke Laut

Cek Fakta Tidak Benar Helikopter Buang Jenazah Covid 19 Ke Laut

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 221 hits
Video helikopter yang diklaim membuang jenazah positif Covid 19 ke laut Meksiko adalah keliru Faktanya video itu merupakan video kegiatan terjun payung oleh sekolah penerbangan DZ Kolomna Aerograd di Moskow Rusia
Cek Fakta Tidak Benar Anies Sebut Solusi Banjir Tunggu Musim Kemarau

Cek Fakta Tidak Benar Anies Sebut Solusi Banjir Tunggu Musim Kemarau

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 219 hits
Klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut solusi banjir menunggu musim kemarau adalah tidak benar Faktanya tidak ditemukan pernyataan Anies seperti dalam klaim tersebut
Baim Wong Ungkap Fakta Soal Sepupu Pinjam Rp10 Juta Ditolak Ayahnya Ikut Berkomentar

Baim Wong Ungkap Fakta Soal Sepupu Pinjam Rp10 Juta Ditolak Ayahnya Ikut Berkomentar

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 509 hits
Artis tampan Baim Wong kembali menghebohkan publik lantaran baru saja mengungkap fakta soal salah seorang sepupunya pinjam uang sebesar Rp10 juta rupiah Sepupu yang diketahui bernama Julius dan berasal dari keluarga ayah Baim sampai membuat...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan


Karakteristik Generasi Z Memahami Cara Mereka Mendapatkan Informasi

Pertama Kali Guna Servis Cuci Karpet

Kmum Dakwa Insiden Syarahan Pro Israel Disengajakan

Kronologi Serangan Israel Terhadap Iran

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City