Cek Fakta Benarkah Radiasi Laser Thermo Gun Berbahaya Bagi Tubuh Manusia


Klaim tentang radiasi laser termometer tembak atau thermo gun berbahaya bagi tubuh manusia beredar di media sosial.
Klaim ini disebarkan lewat video bertajuk “VIRALKAN !!! Radiasi Laser THERMO Gun Ternyata berbahaya, Simak Penjelasannya” yang diunggah Channel YouTube Mayor Saleh Nasionalis Karaeng Sila.
Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu, terdapat seorang pria yang mengklaim mengenai bahanya penggunaan thermo gun bagi tubuh manusia.

Bahkan, pria tersebut menyebut laser dari thermo gun bisa merusak otak. Ia juga memperingatkan masyarakat agar berhati-hati.
“Jadi hati-hati, bagi saudaraku baik yang ke mal, ke rumah sakit dan sebagainya, agar lebih hati-hati lagi. Rupaya kita yang pasang laser itu berbahaya. Arahkan ke tempat lain, misalnya tangan. Karena itu dapat merusak otak,” ucap seorang pria berbaju hitam dalam video tersebut.
Dalam video tersebut juga terdapat potongan video wawancara Helmy Yahya dengan ekonom Ichsanuddin Noorsy. Dalam wawancara tersebut, Helmy Yahya berbicara mengenai penggunaan thermo gun di berbagai tempat saat pandem Covid-19 saat ini.
Ichsanuddin Noorsy kemudian menanggapi pernyataan Helmy itu.
“Kalau saya nolak. Kalau mau periksa (suhu tubuh) saya, periksa di sini (telapak tangan). Karena termometer itu dipakai untuk memeriksa kabel panas, bukan untuk temperatur manusia,” timpal Ichsanuddin Noorsy.
“Kita tidak tahu dampak kerusakan pada struktur otak. Saya enggak mau,” sambung dia.
Video yang disebarkan Channel YouTube Mayor Saleh Nasionalis Karaeng Sila telah ditonton 1.413 kali dan mendapat 43 komentar dari warganet.
Penelusuran Fakta
Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang radiasi laser termometer tembak atau thermo gun berbahaya bagi tubuh manusia.
Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH.
Dokter Ari mengatakan, termometer inframerah yang biasa digunakan untuk mengecek suhu badan aman digunakan. Termometer tersebut, kata dia, sudah lolos uji kesehatan.
“Produk itu sudah lolos uji kesehatan, jadi sudah diperhitungkan bahwa alat itu aman,” kata dr Ari kepada Liputan6.com, Senin (20/7/2020).
Dokter Ari menambahkan, penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia.
“Termometer inframerah tidak memancarkan radiasi seperti sinar-X dan karena itu tidak mempengaruhi sistem saraf termasuk juga tidak merusak retina,” ucap Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu.
Liputan6.com juga menemukan artikel yang menjelaskan mengenai dua jenis termometer inframerah, ada yang digunakan untuk industri dan klinik. Adalah artikel berjudul “Jangan Salah, Ini Perbedaan Termometer untuk Industri dan Klinik” yang dimuat situs kumparan.com pada 7 Maret 2020.
Bukan hanya masker yang harganya melambung tinggi, tapi termometer juga mulai meroket. Sejak virus corona mewabah di China, kemudian menyebar ke hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia, harga masker mengalami kenaikan yang signifikan.
Kini, termometer juga ikut-ikutan diburu masyarakat dan harganya mulai mengalami kenaikan. Di situs belanja online Shopee, misalnya, termometer infrared dibandrol dengan harga mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 400 ribu, tergantung jenis termometernya.
Orang-orang mulai memburu termometer infrared untuk mengukur suhu tubuh. Ini tak lain karena salah satu gejala COVID-19 adalah demam, atau suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius.
Namun, tidak semua termometer yang dijual di situs belanja online bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Karena ada juga termometer infrared yang digunakan untuk kebutuhan industri.
Perbedaan termometer industri dan klinik
Termometer infrared adalah alat untuk mengukur suhu tanpa menyentuh objek atau benda yang akan diukur suhunya. Termometer jenis ini dibuat menggunakan teknologi energi infra merah yang mampu mendeteksi temperatur secara optik selama objek diamati. Radiasi energi sinar inframerah yang dipancarkan objek akan diukur dan disajikan sebagai suhu.
Secara sederhana, termometer terbagi menjadi dua, yakni termometer industri dan termometer klinik.
Termometer industri biasanya digunakan untuk mengukur suhu benda atau alat-alat manufaktur, seperti panas air, mesin, AC atau pendingin ruangan, kolam renang, trafo, dan lain-lain. Tujuannya untuk memonitor suhu material cair guna menjaga kualitas pada proses manufaktur.
Sedangkan termometer klinik digunakan untuk keperluan medis, salah satunya mengukur suhu tubuh makhluk hidup atau pasien yang sedang menjalani perawatan. Kendati prinsipnya sama-sama mengukur suhu, ada perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam range termometer dan tingkat keakuratannya.
“Prinsip kerjanya sama. Cuma kalau termometer industri akurasinya rendah karena digunakan untuk mengukur jangkauan atau rentang suhu yang lebih besar,” ujar Prayudi Rizki, Brand Manager di DNR Corporation, sebuah perusahaan penyedia alat kesehatan, saat dihubungi kumparanSAINS, Sabtu (7/3).
Ia menjelaskan, tingkat akurasi termometer industri berkisar 1,5 derajat Celcius. Sedangkan akurasi termometer klinik punya tingkat yang lebih tinggi, hingga 0,2 derajat Celcius.
Selain itu, range suhu antara termometer industri dan klinik juga berbeda. Jika termometer klinik bisa membaca suhu antara 32 hingga 42 derajat Celcius, termometer industri membaca suhu mulai dari -50 derajat Celcius hingga 380 derajat Celcius.
Hal inilah yang membuat termometer industri kurang akurat, jika dipakai untuk mengukur suhu tubuh saat virus corona tengah merebak. Sebab, termometer klinik memiliki range yang lebih kecil, di mana hal ini bisa lebih menjamin tingkat keakuratannya.
“Termometer klinik itu jangkauan pengukuran untuk mengukur suhu tubuh sekitar 32-42,5 derajat Celcius, karena suhu normal dewasa kan 36,1 – 37,2 derajat Celcius. Kalau pakai yang akurasinya rendah (termometer industri) nanti salah, orang sehat dikira demam,” ujarnya.
Bagaimana cara membedakan termometer klinik dan industri?
Menurut Prayudi, yang terpenting adalah teliti dalam membeli. Sebab, setiap kemasan termometer biasanya menyertakan keterangan. Konsumen bisa membaca keterangan terlebih dahulu sebelum membeli produk termometer.
Termometer industri biasanya punya range pengukuran suhu yang lebih tinggi ketimbang termometer klinik. Dalam kemasan juga dicantumkan tingkat akurasi termometer. Begitupun dengan jarak pengukuran yang bisa dijangkau termometer.
“Konsumen harus teliti karena bisa dilihat dari kemasan, buku petunjuk penggunaan, dan data spesifikasinya atau jangkauan pengukuran,” ujar Prayudi.
Kesimpulan
Klaim tentang radiasi laser termometer tembak atau thermo gun berbahaya bagi tubuh manusia ternyata tidak benar.
Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari Fahrial Syah memastikan bahwa penggunaan termometer inframerah juga tidak berdampak pada sistem saraf dan retina manusia.
Sehingga, termometer inframerah aman digunakan untuk mengecek suhu badan.
Sumber: liputan6.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/cek-fakta-benarkah-radiasi-laser-thermo-gun-berbahaya-bagi-tubuh-manusia/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cek Fakta Tidak Benar Foto Lautan Manusia Di Gedung Dpr Dan Monas

Cek Fakta Tidak Benar Foto Lautan Manusia Di Gedung Dpr Dan Monas

papar berkaitan - pada 17/7/2020 - jumlah : 165 hits
Foto yang diunggah disebut sebut diambil saat aksi demo pada 16 Juli 2020 Foto tersebut memperlihatkan lautan manusia dengan pakaian serba putih yang memenuhi jalan
Cek Fakta Warga Jawa Tengah Akan Didenda Hingga Rp 250 Ribu Jika Tak Pakai Masker Benarkah

Cek Fakta Warga Jawa Tengah Akan Didenda Hingga Rp 250 Ribu Jika Tak Pakai Masker Benarkah

papar berkaitan - pada 21/7/2020 - jumlah : 264 hits
Beredar kabar soal denda bagi warga Jawa Tengah yang tidak memakai masker di media sosial Kabar ini meluas melalui pesan berantai di aplikasi percakapan Whatsapp sejak pekan lalu Berikut isi pesan berantai tersebut Sesuai Instruksi Presiden...
Cek Fakta Presiden Israel Janji Bikin Indonesia Seperti Palestina Jika Terus Ikut Campur Benarkah

Cek Fakta Presiden Israel Janji Bikin Indonesia Seperti Palestina Jika Terus Ikut Campur Benarkah

papar berkaitan - pada 24/7/2020 - jumlah : 314 hits
Gambar tangkapan layar artikel di situs Tirastimes yang berisi pernyataan bernada mengancam dari Presiden Israel terhadap Indonesia beredar di media sosial Artikel tersebut berjudul Presiden Israel Bila Terus Ikut Campur Kami Berjanji Akan ...
Cek Fakta Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang

Cek Fakta Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang

papar berkaitan - pada 10/7/2020 - jumlah : 321 hits
Foto Presiden Xi Jinping berterima kasih pada Jokowi karena pengangguran berkurang adalah tidak benar Presiden Xi Jinping tidak pernah menyebutkan hal tersebut
Cek Fakta Nasi Padang Menjadi Sumber Penularan Covid 19 Cek Faktanya

Cek Fakta Nasi Padang Menjadi Sumber Penularan Covid 19 Cek Faktanya

papar berkaitan - pada 13/7/2020 - jumlah : 212 hits
Beredar kabar yang menyebutkan nasi pada menjadi sumber penularan virus korona tipe baru Kabar itu melalui pesan berantai WhatsApp Dalam pesan yang beredar disebutkan penyebaran covid 19 melalui makanan yang tidak habis lalu kembali disajik...
Cek Fakta Tidak Benar Anies Sebut Solusi Banjir Tunggu Musim Kemarau

Cek Fakta Tidak Benar Anies Sebut Solusi Banjir Tunggu Musim Kemarau

papar berkaitan - pada 14/7/2020 - jumlah : 218 hits
Klaim Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebut solusi banjir menunggu musim kemarau adalah tidak benar Faktanya tidak ditemukan pernyataan Anies seperti dalam klaim tersebut
Cek Fakta Tidak Benar Jokowi Jual Tanah Lebih Murah Ke Perusahaan China

Cek Fakta Tidak Benar Jokowi Jual Tanah Lebih Murah Ke Perusahaan China

papar berkaitan - pada 10/7/2020 - jumlah : 241 hits
Judul berita yang dibuat CuplikanIslam com yakni Jokowi Akan Jual Tanah Lebih Murah Ke Ratusan Perusahaan China tidak sesuai dengan isi beritanya Judul berita tersebut adalah tidak benar
Cek Fakta Tidak Benar Ruu Hip Disahkan Malam Hari

Cek Fakta Tidak Benar Ruu Hip Disahkan Malam Hari

papar berkaitan - pada 9/7/2020 - jumlah : 186 hits
Foto kerusuhan karena RUU HIP disahkan malam hari adalah hoaks Foto tersebut diambil saat kerusuhan di Barcelona tahun 2019 lalu dan hingga saat ini belum ada pengesahan RUU HIP
8 Karakter Di Drama Korea Ini Bisa Jadi Contoh Bahwa Emansipasi Bukan Cuma Cita Cita Wanita Indonesia

Penyalahgunaan Kuasa Penyakauan Harta Rakyat Oleh Mahathir Wajib Didedahkan

Bersih Slams Hulu Selangor Funds Ahead Of Kuala Kubu Baharu Polls

Wee Barking Up The Wrong Tree

Zus Coffee Ice Green Tea Latte

Let S Be Reasonable Tun M Don T Call The Kettle Black

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau

Membongkar Kejayaan Pembayaran Dan Pemenang Di Wecopytrade Dan Wemastertrade



Kisah Restoran Colonel Sanders Selain KFC Yang Tidak Boleh Dikembangkan

Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia


Moira World Tour 2024 Malaysia Dipilih Sebagai Lokasi Pertama

Pengertian Pungli Contoh Dan Hukumannya

Lelaki Bunuh Bakar Saudara Sendiri

Filem Reversi

Pucuk Manis Khasiat Dan Kesan Sampingan

Arief Apa Salahku Chord