Cara Menghitung Tagihan Listrik Untuk Pelanggan Pascabayar



Sebagai pengguna layanan listrik PLN, tentunya kita sebagai konsumen harus mengetahui bagaimana cara menghitung tagihan listrik selama pemakaian dalam waktu sehari maupun sebulan, mungkin selama ini ada beberapa diantara kita yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung tagihan listrik di rumah.

Ada banyak keuntungan dengan kita mengetahui cara menghitung tagihan listrik ini, misalnya saja kita dapat lebih menghemat pemakaian listrik sehari-harinya agar tidak terjadi pembengkakan terhadap tagihan listrik yang akan dibayar atau kita bisa menyiapkan biaya tagihan listrik sebelum jatuh tempo waktu pembayarannya.

Lalu, bagaimanakah cara menghitung tagihan listrik selama pemakaian sehari ataupun sebulan pada pelanggan listrik pascabayar?

Bagi pelanggan listrik prabayar, untuk melakukan perhitungan tagihan listrik sangat mudah karena kita dapat mengetahuinya cukup dengan mengecek dan menghitung saldo KWh dengan golongan tarif dasar listrik kita. Namun bagi yang masih berlangganan listrik pascabayar, akan memerlukan beberapa perhitungan tambahan, Nah untuk itulah pada artikel kali ini saya akan membahas cara menghitung tagihan listrik untuk pelanggan listrik pascabayar tersebut.

Baiklah, sebelum melakukan perhitungan tagihan listriknya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Mencatat pemakaian daya listrik serta lama pemakaiannya pada semua peralatan listrik di rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk dapat menghitung berapa tagihan listrik selama sebulan adalah dengan mencatat peralatan listrik apa saja yang anda gunakan selama pemakaian dalam sehari.

Catat semua peralatan listrik yang digunakan beserta besar daya listrik yang terpakai pada masing-masing peralatan listrik tersebut serta catat juga lama pemakaian masing-masing peralatan listrik tersebut dalam satuan jam.

2. Menghitung tagihan listrik selama pemakaian dalam sehari

Setelah kita mencatat data-data di atas, maka selanjutnya kita bisa mulai melakukan perhitungannya.

Sebagai contoh :
Misalnya dalam sehari kita menggunakan berbagai peralatan listrik di rumah dengan lama pemakaiannya sebagai berikut :
2 unit televisi LED dengan daya listrik masing-masing sebesar 50W dinyalakan selama 8 jam sehari. 1 unit setrika listrik dengan daya listrik sebesar 300W digunakan selama 1 jam sehari. 12 unit lampu LED dengan daya listrik masing-masing sebesar 20W dinyalakan selama 12 jam sehari. 2 unit kipas angin dengan daya listrik masing-masing sebesar 55W digunakan selama 10 jam sehari. 1 unit rice cooker dengan daya listrik sebesar 400W digunakan selama 3 jam sehari. 2 unit pompa air dengan daya listrik masing-masing sebesar 125W digunakan selama 2 jam sehari. 1 unit mesin cuci dengan daya listrik sebesar 350W digunakan selama 1.5 jam sehari. 1 unit kulkas dengan daya listrik sebesar 70W digunakan selama 24 jam sehari. Maka total daya listrik yang terpakai pada setiap peralatan listrik tersebut dalam sehari adalah :
Televisi LED = 2 unit x 50W x 8 jam = 800 watt Setrika listrik = 1 unit x 300W x 1 jam = 300 watt Lampu LED = 12 unit x 20W x 12 jam = 2.880 watt Kipas angin = 2 unit x 55W x 10 jam = 1.100 watt Rice cooker = 1 unit x 400W x 3 jam = 1.200 watt Pompaair = 2 unit x 125W x 2 jam = 500 watt Mesin cuci = 1 unit x 350W x 1.5 jam = 525 watt Kulkas = 1 unit x 70W x 24 jam = 1.680 watt Sehingga, total daya listrik pada semua peralatan listrik yang kita pakai setiap harinya adalah :

800 + 300 + 2.880 + 1.100 + 1.200 + 500 + 525 + 1.680 = 8.985

Jadi, total daya listrik yang terpakai dalam sehari adalah sebesar 8.985 watt

Sebelum menghitung tagihan listriknya, kita harus mengkonversikan nilai total daya listriknya menjadi satuan KWh supaya dapat dihitung nantinya.

Untuk mendapatkan satuan KWh, maka harus dibagi 1000.
1.000W = 1KW Maka 8.985 watt dibagi 1000 = 8,98 kilowatt/jam (KWh), agar lebih mudah kita bulatkan saja menjadi 9 KWh.

Jadi pemakaian daya listrik kita dalam sehari adalah 9 KWh, dan jika kita ingin mengetahui berapa tagihan listrik yang harus dibayar dalam sehari tersebut, kita tinggal mengalikannya saja dengan tarif dasar listrik (TDL). Karena disini memakai tarif dasar listrik golongan daya 900VA, maka biaya tarif dasar listrik per KWh adalah sebesar Rp 1.352.

Dengan tarif dasar listrik untuk golongan daya 900VA adalah Rp 1.352, maka biaya tagihan listrik dalam sehari adalah : 9 KWh x Rp 1.352 = 12.168

Jadi, tagihan listrik perhari yang harus dibayar adalah Rp 12.168

Catatan : tarif dasar listrik yang dikenakan per KWh berbeda-beda, dan perbedaan tarif tersebut ditentukan berdasarkan golongan daya listrik yang terpasang. Misalnya untuk golongan daya listrik 450VA Rp 415 per KWh, atau untuk golongan daya listrik 900VA Rp 1.352 per KWh dan seterusnya.

3. Menghitung tagihan listrik selama pemakaian dalam sebulan

Tentunya untuk mengetahui  biaya tagihan listrik selama pemakaian dalam sebulan, maka kita harus menghitungnya kembali seperti langkah-langkah diatas.

Dengan mencatat pemakaian peralatan listrik kita masing-masing setiap harinya dan kemudian menjumlahkan semuanya untuk satu bulan.

Namun, cara diatas adalah untuk perhitungan yang detail. Dan sebenarnya kita dapat menghitung tagihan listrik selama sebulan, tanpa harus melakukan perhitungan setiap harinya untuk satu bulan tersebut. Caranya adalah dengan mengambil nilai rata-ratanya, misalnya saja rata-rata pemakaian listrik setiap hari dalam sebulan adalah 9 KWh dan biaya tagihan listriknya sebesar Rp 12.168, maka kita tinggal mengalikannya saja dengan jumlah hari dalam sebulan

Jika jumlah hari dalam sebulan adalah 30 hari, maka biaya tagihan listrik dalam sehari tadi dikalikan dengan 30 hari.

Maka, Rp 12.168 x 30 hari = Rp 365.040

Total tagihan listrik yang harus dibayar selama pemakaian listrik sebulan adalah sebesar Rp 365.040

Dengan mengetahui cara menghitung tagihan listrik seperti ini, maka kita dapat mengetahui besarnya tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulannya untuk pelanggan listrik pascabayar.

Selain itu, kita juga dapat mengendalikan biaya tagihan listrik kita selama pemakaian sebulan tersebut dengan cara memperhitungkan dan menghemat setiap pemakaian peralatan listrik sehari-harinya supaya tidak terjadi pembengkakan pada biaya tagihan listrik tersebut.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Cara Menghitung Tagihan Listrik Untuk Pelanggan Pascabayar, semoga bermanfaat.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/05/cara-menghitung-tagihan-listrik-untuk.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Terbaik Menurunkan Tagihan Listrik

Cara Terbaik Menurunkan Tagihan Listrik

papar berkaitan - pada 9/5/2020 - jumlah : 223 hits
Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia di jaman sekarang ini itu karena listrik memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari hari Tanpa listrik hidup kita akan seperti pada jaman dahulu yang gelap saat malam hari d...
Cara Mencegah Tagihan Listrik Yang Membengkak

Cara Mencegah Tagihan Listrik Yang Membengkak

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 257 hits
Tagihan listrik yang membengkak merupakan hal yang sering kali dikeluhkan oleh banyak pelanggan listrik terutama bagi mereka yang penghasilannya pas pasan Apalagi untuk sekarang ini tarif listrik mengalami kenaikan khususnya bagi pelanggan ...
Cara Mudah Menghitung Daya Listrik Yang Diperlukan Rumah

Cara Mudah Menghitung Daya Listrik Yang Diperlukan Rumah

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 232 hits
Apakah listrik dirumahmu sering nge trip alias tiba tiba mati mendadak karena kelebihan pemakaian daya listrik dan berencana ingin menambah daya atau sudah punya solusi yang lain semisal membatasi pemakaian dayanya Nah mungkin artikel saya ...
Diskon Listrik Pln Untuk Pelanggan 1 300 Va Dan 900 Va Dibuka 1 Mei Begini Cara Mendapatkannya

Diskon Listrik Pln Untuk Pelanggan 1 300 Va Dan 900 Va Dibuka 1 Mei Begini Cara Mendapatkannya

papar berkaitan - pada 1/5/2020 - jumlah : 235 hits
Keringanan biaya listrik bukan hanya dirasakan bagi pelanggan PLN 450 VA saja Pelanggan 1 300 VA dan 900 VA juga akan mendapat fasilitas serupa meski ada syarat yang berlaku Jika pelanggan PLN 450 VA mendapat listrik gratis pelanggan 1 300 ...
Ternyata Ini Alasan Naiknya Tagihan Listrik Non Subsidi Pln Salah Catat

Ternyata Ini Alasan Naiknya Tagihan Listrik Non Subsidi Pln Salah Catat

papar berkaitan - pada 7/5/2020 - jumlah : 235 hits
Dalam beberapa hari terakhir PT PLN mengaku menerima ribuan komplain dari pelanggan non subsidi atas tagihan listrik yang dinilai membengkak tiba tiba Tagihan yang bengkak ini terutama dirasakan oleh pelanggan pasca bayar untuk tagihan list...
Tagihan Listrik 900 1300 Watt Bengkak Pln Bantah Naikkan Tarif Diam Diam

Tagihan Listrik 900 1300 Watt Bengkak Pln Bantah Naikkan Tarif Diam Diam

papar berkaitan - pada 5/5/2020 - jumlah : 187 hits
Jokowi mengisikan token dan menyalakan listrik di salah satu rumah warga di Bantarjati Bogor Jawa Barat PLN memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan termasuk rumah tangga daya 900 Volt Ampere Rumah Tang...
Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Akibat Korsleting Listrik Di Rumah Kita

Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Akibat Korsleting Listrik Di Rumah Kita

papar berkaitan - pada 11/5/2020 - jumlah : 415 hits
Saat kita membaca sebuah surat kabar ataupun sedang menonton berita pada televisi di rumah sering kali kita mendengar terjadinya sebuah kebakaran rumah yang biasanya diakibatkan oleh korsleting listrik pada instalasi listrik rumah tersebut ...
Rumah Kosong Kok Tetap Kena Tagihan Listrik Begini Jawaban Pln

Rumah Kosong Kok Tetap Kena Tagihan Listrik Begini Jawaban Pln

papar berkaitan - pada 9/5/2020 - jumlah : 213 hits
Sejumlah masyarakat ramai mengeluhkan tagihan tarif listrik yang naik drastis pada awal Mei ini Kenaikan tersebut tak hanya terjadi pada rumah tangga yang penghuninya dirumahkan akibat wabah corona tapi juga pada hunian yang telah dikosongk...
Tagihan Listrik Warga Membengkak Ylki Desak Pln Minta Maaf

Tagihan Listrik Warga Membengkak Ylki Desak Pln Minta Maaf

papar berkaitan - pada 9/5/2020 - jumlah : 201 hits
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia meminta PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN meminta maaf kepada seluruh pelanggan mereka atas kurangnya informasi membengkaknya tagihan listrik untuk pemakaian April 2020 Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus...
Konsert Cinta Di Awan Siti Nurhaliza Tambah Lagi Sehari

Lelaki Miang Tanggal Seluar Budak Direman

From Dreadful To Delightful Conquering Gear Engagement In Dodge Transmissions

Biasa Dari Negeri Yang Tak Pernah Lihat Kepesatan Negeri Yang Lebih Maju Dia Nampak Kedai Proses Ayam Ja

Sustainability And Metal Buildings A Data Driven Approach To Eco Friendly Construction

Contoh Inspirasi Poster Ucapan Selamat Hari Pekerja 2024

Why Pm Anwar Rafizi Steven Sim Should Be Worried About World Bank S Report On M Sian Education

Exploring The Impact Of Aluminum In Contemporary Design



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Lirik Lagu Perih Jerih Masdo

Rumah Terbuka Anisya And The Geng

Security Status Not Satisfied

How Often Should You Clean Your Air Ducts A Guide For Laval Homeowners

Ugutan Klopp Punca Salah Berang

Saravanan Takes Dig At Unity Govt While Stumping For It