Cara Membuat Halaman Login Dan Register Di Wordpress




Membuat halaman login dan register di WordPress, memungkinkan seseorang bisa mengakses dashboard WordPress untuk tujuan tertentu. Kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat halaman member area di WordPress, sehingga menciptakan sistem membership pada websitenya. 
Entah itu untuk mengajak seseorang menjadi penulis tamu atau sekedar menjadi pengguna pada suatu website agar bisa melakukan pembelian dan pengecekan terhadap produk yang dibeli.
Meskipun dapat mengakses dashboard, orang yang mendaftar dapat kita batasi pergerakannya dengan memberikan peran yang tidak akan mengganggu bagian manajemen website nantinya.
Misalkan saya membuat halaman login dan register di WordPress untuk keperluan toko online, lalu saya membatasi status keanggotaan mereka hanya sebagai pembeli. Dengan kata lain, mereka hanya bisa melakukan pembelian, pengecekan status order, alamat pengiriman dan informasi lainnya terkait data diri.
Persiapan Membuat Halaman Login dan Register di WordPressKarena disini saya mencontohkannya untuk keperluan toko online, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti:Plugin WooCommercePlugin Ultimate MemberWooCommerce untuk menyediakan fitur dan halaman jual beli produk di website.
Sedangkan Ultimate Member untuk menyediakan fitur member area di WordPress mulai dari halaman user, login, register, logout, reset password dan sebagainya.
Cara Membuat Halaman Login dan Register di WordPressAda tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan sebelum membuat halaman login dan register di WordPress, mulai dari mengaktifkan izin pendaftaran akun baru, mengatur role user, menginstall plugin, setting plugin dan menampilkannya di website. Berikut adalah caranya.
#1 Mengaktifkan Izin PendaftaranMeskipun formulir pendaftaran member berhasil dibuat, tanpa adanya izin mendaftar, yang akan muncul hanyalah pesan penolakan seperti "User registration is currently not allowed", yang artinya pendaftaran tidak diizinkan.
Untuk mengaktifkannya, cukup pergi ke Setting > General. Lalu ceklis Anyone can register.
#2. Mengatur Role UserRole User adalah pemberian peran terhadap setiap pengguna yang terdaftar, dari sinilah kita bisa membatasi apapun yang bisa mereka lakukan nantinya.
Kamu bisa mengaturnya dilokasi yang sama seperti sebelumnya, yaitu dibagian Setting > General. Lalu pilih role Customer.
Bisa juga pilih Author kalo untuk kepentingan guest post. Jadi, yang mendaftar hanya bisa membuat artikel saja.


#3. Install Plugin Ultimate MemberSeperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita akan dibantu oleh Plugin Ultimate Member untuk membuat halaman member area di WordPress secara otomatis.
Silahkan install dan aktifkan plugin Ultimate Member
2. Pergi ke menu Pages > All Pages.
Disini kita hanya memastikan saja apakah halaman berikut ini ada, karena memang seharusnya ada secara otomatis setelah mengaktifkan plugin.


Tapi ada beberapa kasus, halaman tersebut tidak otomatis terbuat. Saya sendiri pernah mengalaminya. Untuk mengatasinya, akan saya buatkan artikelnya nanti.
4. Mengatur Halaman Member AreaKita juga akan memastikan apakah halaman member area sudah terhubung dengan halaman yang sesuai.
Caranya pergi ke menu Ultimate Member > Setting.


Secara default, semua halaman sudah terhubung dengan semestinya. Tapi kamu juga bisa mengganti dan memilih halaman mana yang ingin kamu gunakan.
Sebagai contoh, saya merasa halaman My Account yang dibuat oleh plugin Ultimate Member kurang cocok dengan website toko online yang saya buat. Karena tidak bisa mengecek status orderan dan alamat pengiriman.


Dan saya ingin mengganti halaman tersebut dengan halaman My Account milik plugin WooCommerce yang juga otomatis terbuat apabila sudah mengaktifkannya.


Disini kita cukup mengganti halamannya saja pada bagian setting plugin Ultimate Member.


5. Menampilkan Tombol Login dan Register di Website.Pada tahap ini kita hanya perlu menampilkannya saja di website agar bisa dilihat oleh semua orang. 
Kamu bisa menampilkannya menggunakan menu dengan cara pergi ke Appearance > Menus.
Selanjutnya buatlah sebuah menu yang berisi halaman member area yang dibutuhkan.

Atau kalo kamu menggunakan page builder bawaan seperti yang ada pada tema Astra Pro, kamu bisa melakukannya dengan cara pergi ke menu Appearance > Customize.

Pilih Header Builder.
Setelah itu tinggal kamu atur, apa saja yang ingin kamu tampilkan dibagian header.



Kalo terasa membingungkan dan sulit untuk menampilkan dibagian header, kamu bisa meletakannya di sidebar kok. Tinggal tambahkan saja widget dibagian sidebar.
Akhir KataNah sampai sini kamu sudah berhasil membuat halaman member area di WordPress yang di dalamnya berisi form login, register, logout dan akun. Gampang banget kan? pastinya dong ya. 
Sekian penjelasannya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.wendyandriyan.info/2021/09/cara-membuat-halaman-login-dan-register-di-wordpress.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Membuat Menu Dan Sub Menu Di Wordpress

Cara Membuat Menu Dan Sub Menu Di Wordpress

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 162 hits
Taukah kamu cara membuat menu dan sub menu di WordPress sangatlah mudah dibandingkan dengan platform pesaingnya yaitu blogger com yang mengharuskan kita mengoding terlebih dahulu untuk membuatnya
Cara Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri Di Wordpress

Cara Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri Di Wordpress

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 331 hits
Cara membuat tulisan rata kanan kiri di WordPress mungkin akan sedikit membingungkan untuk kamu yang masih pemula Karena bagaimana tidak dibagian text editor saja tidak ada tombol justify yang berfungsi untuk membuat tulisan rata kanan kiri...
Cara Membuat Artikel Di Wordpress Untuk Pemula

Cara Membuat Artikel Di Wordpress Untuk Pemula

papar berkaitan - pada 25/10/2021 - jumlah : 140 hits
Setelah berhasil menginstall dan membuat website di WordPress langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat artikel di WordPress untuk mengisi konten pada website tersebut cara membuat artikel di WordPress pada umumnya sa...
Cara Membuat Folder Baru Di Laptop Atau Komputer

Cara Membuat Folder Baru Di Laptop Atau Komputer

papar berkaitan - pada 25/10/2021 - jumlah : 436 hits
Dengan cara membuat folder baru di laptop atau komputer kamu bisa menyimpan berbagai file dengan rapih Pasalnya file yang berserakan tak beraturan sering kali terhapus karena ketidaksengajaan Alih alih ingin menghapus file yang dirasa tidak...
Cara Membuat Galeri Tab Gambar Di Elementor

Cara Membuat Galeri Tab Gambar Di Elementor

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 252 hits
Mungkin membuat galeri gambar menggunakan Elementor di WordPress sudah terlalu biasa hanya menampilkan sedertan gambar dalam bentuk grid dan terkesan biasa saja Tapi pernah kah kamu mencoba membuat galeri tab gambar di Elementor Jika belum ...
Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

papar berkaitan - pada 16/10/2021 - jumlah : 151 hits
Cara membuat nasi goreng sederhana Resep nasi goreng sederhana tapi enak ini sangat cocok untuk Anda yang belum sempat berbelanja bahan bahan untuk bulan tersebut Nasi goreng sederhana yang selalu pas untuk menu sarapan atau makan malam Saa...
Cara Untuk Membuat Merek Dagang Yang Baik

Cara Untuk Membuat Merek Dagang Yang Baik

papar berkaitan - pada 23/10/2021 - jumlah : 214 hits
Mungkin Anda pernah bertanya tanya tentang bagaimana cara untuk membuat merek dagang yang baik Nyatanya cara untuk membuat merek dagang yang baik dan benar terbilang cukup mudah selagi Anda memahami definisi dan fungsi dari merek dagang itu...
Cara Install Plugin Wordpress Paling Mudah

Cara Install Plugin Wordpress Paling Mudah

papar berkaitan - pada 22/10/2021 - jumlah : 250 hits
Dengan cara install plugin WordPress kamu bisa menambahkan berbagai fitur tambahan untuk mendukung kinerja website Tapi sebaliknya tanpa tambahan plugin maka website yang kamu buat akan terkesan sederhana dan biasa saja
Cara Membuat Keropok Lekor Terengganu

Cara Membuat Keropok Lekor Terengganu

papar berkaitan - pada 19/10/2021 - jumlah : 267 hits
Ini adalah bagaimana cara saya membuat keropok lekor yang mudah dan sedap Dengan menggunakan beberapa bahan yg mudah didapati kini korang boleh membuat keropok lekor di dapur korang sendiri Ini adalah antara bahan2 nya 1 1 kilo isi ikan 2 A...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Gsk Raya Open House Dan Minggu Imunisasi Sedunia

The Dab 1a A Limited Edition Electric Production Motorcycle From France

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji



Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok

Kenapa Platipus Haiwan Yang Membuatkan Saintis Merasa Hairan

Biodata Qistina Rania Pelakon Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Astro Ria Peserta Hero Dewi Remaja 2023


Karakteristik Generasi Z Memahami Cara Mereka Mendapatkan Informasi

Pertama Kali Guna Servis Cuci Karpet

Kmum Dakwa Insiden Syarahan Pro Israel Disengajakan

Kronologi Serangan Israel Terhadap Iran

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City