Cara Agar Feeling Mengemudi Mobil Lebih Baik


Hal umum yang cukup menyulitkan pengemudi pemula adalah dimensi mobil. Akan muncul perasaan berbeda ketika seorang pengemudi pemula duduk dibelakang setir mobil.

Mobil terasa menjadi lebih luas dan lebar dari dalam jika dibandingkan dengan jalanan dan kondisi sekitar kendaraan, seakan-akan jalanan itu rasanya tidak cukup lebar untuk dilalui.

Ini adalah hal wajar, hal yang akan dirasakan oleh setiap pemula saat belajar mengemudi mobil. Maka dari itu, diperlukanlah yang namanya feeling mengemudi.

Apa itu feeling mengemudi ?
Menurut kami, feeling mengemudi adalah munculnya perasaan terukur terhadap dimensi kendaraan secara keseluruhan, yang dikombinasikan dengan kecepatan dan arah kendaraan ketika kita sedang mengemudi.

Dengan begitu tubuh dapat bereaksi secara tepat terhadap kondisi dan keadaan yang sedang terjadi.

Kalau mau lebih mudahnya, feeling mengemudi adalah cara mengira ngira saat menyetir mobil .



Apa saja yang diperkirakan ?

Banyak, ada patokan moncong mobil,  panjang mobil, lebar mobil, patokan sisi kiri mobil, patokan sisi kanan mobil, kecepatan laju kendaraan, posisi gigi saat melaju, arah jalannya kendaraan, kondisi sekitar mobil saat menyetir, ataupun hal lainnya yang diperlukan saat kondisi-kondisi yang berlainan terjadi

Meskipun feeling ini tidaklah selalu akurat, namun feeling yang terlatih dengan baik, akan sangat membantu pengemudi dalam mengarahkan dan mengontrol kendaraan dalam kondisi apapun.

Oleh karena itu unsur feeling saat mengemudi mobil memiliki peran yang tidak kalah penting selain teknik dan cara-cara mengemudi mobil yang baik.


Bagaimana cara melatih feeling mengemudi ?

1. Membiasakan diri dengan alat bantu mengemudiMeskipun pemula, kami yakin bahwa Anda pasti paham dengan apa yang namanya spion, setir, garis marka jalan, dan lain sebagainya.

Itu semua adalah beberapa contoh dari alat bantu mengemudi yang perlu kita kuasai penggunaannya .

Seperti contohnya spion kiri, berfungsi untuk membantu kita untuk melihat kondisi sisi kiri kendaraan, begitu juga untuk spion kanan.

Hapalan terhadap posisi mobil melalui bentuk visual yang ditangkap dari kaca spion akan melatih feeling kita terhadap jarak dan situasi disekitar kendaraan.

Dengan begitu, pengambilan keputusan ketika kita akan bermanuver (belok kanan atau belok kiri contohnya) akan semakin mudah karena feeling kita semakin kuat akibat terbiasa menggunakan alat bantu mengemudi.

Contoh lainnya adalah garis marka jalan yang umumnya terdapat di tengah dua jalur jalan.


Garis marka jalan yang posisinya di tengah ini bisa membantu dan memandu posisi mobil kita terhadap jalan yang sedang kita lalui.

Disitu kita bisa melatih feeling mengemudi melalui garis markah jalan ini karena garis ini bisa menjadi patokan kita terhadap posisi mobil dengan kanan kiri jalan, arah laju ban mobil serta kecepatan kendaraan.

Intinya, membiasakan diri dengan alat bantu mengemudi yang sudah ada , bisa menambah dan memperkuat feeling mengemudi menjadi lebih baik.

Baca juga : tips mengemudi yang hemat bahan bakar



2. Memanfaatkan bagian-bagian mobil untuk digunakan sebagai patokan.Kalau Anda pernah memperhatikan mobil-mobil di era 80-90 an, dibagian depan kap mesin terpasang sepasang lampu kecil atau sebuah logo merk kendaraan yang menonjol ke atas.

Benda-benda tersebut dipasang bukan hanya sebagai hiasan saja, namun juga berfungsi sebagai alat bantu mengemudi. Sebagain besar memanfaatkannya untuk mengatur jarak dibagian depan mobil, baik sebagai patokan sisi  kiri mobil, patokan sisi kanan mobil serta patokan depan bemper mobil.


Hal yang umumnya dilakukan adalah dengan memperhatikan tingkat kedekatan logo. Semakin dekat logo tersebut dengan mobil didepannya, berarti jarak mobil juga akan semakin dekat. Setelah itu kita hanya perlu membiasakan jaraknya dan jangkauannya saja. Trik ini bisa kita gunakan sebagai cara mengetahui ujung mobil khususnya bagian depan.

Untuk mobil masa kini, benda-benda tersebut sepertinya sudah tidak banyak diterapkan, namun anda bisa memanfaatkan beberapa benda yang bisa digunakan sebagai cara untuk memandu jarak depan mobil, salah satunya adalah tangkai wiper.



3. Membiasakan diri mengemudi secara amanLatihan terakhir agar feeling mengemudi semakin baik adalah dengan berlatih mengemudi secara aman.

Mengemudi secara aman ini harus terus dilatih agar didapat feeling terhadap keamanan selama mengemudi, baik untuk tindakan refleks atau ketika harus melakukan suatu tindakan darurat.

Seperti misalnya, ketika awal masuk mobil selalu membiasakan diri untuk pertama kali memasang seat belt (sabuk keselamatan), menginjak rem sebelum men-stater mesin, hingga selalu menjaga jarak dan kecepatan kendaraan pada kecepatan dan jarak yang aman.

Baca juga : Tips mengemudi aman dimalam hari

Membiasakan diri untuk mengemudi secara aman, akan membuat feeling kita secara refleks akan memberlakukan tindakan-tindakan yang aman selama mengemudi.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://ambooyat5.blogspot.com/2020/04/cara-agar-feeling-mengemudi-mobil-lebih.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Mahukan Kehidupan Yang Lebih Baik Jom Tukar Cara Berdoa Dengan 7 Formula Ini

Mahukan Kehidupan Yang Lebih Baik Jom Tukar Cara Berdoa Dengan 7 Formula Ini

papar berkaitan - pada 22/4/2020 - jumlah : 1362 hits
MAHUKAN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK JOM TUKAR CARA BERDOA DENGAN 7 FORMULA INI Ada orang mudah putus asa kalau doa yang dia minta itu tidak dimakbulkan mungkin dia terlupa yang cara dia meminta itu tak kena dengan apa yang disarankan begitu j...
Virus Corona Mengapa Negara Yang Dipimpin Wanita Merespons Lebih Baik

Virus Corona Mengapa Negara Yang Dipimpin Wanita Merespons Lebih Baik

papar berkaitan - pada 21/4/2020 - jumlah : 269 hits
Selandia Baru Jerman Taiwan dan Norwegia punya dua kesamaan Di keempat negara ini angka kematian akibat Covid 19 relatif rendah Kemudian keempatnya dipimpin oleh perempuan Para perempuan tersebut mendapat pujian dari media atas sikap mereka...
Doa Memohon Kehidupan Yang Lebih Baik

Doa Memohon Kehidupan Yang Lebih Baik

papar berkaitan - pada 21/4/2020 - jumlah : 945 hits
Doa Memohon Kehidupan Yang Lebih Baik Doa yang selalu dikongsikan oleh Ustaz Yusuf Mansur Memohon kehidupan yang lebih baik Doa ini diamalkan untuk memohon kepada Allah ubah keadaan kita sekarang menjadi lebih baik Yang mana susah minta uba...
Dilema Pekerja Malaysia Lebih Baik Duduk Jela Singapore

Dilema Pekerja Malaysia Lebih Baik Duduk Jela Singapore

papar berkaitan - pada 21/4/2020 - jumlah : 223 hits
Ahli Parlimen Seputeh Teresa Kok menggesa Putrajaya untuk melihat kebajikan rakyat Malaysia di Singapura susulan jumlah kes Covid 19 di negara itu terus meningkat Kok berkata ramai rakyat Malaysia ragu ragu untuk kembali ke Malaysia kerana ...
Google Duo Dikemaskini Dengan Kualiti Panggilan Video Lebih Baik Dan Pelekat

Google Duo Dikemaskini Dengan Kualiti Panggilan Video Lebih Baik Dan Pelekat

papar berkaitan - pada 23/4/2020 - jumlah : 291 hits
PKP yang dilaksanakan ketika ini menyebabkan perbincangan secara fizikal tidak dapat dilaksanakan lagi seperti sebelum ini Perkhidmatan pemesejan segera dan panggilan video telah menyaksikan lonjakan baharu dan ia adalah platform paling ban...
Lebih Baik Adham Baba Berdiam Atau Undur Diri

Lebih Baik Adham Baba Berdiam Atau Undur Diri

papar berkaitan - pada 20/4/2020 - jumlah : 347 hits
Tokoh wartawan veteran Datuk Abdul Kadir Jasin menasihatkan Menteri Kesihatan Dr Adham Baba untuk tidak lagi memberi alasan ekoran salah menyebut jumlah negara di dunia Menurutnya umum mengetahui sifat doktor perubatan sebagai individu yang...
5 Cara Supaya Cili Kisar Tahan Lebih Lama

5 Cara Supaya Cili Kisar Tahan Lebih Lama

papar berkaitan - pada 26/4/2020 - jumlah : 535 hits
Bagi kaum ibu yang memang setia menyediakan juadah berbuka dan juga bersahur di rumah tentunya mahu segala urusan di dapur lebih menyenangkan Di sebabkan itulah juga sis sebenarnya lebih suka menyediakan stok segala keperluan memasak teruta...
Covid19 Tindakan Lebih Tegas Kepada Pesalah Pkp Disambut Baik Kkm

Covid19 Tindakan Lebih Tegas Kepada Pesalah Pkp Disambut Baik Kkm

papar berkaitan - pada 16/4/2020 - jumlah : 226 hits
KKM menyambut baik keputusan MKN agar tindakan lebih tegas diambil atas ketidakakuran segelintir masyarakat kepada PKP Ini diharap dapat memberi impak yang positif dalam meratakan lengkungan dan seterusnya memastikan fasiliti KKM dapat mena...
Ph Must Safeguard Its Voter Base To Land Second Term For Anwar Says Analyst

Tetaplah Beriadah Di Bulan Ramadan

Perumahan Izara Bayu Sutera Kediaman Idaman Tepi Tasik Dengan Ciri Smart Home

8 Resepi Air Balang Viral Di Bazar Ramadhan

Lirik Lagu Raya Mana Nabila Razali

Diet If Yang Berkesan Menurut Pakar

Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Pemilik Kafe Tanah Aina Fareena Nafi Terima Notis Rasmi Peringatan Penutupan Parkir Restorannya



Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru

Biodata Mohammad Rifdean Masdor Atlet Muay Thai Malaysia Yang Gegarkan One Championship Seangkatan Johan Ghazali Jojo


Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Linkedin Menjadi Mitra Plan Indonesia Buka Peluang Kerja Bagi 400 Pencari Kerja Baru Di Jawa Tengah

5 Hidden Features Of Wordpress Com

Hospital Kuala Pilah

From Gear To Gear Exploring The Mechanics Of Ram And Dodge Transmissions

Satisfy Your Pup S Cravings Exploring The World Of Natural Dog Treats