Bolehkah Mengganti Utang Puasa Ramadhan Di Bulan Rajab Ini Penjelasannya


Jika kamu yang masih memiliki utang puasa di Ramadan, hendaknya segera membayarkannya sebanyak hari yang ditinggalkan.
Lalu bolehkah melaksanakan Puasa Qadha Ramadan berbarengan dengan puasa Rajab?
Melansir laman Nahdlatul Ulama Online atau NU online, M. Mubasysyarum Bih menuliskan artikel dengan judul “Bolehkah Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadha Puasa Ramadhan?” memberikan penjelasan seputar ibadah tersebut.
Puasa Rajab merupakan salah satu puasa yang sunnah dilakukan sebagaimana bulan-bulan mulia lainnya (Muharram, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah).
Meski tidak ada hadits shahih yang secara khusus menjelaskan keutamaan puasa Rajab, namun kesunnahan puasa Rajab sudah tercakup dalam dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.
Persoalan muncul ketika sebagian orang masih memiliki tanggungan utang puasa Ramadan, apakah boleh baginya menggabungkan niat puasa Rajab dengan qadha’ puasa Ramadan?
Puasa Rajab sebagaimana puasa sunnah lainnya sah dilakukan dengan niat berpuasa secara mutlak, tidak disyaratkan ta’yin (menentukan jenis puasanya). Misalkan dengan niat “Saya niat berpuasa karena Allah”, tidak harus ditambahkan “karena melakukan kesunnahan puasa Rajab”.
Sementara puasa qadha Ramadan tergolong puasa wajib yang wajib ditentukan jenis puasanya, misalkan dengan niat: “Saya niat berpuasa qadha Ramadan fardhu karena Allah”.
Menggabungkan niat puasa Rajab dengan puasa qadha Ramadan hukumnya diperbolehkan (sah) dan pahala keduanya bisa didapatkan.
Bahkan menurut Syekh al-Barizi, meski hanya niat mengqadha puasa Ramadan, secara otomatis pahala berpuasa Rajab bisa didapatkan.
Kesimpulan di atas didasarkan atas keterangan dalam kitab Fathul Mu’in beserta hasyiyahnya, I’anatuth Thalibin sebagai berikut:
وبالتعيين فيه النفل أيضا فيصح ولو مؤقتا بنية مطلقة كما اعتمده غير واحد (وقوله ولو مؤقتا) غاية في صحة الصوم في النفل بنية مطلقة أي لا فرق في ذلك بين أن يكون مؤقتا كصوم الاثنين والخميس وعرفة وعاشوراء وأيام البيض أو لا كأن يكون ذا سبب كصوم الاستسقاء بغير أمر الإمام أو نفلا مطلقا
(قوله بنية مطلقة ) متعلق بيصح فيكفي في نية صوم يوم عرفة مثلا أن يقول نويت الصوم ( قوله كما اعتمده غير واحد) أي اعتمد صحة صوم النفل المؤقت بنية مطلقة وفي الكردي ما نصه في الأسنى ونحوه الخطيب الشربيني والجمال الرملي الصوم في الأيام المتأكد صومها منصرف إليها بل لو نوى به غيرها حصلت إلخ زاد في الإيعاب ومن ثم أفتى البارزي بأنه لو صام فيه قضاء أو نحوه حصلا نواه معه أو لا وذكر غيره أن مثل ذلك ما لو اتفق في يوم راتبان كعرفة ويوم الخميس انتهى
Dan dikecualikan dengan pensyaratan ta’yin (menentukan jenis puasa) dalam puasa fardlu, yaitu puasa sunnah, maka sah berpuasa sunnah dengan niat puasa mutlak, meski puasa sunnah yang memiliki jangka waktu sebagaimana pendapat yang dipegang oleh lebih dari satu ulama.
Ucapan Syekh Zainuddin, meski puasa sunnah yang memiliki jangka waktu, ini adalah ghayah (puncak) keabsahan puasa sunnah dengan niat puasa mutlak, maksudnya tidak ada perbedaan dalam keabsahan tersebut antara puasa sunnah yang berjangka waktu seperti puasa Senin-Kamis, Arafah, Asyura’ dan hari-hari tanggal purnama. Atau selain puasa sunnah yang berjangka waktu, seperti puasa yang memiliki sebab, sebagaimana puasa istisqa’ dengan tanpa perintah imam, atau puasa sunnah mutlak”.
Ucapan Syekh Zainuddin, dengan niat puasa mutlak, maka cukup dalam niat puasa Arafah dengan niat semisal, saya niat berpuasa.
Ucapan Syekh Zainuddin, sebagaimana pendapat yang dipegang oleh lebih dari satu ulama, maksudnya lebih dari satu ulama berpegangan dalam keabsahan puasa sunnah dengan niat puasa mutlak.
Dalam kitabnya Syekh al-Kurdi disebutkan, dalam kitab al-Asna demikian pula Syekh Khatib al-Sayarbini dan Syekh al-Jamal al-Ramli, berpuasa di hari-hari yang dianjurkan untuk berpuasa secara otomatis tertuju pada hari-hari tersebut, bahkan apabila seseorang berniat puasa beserta niat puasa lainnya, maka pahala keduanya berhasil didapatkan.
Dalam kitab al-I’ab ditambahkan, dari kesimpulan tersebut, Syekh al-Barizi berfatwa bahwa apabila seseorang berpuasa qadla’ (Ramadan) atau lainnya di hari-hari yang dianjurkan berpuasa, maka pahala keduanya bisa didapat, baik disertai niat berpuasa sunnah atau tidak. Ulama lain menyebutkan, demikian pula apabila berketepatan bagi seseorang dalam satu hari dua puasa rutin, seperti puasa hari Arafah dan puasa hari Kamis.”
(Syekh Zainuddin al-Malibari dan Syekh Abu Bakr bin Syatha, Fathul Mu’in dan Hasyiyah I’anatuth Thalibin, Surabaya, al-Haramain, tanpa tahun, juz 2, halaman 224)
Demikian penjelasan berkaitan dengan hukum menggabungkan niat puasa Rajab dan qadla’ Ramadan.
Semoga bermanfaat dan dipahami dengan baik. Wallahu a’lam.
Sumber: tribunnews.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/bolehkah-mengganti-utang-puasa-ramadhan-di-bulan-rajab-ini-penjelasannya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
10 Amalan Bulan Ramadhan Yang Dapat Dilakukan Selain Puasa Wajib

10 Amalan Bulan Ramadhan Yang Dapat Dilakukan Selain Puasa Wajib

papar berkaitan - pada 27/2/2020 - jumlah : 43 hits
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim Amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah istimewa
Hadits Hadits Palsu Tentang Bulan Rajab Dan Puasa Rajab

Hadits Hadits Palsu Tentang Bulan Rajab Dan Puasa Rajab

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 37 hits
Saat bulan Rajab tiba umat Islam selalu dibanjiri informasi informasi keutamaan puasa Rajab Informasi itu berupa sabda Rasulullah Saw yang isinya sangat menggiurkan dan memotivasi siapapun untuk melaksanakannya Bagai investasi bodong banyak...
6 Amalan Bulan Rajab Selain Puasa Sunnah Mudah Dilakukan

6 Amalan Bulan Rajab Selain Puasa Sunnah Mudah Dilakukan

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 73 hits
Sudah menjadi kebiasaan sejak lama bagi para umat Islam untuk menghormati bulan Rajab ini dengan berbagai jenis ibadah dan ritual seperti shalat puasa dan lainnya
Puasa 3 Hari Di Bulan Rajab Bisa Hapus Dosa Perbanyak Baca Sayyidul Istighfar

Puasa 3 Hari Di Bulan Rajab Bisa Hapus Dosa Perbanyak Baca Sayyidul Istighfar

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 62 hits
Jelang 1 Rajab 1441 Hijriah masyarakat perlu tahu sejumlah amalan yang dilaksanakan rasul mulai Puasa Rajab hingga perbanyak dzikir Berikut keutamaan dan serta Doa yang dipanjatkan nabi di bulan Rajab Bulan Rajab dikategorikan sebagai bulan...
Amalan Bulan Ramadhan Agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Amalan Bulan Ramadhan Agar Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

papar berkaitan - pada 26/2/2020 - jumlah : 21 hits
Ada satu rahasia yang belum umum diketahui semua orang dalam menjalankan bulan ramadhan yang bersangkutan dengan bacaan al quran Ketika dulu saya waktu nyantri ada salah satu ijazah dari Al Mukarrom KH Ali Kurdi Murid kesayangan Al habib Al...
2020 Mencandat Sotong Sebelum Bulan Ramadhan Tiba

2020 Mencandat Sotong Sebelum Bulan Ramadhan Tiba

papar berkaitan - pada 18/2/2020 - jumlah : 100 hits
Ada orang tanya saya bilakah musim candat bermula Musim yang betul2 ada banyak sotong bulan berapa Katanya lagi tahun ini kalau boleh nak bawa balik sotong dalam kuantiti yang banyak biarlah hati puas Macam dalam gambar ni Soalan sama saban...
Niat Puasa Rajab Yang Akan Jatuh Pada 25 Februari 2020

Niat Puasa Rajab Yang Akan Jatuh Pada 25 Februari 2020

papar berkaitan - pada 24/2/2020 - jumlah : 14 hits
Puasa Rajab ditunaikan karena dipercaya berada di bulan Rajab atau bulan Allah serta pada tanggal 27 dirayakannya Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW oleh seluruh umat Islam
Cara Lafaz Niat Ganti Puasa Ramadhan Dan Puasa Sunat 6 Syawal

Cara Lafaz Niat Ganti Puasa Ramadhan Dan Puasa Sunat 6 Syawal

papar berkaitan - pada 25/2/2020 - jumlah : 81 hits
Artikel ini disemak semula serta info terkini telah dikemaskini pd 19 Januari 2020 jam 10 36 PM Puasa ganti atau qadha adalah bg menggantikan kembali
Bulan Rajab 2020 Dimulai 25 Februari Ini Doa Dan Keistimewaannya

Bulan Rajab 2020 Dimulai 25 Februari Ini Doa Dan Keistimewaannya

papar berkaitan - pada 24/2/2020 - jumlah : 98 hits
Dalam kalender Islam terdapat 12 bulan yang memiliki keistimewaan masing masing Beberapa di antaranya memiliki keistimewaan karena dimuliakan oleh Nabi Muhammad SAW dan umat Islam Salah satunya adalah Bulan Rajab bulan ketujuh di penanggala...
Masih Tiada I Akaun Kwsp Cara Daftar I Akaun Kwsp Melalui Email

Jom Hidupkan Malam Nisfu Syaaban

Dr Kamarul Zaman Dedahkan Ini Dia Musuh Penjawat Awam

Ytl Foundation Beri Bantuan Telefon Dan 120gb Internet Percuma

Jawapan Ustaz Azhar Idrus Bila Ditanya Apa Ustaz Akan Buat Kalau Jadi Menteri Agama

Apa Nasib Rakyat Malaysia Kalau Ph Masih Berkuasa Ketika Covid 19

April Is Cesarean Awareness Month Saya Pernah Bersalin Cesarean 10 Tahun Lepas

Kambing Perap Salwa Blackpepper Dan Bbq Sedia Dimakan Keluaran Bumiputera Yang Sedap Berkualiti



MARSHA Rumah Masa Depan Di Planet Marikh

Biodata Ramona Zamzam Pelakon Drama Ironi Kasih

Biodata Dan Latar Belakang Pelawak Man Raja Lawak

Bagaimana 5 Wabak Penyakit Paling Buruk Dalam Sejarah Berakhir

Kisah Menarik Pembantu Pasar Borong Dibuang Kerja Kerana Kegawatan Ekonomi


Mudik Ke Yogyakarta Lebih Istimewa Gara Gara Corona

Jana Pendapatan Tambahan Ketika Rm0 Dan Pkp Melalui Affiliate Marketing

Amber Heard Berhadapan Hukuman Penjara Jika Didapati Bersalah Memalsukan Bukti

Anjing Juga Ciptaan Tuhan

Sejarah Wabak Dalam Dunia Islam

Data Internet Percuma 40 Gb Dari Ytl Foundation Yes