Bolehkah Berkurban Bagi Orang Yang Sudah Wafat



Waktu untuk pelaksanaan ibadah kurban kian dekat, seiring dekatnya masa berhaji dan hari raya Idul Adha. Umat Islam pun bersiap untuk menyambut bulan Dzulhijah, penghujung bulan dalam kalender hijriah, waktu bagi pelaksanaan semua ibadah yang disebutkan tadi.
Pada saat jemaah melaksanakan haji di tanah suci, umat Islam di berbagai penjuru dunia pun larut dalam sukacita berbagai momen ibadah, mulai dari puasa Arafah, shalat Idul Adha hingga kurban.
Tak sedikit yang mempersiapkan hewan ternak terbaiknya untuk disembelih di hari raya kurban ini. Bahkan, ada pula yang berkurban atas nama keluarganya yang telah tiada.
Terkait hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Sholahuddin Al Aiyub menyampaikan, jika ada umat Islam yang ingin berkurban atas nama orang yang sudah meninggal, maka hukumnya dibolehkan.



KH Sholahuddin menjelaskan, berkurban untuk orang yang telah meninggal hukumnya boleh dilakukan. Syaratnya saat menyembelih hewan qurban diniatkan untuk almarhum atau almarhumah yang sudah meninggal.
Ia mengatakan, pada saat menyembelih hewan kurban diniatkan pahalanya untuk orang yang sudah meninggal itu. “Dan pahala kurban itu sampai kepada mereka yang sudah meninggal,” kata KH Sholahuddin, seperti dikutip dari Republika, Jumat (17/7/2020).
Ia menerangkan, ada hadis yang menjelaskan, suatu ketika ada orang yang masih hidup ingin menghajikan orang yang telah meninggal, orang tersebut bertanya kepada Rasulullah. Rasulullah menjawab bahwa menghajikan orang yang telah meninggal bisa dilakukan.
Selain itu, sedekah jariah yang diniatkan untuk orang yang telah meninggal dibolehkan. Misalnya orang yang masih hidup bersedekah tapi pahalanya diserahkan kepada orang yang sudah meninggal.
Maka pahalanya akan sampai kepada mereka yang sudah meninggal. Menurutnya, hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadis yang sahih.



“Kurban juga adalah bentuk amal kebaikan yang niatnya untuk mendekatkan diri kepada Allah, selain itu ada aspek sosial dalam berkurban yakni membagikan daging qurban, maka kalau pahalanya diniatkan untuk orang yang sudah meninggal itu juga sampai pahalanya kepada mereka,” ujarnya.
KH Sholahuddin mengingatkan, ketika ada anak Adam meninggal maka sudah terputus semuanya kecuali tiga hal. Pertama, ilmu yang bermanfaat. Kedua, sedekah jariah yang dilakukan ketika masih hidup, ketika sudah meninggal sedekahnya masih bermanfaat maka pahalanya sampai. Kedua, anak sholeh yang mendoakan.
“Orang yang masih hidup mendoakan yang sudah meninggal itu bermanfaat bagi mereka, hadis-hadis lainnya juga menunjukkan bahwa orang yang masih hidup ketika ingin berkurban untuk keluarganya yang sudah meninggal itu dibolehkan dan pahalanya sampai kepada mereka,” jelas KH Sholahuddin.
Sumber: islampos.com
The post Bolehkah Berkurban Bagi Orang yang Sudah Wafat? appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/07/20/bolehkah-berkurban-bagi-orang-yang-sudah-wafat/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Hikmah Dilarang Memotong Rambut Dan Kuku Bagi Yang Ingin Berkurban Di Hari Raya Idul Adha

Hikmah Dilarang Memotong Rambut Dan Kuku Bagi Yang Ingin Berkurban Di Hari Raya Idul Adha

papar berkaitan - pada 13/7/2020 - jumlah : 322 hits
Sebentar lagi umat Islam akan merasakan atmosfer yang segar bukan karena udara yang berbeda dari hari sebelumnya atau pergantian musim yang menghijaukan rerumputan akan tetapi karena hari raya Idul Adha yang jatuh di bulan mulia yaitu bulan...
Sempat Dirawat Di Rs Omas Dikabarkan Wafat Karena Penyakit Ini

Sempat Dirawat Di Rs Omas Dikabarkan Wafat Karena Penyakit Ini

papar berkaitan - pada 17/7/2020 - jumlah : 171 hits
Seniman Betawi Omaswati sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit yang diidapnya sebelum akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Kamis 16 Juli 2020 malam Udah sempet ke Rumah Sakit Cuma kan udah enak lagi badannya terus belum tahu lag...
Menkes Beri Santunan Ke Tenaga Medis Jateng Yang Wafat Saat Tangani Pasien Covid 19

Menkes Beri Santunan Ke Tenaga Medis Jateng Yang Wafat Saat Tangani Pasien Covid 19

papar berkaitan - pada 12/7/2020 - jumlah : 211 hits
Kami mewakili Presiden dan seluruh masyarakat Indonesia sangat belasungkawa dan penghormatan dan terima kasih yang sudah tulus bekerja Penghargaan ini diberikan oleh pemerintah kepada ahli waris yang ditinggalkan Semoga ini bisa memberikan ...
Semasa Hidup Ternyata Rasulullah Telah Berkurban Sebanyak Ini

Semasa Hidup Ternyata Rasulullah Telah Berkurban Sebanyak Ini

papar berkaitan - pada 23/7/2020 - jumlah : 243 hits
Sangat disayangkan jika ada seorang muslim yang mampu dan memilki kelapangan harta di bulan ini untuk membeli hewan kurban dan menyembelihnya nanti tanggal di 10 Dzulhijjah namun ia enggan untuk melakukannya Mungkin karena eman atau karena ...
Bolehkah Menteri Agama Pn Ulas Cikit Pasai Th

Bolehkah Menteri Agama Pn Ulas Cikit Pasai Th

papar berkaitan - pada 22/7/2020 - jumlah : 219 hits
Silakan keputusan di tangan Menteri asalkan bebas ada T O R dan panggil semua pihak termasuk PWC EandY JAN dan Bank Negara kita tengok saja siapa yang akan menyesal nanti Maaf cakap Menteri Agama PN ni lebih macam Ketua Dewan Ulama parti pa...
Nikmatnya Bila Suami Memanjakan Miss V Tapi Apa Hukumnya Dalam Islam Bolehkah

Nikmatnya Bila Suami Memanjakan Miss V Tapi Apa Hukumnya Dalam Islam Bolehkah

papar berkaitan - pada 25/7/2020 - jumlah : 522 hits
Asyiknya apabila tiba momen momen bermanja dengan suami Tapi lebih nikmat apabila kepala si suami mulai menuruni bahagian bawah itu Tapi pernah tak si suami terfikir apa hukumnya dalam Islam menjilat vagina ini Dalam Islam memang menjadi ke...
Bolehkah Lelaki Makan Gla Complex

Bolehkah Lelaki Makan Gla Complex

papar berkaitan - pada 22/7/2020 - jumlah : 251 hits
Assalamualaikum wbt Bolehkah Lelaki Makan GLA Complex Biasa kita dengar GLA Complex dicari oleh wanita untuk atasi masalah hormon pms menopouse kesuburan kulit awet muda dan sebagainya Ada yang bertanya bolehkh lelaki makan GLA Complex Bole...
Setelah Jadi Kerajaan Tidak Bolehkah Pas Tuntut Berapi Api Ruu 355

Setelah Jadi Kerajaan Tidak Bolehkah Pas Tuntut Berapi Api Ruu 355

papar berkaitan - pada 27/7/2020 - jumlah : 396 hits
Timbalan Presiden Pas Tuan Ibrahim Tuan Man berkata parti itu berapi api memperjuangkan RUU355 sebelum ini kerana mereka adalah pembangkang ketika itu Tetapi setelah menjadi kerajaan sekarang katanya peranan Pas adalah mengemukakan cadangan...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Tak Cukup Tangan Caprice Terkejut Terima Lebih 900 Aduan Baru

Benci Kesalahan Jangan Benci Orang Yang Salah Ig Ibu Lesap Aisyah Aziz Kongsi Quote Nasihat

Apa Yang Perlu Anda Tahu Tentang Penstrukturan Semula Kwsp 2024

Honor X7b Telefon Pintar 5g Kini Di Kedai Seluruh Negara Pada Rm899

Masdo Perih Jerih Chord