Bidara Manfaatnya Dari Ujung Daun Sampai Ujung Akar


Bidara (Ziziphus mauritiana), atau Bahasa Arabnya “sidr” adalah sejenis pohon buah yang dibicarakan dalam al-Qur’an dan hadits.
Dalam tradisi pengobatan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam (Tibbun Nabawi), ia salah satu yang biasa digunakan. Tulisan ini akan memerkenalkan profil singkat pohon daerah panas tersebut.
Ayat-ayat al-Qur’an yang menyebut bidara di antaranya surat Saba’:16 dan al-Waqiah: 28. Sedangkan dalam hadits, di antaranya:
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Asma’ radhiyallahu ‘anha bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam tentang cara mandi usai haid. Beliau menjelaskan,
“Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrah (daun bidara), kemudian bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian menuangkan air ke kepalanya lalu menggosok-gosoknya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya.” (HR. Muslim).
Tanaman bidara diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah. Ia berkembang biak secara alami maupun dengan campur tangan manusia hingga kemudian bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, termasuk Malaysia, Indonesia, bahkan Australia.
Sejumlah negara tercatat sebagai pembudidaya pohon ini dalam skala besar. Di antaranya adalah India dan China.
Di Indonesia pun kini sudah ada yang membudidayakannya, namun masih sangat sedikit. Menurut praktisi, pembenihan bidara tidaklah mudah. Kegagalan sering terjadi pada tahap menjadi lembaga.
Bentuk fisik tanaman bidara adalah berupa pohon berakar tunggang yang dapat tumbuh hingga setinggi 15 m.
Kulit kayunya berwarna cokelat kemerahan atau keabuan. Dan kayunya kemerahan, kuning kecokelatan, sampai cokelat gelap. Tekstur kayunya halus, bersifat keras dan tahan lama.
Karena itu, di sejumlah daerah kayu bidara dijadikan bahan kerajinan, perabot rumah tangga, konstruksi bangunan, mebel, peti pengemas, dan kayu lapis.
Orang Bali biasa menjadikannya gagang kapak, pisau, pahat, dan perkakas pertukangan dan pertanian lainnya.
Selain itu, ia termasuk berkualitas tinggi bila dijadikan kayu bakar dan arang. Di India, pohon bidara dijadikan media budidaya kutu lak (sejenis serangga).
Ranting-ranting yang sudah terbungkus kotoran kutu lak dipanen untuk diolah menjadi sirlak. Sirlak adalah salah satu komponen peracikan politur (pewarna kayu dalam kerajinan mebel).
Daun bidara berwarna hijau, termasuk daun tunggal dan terletak berseling. Bentuknya bundar telur menjorong atau jorong lonjong, 2–9 cm x 1.5–5 cm; bertepi rata atau sedikit menginggit; gundul dan mengkilap di sisi atas, dan rapat berambut kempa keputihan di sisi bawahnya; dengan tiga tulang daun utama yang tampak jelas membujur sejajar; bertangkai pendek 8–15 mm (Lihat: Wikipedia).
Daun ini bisa diambil manfaatnya oleh manusia. Yang muda bisa disayur dan yang tua untuk pakan ternak. Air rebusannya bermanfaat sebagai jamu.
Uniknya, jika diremas-remas di dalam air, daun bidara menghasilkan busa seperti sabun. Dan biasanya dipakai untuk memandikan orang yang sakit demam (sebagai terapi) dan untuk memandikan jenazah. Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,
“Mandikanlah ia (jenazah, pen.) tiga kali, lima kali, atau lebih, dengan air dan daun bidara, dan pada yang terakhir campurlah dengan kapur barus. Maka apabila selesai, beritahukanlah kepadaku.” (Hr. Bukhari dan Muslim).
Bunga bidara berbentuk payung dan tumbuh di ketiak daun, dengan panjang 1–2 cm. Warnanya kekuningan dan berbau agak harum.
Sedang buahnya berbentuk bulat hingga bulat telur, dengan ukuran hingga 6 cm × 4 cm. Kulit buahnya bermula hijau, kekuningan, lalu kemerahan, lalu kehitaman kala sudah masak. Daging buahnya putih, rasanya manis kala sudah masak.
Di dalam buah bidara terdapat biji berwarna krem beralur-alur tak teratur. Sebenarnya itu adalah tempurungnya.
Inti bijinya terdapat di dalamnya, dan biasanya berjumlah dua (ada juga yang hanya satu). Untuk pengembangbiakkan, agar cepat tumbuh, biji yang akan disemai sebaiknya dipecah dulu agar inti bijinya tampak.
Kandungan nutrisi buah ini cukup banyak. Di antaranya, Gula, Serat, Protein, Vit. B1, A, dan C, Lemak, Karoten, Kalsium, Besi, juga Fosfor.
Cara mengonsumsinya bermacam-macam. Bisa dimakan langsung, dijadikan minuman segar, dikeringkan, atau dijadikan manisan. Bila masih muda bisa dimakan dengan garam atau dirujak.
Pohon bidara memanglah kaya manfaat. Tak hanya daun, buah, dan kayunya. Kulit kayu dan akarnya pun bisa diambil manfaatnya.
Kulit kayunya biasa untuk obat gangguan pencernaan dan obat luka. Kulit akarnya memiliki khasiat lain lagi, setelah dicampur pulasari dan bawang putih, bisa dijadikan obat kencing nyeri dan berdarah.
Penasaran dengan khasiat-khasiat bidara yang lain? Insya Allah akan kami akan ketengahkan di edisi mendatang.
Wallahu a’lam.
Sumber: panjimas.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/bidara-manfaatnya-dari-ujung-daun-sampai-ujung-akar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Rahsia Daun Sireh Dan Cara Merawat Masalah Bau Badan

Rahsia Daun Sireh Dan Cara Merawat Masalah Bau Badan

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 415 hits
CARA MERAWAT MASALAH BAU BADAN CARA ATASI MASALAH BAU BADAN SABUN UNTUK HILANGKAN BAU BADAN RAHSIA DAUN SIREH Tahukah anda sireh mempunyai perlbagai rahsia yang menakjubkan kepada manusia Salah satunya ia bagus bagi merawat masalah bau bada...
Perghhh Seram Dapat Tambang Daun Kering Isteri Pemandu Grab Dedah Wanita Tu Pelik Sikit Sikit Gelak

Perghhh Seram Dapat Tambang Daun Kering Isteri Pemandu Grab Dedah Wanita Tu Pelik Sikit Sikit Gelak

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 597 hits
Seram Dapat tambang daun kering isteri pemandu Grab dedah Wanita tu pelik sikit sikit gelak PETALING JAYA Wang tunai bertukar jadi daun kering Itulah pengalaman yang dilalui seorang pemandu Grab apabila tambang RM8 yang dibayar seorang penu...
Istimewanya Jenazah Orang Gila Ringan Ibarat Daun Kering Biar Pun Gemuk Bila Diusung

Istimewanya Jenazah Orang Gila Ringan Ibarat Daun Kering Biar Pun Gemuk Bila Diusung

papar berkaitan - pada 9/11/2018 - jumlah : 702 hits
terimakasih sudi likeloading Istimewanya Jenazah Orang Gila Ringan Ibarat Daun Kering Biar Pun Gemuk Bila Diusung Hari ini rutin harian Haikal agak sibuk dari pagi hingga ke petang sudah lima jenazah dia uruskan untuk upacara pengebumian Ba...
Petua Kebah Demam Panas Anak Daun Bunga Raya

Petua Kebah Demam Panas Anak Daun Bunga Raya

papar berkaitan - pada 5/11/2018 - jumlah : 815 hits
Jadi mak mak ataupun bapak nie memang runsing bila anak anak demam kan Lagi pula kalau bawah 3 tahun Alahai Bahaya untuk anak anak Risau boleh sampai terkena sawan kalau suhu badan tinggi sangat Macam saya biasanya wajib guna daun bunga ray...
Beruang Macan Akar Hingga Kukang Dilepasliarkan Ke Alam Bebas

Beruang Macan Akar Hingga Kukang Dilepasliarkan Ke Alam Bebas

papar berkaitan - pada 8/11/2018 - jumlah : 207 hits
Tujuannya agar satwa dapat berkembang biak secara alami untuk menghindari kepunahan dan terjaganya ekosistem Pelepasan dilakukan bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional
Cara Mengecilkan Daun Pokok Sinai

Cara Mengecilkan Daun Pokok Sinai

papar berkaitan - pada 2/11/2018 - jumlah : 341 hits
Mula mula nampak semua daunnya sama iaitu kecil Lama kelamaan apabila tumbuh tunas yang baru daunnya mulai membesar sehinggah ada daunnya yang sebesar syiling 50 sen Apabila dipotong ranting baru tersebut daun yang tumbuh tetap membesar tid...
Siapa Sangka Daun Kari Boleh Ubati Diabetes Begini Caranya

Siapa Sangka Daun Kari Boleh Ubati Diabetes Begini Caranya

papar berkaitan - pada 12/11/2018 - jumlah : 517 hits
Siapa Sangka Daun Kari Boleh Ubati Diabetes Begini CaranyaKhasiat daun kari sebenarnya banyak dari sudut perubatan
Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Dapatkan Porsche Design Honor Magic6 Rsr Di Honor Experience Store Terpilih Pada 5 Mei

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Dr Zaliha Terus Kunci Mulut Berkaitan Titah Adendum Minta Rujuk Ulasan Pm

Help Shape Ai With Malaysian Values Says Anwar

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit



5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard


Pengalaman Kerja Sambil Belajar

Buah Ciku 10 Khasiat Pelbagai Jenis Penyakit

Terkejut Dr M Rakib Sampai Di Pelabuhan Udara Bandung

Cara Atasi Rambut Gugur Dengan Mudah

Medical Follow Up With Dato Dr Marina Di Kpj Seremban

Sarapan Di Kacang Pool Haji Larkin