Benarkah Suara Adzan Bisa Melemahkan Virus Corona



Sebuah video dengan judul ‘Percaya atau Tidak Suara Adzan Dapat Meminimalisir Virus Corona’ ramai dilihat netizen di media sosial. Video tersebut coba membuktikan virus mematikan yang sudah menewaskan 177.256 orang secara global itu bisa dikalahkan dengan suara adzan.



Akun Facebook yang membagikan video tersebut adalah Yanuhardgi. Terpantau Okezone, video dibagikan 8 hari yang lalu, tepatnya pada 14 April 2020. Sudah ada 11 ribu netizen yang melihat dan telah dibagikan ulang sebanyak 180 kali.
Yanuhardgi pun menuliskan keterangan dalam unggahan videonya tersebut.



“Percaya atau Tidak, Suara Adzan Dapat Meminimalisir Virus Corona
Penemuan ilmuwan di Eropa, virus COVID-19 akan melemah bila didengarkan suara adzan. Pembuktian engan teknologi. Allahu Akbar. Boleh percaya, boleh tidak,” tulisnya.

Lantas apa isi dari video tersebut?
Terdengar suara perempuan membacakan narasi yang cukup panjang. Ia coba menjelaskan informasi terkait suara adzan yang diyakini bisa meminimalisir virus corona. Berikut kalimatnya:
“Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu.
Di tengah semakin mewabaknya pandemi virus corona yang penyebarannya kian merata ke seluruh benua, baik benua Asia, Eropa, dan Amerika, kini ditemukan sebuah penelitian di Eropa bahwa suara adzan dapat meminimalisir penyebaran virus corona.
Diketahui bahwa virus corona, ketika diperdengarkan suara adzan, wujudnya semakin mengecil. Namun, ketika virus corona diperdengarkan suara-suara lainnya, seperti musik wujud virus tersebut terlihat di mikroskop semakin membesar.
Sehingga beberapa otoritas pemerintahan di beberapa negara Eropa mulai mengizinkan serta mengajak warga Mulsim yang tinggal di wilayah tersebut untuk mengumandangkan suara adzan di rumah mereka masing masing.

Seperti di Belgia, Spanyol, Perancis, Jerman, dan lain-lain. Sebelumnya otoritas negara Belgia pernah melarang semua warga untuk melakukan salat di masjid untuk memutus mata rantai virus corona. Namun kini mereka mengizinkan adzan berkumandang dalam upaya meningkatkan moral umat Islam serta guna menangkal virus corona.
Dan beberapa wilayah di Eropa mulai digalakkan umat Muslim mengumandangkan suara adzan dan setelah mereka mengumandangkan adzan, mereka mendapat tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi atau dukungan dari masyarakat atau warga Eropa di sekitar tersebut.”
Begitu bunyi narasi yang dibacakan seorang perempuan. Kemudian, video berlanjut ke rekaman pembuktian kalau virus corona benar-benar mengecil kadarnya ketika dikumandangkan adzan. Itu dilihat dari grafik yang tampil di layar komputer.
Belum berhenti di situ, video berdurasi 8 menit 24 detik itu pun kemudian memperlihatkan beberapa negara yang masjidnya kini telah mengumandangkan adzan.
CEK FAKTA!
Setelah video ini meluas, akun turnbackhoax.id pun langsung memberikan tanggapannya dan mengatakan kalau informasi yang disampaikan video tersebut sangat keliru dan menyesatkan.
“Beredar unggahan video melalui Facebook mengenai suara azan yang dapat melemah jika didengarkan suara azan. Dalam salah satu potongan video memperlihatkan grafik suara tidak muncul jika diputarkan suara azan yang menggambarkan bahwa virus Corona melemah.
Berdasarkan hasil penelusuran, video dalam unggahan tersebut pernah tayang di laman YouTube dengan judul “The Spiritual Healing Effects Of Adhaan (call to prayer)” diunggah oleh “Mehbooba – ” pada 11 Oktober 2016.

Video tersebut kemudian dibantah faktanya oleh artikel ilmfeed.com berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” pada 12 Oktober 2016.
Artikel tersebut mengatakan bahwa perbandingan grafik suara tersebut bukan efek dari suara azan, grafik tersebut tidak muncul karena tipe suara azan yang dimainkan adalah mono.
Berdasarkan penjelasan tersebut, informasi dalam unggahan video Facebook tidak benar. Oleh sebab itu unggahan video Facebook itu masuk dalam ‘Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan’,” isi laporan tersebut.
Sumber : okezone.com



The post Benarkah Suara Adzan Bisa Melemahkan Virus Corona? appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2020/04/24/benarkah-suara-adzan-bisa-melemahkan-virus-corona/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Wanita Ini Positif Virus Corona Padahal Diam Di Rumah 3 Minggu Kok Bisa

Wanita Ini Positif Virus Corona Padahal Diam Di Rumah 3 Minggu Kok Bisa

papar berkaitan - pada 15/4/2020 - jumlah : 197 hits
Salah satu cara paling ampuh untuk menghindari virus corona adalah menerapkan physical distancing dengan menghindari kerumunan dan diam di rumah saja Namun seorang wanita di Amerika Serikat tidak beruntung karena ia positif terinfeksi virus...
Fakta Terbaru Covid 19 Perokok Aktif Bisa Menularkan Virus Corona

Fakta Terbaru Covid 19 Perokok Aktif Bisa Menularkan Virus Corona

papar berkaitan - pada 14/4/2020 - jumlah : 245 hits
Senyumperawat com Ada sebuah fakta terbaru tentang Virus Corona yang berkaitan dengan perokok Hal ini The post appeared first on
Riset Gabungan Kematian Virus Corona Di Indonesia Bisa Capai 2 6 Juta Orang

Riset Gabungan Kematian Virus Corona Di Indonesia Bisa Capai 2 6 Juta Orang

papar berkaitan - pada 11/4/2020 - jumlah : 271 hits
Berbagai protokol pencegahan telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk memperlambat penyebaran virus corona Salah satunya dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa daerah yang terdampak SARS CoV 2 Sudah banyak pula ...
Meski Tak Keluar Rumah Faktanya Virus Corona Bisa Masuk Ke Rumah Melalui Benda Benda Ini Salah Satunya Cincin

Meski Tak Keluar Rumah Faktanya Virus Corona Bisa Masuk Ke Rumah Melalui Benda Benda Ini Salah Satunya Cincin

papar berkaitan - pada 18/4/2020 - jumlah : 314 hits
Sejak kemunculan wabah corona Sudah berapa hari Anda tidak keluar rumah Jawabnya mungkin ada yang sebulan seminggu atau baru beberapa hari Memang saat ini warga di Jakarta dan beberapa kota lainnya di seluruh Indonesia dan dunia diwajibkan ...
Studi Virus Corona Bisa Terbang Sampai 4 Meter

Studi Virus Corona Bisa Terbang Sampai 4 Meter

papar berkaitan - pada 12/4/2020 - jumlah : 235 hits
Sebuah studi baru yang memeriksa sampel udara dari bangsal rumah sakit dengan pasien Covid 19 menemukan bahwa virus ini bisa terbang sejauh 4 meter dua kali jarak aman yang direkomendasikan pertama kali alias jarak aman physical distancing ...
Kabar Gembira Suhu Udara Di Indonesia Bisa Matikan Virus Corona

Kabar Gembira Suhu Udara Di Indonesia Bisa Matikan Virus Corona

papar berkaitan - pada 24/4/2020 - jumlah : 164 hits
Berdasarkan hasil penelitian itu suhu udara sinar matahari dan tingkat kelembapan udara memengaruhi kecepatan kematian virus Covid 19 di udara dan di permukaan yang tidak berpori
Who Ingatkan Minum Alkohol Bisa Buat Orang Rentan Terinfeksi Virus Corona

Who Ingatkan Minum Alkohol Bisa Buat Orang Rentan Terinfeksi Virus Corona

papar berkaitan - pada 19/4/2020 - jumlah : 191 hits
Organisasi Kesehatan Dunia mengingatkan bahwa konsumsi minuman beralkohol tidak membunuh virus di dalam tubuh malah bisa membuat orang lebih rentan terhadap virus Corona COVID 19 Alasannya karena dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah...
Bukan Omong Kosong Ilmuwan Sebut Gelombang Kedua Virus Corona Bakal Lebih Berbahaya

Bukan Omong Kosong Ilmuwan Sebut Gelombang Kedua Virus Corona Bakal Lebih Berbahaya

papar berkaitan - pada 29/4/2020 - jumlah : 165 hits
Risiko gelombang kedua virus Corona Covid 19 bukan omong kosong Ilmuwan bahkan memprediksi gelombang kedua virus Corona akan lebih fatal dan berbahaya Direktur CDC Robert Redfield memperingatkan adanya kemungkinan terjadinya gelombang kedua...
Dari Penjara Siti Fadilah Bongkar Permainan Para Elit Dan Mafia Internasional Dibalik Virus Corona

Dari Penjara Siti Fadilah Bongkar Permainan Para Elit Dan Mafia Internasional Dibalik Virus Corona

papar berkaitan - pada 30/4/2020 - jumlah : 242 hits
Menteri Kesehatan Indonesia Siti Fadilah Supari membuat Indonesia jadi sorotan internasional setelah menggalang dukungan negara negara lain untuk menggugat Organisasi Kesehatan Dunia terkait penanganan wabah flu burung H5N1 pada 2005 Siti m...
Lirik Lagu Takyah Sonaone

Cabinet To Address Najib S House Arrest Bid With Transparency Urges Zaid

Unlocking Insights Leveraging The Indonesia Brand Database For Brand Research

Huggies Malaysia Meraikan Ibu Dan Memperkenalkan Lampin Bayi Baharu Mereka Dengan Fun Run

Zaid Urges Cabinet Transparency On Najib House Arrest Bid

Mengenal 11 Istri Nabi Muhammad Sesuai Urutan Pernikahan

Celebrating Mother S Day With Legumes Dining With The Queens

Lirik Lagu Dari Jauh Alyph



Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya

Biodata Zubir Khan Penyanyi Lagu Yennode Macha Macha Macha Pemuda Bertangan Kudung Yang Menginspirasikan

Info Penuh Senarai Peserta Juri Hadiah Cara Undi The Hardest Singing Show Astro Ria Sooka Program Realiti Mingguan Terbaru Malaysia

Info Dan Sinopsis Filem Shaitaan 2024 Remake Filem Vash Kini Di Netflix


Piala Dunia Sepak Takraw 2024 Jadual Perlawanan Negara Terlibat Senarai Pemain Malaysia

Jemson Mekar Chord

Resepi Sotong Dan Fishcake Goreng Pedas

Doa Rasulullah Setiap Pagi

Pandangan Pertama Filem Aksi Komedi Back In Action Lakonan Jamie Foxx Cameron Diaz

36 Hours On Minorca