Beberapa Temuan Tentang Orang Nusantara Masuk Islam Sejak Masa Khalifah Umar


Sekitar dua Minggu lalu, saat sedang membuka Tarikh Thabari di bab yang menjelaskan efek Perang Jamal di Madinah saya menemukan keterangan begini:
“Di antara kejadian di masjid itu adalah: Muhammad bin Thalhah—ia ahli ibadah—kebetulan hendak salat di dekat tempat Utsman bin Hunaif berdiri. Sebagian orang Zuthth dan Sayabijah khawatir Muhammad bin Thalhah datang untuk maksud lain..dst”
Zuthth adalah “gipsi”-nya India. Maka perhatian saya tertuju kepada kata “Sayabijah”. Biasanya, kata-kata aneh begini menyimpan misteri (sama seperti saya pernah membaca ttg kelompok pedagang dari Suku Bahro’ bertamu ke Nabi saw, barangkali lain waktu saja Bahro’ ini saya ulas). Apalagi kata Sayabijah ini belum pernah saya temui di kitab tarikh sebelumnya.
Melacak Asal-sul Kata Sayabijah
Dalam Lisanul Arab, Ibn Manzhur berkata bahwa kata Sayabijah juga terkadang disebut dengan Sababijah (As-Sababijah). Kedua kata ini adalah bentuk plural dari kata Sabiji (sabiijii) dan kata Sabaj (as-sabaaj).
Menurut penjelasan Ibn Manzhur, beberapa penyair Arab kuno sudah mengenal orang Sababija ini. Bahkan penyair Ibn Mufarragh dari Kabilah Himyar dalam syairnya menyebut Sababija sebagai jagoan.
Ibn Duraid menyebut bahwa Sababija ini berasal dari Hind dan bekerja sebagai buruh kapal. Lebih lanjut, Al-Baladzuri menjelaskan bahwa Sababijah dulu tinggal di pesisir Arab dan Persia sejak sebelum Islam.
Pertanyaannya: dari manakah sebenarnya Kaum Sababijah ini?
Ketika membaca ulasan Ibn Manzhur bahwa bentuk tunggal dari Sababijah adalah Sabaj, saya langsung menduga bahwa Sababijah ini adalah orang yang dua abad berikutnya dikenal oleh orang Arab sebagai Zabaj.
Zabaj sendiri adalah sebutan orang Arab untuk Jawa atau setidaknya pesisir timur Sumatra. Jadi Sabaj adalah satu dialek yang mendahului penyebutan Zabaj.
Dugaan saya ternyata terbukti. Sejarawan tetntang Asia Tenggara terkemuka, Gabriel Ferrand, menulis dalam Encyclopaedia of Islam vol.4, bahwa Sababija/Sabaj adalah nama awal bagi Zabaj (baca: Zabag dan Sabag).
Jadi Sababija ini adalah orang Nusantara yang sudah bermigrasi ke Timur Dekat (Arab dan sekitarnya).
Zabaj sendiri menurut Prof. Gerini dalam Research of Ptolemy’s Geography berasal dari bahasa Sanskrit untuk pulau Jawa: Chavakha > Javaka > Jabaj > Zabaj.
Huruf K dalam Javaka berubah menjadi huruf J dalam Zabaj karena sama seperti kata ”jati” yg dalam bahasa Sanskrit disebut shaka dan menjadi saj dalam Bahasa Arab.
Fakta bahwa Zabaj ini adalah Nusantara bisa kita lihat, misalnya, dalam kitab Masalik wal Mamalik (Jalur dan Kerajaan) karya Ibn Khurdadzbih ketika menjelaskan kepulauan yang terletak setelah Serandib (Ceylon) yg menengahi India dan Cina:
“Di sini ada daerah Zabaj yang dikuasai oleh Maharaja (al-mihraaj). Di kerajaan ini juga ada pulau yang disebut Burthail yang sepanjang malam selalu terdengar suara gendang. Para pelaut menduga ada Dajjal di situ.”
Gerini berpendapat bahwa Pulau Burthail yang ramai dengan suara berisik di dekat Zabaj adalah daerah Riau.
Riau, ujar Gerini, berasal dari kata riuh yang berarti ramai atau berisik. Deskripsi Riau ini sangat sesuai dengan keterangan Ibn Khurdadzbih tentang Burthail.
Idrisi menambahkan bahwa Zabaj (Ranaj) ini dekat dengan sebuah gunung. Gunung ini dalam buku lain disebut terletak di Salahat dan dekat dengan Pulau Jabah.
Kata Salahat ini diidentifikasi oleh para ahli sebagai selat, mungkin Selat Sumatera dan gunung itu barangkali Gunung Krakatau.
Tentang Sababija, Baladzuri menjelaskan begini dalam Futuhul Buldan (Pembebasan Daerah-daerah):
“Kaum Sababijah, Zuthth, dan Andagar ini dulu termasuk tawanan dan pasukan Persia. Orang Persia menganggap mereka berasal dari Sind. Ketika mereka mendengar Kaum Oswari masuk Islam, Sababija dan Zuthth mengikuti jejak Oswari dan mendatangi Abu Musa. Oleh Abu Musa mereka ditempatkan di Basrah.”
Kejadian ini kira-kira terjadi di zaman Sayyidina Umar Ra. Di Basrah mereka bekerja sebagai penjaga gerbang (jalawiza) dan sipir penjara.
Sekitar tahun 50 Hijriyah, masih menurut Baladzuri, oleh Khalifah Muawiyah beberapa orang Zuthth dan Sababijah ini kemudian dipindah ke Antakya, Turki.
Maka Sababijah dalam kitab-kitab tarikh yang disebut telah masuk Islam sejak zaman Umar dan menjadi penjaga Baitul Mal di masa Khalifah Ali ini adalah orang Nusantara.
Ferrand mengatakan bahwa fakta ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat penduduk Nusantara adalah buruh kapal yang tangguh di masa itu. Bahkan beberapa di antaranya sudah mengkoloni Madagaskar sebagaimana ditulis oleh Qazwini.
Sababijah yang juga difungsikan sebagai pengusir bajak laut di masa itu mengingatkan saya pada sumber China yang menyebut adanya Kun-lun Slave atau Devil Slave, sebagaimana termaktub dalam anotasi Prof. Hirth di bukunya, Chau Ju-Kua: His Work on The Chinese and Arab Trade.
Kun-lun adalah sebutan orang China untuk wilayah kepulauan Melayu. Kun-lun Slave ini dideskripsikan sebagai budak kulit hitam yang “jika berenang mereka membuka mata.”
Mirip dengan Sababijah di Basrah, Kun-lun Slave atau budak dari kepulauan Melayu di Cina selain ditugaskan di laut juga ditugaskan sebagai penjaga gerbang.
Sejarawan menyebut budak Kun-lun ini berasal dari Borneo. Ini semakin mengingatkan kita tentang orang Kalimantan yang ada di Madagaskar.
Baladzuri sendiri menjelaskan bahwa tempat tinggal Sababijah saat itu di Thuf yang di masa kini dikenal sebagai Bahrain dan Oman.
Memang kedua daerah ini di zaman dulu terkenal dengan intensitas perdagangannya yang tinggi. Abul Faraj Ibn Jakfar dalam bukunya menyebutkan bahwa Sababija sudah ditemui di Iran sejak sebelum Islam.
“Setelah Anusyirwan bin Qabadz (Raja Kekaisaran Persia) memakmurkan tiga kota besar,” tulis Ibn Jakfar. “Ia menempatkan orang Sababija untuk menjaganya.”
Maka bisa disimpulkan bahwa sebagian orang Nusantara telah masuk Islam sejak zaman khulafa’ rasyidun di tangan Sahabat Abu Musa Al-Asy’ari.
Wallahu a’lam.
Sumber: bincangsyariah.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/beberapa-temuan-tentang-orang-nusantara-masuk-islam-sejak-masa-khalifah-umar/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Subhanallah Selepas 30 Tahun Kaji Tentang Agama Akhirnya Sami Masuk Islam

Subhanallah Selepas 30 Tahun Kaji Tentang Agama Akhirnya Sami Masuk Islam

papar berkaitan - pada 13/3/2019 - jumlah : 493 hits
Kebenaran Islam yang ternyata berbeza dibandingkan dengan agama lain telah memikat hati seorang sami yang berasal dari Johor untuk memeluk agama tersebut Penaung Persatuan Cina Islam Malaysia Melaka Tan Sri Rahim Tamby Chik berkata sami ber...
Masa Tu Saya Masih Jahiil Rasa Malu Pernah Hina Nabi Penerbit Filem Fitna Bersyukur Diberi Hidayah Akhirnya Peluk Islam

Masa Tu Saya Masih Jahiil Rasa Malu Pernah Hina Nabi Penerbit Filem Fitna Bersyukur Diberi Hidayah Akhirnya Peluk Islam

papar berkaitan - pada 8/3/2019 - jumlah : 305 hits
Nabi Muhammad SAW pernah berpesan sesiapa yang memeluk agama Islam dosanya yang lalu akan diampunkan ibarat bayi yang baru lahir Masa Tu Saya Masih Jahiil Rasa Malu Pernah Hina Nabi Penerbit Filem Fitna Bersyukur Diberi Hidayah Akhirnya Pel...
Kisah Wanita Australia Masuk Islam Dan Dinikahi Pria Aceh Kisahnya Berawal Dari Ini

Kisah Wanita Australia Masuk Islam Dan Dinikahi Pria Aceh Kisahnya Berawal Dari Ini

papar berkaitan - pada 27/3/2019 - jumlah : 322 hits
Wynni Jones seorang mualaf asal Australia diundang menjadi salah satu pembicara di acara peringatan bagi korban serangan teror ke masjid di Christchurch Selandia Baru yang digelar oleh warga Castlemaine sebuah kota kecil di pedalaman negara...
Tinggalkan Anak Atas Motor Ayah Masuk Kedai Apa Apa Boleh Berlaku Dalam Beberapa Minit

Tinggalkan Anak Atas Motor Ayah Masuk Kedai Apa Apa Boleh Berlaku Dalam Beberapa Minit

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 506 hits
Ramai ibu bapa ambil risiko dengan tinggalkan sekejap anak anak dalam kereta atau motosikal dengan niat tak mahu rasa susah kerana nak membeli barang Bukan itu sahaja ada juga yang membiarkan anak ketika di stesen minyak dengan enjin masih ...
Video Allahu Akbar Ini Hikmahnya Ramai Banjiri Masjid Kerana Ingin Tahu Tentang Islam Setelah Peristiwa Bersejarah

Video Allahu Akbar Ini Hikmahnya Ramai Banjiri Masjid Kerana Ingin Tahu Tentang Islam Setelah Peristiwa Bersejarah

papar berkaitan - pada 19/3/2019 - jumlah : 214 hits
Subahanallah Allah sebaik baik Perancang Tiada ada sesuatupun yang berlaku hatta kaki yang tertusuk duri sekalipun mempunyai hikmah tersendiri seperti yang disebut dalam sebuah hadis Nabi Tidaklah dari seorang Muslim yang tertvsuk duri hing...
Berstoking Masa Pantang Bukan Sebab Angin Masuk Pakai Ted Stoking Banyakkan Bergerak Elak Darah Beku

Berstoking Masa Pantang Bukan Sebab Angin Masuk Pakai Ted Stoking Banyakkan Bergerak Elak Darah Beku

papar berkaitan - pada 26/3/2019 - jumlah : 281 hits
Pemakaian stoking oleh ibu ketika berpantang adalah amalan yang baik tapi tidaklah wajib Pastikan anda memilih stoking yang sesuai supaya ia tidak mengganggu pengaliran darah Perkongsian daripada jururawat Puan mengenai amalan memakai stoki...
Kalau Masuk Islam Dosanya Jadi Nol Ustadz Abdul Somad

Kalau Masuk Islam Dosanya Jadi Nol Ustadz Abdul Somad

papar berkaitan - pada 12/3/2019 - jumlah : 231 hits
Video kajian Islam kali ini membahas tentang seorang yang hendak masuk Islam Tak sedikit muallaf yang mendapatkan ujian amat berat Begitulah nikmatnya hidayah Allah memberikan ia ujian berat untuk menguji seberapa besar kemauannya untuk hij...
Penat Ni Lah Saya Cari Selama Ni Momen Yang Saya Idamkan Sejak Dulu Achey Tak Kisah Korban Masa Demi Tiara

Penat Ni Lah Saya Cari Selama Ni Momen Yang Saya Idamkan Sejak Dulu Achey Tak Kisah Korban Masa Demi Tiara

papar berkaitan - pada 24/3/2019 - jumlah : 394 hits
Sering memuat naik aktiviti dan momen indah bersama Tiara Achey dan isterinya Nurul Hasanah Yahaya atau Anne nampak cukup gembira Apa lagi bila melihat Tiara sudah semakin membesar Dan inilah juga detik terindah yang sedang di lalui mereka ...
Igp Chief Editor Of English Portal To Be Questioned Over Forest City Casino Claim

8 Tip Tingkatkan Sales Homestay Anda

Cara Memasarkan Homestay Anda

Dapatkan Porsche Design Honor Magic6 Rsr Di Honor Experience Store Terpilih Pada 5 Mei

Overcoming Funding Challenges

Samsung Knox Empowering Consumer Security In The Galaxy A55 5g

Moisturizer Terbaik 2024 Tekstur Water Based 9 Kebaikan Yang Sesuai Untuk Semua Jenis Kulit

Dr Zaliha Terus Kunci Mulut Berkaitan Titah Adendum Minta Rujuk Ulasan Pm



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan


Nasi Briyani Kukus Padu Sedap Uii Percuma Ayam Briyani Untuk Ibu Mengandung Patutla Ramai Beratur Beli

Experience The Bee Heat Ac Difference Experience Superior Comfort

Dua Lelaki Warga Asing Empat Lari 70 Meter Sahaja

Bekas Pemain Import Liga M Antara Ditahan Dalam Op Kutip

Huawei Pura 70 Series

Operator Tidak Berlesen Lupus Sisa Secara Haram Swcorp Negeri Sembilan