Beberapa Kue Tradisional Orang Bugis


Beppa Ogi - Kuih Tradisional Orang Bugis Baje canggoreng, kue tradisonal ini bahan utamanya dari kacang tanah dan gula merah, rasanya gurih dan manis. Panganan ini dapat bertahan sampai 1 (satu) bulan dalam kemasan.

Kue ini merupakan makanan tradisional yang dikenal dengan nama Barongko yang bahan utamanya dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan kue lainnya. Uniknya kue ini dibungkus dengan daun pisang yang memiliki bentuk tersendiri. Kue ini menjadi kue favorit di acara-acara pernikahan Masyarakat Bugis-Makassar khususnya di Kota Parepare.
Kue ini merupakan makanan tradisional yang memilki rasa manis yang khas dimana rasa golla cella (gula merah; baca : Indonesia) mendominasi kue ini. Kue ini dikenal dengan nama Beppa golla cella karena dominasi bahan adonanya adalah golla cella (gula merah; baca : Indonesia) dan dalam pembuatannya memilki cetakan khusus.

Kue ini merupakan makanan tradisional yang memiliki rasa khas, manis dan renyah. Untuk acara pernikahan masyarakat Bugis kue ini menjadi syarat yang mesti ada. Kue tradisional ini dikenal dengan sebutan beppa pute yang bahan utamanya terbuat dari putih telur. 
Kue tradisional yang satu ini dikenal dengan nama cucuru tekne yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan gula merah. Keu ini memilki khas rasa manis gula merah, renyah dan enak. Bentuknya yang khas lonjong dan sedikit mengkerucut diujungnya menjadikanya lebih unik.

Didara Belanda, kue tradisonal ini bahan utamanya tepung terigu dan telur yang memilki warna khas oranye dan kuning. Panganan kue ini memiliki rasa yang manis. Belum ada sumber sjarah yang jelas mengapa kue ini dinamakan didara belanda ,mungkin karena warnanya yang oranye yang merupakan warna kesukaan orang Belanda sehingga dinamakan didara belanda.

Katirisala, kue tradisonal ini bahan utamanya beras ketan hitam, gula merah dan telur yang memilki rasa enak, manis dan khas. Dalam pembuatannya kue ini biasanya memilki cetakan khusus berbentuk bundar , kue yang satu ini terdiri dari dua lapisan dimana lapisan bawahnya terbuat dari beras ketan dan lapisan atasnya terbuat dari campuran gula merah dan telur. Katirisala menjadi salah satu jamuan bosara (baca : bugis) yakni hidangan kue yang biasanya selalu ada dalam acara pernikahan atau acara-acara masyarakat Bugis Makassar.

Nennu-nennu, kue tradisonal ini bahan utamanya dari tepung beras ketan dan gula merah yang memilki rasa manis dan renyah. Bentuknya yang unik kayak tumpukan serabut-serabut halus dengan beratnya yang sangat ringan membuat penasaran untuk mencicipinya. Kue ini dapat bertahan selama sebulan.

Onde-onde jawa, kue tradisonal ini bahan utamanya dari tepung beras ketan yang memliki isi tengah kacang hijau. Kue gorengan ini memilki rasa yang enak dan penampilan unik dengan taburan wijen yang memenuhi permukaan kue ini.
Putu, makanan tradisonal ini bahan utamanya dari tepung beras yang dikukus dalam wadah khusus, rasanya sangat nikmat jika disajikan hangat-hangat dengan sambal khas dari ampas minyak goreng. Makanan ini hanya didapatkan pada subuh hari untuk sarapan pagi yang nikmat. Ada beberapa tempat di Kota Parepare yang setiap paginya menjual makanan ini antara lain : Jalan Baso Dg. Patompo, Jalan Lasinrang. 

Putu Pesse, kue tradisonal ini bahan utamanya dari tepung beras ketan dan gula pasir yang memilki rasa manis dan renyah.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.casmair.com/2012/07/kue-tradisional-orang-bugis.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+Liga_sport+(Liga_Sport)

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Petua Menghilangkan Batuk Dan Selsema Cara Tradisional

Petua Menghilangkan Batuk Dan Selsema Cara Tradisional

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 132 hits
Bismillah dan Assalammualaikum Lama sungguh rasanya tak menyusun kata menyusun bicara kat sini rinduuuuu sangat sangat nak berkarya walaupun karya saya tak diiktiraf sangat pun hehehe tetapi puas rasanya dapat menggodek godek keyboardoleh k...
Petua Menghilangkan Batuk Dan Selsema Cara Tradisional

Petua Menghilangkan Batuk Dan Selsema Cara Tradisional

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 160 hits
Bismillah dan Assalammualaikum Lama sungguh rasanya tak menyusun kata menyusun bicara kat sini rinduuuuu sangat sangat nak berkarya walaupun karya saya tak diiktiraf sangat pun hehehe tetapi puas rasanya dapat menggodek godek keyboardoleh k...
Petua Tradisional Melunakkan Suara

Petua Tradisional Melunakkan Suara

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 144 hits
Petua tradisional melunakkan suara ini sering diamalkan oleh penyanyi lagu lagu tradisional lama Walau pun ianya petua lama namun ianya masih sesuai untuk diamalkan pada masa kini Petua Tradisional Melunakkan Suara Gambar kredit singwise co...
Penawar Asma Secara Tradisional

Penawar Asma Secara Tradisional

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 87 hits
Penyakit asma antara penyakit yang kita tidak mahu dijangkiti Lebih teruk jika ia dihidapi oleh bayi atau kanak kanak Kebiasaannya doktor akan berikan kita alat bantuan seperti inhaler untuk info for everyone info menarik dan pelik serta be...
Resep Cara Membuat Kue Talam Ebi Enak Gurih Dan Sederhana Oleh Dapoersikoko

Resep Cara Membuat Kue Talam Ebi Enak Gurih Dan Sederhana Oleh Dapoersikoko

papar berkaitan - pada 12/11/2021 - jumlah : 145 hits
Resep Cara Membuat Kue Talam Ebi Enak Gurih dan Sederhana Kue Talam ebi ini sedikit berbeda dengan kue talam pada umumnya meskipun sebenarnya bahan dasarnya sama Yang membedakan adalah pada penambahan ebi sebagai hiasan kue talam Kue talam ...
Koleksi Pantun Budi Pantun Tradisional

Koleksi Pantun Budi Pantun Tradisional

papar berkaitan - pada 11/11/2021 - jumlah : 120 hits
KOLEKSI PANTUN BUDI PANTUN TRADISIONAL Assalamualaikum dan salam sejahtera buat anda semua kerana sudi datang ke blog saya di sini saya ingin kongsikan satu informasi yang sangat menarik untuk dikongsikan dengan anda semua informasi tersebu...
Seni Tari Tradisional Bali

Seni Tari Tradisional Bali

papar berkaitan - pada 10/11/2021 - jumlah : 249 hits
Siapa yang tidak kenal Bali atau sering disebut pulau wisata Bali Daerah ini memilki berbagai nilai keindaha atau wisata hamper seluruh wilayah di Bali memilki tempat sebagai objek wisata bali banya orang menyebutnya sebagai surganya para p...
6 Penambang Emas Tradisional Di Kotawaringin Timur Tewas Tertimbun Longsor

6 Penambang Emas Tradisional Di Kotawaringin Timur Tewas Tertimbun Longsor

papar berkaitan - pada 29/10/2021 - jumlah : 238 hits
Longsor terjadi di pertambangan emas tradisional yang ada di Desa Tumbang Torung Kecamatan Bukit Santuai Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Kamis Enam penambang meninggal dunia dalam peristiwa itu
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Airasia Santan Menu Baru Harga

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Puaka Cuti Semester

Apa Itu Kwsp Akaun 3

Sakit Tekak Yang Amat Sangat

Drama Mihrab Cinta Zulaikha Lakonan Elisya Sandha Azrel Ismail

Syafiq Kyle Transisi Dari Ustaz Adam Ke Meth Killer

Lirik Lagu Satu Selamanya Twins