Bayi Usia 11 Hari Di Sampang Madura Meninggal Usai Disuntik Vaksin


Nur Aqifah, seorang bayi berusia 11 hari asal Dusun Klobur, Desa Sawah Tengah, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diduga meninggal dunia usai diimunisasi vaksin BCG atau Bacillus Calmette Guerin, Selasa (11/2/2020) kemarin.
Putri pertama pasangan Zainal Arifin (31) dan Novita Sari (21) itu menghembuskan nafas terakhir empat jam setelah disuntik vaksin. Pasca menjalani imunisasi, Nur Aqifah mengalami demam tinggi dan sempat kejang.
Menurut keterangan keluarga, kondisi korban terus mengalami penurunan usai imunisasi pada Selasa pagi pukul 10.00 WIB.
Zainal Arifin, orangtua korban mengatakan, putri pertamanya tersebut dalam kondisi sehat sebelum melakukan imunisasi BCG di Polindes Desa Sawah Tengah.
Namun, sore hari tepat pukul 16.00 WIB, takdir berbicara lain. Nur Aqifah dinyatakan meninggal dunia saat dibawa berobat untuk mendapatkan pertolongan medis ke Polindes, tempat ia diimunisasi.
“Awalnya tidak sakit dan kondisinya sehat bugar sebelum divaksin, selang disuntik kondisi tubuh anak saya mulai berubah, tubuhnya panas diare dan menangis terus sempat kayak molet-molet semacam kejang, dibawalah ke Ibu Bidan Maya tadi, pas sampai disana bilang sudah meninggal,” ujarnya ditemui di rumah duka di Dusun Klobur, Desa Sawah Tengah, Rabu (12/2/2020) siang.
Hosiyeh (37), nenek korban mengaku kehilangan atas meninggalnya cucu pertamanya itu. Sebab, tak disangka, korban dalam kondisi sehat sebelum vaksin BCG dilakukan.
Tak hanya itu, dirinya sempat disalahkan oleh bidan desa yang mengimunisasi karena dibilang terlambat membawa korban ke Polindes.
“Iya bilangnya bidan kenapa kok terlambat, padahal selang waktu 3,5 jam atau sekitar 4 jam pasca imunisasi, saya ngomong kalau tadi masih tidur siang cuman sebentar, tapi waktu tidur itu agaknya terganggu karena selalu kaget-kaget,” kata Hosiyeh.
Keluarga korban juga menceritakan kondisi bayi saat meninggal dunia. Bayi yang lahir cesar pada 31 Januari 2020 itu ada kelainan fisik pasca imunisasi. Terdapat wajah membiru dibagian pipi dan hidung bayi diduga akibat vaksin.
“Memang ada bekas biru kayak lebam itu, tahu kalau ada kelainan saat hendak dimakamkan,” ucap Zainal Arifin.
Sementara saat dikonfirmasi Mariyatul Kiptiyah yang disebut bidan Maya di Polindes Desa Sawah Tengah, enggan memberikan keterangan kepada wartawan terkait kematian bayi diduga akibat imunisasi. Ia mempersilahkan media mengkonfirmasi ke Dinas Kesehatan Sampang.
“Mohon maaf bukannya saya…. memang seharusnya seperti itu jadi sampean silahkan langsung ke Dinkes Sampang,” singkat Bidan Maya ditemui di Polindes.
Menyikapi hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, menegaskan bahwa tidak ada hubungannya antara kematian bayi tersebut dengan vaksin yang dilakukan petugas medis.
“Sampai saat ini berdasarkan teori dan penelitian tidak pernah ada imunisasi menyebabkan kematian, kemungkinannya kematian bayi karena tersendak dan sebagainya karena bayi itu berusia 15 hari kan,” ungkap Agus.
Sayangnya keterangan yang disampaikan Agus bertolak belakang dengan keterangan pihak keluarga. Terutama mengenai durasi waktu pasca menjalani imunisasi bayi.
“Hanya kebetulan saja kematiannya pasca imunisasi, tapi agak jauh juga sih (waktunya-Red) imunisasinya pagi dan sore meninggal, informasi dari petugas bayi meninggal jam 3 sore setelah jam 9 datang ke Posyandu disuntik vaksin,” tuturnya.
Agus tak ingin dikaitkan kondisi bayi mengalami penurunan usai imunisasi. Dirinya juga mengaku sudah melakukan pemeriksaan dan klarifikasi atas kejadian tersebut.
“Tidak ada itu bukan panas tapi memang nangis terus, kurang tau sama keluarga dikasih apa, lebih jelasnya silahkan konfirmasi ke Kepala Puskesmas Robatal,” terangnya.
“Hasil pengamatan Dinkes tidak ditemukan ini kesalahan bidan desa, dan semua sudah damai kok, rencananya mau diotopsi tapi pihak keluarga damai,” pungkasnya.
Sumber: mediamadura.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/bayi-usia-11-hari-di-sampang-madura-meninggal-usai-disuntik-vaksin/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Baru Hari Pertama Dihantar Ke Rumah Pengasuh Bayi Kebiruan Meninggal Dunia

Baru Hari Pertama Dihantar Ke Rumah Pengasuh Bayi Kebiruan Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 5/2/2020 - jumlah : 622 hits
The ReporterSeorang ibu tidak menyangka hari pertama menghantar anaknya yang berusia setahun ke rumah pengasuh juga adalah merupakan hari terakhir dia melihat anaknya Safiah 29 ibu kepada Muhammad Aydan Firas Muhammad Faris Azim berkata ana...
Suami Meninggal Dalam Tidur Sampai Hari Ini Bcl Masih Belum Boleh Lelapkan Mata

Suami Meninggal Dalam Tidur Sampai Hari Ini Bcl Masih Belum Boleh Lelapkan Mata

papar berkaitan - pada 20/2/2020 - jumlah : 313 hits
Pemergian suami tercinta Ashraf Sinclair secara mengejut sehingga kini masih lagi memberi kesan yang cukup mendalam di hati Bunga Citra Lestari Menurut penyanyi Afgan yang juga merupakan kenalan baik BCL dan Ashraf memberitahu kepada media ...
Kebiasaan Bermain Ponsel Sejak Usia Dini Bisa Buat Anak Kurang Gerak Di Esok Hari

Kebiasaan Bermain Ponsel Sejak Usia Dini Bisa Buat Anak Kurang Gerak Di Esok Hari

papar berkaitan - pada 4/2/2020 - jumlah : 222 hits
Berdasar hasil penelitian para anak tersebut bakal bergerak 40 menit lebih sedikit setiap hari ketika mereka mulai masuk SD Hal ini ketika dibandingkan dengan anak anak yang tidak terlalu banyak menatap ponsel pada usia lebih muda
Video Bcl Dan Ariel Noah Jadi Sorotan Usai Ashraf Meninggal

Video Bcl Dan Ariel Noah Jadi Sorotan Usai Ashraf Meninggal

papar berkaitan - pada 20/2/2020 - jumlah : 371 hits
Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun pada Selasa 18 Februari 2020 akibat serangan jantung Sekitar pukul 4 50 subuh dokter menyatakan suami BCL telah tiada setelah dilarikan ke RS MMC Jenazah telah dimakamkan di San Diego Hills K...
Rasa Janggal Enam Hari Sebelum Abam Meninggal Dunia Fad Bocey

Rasa Janggal Enam Hari Sebelum Abam Meninggal Dunia Fad Bocey

papar berkaitan - pada 14/2/2020 - jumlah : 686 hits
ARWAH merancang nak tambah seorang lagi anak kata anggota kumpulan Bocey Fad menceritakan perbualan terakhirnya dengan Allahyarham Abam sebelum dia meninggal dunia Isnin lalu Fad 29 atau nama sebenarnya Muhammad Fadzlie Mohd Nizam berkata p...
Doakan Baby Hawa Bayi Yatt Hamzah Berusia 50 Hari Terlepas Jatuh Ke Lantai

Doakan Baby Hawa Bayi Yatt Hamzah Berusia 50 Hari Terlepas Jatuh Ke Lantai

papar berkaitan - pada 21/2/2020 - jumlah : 293 hits
Pelakon Yatt Hamzah berdepan detik cemas selepas bayinya yang baru berusia 50 hari terlepas jatuh ke lantai selepas terlepas daripada dukungan kakaknya Yatt berkata Suci Hawa Zulaikha yang juga anak keempat itu dalam keadaan stabil selepas ...
Doktor Rawat Pesakit Koronavirus 10 Hari Tanpa Henti Meninggal Dunia

Doktor Rawat Pesakit Koronavirus 10 Hari Tanpa Henti Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 6/2/2020 - jumlah : 510 hits
SEORANG doktor meninggal dunia akibat serangan jantung mengejut selepas merawat pesakit dijangkiti koronavirus selama 10 hari berturut turut Dr Song Yingjie 27 merupakan ketua paramedik di sebuah klinik di wilayah Hunan yang terletak di sem...
Usia Kehamilan Injak 8 Bulan Yuanita Christiani Bicara Jenis Kelamin Sang Calon Bayi

Usia Kehamilan Injak 8 Bulan Yuanita Christiani Bicara Jenis Kelamin Sang Calon Bayi

papar berkaitan - pada 2/2/2020 - jumlah : 241 hits
Soal jenis kelamin sang anak Yuanita Christiani belum mengungkap ke publik Baik laki laki ataupun perempuan bagi Yuanita sama saja
Tinggalkan Isteri Bayi 8 Bulan Pelawak Abam Bocey Meninggal Dunia

Tinggalkan Isteri Bayi 8 Bulan Pelawak Abam Bocey Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 10/2/2020 - jumlah : 836 hits
Pelawak popular Abam yang juga anggota kumpulan Bocey meninggal dunia di kediamannya di Gombak pada pagi ini Berita mengejutkan tersebut dimaklumkan kepada Gempak oleh Ali iaitu adik kepada Abam Isteri Abam hubungi saya dan beritahu abang s...
Pesanan Buat Sang Suami

Hari Pekerja 2024 Sejarah Tema Sambutan

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Kisah Bekas Pekerja Kfc Dan Boikot

Parents More Involved In Autistic Children S Learning Post Pandemic

Pks Sebut Nama Wali Kota Depok Mohammad Idris Masuk Kandidat Pilkada Jabar

Masih Beraya

Drama Khilaf Yang Tertulis



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Kopi Surat Cinta Kota Damansara

8 Aneka Resepi Kuih Tradisional Berasaskan Pisang

Beyond Pregnancy And Weight Loss Maryland Breast Augmentation Solutions

Anwar Mahu Saman Individu Sebar Fitnah Isu Kasino

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Lawatan Ke Arab Saudi Buka Peluang Syarikat Malaysia Sertai Projek Mega