Bahasa Padang


Bahasa Padang, penyebutan yang benarnya adalah bahasa Minang atau bahasa Minangkabau. Bahasa Minang adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang menjadi bahasa ibu masyarakat Sumatera Barat hingga masyarakat di pinggiran provinsi Riau, Jambi dan Bengkulu serta digunakan di Negeri Sembilan, Malaysia. Bahasa Minang adalah salah satu bahasa dari rumpun bahasa Melayu. Selain digunakan oleh penduduk lokal Sumatera Barat, bahasa Minang juga digunakan oleh perantau asal berdarah Minang di manapun ia berada.

Wilayah Pemakaian Bahasa MinangJika ditinjau dari segi historis, bahasa Minang digunakan di seluruh bekas wilayah kekuasaan Kerajaan Pagaruyuang hingga ke batas-batas wilayahnya yang diungkapkan dalam tambo atau ungkapan Minangkabau di bawah ini:

Dari Sikilang Aia Bangih
Hinggo Taratak Aia Hitam
Dari Durian Ditakuak Rajo
Hinggo Aia Babaliak Mudiak

Dari Sikilang Aia Bangih maksudnya dari Sikilang Air Bengis yaitu batas wilayah Minangkabau di bagian utara yang kini menjadi Kabupaten Pasaman Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Hinggo Taratak Aia Hitam berarti hingga Teratak Air Hitam yang menjadi batas di bagian selatan yang saat ini adalah Bengkulu. Sedangkan Dari Durian Ditakuak Rajo yang berarti dari durian ditekuk raja menjelaskan daerah Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Bungo. Dan yang terakhir adalah Hinggo Aia Babaliak Mudiak artinya hingga air berbalik mudik yaitu Kabupaten Pelalawan, Riau. Jika diartikan secara harfiah batas-batas wilayah Minangkabau tersebut adalah abstrak namun para ahli mendefinisikan tambo tersebut ke daerah-daerah yang telah disebutkan di atas. Bahasa Minang digunakan di seantero wilayah hingga ke empat batas tersebut.

Sedangkan bahasa Minang yang digunakan di daerah Negeri Sembilan Malaysia disebut dengan bahasa Nogoghi. (dari Wikipedia)

Dialek dalam Bahasa MinangSama halnya dengan bahasa Jawa dan bahasa daerah lain pada umumnya, bahasa Minang juga memiliki dialek-dialek dalam pengucapan. Setiap daerah di Sumatera Barat memiliki dialeknya masing-masing. Seperti dialek orang Pariaman yang menyamarkan pembacaan huruf "r" menjadi seperti "gh" atau dialek orang Payakumbuh yang membunyikan huruf "a" mendekati bunyi "o" serta dialek-dialek lainnya. Tentu dialek ini akan dibahas di lain artikel.
Baca juga: Dialek dalam Bahasa MinangBahasa Minang dalam Kondisi KekinianAdapun bahasa Minang yang digunakan hingga hari ini telah banyak mengalami perubahan, seperti penyerapan bahasa Indonesia ke bahasa Minang. Salah satu contoh adalah pisau (Indonesia) dalam bahasa Minang disebut sakin namun karena penyerapan bahasa Indonesia dan perkembangan zaman orang-orang lebih biasa menyebut pisau. Yang menyebut sakin tinggal orang-orang tua berumur yang masih memegang teguh ajaran budaya.

Itulah pengantar bahasa Padang atau lebih tepatnya dikatakan bahasa Minang yang menjadi tulisan pertama dari blog ini. Silakan dibaca juga artikel lainnya bagi dunsanak (sahabat/famili) yang ingin belajar bahasa Minang lebih dalam. Selamat belajar.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://www.minangnese.my.id/2015/11/bahasa-padang.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Dendam Bermuslihat Rasis Guan Eng Hentam Penjawat Dalam Bahasa Mandarin

Dendam Bermuslihat Rasis Guan Eng Hentam Penjawat Dalam Bahasa Mandarin

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 278 hits
Ketua UMNO Bahagian Batu Pahat Datuk Dr Mohd Puad Zarkashi membidas Menteri Kewangan yang juga Setiausaha Agung Dap Lim Guan Eng ekoran menghentam penjawat awam dalam bahasa Mandarin yang membuktikan Guan Eng berdendam bermuslihat dan rasis...
Bacaan Talkin Lengkap Dalam Bahasa Rumi Untuk Kita Menginsafi Diri

Bacaan Talkin Lengkap Dalam Bahasa Rumi Untuk Kita Menginsafi Diri

papar berkaitan - pada 13/11/2019 - jumlah : 607 hits
Bacaan Talkin Lengkap Dalam Bahasa Rumi Untuk Kita Menginsafi Diri Salam semua dah lama post ni dalam draft Bila dengar semalam abah sis bagi tahu yang Ayah Chik ada jemput ke majlis tahlil untuk arwah anaknya sabtu depan sis baru teringat ...
Ini Bahasa Yang Digunakan Malaikat Saat Berbicara

Ini Bahasa Yang Digunakan Malaikat Saat Berbicara

papar berkaitan - pada 12/11/2019 - jumlah : 132 hits
Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam al kim dalam al Mustadrak nya bahwa malaikat berbicara dengan bahasa manusia Sesungguhnya Allah Swt memiliki malaikat yang berbicara dengan bahasa manusia atas hal yang baik dan buruk Hadis ini bagi p...
Google Map Kini Boleh Menyebut Nama Tempat Dalam Pelbagai Bahasa Bagi Memudahkan Navigasi Di Luar Negara

Google Map Kini Boleh Menyebut Nama Tempat Dalam Pelbagai Bahasa Bagi Memudahkan Navigasi Di Luar Negara

papar berkaitan - pada 14/11/2019 - jumlah : 306 hits
Dua tahun yang lalu kami ke Jepun atas jemputan Google bagi menguji kemampuan Maps Translate dan di negara tersebut Jepun dipilih kerana Tokyo akan menjadi tuan rumah Sukan Olimpik 2020 dan penggunaan aplikasi akan memudahkan pelawat yang t...
7 Aplikasi Penerjemah Bahasa Yang Wajib Punya Untuk Ke Luar Negeri Biar Komunikasi Tetap Lancar

7 Aplikasi Penerjemah Bahasa Yang Wajib Punya Untuk Ke Luar Negeri Biar Komunikasi Tetap Lancar

papar berkaitan - pada 17/11/2019 - jumlah : 247 hits
Nggak perlu takut salah ngomong pas ngobrol sama bule di luar negeri Tinggal pakai aplikasi ini
Pemprov Dki Bahasa Raperda Erp Tahun 2020

Pemprov Dki Bahasa Raperda Erp Tahun 2020

papar berkaitan - pada 19/11/2019 - jumlah : 161 hits
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya sedang menyusun kajian naskah akademis terkait perda ERP dengan harapan pada tahun mendatang masuk Program Legislasi Daerah DPRD DKI Jakarta
Dua Kali Booking Supir Yang Sama Ke Padang

Dua Kali Booking Supir Yang Sama Ke Padang

papar berkaitan - pada 28/11/2019 - jumlah : 291 hits
Gambar di atas diambil oleh abang supir Ad Janu Ini adalah pemandangan di KELOK 9 Jalan ini memiliki selekoh yang tajam dan lebar sekitar 5 meter berbatasan jurang dan diapit oleh dua bukit antara bukit cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam H...
Hiburan Gagal Bayar Tunggakan Rm4 96 Juta Untuk Pesanan Pelitup Muka Jovian Apparel Disaman Pembekal

Article 153 Of The Federal Constitution Does Not Bar Opening Uitm To Non Bumiputera

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Proses Pengubahsuaian Malaykord Baru

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

Pas Showing It Should Lead Pn Says Analyst

Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Kangen Band Setengah Mati Mengejar Dia Chord

Airasia Santan Menu Baru Harga

Ulu Tiram Attack Suspect Not Ji Member Initial Link Made Due To Father S Past Says Igp

Muslims Rebuke Rais Yatim S No No To Sarawak S Proposal Of Conducting Friday Sermons In English

Resepi Sos Hijau Vietnamese Rolls

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000