Bagaimana Cara Memilih Guru Atau Ustadz


Bagaimana Cara Memilih Guru atau Ustadz?
Pertanyaan:
Saya sudah mengetahui bahwa wajib belajar agama dari ustadz yang bermanhaj salaf. Namun saya masih bingung bagaimana cara mengetahui seorang ustadz itu bermanhaj salaf dan layak diambil ilmunya? Syukran atas jawabannya.
Jawaban:
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, ash-shalatu was salamu ‘ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala ahlihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du.
Cara memilih guru dalam belajar agama atau memilih seorang ustadz untuk diambil ilmunya adalah dengan memperhatikan tiga hal:
Aqidah dan manhajnya lurus, sesuai al-Qur’an dan as-Sunnah dengan pemahaman salafus shalih. Ilmunya mendalam, layak, dan kompeten untuk mengajarkan ilmu. Bukan orang jahil atau ruwaibidhah, yang bicara masalah agama tanpa ilmu. Akhlaknya baik. Ibrahim an-Nakha’i rahimahullah mengatakan:
كَانُوا إِذَا أَتَوْا الرَّجُلَ لِيَأْخُذُوا عَنْهُ، نَظَرُوا إِلَى هديه، وَإِلَى سَمْتِهِ، وَ صلاته, ثم أخذوا عنه 
“Para salaf dahulu jika mendatangi seseorang untuk diambil ilmunya, mereka memperhatikan dulu bagaimana aqidahnya, bagaimana akhlaknya, bagaimana shalatnya, baru setelah itu mereka mengambil ilmu darinya” (HR. ad-Darimi dalam Sunan-nya, no.434)
Imam Malik rahimahullah berkata:
لاَ يُؤْخَذُ الْعِِلْمُ عَنْ أَرْبَعَةٍ: سَفِيْهٍ مُعلِنِ السَّفَهِ , وَ صَاحِبِ هَوَى يَدْعُو إِلَيْهِ , وَ رَجُلٍ مَعْرُوْفٍ بِالْكَذِبِ فِيْ أَحاَدِيْثِ النَّاسِ وَإِنْ كَانَ لاَ يَكْذِبُ عَلَى الرَّسُوْل صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , وَ رَجُلٍ لَهُ فَضْلٌ وَ صَلاَحٌ لاَ يَعْرِفُ مَا يُحَدِّثُ بِهِ
“Ilmu tidak boleh diambil dari empat orang: (1) Orang bodoh yang nyata kebodohannya, (2) Shahibu hawa‘ (ahlul bid’ah) yang mengajak agar mengikuti hawa (kebid’ahan), (3) Orang yang dikenal dustanya dalam pembicaraan-pembicaraannya dengan manusia, walaupun dia tidak pernah berdusta atas (nama) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, (4) Seorang yang mulia dan shalih yang tidak mengetahui hadis yang dia sampaikan” (At-Tamhid, karya Ibnu Abdil Barr, 1/66).
Maka hendaknya memperhatikan 3 kriteria di atas dan waspadai 4 jenis orang yang disebutkan Imam Malik ini. Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah juga menjelaskan: “Saya sarankan kepada para penuntut ilmu untuk memilih guru yang dipercaya ilmunya, terpercaya amalnya, terpercaya agamanya, lurus aqidahnya, lurus manhajnya. Jika ia diberi taufik untuk belajar kepada guru yang lurus, maka ia juga akan lurus. Namun jika Allah tidak memberi taufik demikian, maka ia juga akan menyimpang sebagaimana gurunya” (Majmu’ al-Fatawa war Rasail Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, 26/40).
Dan hendaknya tidak tertipu oleh kepiawaian seseorang dalam berbicara, padahal kosong dari 3 kriteria di atas. Orang yang piawai bicara, bahasanya fasih dan menyihir, kata-katanya indah, belum tentu orang yang layak diambil ilmunya. Bahkan dalam hadis dari Umar bin al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إن أخوف ما أخاف على أمتي كل منافق عليم اللسان
“Yang paling aku takutkan terhadap umatku adalah setiap orang munafik yang pintar berbicara” (HR. Ahmad [1/22], dishahihkan al-Albani dalam Silsilah ash-Shahihah no.1013)
Maka kepandaian berbicara bukanlah ukuran. Syaikh Shalih al-Fauzan menjelaskan: “Wajib bagi anda wahai kaum Muslimin dan para penuntut ilmu agama, untuk bersungguh-sungguh dalam tatsabbut (cek dan ricek) dan jangan tergesa-gesa dalam menanggapi setiap perkataan yang anda dengar (dalam masalah agama). Dan hendaknya mencari tahu:
Siapa yang mengatakannya? Dari mana datangnya pemikiran tersebut? Apa landasannya? Adakah dalilnya dari al-Qur’an dan as-Sunnah? Orang yang mengatakannya belajar di mana? Dari siapa dia mengambil ilmu (siapa gurunya)? Inilah perkara-perkara yang perlu dicek dan ricek. Terutama di zaman sekarang ini.
Maka tidak semua orang yang berkata-kata dalam masalah agama itu langsung diterima walaupun bahasanya fasih, sangat bagus ungkapannya, dan sangat menggugah. Jangan tertipu dengannya hingga anda mengetahui kadar keilmuan dan fiqihnya” (Ithaful Qari bit Ta’liqat ‘ala Syarhis Sunnah, hal.85).
Kemudian, guru atau ustadz yang bermanhaj salaf akan saling berkumpul dan bermajelis dengan sesama ustadz yang bermanhaj salaf. Sehingga ketika ingin mengambil ilmu dari seorang ustadz, juga perlu melihat dengan siapa ia sering bersama dan bermajelis. Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Mishri mengatakan: “Carilah guru yang memiliki kedudukan yang mulia, memiliki takwa, memiliki akhlak yang indah, memiliki pikiran yang jernih, yang ia telah lama dalam menelaah ilmu-ilmu, dan ia senantiasa bersama dengan para masyaikh yang tsiqah (terpercaya) di zamannya dalam pembahasan-pembahasan ilmu dan dalam kebersamaan” (Mukhtashar al-Mu’lim, 72-73).
Demikian kriteria-kriteria dalam memilih guru dalam menuntut ilmu agama. Andaikan seseorang merasa bingung tentang seorang ulama atau seorang ustadz, apakah ia termasuk yang layak diambil ilmunya ataukah tidak, maka hendaknya ia bertanya kepada ulama atau ustadz yang dipercaya keilmuannya tentang orang tersebut. Allah Jalla wa ‘Ala berfirman:
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Bertanyalah kepala ahludz dzikr (ahli ilmu) jika engkau tidak mengetahui” (QS. al-Anbiya: 7).
Wallahu a’lam. Semoga Allah ta’ala memberi taufik.
***
Dijawab oleh Ustadz Yulian Purnama, S.Kom. 
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android. Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI: BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://konsultasisyariah.com/38673-bagaimana-cara-memilih-guru-atau-ustadz.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cara Claim Perkeso Jika Mc Atau Cuti Sakit

Cara Claim Perkeso Jika Mc Atau Cuti Sakit

papar berkaitan - pada 1/7/2022 - jumlah : 212 hits
Cara Claim Duit Bantuan Perkeso untuk sesiapa yang dapat MC atau Cuti Sakit Tahukah anda pencarum PERKESO yang layak boleh membuat tuntutan seperti berikut 80 peratus daripada gaji harian andaMaksimum boleh claim sehingga RM105 33 sehari Sy...
Pakar Kongsikan Ini Cara Nak Kenal Pasti Anak Kita Lambat Cakap Atau Tak

Pakar Kongsikan Ini Cara Nak Kenal Pasti Anak Kita Lambat Cakap Atau Tak

papar berkaitan - pada 30/6/2022 - jumlah : 159 hits
Ramai yang tanya macam mana nak tahu anak speech delay ke tak Umur berapa baru boleh dikatakan anak lambat bercakap Menerusi perkongsian Patologis Pertuturan Bahasa Aishah Kassim ibu bapa mesti alert mengenai hal ini Ok jom saya bagi roughl...
Cara Menghitung Modal Usaha Pada Saat Awal Memulai Atau Ketika Sudah Berjalan

Cara Menghitung Modal Usaha Pada Saat Awal Memulai Atau Ketika Sudah Berjalan

papar berkaitan - pada 3/7/2022 - jumlah : 181 hits
Abang dan Kakak tahu berapa modal usaha yang dimiliki sekarang pertanyaan ini Blogger Borneo lontarkan ketika pertemuan baru saja dimulai Waktu mulai usaha sekitar 50 juta Pak demikian jawab dari salah seorang peserta pelatihan Cara Menghit...
Ibu Berang Guru Hempuk Muka Anak Netizen Pertikai Adab Murid Pula Cara Dia Jawab Tu

Ibu Berang Guru Hempuk Muka Anak Netizen Pertikai Adab Murid Pula Cara Dia Jawab Tu

papar berkaitan - pada 25/6/2022 - jumlah : 155 hits
Tiada penjaga suka jika melihat anaknya disakiti lebih lebih lagi apabila berada di sekolah Namun adakalanya sikap murid itu sendiri sukar untuk dilentur dengan nasihat membuatkan guru terpaksa menggunakan cara lain agar mereka tidak mengul...
Rosaklah Budak Tadika Kecik Kecik Dah Diajar Buat Camni Netizen Selar Guru Tadika Jadikan Murid Sebagai Konten Tiktok

Rosaklah Budak Tadika Kecik Kecik Dah Diajar Buat Camni Netizen Selar Guru Tadika Jadikan Murid Sebagai Konten Tiktok

papar berkaitan - pada 28/6/2022 - jumlah : 461 hits
Video viral di media sosialTidak dinafikan kini media sosial merupakan satu platform yang penting dalam kehidupan masyarakat Melalui platform ini masyarakat mudah mendapat info terkini hanya di hujung jari Namun demikian media sosial ini ju...
Cara Hilangkan Bau Nasi Hangit

Cara Hilangkan Bau Nasi Hangit

papar berkaitan - pada 20/6/2022 - jumlah : 165 hits
GAMBAR HIASAN CARA HILANGKAN BAU NASI HANGIT Cara hilangkan bau nasi hangit Kalau nasi dah terlebih masak atau hangit pasti ada cara nak hilangkan bau hangit tu kan Takkan nak di buang semua Lebih lebih lagi kalau dah masak banyak untuk maj...
Guru Sanggup Hadiahkan Basikal Kepada Pelajar Cemerlang Jadikan Sedekah Sebagai Tabiat

Guru Sanggup Hadiahkan Basikal Kepada Pelajar Cemerlang Jadikan Sedekah Sebagai Tabiat

papar berkaitan - pada 28/6/2022 - jumlah : 175 hits
Seorang guru sekolah di Arab Saudi mempunyai tabiat yang tersendiri apabila beliau mengagih agihkan hadiah kepada murid murid cemerlang pada setiap akhir tahun persekolahan sebagai ganjaran dan motivasi terhadap mereka lapor media tempatan ...
Kenapa Guru Nekad Bersara Awal

Kenapa Guru Nekad Bersara Awal

papar berkaitan - pada 29/6/2022 - jumlah : 497 hits
Sisi Gelap Sistem Pendidikan Guru Nekad Bersara Awal Dedah Tertekan Hingga Terpaksa MenipuSistem pendidikan sekarang yang tiada hala tuju membuatkan ramai guru seolah olah sudah tidak ada jiwa untuk mengajar dan ramai yang mengambil keputus...
Court Allows Forfeiture Of Rm1 1mil From Illegal Deposit Taking Scheme Investors

Wanita Mca Calls On Govt To Tackle Brain Drain Generate Job Opportunities

Keningau Fa Buat Kejutan Gol Awal

Muda Slams Pro Israel Us Professor S Remark At Local Varsity Talk

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

Beli Rak Rempah 3 Tingkat

Wordless Wenesday 115 Diy Baju Kurung Lama

Kelam Kabut Semua Buat Sendiri Daler Yusof Kongsi Pengalaman Urus Isteri Pertama Kali Berpantang Di Malaysia



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Titah Addendum Kenyataan Dan Pendirian Anwar Didorong Pemegang Saham Terbesar Pakatan Harapan

Bulan Yang Sibuk

Repair Kereta Terus Ke Rumah Anda Untuk Penduduk Di Sekitar Kuantan

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Apakah Semua Musik Itu Haram

Motivating Remote Teams