Babak Baru Markaz Syariah Fpi Vs Ptpn Viii Begini 3 Faktanya




Kasus sengketa lahan antara pondok pesentren (ponpes) Markaz Syariah FPI pimpinan Habin Rizieq Shihab dengan PTPN VIII (Persero) memasuki babak baru.


Pihak Markaz Syariah belum lama ini menyambangi kantor Menkopolhukam Mahfud MD untuk meminta bantuan perlindungan hukum. Pihak Mahfud pun dalam waktu dekat akan memanggil PTPN VIII untuk mendengarkan penjelasan.


Sementara PTPN VIII baru-baru ini akan menyelamatkan aset yang berada di kawasan Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat. Penyelamatan ini termasuk lahan yang di atasnya sudah berdiri ponpes Markaz Syariah. Berikut fakta-faktanya:
 
1. Minta Bantuan Mahfud Md
Ketua Tim Koordinator Advokasi Markaz Syariah, Ichwan Tuankotta mengatakan permintaan perlindungan hukum disampaikan dalam pertemuan pada hari Selasa (9/2) di Kantor Kemenko Polhukam.


"Kemarin kami memenuhi undangan dari deputi V Menko Polhukam, kaitan dengan surat kami tertanggal 19 Januari 2021, di dalam surat itu kami meminta perlindungan hukum kepada Menkopolhukam terkait dengan lahan MS, Markaz Syariah," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (10/2/2021).


2. Ada Biyong
PTPN VIII (Persero) menyebut lahan di kawasan Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat banyak yang dimanfaatkan oleh makelar atau biyong tanah. Hal itu menyusul lokasi lahan yang dikelola oleh Perseroan sangat strategis dan didukung kondisi alamnya yang sejuk dan tanahnya subur.


Itu seperti yang terjadi pada lahan PTPN VIII (Persero) yang diduduki Markaz Syariah pimpinan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab.


 


Sekretaris Perusahaan PTPN VIII, Naning Diah Trisnowati mengatakan, kondisi alam dan tanah yang subur menjadi daya tarik pemodal untuk berinvestasi dalam bidang pariwisata dan memiliki lahan tersebut.


"Kondisi ini dimanfaatkan oleh para biyong atau makelar tanah. Karena para pemilik vila tersebut membeli tanah dari perantara dengan alasan status tanah merupakan eks atau bekas lahan perkebunan dan sertifikatnya dapat diurus menjadi hak guna usaha (HGU), bahkan sertipikat hak milik," kata Naning dalam keterangan resminya, Rabu (10/2/2021).


PTPN VIII memastikan akan mengambil alih seluruh lahan yang berstatus hak guna usaha yang berlokasi di perkebunan Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat. Proses penyelamatan aset ini juga berlaku terhadap lahan yang di atasnya berdiri Pondok Pesantren (Ponpes) Markaz Syariah yang dipimpin Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab.


Pengambilalihan ini, dikatakan Naning sebagai upaya mengoptimalkan lahan berstatus HGU yang masih produktif untuk dikelola guna memberikan kontribusi terhadap negara.


"Perseroan memastikan bahwa di dalam Perseroan tidak terdapat tindakan-tindakan yang mencerminkan adanya kebebasan dalam jual-belikan lahan HGU di kawasan Gunung Mas sesuai dengan anggaran dasar Perseroan tentang pemindahtanganan aktiva tetap BUMN serta meminta semua pihak-pihak yang menggunakan lahan perkebunan tanpa izin menyerahkan lahan tersebut kepada PTPN VIII sebagai pemilik yang sah," kata Naning.


PTPN VIII, dikatakan Naning merupakan anak usaha dari Holding Perkebunan Nusantara III yang bergerak di bidang usaha agroindustri. PTPN VIII diamanahkan mengelola lahan seluas 113.958,34 hektare dengan sumber daya perkebunan lainnya. Adapun komoditas yang diusahakan meliputi sawit, teh, dan karet. Komoditas tersebut tersebar di 13 kabupaten dan 1 kota serta berada di 2 provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. PTPN VIII mengelola 22 unit kebun teh, 12 unit kebun karet, 10 unit kebun sawit, dan uni industri hilir teh dan uni agrowisata.


Dia menyebut, PTPN VIII memperoleh HGU atas tanah perkebunan Gunung Mas seluas 1.623,1869 hektare. Lahan ini terletak di Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kepemilikan HGU ini pun tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor: 56/HGU/BPN/2004-A-3 tentang Pemberian HGU atas tanah terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat tertanggal 6 September 2004 dan sertipikat HGU Nomor 266 s.d 300 tanggal 4 Juli 2008.


Namun demikian, Naning mengatakan lahan seluas sekitar 291 hektare diokupasi pihak lain, salah satunya seperti Markaz Syariah yang dikelola pentolan FPI Habib Rizieq Shihab.(dtk)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.bagibagi.info/2021/02/babak-baru-markaz-syariah-fpi-vs-ptpn.html?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed%3A+bagibagi%2FcFXc+%28bagibagi.info%29

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Diduga Lahannya Diserobot Ptpn Viii Buat 27 Laporan Polisi

Diduga Lahannya Diserobot Ptpn Viii Buat 27 Laporan Polisi

papar berkaitan - pada 30/1/2021 - jumlah : 113 hits
Ada beberapa lahan yang berada di dekat pesantren milik Rizieq Syihab Luas lahan yang dikuasai para terlapor rata rata menguasai hampir 20 hektare milik PTPN
Keh Keh Keh Orang Baru Dapat Tengah Dok Cewi Lagi Dengan Gelaran Dr Phd

Keh Keh Keh Orang Baru Dapat Tengah Dok Cewi Lagi Dengan Gelaran Dr Phd

papar berkaitan - pada 2/2/2021 - jumlah : 140 hits
SAYA SEKADAR MAHU MEMBERITAHU Ijazah Doktor Kehormat Universiti Negeri Padang Indonesia Ijazah Doktor Kehormat Universiti Malaysia Sabah Allayarham Ghafar Baba Ijazah Doktor Kehormat Universiti Pendidikan Sultan Idris Apa yang sama Ketiga t...
Usai Kepret Abu Janda Putri Gus Dur Diserang Pasukan Buzzer Sekarang Saya Baru Ngeh

Usai Kepret Abu Janda Putri Gus Dur Diserang Pasukan Buzzer Sekarang Saya Baru Ngeh

papar berkaitan - pada 2/2/2021 - jumlah : 155 hits
Nama pegiat media sosial Permadi Arya atau Abu Janda terus mencuat karena diduga melakukan rasisme terhadap aktivis HAM asal Papua Natalius Pigai Polemik ini juga disorot putri Presiden RI ke 4 Abdurrahman Wahid Alissa Wahid Alissa mengkrit...
Covid 19 Di Thailand 836 Kes Baru Kebanyakannya Jangkitan Tempatan

Covid 19 Di Thailand 836 Kes Baru Kebanyakannya Jangkitan Tempatan

papar berkaitan - pada 1/2/2021 - jumlah : 218 hits
Images KONGSI ARTIKEL BANGKOK Thailand mencatat 836 kes baru COVID 19 dengan sifar kematian dalam tempoh 24 jam lepas menjadikan jumlah keseluruhan jangkitan di negara itu setakat ini ialah 19 618 dengan 77 kematian Penolo
Pasangan Mata Wang Gbp Usd Mengukuh Sebelum Membuat Penembusan Harga Baru

Pasangan Mata Wang Gbp Usd Mengukuh Sebelum Membuat Penembusan Harga Baru

papar berkaitan - pada 1/2/2021 - jumlah : 187 hits
Pasangan mata wang GBP USD diniagakan mendatar dan dilihat sedang berusaha menarik lebih banyak pembeli sebelum menembusi di atas tahap tinggi terdahulu pada 1 3758 Harga terletak di atas tahap rintangan yang ditembusi maka pertumbuhan harg...
11 Seleksi K Drama Baru Sepanjang Februari Ini

11 Seleksi K Drama Baru Sepanjang Februari Ini

papar berkaitan - pada 2/2/2021 - jumlah : 230 hits
Banyak betul drama baru yang akan ditayangkan pada Februari ini Jom 1 LUCA The Beginning tvN 1 Februari LUCA ialah sebuah drama yang berdasarkan kepada teori Origin of Species daripada Charles Darwin Kisah seorang individu telah dilahirkan ...
Pangkas Buang Daun Tip Supaya Pokok Limau Subur Banyak Tunas Cabang Baru

Pangkas Buang Daun Tip Supaya Pokok Limau Subur Banyak Tunas Cabang Baru

papar berkaitan - pada 3/2/2021 - jumlah : 235 hits
Ramai yang tanam pokok limau di rumah sama ada limau kasturi nipis purut atau lemon Tapi masalahnya ada yang tanam tapi pokoknya macam hidup segan mati tak mahu Tak subur daun tunas atau cabang baru pun tak meriah Bagi yang ada masalah ini ...
Malaysia Weighs Casino Licence To Revive Forest City

Nearly 500 Lawsuits Filed Against Sabah Govt Hajiji

High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Vivo Malaysia Memperkenalkan Inisiatif Eksklusif Untuk Pengguna Celcomdigi Di Malaysia

Of Second Rate White People And Malaysia Pushing For Genocide

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


The Evolution Of Adult Entertainment

Drama Projek Exit

Surah Al Ikhlas Bacaan Rumi Terjemahan

Pelepasan Cukai Sukan 2024 Senarai 103 Sukan Tersenarai

Cara Guna Cimb Dan Cara Check Status Loan Cimb

Berjalanlah Di Atas Jalan Kebenaran