Arti Kata Khatulistiwa Berasal Dari Serapan Bahasa Arab Khat Al Istiwa


Membaca statusnya Sultan Syarif Machmud Alkadrie di laman akun media sosial Kesultanan Pontianak mengenai bagaimana peran serta orang-orang Islam di Kota Pontianak yang pada saat itu telah aktif memberikan dukungan kepada bangsa Palestina.
Tiga bulan setelah Zionis memproklamirkan berdirinya negara Israel, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1948 Masyarakat Kota Pontianak membentuk “Panitia Gerakan Penjokong Moeslimin Palestina”. Sebuah Komite yang dibentuk bertujuan menghimpun dana di antara orang-orang Islam di Kota Pontianak.
Sebanyak 6 ribu gulden dikumpulkan untuk para kaum muslimin Palestina yang mengungsi akibat berkecamuknya perang Arab-Israel (1948-1949). Sudah puluhan tahun yang lalu, negeri Khat Al-Istiwa’ ini telah hadir mendukung penuh akan kemerdekaan negeri Haram Al-Sharif Palestina.
Arti Kata Khatulistiwa Negeri Khat Al-Istiwa’, fokus Blogger Borneo langsung tertuju kepada kalimat ini. Memang jika dilafazkan secara cepat akan terdengar seperti kata Khatulistiwa.
Merasa penasaran langsung mencari referensi di Google mengenai arti kata Khatulistiwa. Alhamdulillah dari hasil pencarian yang muncul di laman Google, satu artikel beralamat di https://pustamun.blogspot.com langsung menarik perhatian karena bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dimengerti.
Secara garis besar, pada paragraf dibawah ini merupakan kutipan dari artikel yang dimuat pada tanggal 8 Maret 2017 tersebut dimana dalam penulisannya kembali ada revisi kata-kata tanpa mengubah makna bahasa dan kalimat penyampaian.
Khat Al-Istiwa Khatulistiwa yaitu kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari serapan bahasa Arab. Secara harfiah, kata Khatulistiwa dalam bahasa asalnya terdiri dari dua kata, yaitu Khat (خط) dan al-istiwa (استواء). Arti kata khat (baca: khot, dengan kecenderungan suara ‘k’ yang dihilangkan, bukan ‘kot’) yaitu garis. Arti kata istiwa yaitu lurus.
Dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, terjadi proses morfologis sekaligus proses perembesan kata Khatulistiwa. Kata khot dibaca khottu dirangkai dengan kata al-istiwa. Teknik baca dalam bahasa asalnya, bahasa Arab yaitu khottul-istiwia.
Lamban laun, indera pendengaran orang akan bermetamorfosis khottulistiwa. Kemudian proses selanjutnya yaitu khotulistiwa. Yang terakhir, yang diserap dalam bahasa Indonesia diubahsuaikan penulisannya dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia maka jadilah kata “Khatulistiwa”.
Metamorfosis Perubahan Kata Berbeda dengan kata asalnya dalam bahasa Arab, transliterasi k dalam khottul istiwa tidak dibaca, sebab cenderung lebih lebih banyak didominasi suara ‘h’. Sementara, dalam bahasa Indonesia, kata khatulistiwa cenderung dibaca katulistiwa bukan hatulistiwa.
Dilihat dari arti kata khatulistiwa dalam bahasa Arabnya, maka sanggup disebut kata khatulistiwa memiliki arti garis lurus.
Kata khat dalam bahasa Arab arti pertamanya yaitu ukiran atau tulisan. Kemudian, ada bentuk lain yaitu khototo (خطط) artinya garis (Kamus Al-Munawwir, 1997 halaman 351). Sementara kata istiwa   (الاستواء) artinya tegak lurus.
Jadi, arti kata khatulistiwa yaitu garis yang lurus. Ini arti secara bahasa. Namun, beda lagi arti kata khatulistiwa dalam istilah ilmu pengetahuan.
Arti Menurut KBBI Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata khatulistiwa terdapat pada halaman 693 (Lihat KBBI Pusat Bahasa edisi Keempat tahun 2008).
Arti kata khatulistiwa dalam engkaus yaitu garis khayal keliling bumi, terletak melintang pada nol derajat (yang membagi bumi menjadi dua cuilan yang sama yaitu cuilan bumi utara dan cuilan bumi selatan). Istilah lainnya yaitu ekuator. Terjemahan arti dari bahasa Inggris ‘equator’.
Kata khat juga terdapat dalam bahasa Indonesia. Arti kata khat yaitu goresan pena tangan, garis, dan guratan pada tangan atau garis tangan (KBBI, 2008:692).
Arti Menurut Kalangan Pesantren Kata istiwa juga lazim dipakai di kalangan pesantren. Jadi, kata istiwa lazim diketahui oleh mereka yang berguru ilmu agama Islam, khususnya ilmu falak (ilmu astronomi).
Kata istiwa yang dipakai dalam kalangan pesantren yaitu untuk menyebut kondisi matahari yang sempurna beradai di atas sehingga bayangan suatu benda yang terkena sinar matahari dalam kondisi istiwa tidak akan memunculkan sedikitpun.
Maka dari itu biasanya kondisi ini dimanfaatkan untuk memilih dan menyesuaikan jam. Jam yang sudah diubahsuaikan dengan waktu dan kondisi matahari sempurna berada di atas secara presisi disebut dengan jam istiwa.
Frase Garis Lurus Sementara kata khatulistiwa sering dirangkai dengan kata garis sehingga muncul susunan kalimat:
Negara Indonesia terletak di garis khatulistiwa.
Image: Dok. Pribadi Dalam pola kalimat di atas, ada frasa garis khatulistiwa. Secara kebahasaan susunan tersebut salah sebab kata khatulistiwa sudah mengandung arti “garis”. Maksud Indonesia terletak di khatulistiwa yaitu posisi yang terletak antara kutub utara dan kutub selatan. Salah satu kota besar yang dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu Pontianak.
Zamrud Khatulistiwa Ada lagi istilah yang mengandung kata khatulistiwa, yaitu Zamrud Khatulistiwa. Apa arti kata zamrud khatulistiwa. Kata tersebut untuk menggambarkan kondisi kepulauan nusantara.
Zamrud yaitu jenis watu permata yang berwana hijau. Jadi, istilah zamrud khatulistiwa dipakai untuk menyebut formasi pulau nusantara yang seolah-olah menyerupai watu permata zamrud sebab sangat indah (itu doloe). Zamrud, yang ada di garis khatulistiwa.
Jadi, klarifikasi kata khatulistiwa yang sempurna yaitu sebagai diberikut: garis khayal yang ada di cuilan tengah bumi.
Meskipun bagi sebagian orang, kata zamrud identik grup band rock yang ngetop di pertama tahun 2000-an. Mereka menulisnya “Jamrud” bukan “Zamrud”. Bukan populer dengan keindahan kolam permata, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh grup band Jamrud justru berlirik nakal dan menggelitik cenderung porno. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/arti-kata-khatulistiwa/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Saya Harap Dunia Islam Bangkit Dr Mahathir Kata Tindakan Bersama Negara Islam Boleh Selesaikan Konflik Arab Israel

Saya Harap Dunia Islam Bangkit Dr Mahathir Kata Tindakan Bersama Negara Islam Boleh Selesaikan Konflik Arab Israel

papar berkaitan - pada 15/5/2021 - jumlah : 269 hits
2 590 total views 2 590 views today Bekas Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamed berkata satu penyelesaian boleh dicapai untuk konflik Arab Israel melalui tindakan bersama oleh negara negara Islam dan mereka yang menyokong hak dan perjuang...
Latihan Pdpr Bahasa Arab Tahun 4 Hingga Tahun 6

Latihan Pdpr Bahasa Arab Tahun 4 Hingga Tahun 6

papar berkaitan - pada 10/5/2021 - jumlah : 575 hits
Latihan PDPR Bahasa Arab Tahun 4 6 ini bagi memudahkan para guru dalam menyediakan bahan pendidikan kepada murid murid khususnya semasa tempoh pelaksanaan PDPR ketika ini Bahasa Arab adalah bahasa yang popular dalam kalangan pelajar selain ...
Makalah Pemakaian Huruf Pemakaian Tanda Baca Penulisan Kata Dan Penulisan Unsur Serapan

Makalah Pemakaian Huruf Pemakaian Tanda Baca Penulisan Kata Dan Penulisan Unsur Serapan

papar berkaitan - pada 10/5/2021 - jumlah : 280 hits
if mso v behavior url o behavior url w behavior url shape behavior url endif if gte mso 9 endif if gte mso 9 Normal 0 false false false false EN US X NONE X NONE
Igp Kata Kat Ulamak Pas Tak Faham Bahasa Bahasa Kasarnya Awat Bodo Piang Sangat

Igp Kata Kat Ulamak Pas Tak Faham Bahasa Bahasa Kasarnya Awat Bodo Piang Sangat

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 277 hits
Bekas IGP tempelak balik ulamak PAS tak faham bahasa ke May 4 2021 Wahai para ulama politik sekalian sila buka mata dan dengar tentang penjelasan diberikan sebelum mengkritik tindakan saya dedahkan campur tangan menteri dalam pengurusan Pol...
Rizieq Syihab Tak Terima Ahli Samakan Kata Onar Disamakan Dengan Resah

Rizieq Syihab Tak Terima Ahli Samakan Kata Onar Disamakan Dengan Resah

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 226 hits
Kritik itu berawal dari Rizieq yang menyatakan arti kata onar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah huru hura gempar keributan dan kegaduhan Sementara kata onar menurut ahli merupakan resah sehingga ada dua perbedaan dalam definisi kata
Kluster Aktiviti Berbuka Puasa Tarawih Dikesan Di Johor Kata Exco

Kluster Aktiviti Berbuka Puasa Tarawih Dikesan Di Johor Kata Exco

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 206 hits
Peratus kapasiti penggunaan katil unit rawatan rapi Covid 19 di negeri Johor sudah mencecah 114 setakat ini JOHOR BAHRU Kes indeks bagi satu kluster baharu di negeri ini dikesan daripada kekerapan menghadiri aktiviti berbuka puasa dan menun...
Menjaga Hubungan Tutur Kata Penulisan

Menjaga Hubungan Tutur Kata Penulisan

papar berkaitan - pada 5/5/2021 - jumlah : 743 hits
Assalamualaikum dan salam sejahtera 1 JAGA HUBUNGAN DENGAN TUHANSebagai manusia dan hamba Nya kita perlulah menjaga hubungan dan ikut segala suruhan yang telah disuruh oleh Nya Nikmat rezeki kesihatan keluarga dan sebagainya semua diberikan...
Perjelas Garis Panduan Sekolah Bawah Pkp Kata Ph Kepada Kerajaan

Perjelas Garis Panduan Sekolah Bawah Pkp Kata Ph Kepada Kerajaan

papar berkaitan - pada 6/5/2021 - jumlah : 215 hits
FMT Reporters May 5 2021Pakatan Harapan bertanya adakah sekolah yang terjejas oleh PKP akan segera ditutup atau sebaik cuti Hari Raya bermula PETALING JAYA Kementerian Pendidikan digesa memberi penjelasan mengenai status sekolah di enam dae...
5 Sekawan Dipenjara 36 Tahun 12 Sebatan Kerana Bunuh

Eugene Levy S Toronto

Ptptn Invites Stakeholders To Collaborate In New Scheme

Ringgit Has Been Unfortunate Unfairly Assessed Vs Us Dollar Bnm

Ringgit Opens Lower Ahead Of Bnm S Opr Release

Ge14 S Impact On State Federal Relations

Ringgit Closes Almost Unchanged As Opr Remains At 3

Pembukaan Akaun Kanak Kanak Tabung Haji



Biodata Emran Rijal Owner Jenama Emri Vision Suami Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra

Biodata Tyra Kamaruzzaman Founder BeauTyra Yang Kahwin Bersuamikan Emran Rijal

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dr Pontianak Astro Warna Sooka

10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal


Tuai Nenas Md2 Belakang Rumah

Mee Goreng Mamak Udang Galah Lempeng Kelapa Gula Merah Di Hotel Tamu

Anwar Bentuk Atmosfera Baru Politik

Pengalaman Jaga Anak Bersunat Kaedah Laser

Lirik Lagu Seribu Setia Siti Nordiana

Selamat Jalan Pak Jokpin