Apakah Seseorang Berdosa Jika Sekedar Punya Kecenderungan Lgbtq


Apakah Seseorang Berdosa jika Sekedar Punya Kecenderungan LGBTQ? Pertanyaan:
Para pengusung LGBTQ biasanya melontarkan syubhat: “Tidak mungkin seseorang berdosa ketika sekedar punya orientasi seksual yang berbeda?”, atau mereka mengatakan, “Mana mungkin seseorang berdosa karena sesuatu yang sifatnya naluriah?”. Bagaimana menanggapi syubhat ini? 
Jawaban:
Alhamdulillah, ash-shalatu was salamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala alihi was shahabah. Amma ba’du,
Kita katakan, jika yang terjadi pada seseorang itu hanya sekedar orientasi seksual yang berbeda (semisal suka sesama jenis), maka orang tersebut tidak sampai berdosa. Karena dosa itu terkait dengan perbuatan, baik perbuatan hati atau anggota badan. Orang yang melakukan sesuatu yang di luar kesengajaannya, maka ia tidak dianggap berdosa. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
رُفعَ القلمُ عن ثلاثةٍ : عن النائمِ حتى يستيقظَ ، وعن الصبيِّ حتى يحتلمَ ، وعن المجنونِ حتى يعقِلَ
“Pena (catatan amal) diangkat dari tiga jenis orang: orang yang tidur hingga ia bangun, anak kecil hingga ia baligh, dan orang gila hingga ia berakal” (HR. An-Nasa-i no. 7307, Abu Daud no. 4403, Ibnu Hibban no. 143, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 3513).
Demikian juga orientasi seksual yang berbeda tersebut, jika itu muncul secara naluriah, maka tidak berdosa. Walaupun tidak sampai dosa, namun tetap saja itu adalah penyakit yang seharusnya disembuhkan. Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah ketika mendefinisikan al-mukhannats, beliau mengatakan:
من يشبه خَلْقُه النساءَ في حركاته وكلامه وغير ذلك فإن كان من أصل الخلقة ليس عليه لوم، وعليه أن يتكلف إزالة ذلك، وإن كان بقصد منه وتكلف فهو المذموم
“(Al-mukhannats adalah) lelaki yang perangainya mirip wanita, baik dalam gerakannya, cara bicaranya atau lainnya. Jika itu terjadi secara natural, maka ia tidak tercela. Namun tetap ia dituntut oleh syariat untuk menghilangkan sifat tersebut. Jika ia demikian karena disengaja maka ia tercela” (Fathul Bari, 9/246).
Dari penjelasan Ibnu Hajar ini, jika seseorang muncul pada dirinya orientasi seksual yang menyimpang, lalu ia pelihara terus-menerus, maka ini menjadi sebuah dosa. Karena di sini ia sudah melakukan perbuatan, yang perbuatan tersebut bisa berkonsekuensi dosa.
Dalam hadis dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ’anhu, ia berkata:
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنْ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنْ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5885).
Orang yang mempertahankan orientasi seksualnya yang menyimpang, ia dengan sengaja menyerupakan diri seperti lawan jenis. Padahal jelas ini terlarang dan merupakan perbuatan dosa.
Demikian juga, orang yang mempertahankan orientasi seksualnya yang menyimpang, sama saja ia mendekatkan dirinya pada perbuatan liwath (sodomi) yang jelas merupakan dosa besar. Atau perbuatan-perbuatan maksiat lainnya seperti: pacaran, bermesraan, memandang dengan syahwat, dll. Dan semua sarana kepada perbuatan dosa hukumnya juga terlarang. Kaidah yang disebutkan para ulama:
للوسائل حكم المقاصد
“Semua bentuk sarana, hukumnya sama dengan apa yang ditujunya”.
Para ulama ketika membahas tentang mukhannats, mereka menjelaskan bahwa selama orientasi tersebut tidak membuahkan suatu perbuatan, ia tidak dianggap maksiat. Namun tetap dianggap suatu penyakit sehingga pelakunya perlu diasingkan. Agar penyakit tersebut tidak menjalar kepada masyarakat yang lain. Dalam hadis dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhu, ia berkata:
لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُخَنَّثِينَ مِنْ الرِّجَالِ وَالْمُتَرَجِّلَاتِ مِنْ النِّسَاءِ وَقَالَ أَخْرِجُوهُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat mukhannats (laki-laki yang kebanci-bancian) dan para wanita yang kelaki-lakian”. Dan Nabi juga bersabda: “keluarkanlah mereka dari rumah-rumah kalian!” (HR. Bukhari no. 5886).
Berdasarkan hadis ini, para ulama menyebutkan bahwa hukuman bagi mukhannats adalah diasingkan (direhabilitasi):
نفي المخنث مع أنه ليس بمعصية وإنما فعل للمصلحة
“Hukuman bagi banci adalah diasingkan bukan karena ia merupakan maksiat, namun ia dihukum untuk kemaslahatan” (Asnal Mathalib, 4/130).
Dari sini jelas, bahwa LGBTQ jika baru muncul dalam diri seseorang secara naluriah, maka itu tidak dianggap maksiat atau dosa, namun tetap saja sebuah penyakit yang seharusnya disembuhkan. Dan juga merupakan sarana kepada perbuatan-perbuatan dosa dan perkara yang jauh dari fitrah yang lurus. Sehingga walaupun belum memunculkan amalan apa-apa, tetap saja penyakit ini tidak boleh dibiarkan atau bahkan dianggap biasa.
Adapun jika sudah sampai pada level melakukan perbuatan-perbuatan yang terkait dengan orientasi seksualnya yang menyimpang, maka jelas ini perbuatan dosa. Allah ta’ala berfirman:
إِنَّكُمْ لَتَأْتُونَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِنْ دُونِ النِّسَاءِ ۚ بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُسْرِفُونَ
“Sesungguhnya kalian mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsu kalian (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kalian ini adalah kaum yang melampaui batas” (QS. Al-A’raaf: 81).
Semoga Allah ta’ala memberi taufik.
***
Dijawab oleh Ustadz Yulian Purnama, S.Kom. 
Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android. Download Sekarang !!
Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
REKENING DONASI : BANK SYARIAH INDONESIA
7086882242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK
Kode BSI: 451


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://konsultasisyariah.com/38504-apakah-seseorang-berdosa-jika-sekedar-punya-kecenderungan-lgbtq.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Tangkal Hoaks Amsi Nilai Masyarakat Perlu Punya Kemampuan Verifikasi Informasi

Tangkal Hoaks Amsi Nilai Masyarakat Perlu Punya Kemampuan Verifikasi Informasi

papar berkaitan - pada 10/5/2022 - jumlah : 101 hits
Masyarakat diharuskan terlibat dalam menangkal informasi bohong atau hoaks yang bertebaran di sosial media Asosiasi Media Siber Indonesia menilai masyarakat memerlukan kemampuan memverifikasi informasi yang diterima
Potret Zayn Anak Lelaki Syahnaz Yang Makin Ganteng Sudah Punya Gaya Foto Andalan

Potret Zayn Anak Lelaki Syahnaz Yang Makin Ganteng Sudah Punya Gaya Foto Andalan

papar berkaitan - pada 10/5/2022 - jumlah : 116 hits
Anak lelaki Syahnaz Zayn kini tumbuh menjadi anak dengan paras yang semakin tampan dan menggemaskan Di usianya yang masih kecil Zayn sudah jago berpose Bahkan diakui Syahnaz sang buah hati sudah memiliki gaya andalan saat difoto Intip yuk
Polis Kena Hukum Budak Yang Bawa Kereta Lepas Wah Cantik Punya Langkah

Polis Kena Hukum Budak Yang Bawa Kereta Lepas Wah Cantik Punya Langkah

papar berkaitan - pada 11/5/2022 - jumlah : 166 hits
Anak MP guna outrider polis PDRM kata 2 anggota polis trafik sedang disiasat dan jika bersalah akan dihukum Syabas PDRM ambil tindakan tegas Tapi soalan saya bagaimana pula dengan anak MP yang ternyata telah salah guna kuasa Kalau ikut jawa...
Hiburan Masuk Alam Bunian Terus Pakai Waze Elak Jem Punya Pasal Lelaki Ini Sesat Masuk Hutan

Hiburan Masuk Alam Bunian Terus Pakai Waze Elak Jem Punya Pasal Lelaki Ini Sesat Masuk Hutan

papar berkaitan - pada 8/5/2022 - jumlah : 211 hits
Di zaman teknologi yang semakin canggih ini pasti yang ramai sudah bersiap sedia melihat keadaan jalan raya ketika memulakan perjalanan jarak jauh tidak kiralah untuk meninjau sama ada sesak atau berlaku kemalangan atau tidak dengan hanya d...
Resepi Air Sirap Bandung Soda Lejen Gerenti Sedap Macam Kenduri Kahwin Punya

Resepi Air Sirap Bandung Soda Lejen Gerenti Sedap Macam Kenduri Kahwin Punya

papar berkaitan - pada 5/5/2022 - jumlah : 184 hits
Resepi Air Sirap Bandung Soda Lejen Gerenti Sedap Macam Kenduri Kahwin Punya Air bandung soda mama ni agak lejen sebab ramai yang suka dan ramai yang minta resepi Sedara mara yang datang beraya siap minta resepi dan setiap tahun ada aje tan...
Tu Diaa Aihhhh Punya La Teruk Paip Bomba Pun Tarak

Tu Diaa Aihhhh Punya La Teruk Paip Bomba Pun Tarak

papar berkaitan - pada 30/4/2022 - jumlah : 157 hits
Musibah kebakaran di Kota Bharu kerajaan wajib bertanggungjawabBy FAZLI RADZI April 29 2022AMANAH Kelantan menegaskan bahawa kerajaan Pusat dan negeri wajib bertanggungjawab dalam musibah kebakaran membabitkan sembilan rumah di belakang Pas...
Fatin Isteri Orang Rupanya Kejutkan Penonton Dia Punya Plot Twist

Fatin Isteri Orang Rupanya Kejutkan Penonton Dia Punya Plot Twist

papar berkaitan - pada 1/5/2022 - jumlah : 131 hits
Kepelbagaian karakter dan setiap satunya dikembangkan dalam 7 Hari Mencintaiku 3 ini nampaknya membuatkan musim ini lebih menarik Beberapa watak baru turut diperkenalkan dan karakter samping yang lama turut memeriahkan lagi jalan cerita dra...
Israel Geram Setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sebut Hitler Punya Darah Yahudi

Israel Geram Setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sebut Hitler Punya Darah Yahudi

papar berkaitan - pada 3/5/2022 - jumlah : 166 hits
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyebut pemimpin Nazi Adolf Hitler memimiki darah Yahudi Pernyataan ini membuat Israel geram
Lirik Campak Bintang Faizal Tahir M Nasir

Two In Five Malaysians Might Quit If Required To Work More In Office Randstad

Lumira Di Eka Heights Kehidupan Bermakna Yang Dinantikan

Lumira Eka Heights Seremban Perumahan Gaya Hidup Moden

Plaza Premium Group Expands Flight Club Dining Brand At Kuala Lumpur International Airport Terminal 1

Dap S Dilemma Red Lines And Kuala Kubu Baharu

Ustadz Yang Membodoh Bodohi Jemaahnya Kata Frans Donal Di Bali By Dr H

Catat Nekad Berhaji Tanpa Visa Haji Bisa Dideportasi Dari Arab Saudi



10 Fakta Biodata Jabir Meftah Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3

Biodata Dan Latar Belakang Adam Shamil Personaliti TikTok Terkenal

5 Negara Yang Memilih Untuk Tidak Menggunakan Matawang Sendiri

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah Slot Akasia TV3

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria


The Benefits Of Wearing Feelingirl S Bodysuits

Sepuluh Perkara Tetap Mengalir Pahalanya Setelah Mati

Hobi Baru

Beli Saldo Paypal Via Bank Line By Bank Hana

Akhirnya Dapat Beli Sobek

Selesai Sesi Marhaban 2024 1445h