6 Sd Materi Ukk 2019



6 UKK IPS

Gejala Alam
1.     Gejala alam adalah peristiwa alam yang terjadi karena pengaruh alam. Gejala alam yang berdampak negatif bagi manusia disebut bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami.
2.     Upaya untuk mencegah banjir yaitu membersihkan saluran air, membuat sumur resapan (lubang biopori), dan membuat kanal atau saluran untuk penyaluran air.
3.     Gempa Aceh 26 Desember 2004 merupakan salah satu gempa dahsyat di Indonesia yang disertai dengan gelombang tsunami sehingga menyebabkan banyak korban jiwa. Gempa Aceh terjadi karena aktivitas tektonisme yaitu pergerakan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia di Samudra Hindia.
4.     Manfaat yang diperoleh masyarakat di sekitar gunung api yang meletus yaitu tanahnya menjadi subur akibat dari adanya abu vulkanik yang banyak mengandung unsur mineral.
5.     Upaya yang dapat dilakukan saat terjadi bencana banjir adalah mencari tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena arus dan air banjir.
6.     Penyakit yang sering terjadi padaa saat banjir yaitu leptospirosis karena kencing tikus, diare karena lingkungan kotor banyak bakteri, dan infeksi saluran pernafasan karena virus atau bakteri.
7.     Bencana klimatologi adalah bencana alam yang disebabkan oleh dinamika cuaca dan iklim. Bencana klimatologi dapat berupa banjir, kekeringan, dan badai.
8.     Ketika belajar di kelas lantai tiga, tiba-tiba terjadi gempa bumi. Langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah berlindung di bawah meja, melindungi kepala dengan tas, dan ke luar ruangan dengan tenang.
9.     Contoh upaya manusia dalam menanggulangi bencana banjir yaitu membuat danau buatan atau waduk, melakukan reboisasi, membuat lubang biopori, dan membuang sampah pada tempatnya.
10.  Tujuan dibangunnya jalur hijau adalah untuk meyerap polusi udara.
11.  Badai topan di Asia yang terjadi pada tanggal 22 Juni 2008 dengan kecepatan hingga 195 km/jam terjadi di Manila dan Ilolio Filipina. Nama badai topan tersebut adalah badai Fangsen.
12.  Reboisasi adalah kegiatan menanam kembali hutan yang gundul dengan tujuan untuk daerah resapan air, habitat satwa, mencegah banjir, dan tanah longsor.
13.  Jepang merupakan negara di Asia Timur yang sering dilanda bencana gempa bumi dan tsunami karena letaknya berada di pertemuan lempeng tektonik dunia.
14.  Cara menghadapi bencana gunung meletus adalah mengikuti arahan petugas untuk menjauhi area gunung api dan mengungsi ke tempat yang aman.
15.  Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan bencana banjir di musim hujan.
16.  Letusan gunung api terdahsyat yang terjadi di Indonesia pada tahun 1883 adalah letusan Gunung Krakatau yang menimbulkan tsunami di Selat Sunda.
17.  Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) adalah lembaga negara yang mengawasi kondisi wilayah Indonesia sehingga dapat memberitahukan kemungkinan adanya potensi bencana.
18.  Gas vulkanik berbahaya yang dikeluarkan saat gunung api meletus adalah karbon monoksida.
19.  Polusi udara yang ditimbulkan oleh mesin-mesin industri dapat meningkatkan jumlah gas karbon dioksida yang dapat memicu terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim.
20.  Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk mengurangi korban jiwa dan harta benda.
21.  Tsunami adalah gelombang besar raksasa yang terjadi akibat gempa di dasar laut disertai dengan patahan.
22.  Akibat adanya kebakaran hutan yaitu pencemaran udara, hilangnya habitat flora dan fauna, dan hilangnya daerah terbuka hijau.
23.  Cara menghadapi bencana letusan gunung api adalah menjauhi puncak gunung, mengikuti arahan petugas dengan tenang, dan mengungsi ke tempat yang aman.
24.  Peristiwa geologi adalah peristiwa yang terjadi di dalam lapisan bumi. Peristiwa geologi yang mengakibatkan pergerakan bebatuan dan lapisan tanah disebut tanah longsor.
25.  Hujan lebat di lereng yang curam dengan ketahanan tanah yang rendah karena tidak ada pepohonan dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Globalisasi
26.  Globalisasi adalah proses mendunia dalam berbagai aspek kehidupan. Proses globalisasi berjalan seiring dengan perkembangan teknologi.
27.  Materialisme adalah sikap mengukur segala sesuatu berdasarkan materi. Sikap materialisme banyak dilakukan oleh penduduk di perkotaan.
28.  Peran Indonesia pada era globalisasi di bidang politik adalah pengiriman Pasukan Garuda untuk menciptakan perdamaian ke berbagai negara yang sedang mengalami konflik.
29.  Cara menyikapi dampak globalisasi yaitu memilih budaya asing yang masuk, menyaring dampak negatif budaya asing, meningkatkan iman dan takwa.
30.  Dampak globalisasi yang terjadi di masyarakat yaitu masyarakat mudah mendapatkan produk dari luar negeri, pergerakan orang dan barang menjadi cepat dan mudah, dan mode pakaian yang beragam dari berbagai belahan dunia.
31.  Menampung sementara para pengungsi Timur Tengah yang ingin menyebrang ke Australia adalah dampak globalisasi di bidang sosial.
32.  Bukti adanya globalisasi di Indonesia yaitu penggunaan telepon genggam di seluruh lapisan masyarakat, adanya pesawat terbang yang canggih, dan adanya masyarakat Indonesia yang tinggal di negara lain.
33.  Sikap yang harus ditunjukkan di tengah-tengah tingginya arus globalisasi adalah kritis dan selektif terhadap pengaruh asing yang masuk ke Indonesia.
34.  Peran aktif Indonesia pada era globalisasi di bidang ekonomi adalah mengikuti organisasi perdagangan bebas Asia Tenggara (AFTA) dan organisasi negara pengekspor minyak dunia (OPEC).
35.  Memperjuangkan hak cipta untuk batik sebagai warisan budaya nusantara ke badan PBB UNESCO merupakan contoh globalisasi dalam bidang budaya.
36.  Senang menggunakan barang saja tanpa ada keinginan untuk memproduksi merupakan sikap boros.

Kegiatan ekspor impor
37.  Perdagangan internasional merupakan salah satu bukti globalisasi dalam bidang ekonomi. Mata uang asing yang biasa digunakan pada perdagangan internasional adalah Dollar Amerika.
38.  Pendorong terjadinya kegiatan perdagangan internasional yaitu perbedaan penguasaan teknologi setiap negara, perbedaan sumber daya alam setiap negara, dan perbedaan kondisi geografis setiap negara.
39.  Ekspor adalah kegiatan pengiriman barang dari dalam negeri ke luar negeri.
40.  Komoditas kehutanan sebaiknya diekspor dalam bentuk barang jadi agar nilainya lebih mahal.
41.  Bentuk tindakan pemerintah dalam mendukung kegiatan ekspor adalah memberi kemudahan prosedur ekspor.
42.  Pengiriman tenaga kerja ke luar negeri merupakan contoh ekspor Indonesia dalam bentuk komoditi jasa.
43.  Belum lama ini, perusahaan Indosat dan Telkomsel akan bekerjasama dengan Google Amerika untuk menerbangkan balon Google ke berbagai wilayah di Indonesia. Manfaat penerbangan balon tersebut untuk memudahkan konektivitas jaringan internet ke seluruh pelosok tanah air.
44.  Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak yang berpusat di Wina, Austria dan bertujuan untuk mengatur produksi hingga harga minyak dunia.
45.  Indonesia mengekspor hasil migas berupa gas alam cair ke luar negeri. Daerah penghasil gas alam cari Indonesia berada di Arun Aceh dan Natuna Kepulauan Riau.
46.  Memperluas pasar ke luar negeri bagi produk Indonesia adalah salah satu manfaat dari kegiatan ekspor.
47.  Hasil tambang yang digunakan sebagai bahan kerangka bangunan dan konstruksi jembatan adalah besi.
48.  Komoditas nonmigas Indonesia yang diekspor adalah kerajinan rotan dan aneka kopi.
49.  Indonesia banyak mengimpor alat komunikasi berupa telepon genggam dari Tiongkok dan Korea Selatan.
50.  Manfaat kegiatan ekspor yaitu meningkatkan devisa negara, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan meningkatkan jiwa kreatifitas masyarakat.





Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2019/04/6-sd-materi-ukk-2019.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Proyek Pltu Lontar Bernilai Rp 1 43 Triliun Siap Beroperasi September 2019

Proyek Pltu Lontar Bernilai Rp 1 43 Triliun Siap Beroperasi September 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 201 hits
Pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Lontar dengan kapasitas 315 MW sudah mencapai 86 persen PLTU Lontar rencananya bisa beroperasi pada September 2019 Jika selesai PLTU ini bisa memperkuat kapasitas listrik Jawa Bali dan menghe...
Mrt Jakarta Siap Beroperasi Komersial 1 April 2019

Mrt Jakarta Siap Beroperasi Komersial 1 April 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 223 hits
Pihak MRT Jakarta kini menunggu Peraturan Gubernur yang nantinya akan memayungi keputusan tarif yang telah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Batas Waktu Pelaporan Spt Wajib Pajak Pribadi Diperpanjang Hingga 1 April 2019

Batas Waktu Pelaporan Spt Wajib Pajak Pribadi Diperpanjang Hingga 1 April 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 265 hits
Kementerian Keuangan memutuskan memperpanjang pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan wajib pajak pribadi hingga 1 April mendatang Hal tersebut dengan mempertimbangkan hari pelaporan terakhir yang jatuh pada Minggu 31 Maret 2019 Jumlah wajib ...
Recap Mac 2019

Recap Mac 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 367 hits
Recap Mac 2019 Bulan Mac ni bulan yang Fadzi paling suka Walaupun tak ada cuti panjang walaupun cuaca panas Fadzi tetap suka Sebab Sebab bulan ni bulan lahir Fadzi Recap Mac 2019Okay untuk bulan Mac 2019 ni pulak Ada 2 event yang besar dala...
Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019 Bikin Resah Masyarakat

Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019 Bikin Resah Masyarakat

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 269 hits
Berita Hoaks Jelang Pemilu 2019 Bikin Resah Masyarakat Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk memerangi dan membasmi berita bohong atau hoaks Karena jika berita hoaks tak dicegah bisa menjadi sumber keresahan masyarakat
Senarai Pelepasan Cukai 2018 Untuk E Filling 2019 Lhdn

Senarai Pelepasan Cukai 2018 Untuk E Filling 2019 Lhdn

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 347 hits
Assalamualaikum dan Salam Silaturrahim Lembaga Hasil Dalam Negeri iaitu sebuah badan yang bertanggungjawab dalam menguruskan cukai telah mengeluarkan senarai pelepasan cukai 2018 untuk tujuan pengisian e Filling bagi tahun 2019 Sekiranya pe...
Ramalan Terkini 28 03 2019

Ramalan Terkini 28 03 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 239 hits
Mata wang Eropah masih dalam tekanan susulan daripada krisis yang berterusan di sekitar Brexit Pada hari Rabu Parlimen British mengadakan 6 undi mengenai pelbagai pilihan untuk menyelesaikan isu Brexit namun tiada yang menerima majoriti Maj...
Tembak Sahaja Polis Sedia Untuk Tembak Drone Haram Berlegar Di Lima 2019

Tembak Sahaja Polis Sedia Untuk Tembak Drone Haram Berlegar Di Lima 2019

papar berkaitan - pada 29/3/2019 - jumlah : 212 hits
Pameran Udara dan Maritim Antarabangsa Langkawi telah berlangsung selama dua hari bermula pada 26 Mac sehingga 30 Mac tahun ini yang memaparkan pelbagai pameran dan pertunjukan menarik berkaitan industri pertahanan dan pengangkutan Pengelol...
Fungi Wechat Yang Ramai Tak Tahu

Ziana Zain Duta Rasmi Csa Academy

Hospital Kuala Pilah

Ramadan Bazaars 2024 Exploring The Culinary Delights Of Selangor S Ramadan Bazaars

Saya Dan Rafizi Tiada Isu Peribadi Kata Puad

Hallway Wall Art Mockup For A Sophisticated Look

Patut Tak Boleh Daftar

Doa Agar Amalan Diiterima Allah Sepanjang Bulan Ramadan



5 Masalah Sosial Yang Akan Timbul Akibat Penggunaan Kereta Elektrik

Koleksi 15 Lagu Hari Raya Terbaru Yang Meriahkan Aidilfitri 2024 Bakal Evergreen Bak Lagu Lama

6 Pantang Larang Penting Kalau Nak Selamat di Sekolah Asrama

Info Dan Sinopsis Filem 19 Puasa Playboys Of Plastik Hitam Astro First

Casimir Zeglen Paderi Yang Mencipta Jaket Kalis Peluru


Data Analytics In Business Decisions

Lirik Lagu Berdamai Ghea Inderawani

Drama Sebiru Hujung Borneo

Iddah Bercerai Panduan Pengiraan Tempoh Iddah Untuk Wanita Bercerai

Tvet Tahfiz Mara Bidang Pengajian Syarat Kemasukan

Den Manjo Feat Eda Ezrin Adik Jando Abe Dudo Raya Chord