5 Manfaat Menulis Blog Yang Blogger Borneo Dapatkan Selama 13 Tahun Ini


“Apa sih enaknya ngeblog itu?”
“Ga ada kerjaan apa nulis di blog?”
Dua pertanyaan diatas pernah terbersit di benak pikiran ketika pada saat itu internet mulai masuk ke kota Pontianak, pada saat itu Blogger Borneo masih duduk di kelas 3 SMU Negeri 3 Pontianak yang terletak di Jalan WR. Soepratman.
Ateng Tour and Travel menjadi lokasi pertama Blogger Borneo belajar mengarungi dunia online yang pada saat itu masih cukup langka dan mahal, untuk dapat mengaksesnya uang 10 ribu harus dipersiapkan dan disisihkan dari uang jajan harian.
Menjelang era millenium, beberapa nama brand besar seperti Friendster, Yahoo, dan Blogspot masih sangat terkenal. Namun sayang beberapa diantaranya sudah tenggelam dan tergerus oleh persaingan kompetisi di dunia maya setelah satu dasawarsa.
Manfaat Menulis Blog Mengenal dunia blog di pertengahan tahun 2009 dapat dianggap sebagai tindakan “menjilat ludah sendiri” karena sebelumnya Blogger Borneo menganggap ngeblog sebagai aktivitas yang tidak bermanfaat dan unfaedah.
Alhamdulillah seiring perjalanan ruang dan waktu, justru Blogger Borneo mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas ngeblog yang dilakukan. Tentu saja tidak hanya MENDAPATKAN UANG karena justru banyak blogger yang “gugur” karena orientasi ini.
Akan tetapi banyak juga diantara kawan-kawan yang pada akhirnya berhasil memaksimalkan blognya sebagai sumber penghasilan utama, bahkan dalam perjalanannya mereka membuat banyak sekali blog dengan topik yang beraneka ragam.
Selama kurang lebih 13 tahun ngeblog, Blogger Borneo merasakan manfaat menulis blog antara lain sebagai berikut:
1. Mengasah Kemampuan Menulis Jika dulu untuk menjadi seorang penulis, kita harus menjadi seorang jurnalis atau penulis cerpen, novel, dan sejenisnya. Dengan media blog, kita bisa belajar menjadi seorang penulis secara mandiri.
Dan menurut pendapat pribadi, kemampuan menulis akan cepat dapat dipelajari dengan MEMBACA karena banyak ilmu bisa kita dapatkan dari penulis buku tersebut, seperti: Gaya Bahasa, Sudut Pandang, Latar Belakang, dan sebagainya.
Dengan membiasakan diri untuk menulis di blog, maka Blogger Borneo akan terbiasa untuk membaca buku-buku dari beberapa penulis dan sumber referensi lain sebagai bahan tulisan yang akan dibuat.
2. Menambah Jaringan Pertemanan Perkembangan teknologi informasi khususnya dibidang internet menyebabkan dunia seakan-akan tidak terbatas ruang dan waktu lagi. Jika sebelumnya proses komunikasi masih harus dilakukan secara konvensional, maka dengan adanya online kita bisa berkomunikasi dengan sangat mudah kemanapun.
Selama kurang lebih 13 tahun beraktivitas di dunia maya, Blogger Borneo sudah pernah bersilaturahim ke beberapa kota di Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Kuching, dan Sabah. Kesemua perjalanan ini didapatkan secara “istimewa” karena sifatnya gratis. Alhamdulillah
3. Mendapatkan Relasi Bisnis Selain menambah jaringan pertemanan, salah satu manfaat menulis blog yang Blogger Borneo dapatkan adalah kenal dengan beberapa relasi bisnis dari luar kota Pontianak. Ya kita ketahui sendiri salah satu dampak dari penggunaan teknologi internet adalah akan memunculkan rekam jejak digital.
Banyak diantara para pemilik bisnis di dunia sekarang menjadikan media sosial dan blog sebagai sumber referensi mereka. Dari beberapa kali pengalaman, para pemilik bisnis tersebut mengetahui keberadaan Blogger Borneo dari blog yang dikelola karena beberapa kata kunci (keyword) berada di halaman satu pencarian.
4. Sumber Ladang Amal Salah satu amalan yang sifatnya jariyah dan mengalir terus menerus adalah ilmu yang bermanfaat. Blogger Borneo menganggap melalui blog hal ini dapat dilakukan ketika tulisan atau artikel yang dibuat dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya.
Oleh karena itu buatlah artikel yang sifatnya ilmu pengetahuan atau berisikan informasi bermanfaat. Jika berisikan review produk atau jasa, pastikan tidak melanggar hukum atau sifatnya ilegal. Jangan jadikan blog sebagai media untuk mendapatkan penghasilan dari sumber atau cara yang salah.
5. Menjadi Aset Digital Nah di poin terakhir Blogger Borneo baru menjadikan manfaat menulis blog sebagai aset digital. Banyak tawaran-tawaran dari para agency ataupun pemilik usaha yang mengajak kerjasama untuk mempromosikan produk dan jasa mereka di blog-blog yang telah dianggap profesional, salah satu diantaranya BloggerBorneo.Com.
Alhamdulillah hingga saat ini blog yang dimiliki telah mampu menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan selain dari aktivitas Blogger Borneo sebagai seorang freelancer. Selain aktif menulis, Blogger Borneo juga aktif di Relawan TIK Kalimantan Barat dan Consultant Partner Zahir Accounting.
Kontes Blog Shopee  Sebenarnya masih ada satu lagi manfaat menulis blog yang bisa didapatkan, hanya saja disini Blogger Borneo menganggapnya sebagai bonus yaitu mengikuti kontes blog yang banyak diselenggarakan oleh berbagai pihak penyelenggara, salah satu diantaranya yang terbaru adalah kontes blog Shopee #NgeBlogDariRumah.
Bagi kawan-kawan para blogger yang berminat untuk ikut serta dapat membaca informasinya sebagai berikut:
Kontes blog ini sendiri terdiri dari dua babak, yaitu:
Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021
Babak penulisan: 10 – 24 September 2021
Yuk, segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran berakhir! Kalau kamu lolos ke babak penulisan.
Hadiah Lomba  Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1: Rp 8.000.000,- Juara 2: Rp 6.000.000,- Juara 3: Rp 3.500.000,- Tidak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah untuk peserta dengan kategori:
Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp 2.500.000,- 200 submission pertama: ShopeePay @Rp 50.000,- Tertarik? Yuk, isi formulir pendaftarannya! Cek informasi selengkapnya disini!
Kami tunggu partisipasimu ya! (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/manfaat-menulis-blog/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Kamu Harus Tahu 5 Manfaat Penting Ini Akan Kamu Dapatkan Kalau Membuat Itinerary Sebelum Liburan

Kamu Harus Tahu 5 Manfaat Penting Ini Akan Kamu Dapatkan Kalau Membuat Itinerary Sebelum Liburan

papar berkaitan - pada 19/8/2021 - jumlah : 196 hits
Membuat itinerary memang agak ribet sih tapi kamu akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini
Blog Sii Nurul Capai 7 Juta Pageviews Tips Menulis Dengan Konsisten

Blog Sii Nurul Capai 7 Juta Pageviews Tips Menulis Dengan Konsisten

papar berkaitan - pada 28/8/2021 - jumlah : 310 hits
AssalamualaikumBismillahBlog Sii Nurul Capai 7 Juta Pageviews Tips Menulis Dengan Konsisten Alhamdulillah akhirnya capai 7M selepas 2 bulan Bulan Ogos ini aku jarang menulis walaupun hari hari juga aku buka blog Aku memang setiap hari buka ...
Sempat Lahirkan Bayi Yang Ditunggu Selama 10 Tahun Jururawat Meninggal Dijangkiti Covid

Sempat Lahirkan Bayi Yang Ditunggu Selama 10 Tahun Jururawat Meninggal Dijangkiti Covid

papar berkaitan - pada 16/8/2021 - jumlah : 259 hits
Perginya dalam keadaan menantikan zuriat pertama namun takdir Allah semua itu tak kesampaian apabila ibu dijemput ilahi terlebih dahulu akibat wabak Covid 19 Lagi tersentuh pemergian arwah yang juga seorang jururawat ibarat satu kehilangan ...
Cara Daftar Blog Di Follow It Alternatif Feedburner Terbaik Untuk Widget Follow By Email Blogger

Cara Daftar Blog Di Follow It Alternatif Feedburner Terbaik Untuk Widget Follow By Email Blogger

papar berkaitan - pada 19/8/2021 - jumlah : 302 hits
Cara mendaftarkan blog di Follow It untuk widget Follow by Email di Blogger Follow It adalah alternatif Feedburner terbaik Widget Ikuti Lewat Email akan dinonaktifkan Demikian notifikasi dari Google kepada para blogger di Blogger Widget Iku...
Cincin Hilang Di Laut Selama 13 Tahun Ditemui Semula

Cincin Hilang Di Laut Selama 13 Tahun Ditemui Semula

papar berkaitan - pada 20/8/2021 - jumlah : 137 hits
Cincin Hilang Di Laut Selama 13 Tahun Ditemui Semula SEORANG ahli bomba tidak menyangka dia akan mendapat kembali cicin yang telah hilang sewaktu melempar bola bersama rakannya di Pantai Henly Australia pada 2007 Anggota di Balai Bomba Metr...
Manfaat Blog Untuk Pemasaran Digital Keratan Akhbar Utusan Malaysia 10 Ogos 2021

Manfaat Blog Untuk Pemasaran Digital Keratan Akhbar Utusan Malaysia 10 Ogos 2021

papar berkaitan - pada 1/9/2021 - jumlah : 221 hits
Assalamualaikum wbt shikinrazalidotcom Malaysianblogger bloggerTerengganu bloggerSepang mypersonaljournal
Genesis Of Gel Asics Sportstyle Meraikan Ulang Tahun Ke 35 Gt Ii

Genesis Of Gel Asics Sportstyle Meraikan Ulang Tahun Ke 35 Gt Ii

papar berkaitan - pada 21/8/2021 - jumlah : 391 hits
Sebagai mercu tanda inovasi ASICS dan teknologi GEL ASICS GT II 1986 kembali pada tahun 2021 sebagai rekreasi setia model asal 2021 GT II adalah penghormatan kepada pelari prestasi asal dari tahun 1986 Model ASICS pertama yang tersedia di d...
Hiburan Remy Ishak Tegaskan Belum Ada Perancangan Anak Untuk Tempoh Dua Tahun Perkahwinan

Hiburan Remy Ishak Tegaskan Belum Ada Perancangan Anak Untuk Tempoh Dua Tahun Perkahwinan

papar berkaitan - pada 21/8/2021 - jumlah : 769 hits
Pelakon kesukaan ramai yang bakal melangsungkan perkahwinan pada Sabtu pagi ini menegaskan bahawa dia belum mempunyai sebarang perancangan untuk menimang cahaya mata untuk tempoh dua tahun perkahwinan nanti ARTIKEL BERKAITAN AdvertisementMe...
Hiburan Seniwati Mimi Loma Meninggal Dunia Di Usia 75 Tahun

Hiburan Seniwati Mimi Loma Meninggal Dunia Di Usia 75 Tahun

papar berkaitan - pada 21/8/2021 - jumlah : 346 hits
Pelakon veteran seniwati Mimi Loma dilaporkan telah meninggal dunia pada usia 75 tahun sekitar jam 2 20 pagi tadi ARTIKEL BERKAITAN AdvertisementMenurut anak tunggalnya Sherina Othman 48 Allahyarham tidak mengalami sebarang sakit tenat teta...
Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Reforms Not A Panacea For Weak Ringgit Says Economist

Will The Middle East Conflict Derail Our Economy

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji



Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online

10 Drama Thailand Thai Drama Terbaru Best Juga Tersedia Online


Resepi Char Kuew Teow Udang

Kuih Lopes

Filem Mustaqim

8 Kelebihan Daun Pudina Untuk Kesihatan Dalaman Dan Luaran

Panduan Menjalankan Sujud Sahwi Dalam Solat Dan Sebab Sebab Perlu Sujud Sahwi

April 18 2024 Pesan Orang Alim