5 Kewajipan Utama Anak Perempuan Terhadap Orang Tua Setelah Berkahwin Tolong Jangan Abaikan Rileks Media


Sebagai anak perempuan yang telah menikah, kewajiban yang harus dipenuhi tentu saja bukan lagi hanya kepada orang tua melainkan kepada suaminya. Islam sendiri memberikan perintah kepada muslimah agar selalu mentaati suaminya dan mengikuti suaminya selagi suaminya masih dalam aturan atau syariat islam. Hal ini semata-mata untuk mencapai Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia ,Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam. Semua pencapaian tersebut berdasarkan dengan fungsi agama.
Hal ini sebagiamana disampaikan oleh hadist nabi “Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua” (HR Tirmidzi)
Akan tetapi, tentu saja bukan berarti seorang anak perempuan harus melupakan orang tuanya atau lepas dari tanggung jawabnya terhadap orang tua. Ia masih harus berbakti dan menjadi anak dari orang tuanya. Tentu saja, orang tua telah memberikan jasanya pada kita sejak kecil dan tidak akan pernah terganti atau terhitung sebarapa banyaknya.
Sebagai anak perempuan yang sudah menikah, tentu saja orang tua masih membutuhkan anaknya dan juga berstatus sebagai orang tua. Ketaatan pada orang tentu saja tidak melanggar dan harus menyaingi ketataan kita pada rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam, Hubungan Akhlak Dengan Iman Islam dan Ihsan, dan Hubungan Akhlak dengan Iman. Berikut adalah 5 kewajiban anak perempuan terhadap orang tua setelah berkahwin, yang harus di lakukan.
1. Tetap Berbakti Terhadap Orang Tua
Walaupun sudah menikah, seorang muslimah haruslah tetap taat dan berbakti kepada orang tuanya. Orang tua tentu saja menginginkan yang terbaik dan menasehati yang terbaik untuk anaknya. Untuk itu, terhadap orang tua anak perempuan tidaklah berubah dan tetap harus menghormati.
Sering kali ada orang-orang yang melupakan orang tuanya ketika sudah menikah. Padahal, orang tua tetaplah harus dihargai sebagaimana mereka telah memberikan kasih sayang juga perhatian yang tulus selama kita kecil.
2. Membantu Kehidupan Orang Tua
Ketika orang tua semakin menua, tentunya hal ini menjadi kewajiban bagi kita untuk membantu kehidupannya. Kehidupan orang tua tentu saja semakin tua semakin renta dan membutuhkan perawatan. Suatu saat tentunya kita akan menghadapi masa tersebut dan harus membantunya.
Salah satu yang dapat dibantu oleh kita adalah memberikan bantuan berupa finansial, mengingat mereka di usia tua pasti telah pensiun dan tidak bekerja. Bahkan, mereka jika bisa tidak dianjurkan untuk terus bekerja karena usianya yang sudah tua.
3. Bersilahturahmi dan Menjalin Komunikasi
Anak perempuan dengan orang tua, terutama ibunya harus tetap bersilahturahmi dan menjalin komunikasi yang baik. Silahutrahmi dan komunikasi yang baik tentu saja tidak hanya terjadi ketika sebelum menikah. Ketika sesudah menikah pun bersilahturahmi adalah kewajiban bagi anak perempuan walaupun di tengah kesibukan mengurus suami dan keluarganya.
Hal ini juga disampaikan dalam Al-Quran mengenai silahturahmi,
“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa : 1)
4. Tidak Menyulitkan atau Menggantungkan Diri pada Orang Tua
Tidak menyulitkan dan menggantungkan diri pada orang tua adalah hal yang harus dilakukan setelah menikah. Pada dasarnya anak perempuan tentu sebelum menikah atau bekerja, ia masih dalam tanggung jawab orang tuanya dan harus dinafkahi oleh keluarganya.
Setelah menikah, maka janganlah mempersulit orang tua dan berikan yang terbaik untuk mereka. Hal ini sebagai kewajiban kita agar tidak menyulitkan orang tua yang sudah semakin berusia, malah justru kita harus meringankan bebannya di masa tua.
5. Melayani Orang Tua di Masa Tua
Kewajiban selanjutnya adalah anak perempuan juga jangan melupakan orang tuanya di masa tua walaupun sudah menikah. Kewajiban untuk melayani, menjaga, dan merawat orang tua tetap haruslah dijalankan walaupun tidak boleh 100% atau secara penuh waktu dilakukan. Namun setidaknya sebagaimana anak perempuan, kita telah peduli dan memberikan kasih sayang pada mereka.
Hikmah Melaksanakan Kewajiban Bagi Anak Perempuan
Melaksanakan kewajiban anak perempuan tersebut tentu saja memiliki hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Allah dalam memberikan perintah untuk segala hal pasti memiliki hikmah dan pelajaran yang bisa diambil termasuk juga ketika melaksanakan perintah berbakti kepada orang tua.
Diantara kewajiban anak perempuan setelah menikah tersebut, berikut adalah hikmah yang bisa diambil oleh kita sebagai muslim.
1. Mendapatkan pahala Sebagai Anak yang Berbakti
Dengan melaksanakan kewajiban sebagai anak perempuan terhadap orang tua walaupun sudah menikah, tentu saja kita akan mendapatkan pahala dari apa yang kita lakukan tersebut. Apa yang kita lakukan kepada orang tua dengan kebaikan dan keikhlasan hati tentunya akan mengalirkan pula pahala dari apa yang kita lakukan. Walaupun hal ini tentunya tidak akan sebandung dengan apa yang pernah orang tua kita lakukan kepada kita.
2. Memberikan Kebahagiaan Bagi Orang Tua
Memberikan kebahagiaan pada orang tua adalah hal yang akan berdampak kepada kebahagiaan kita juga. Memberikan kebahagiaan pada orang tua tentunya membuat orang tua lebih sehat, lebih cerah dan ceria. Hal ini karena kebahagiaan orang tua adalah kebahagiaan kita, dan kebahagiaan kita adalah kebahagiaan bagi orang tua.
3. Menjalankan Perintah Islam
Dengan memberikan kebahagiaan dan tetap berbakti kepada orang tua, tentunya kita telah menjalankan perintah islam. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Allah dalam QS Al Isra : 23-24.
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.
Semoga kewajiban yang kita lakukan ini dapat memberikan kebahagiaan di Dunia Menurut Islam, Sukses Menurut Islam, Sukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam. Kasih sayang orang tua sepanjang massa dan kita tidak akan bisa membalasnya sebagiamana mereka mendidik kita waktu kecil.
Sumber : dalamislam
Share syg ibu
Source link
The post 5 Kewajipan Utama Anak Perempuan Terhadap Orang Tua Setelah Berkahwin. Tolong Jangan Abaikan – Rileks Media appeared first on Rilekslah.my.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.rilekslah.my/5-kewajipan-utama-anak-perempuan-terhadap-orang-tua-setelah-berkahwin-tolong-jangan-abaikan-rileks-media/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ibubapa Jangan Lupa Amalkan 7 Doa Terbaik Ini Untuk Anak Anak Berjaya Dunia Akhirat Rileks Media

Ibubapa Jangan Lupa Amalkan 7 Doa Terbaik Ini Untuk Anak Anak Berjaya Dunia Akhirat Rileks Media

papar berkaitan - pada 17/11/2018 - jumlah : 1056 hits
Setiap ibu bapa mengimpikan untuk mendapat anak yang soleh dan solehah Anak yang baik dan mendengar kata kata ibu bapanya Kebanyakan ibu bapa sentiasa mahu memberikan didikan dan ajaran yang terbaik untuk anak mereka Bagi yang beragama Isla...
Amalkan Doa Ini Semasa Mengandung Sampai Melahirkan In Shaallah Anak Mendengar Kata Rileks Media

Amalkan Doa Ini Semasa Mengandung Sampai Melahirkan In Shaallah Anak Mendengar Kata Rileks Media

papar berkaitan - pada 16/11/2018 - jumlah : 221 hits
Waktu hamil ibu bukan saja perlu jaga makan Emosi dan kerohanian juga perlu dipertingkatkan agar bayi yang dikandungkan boleh membesar dalam perut dengan tenang dan sihat emosinya Pesanan yang dikongsikan oleh Puan Tohirah Sufi Pengasas Rum...
Tolong Jangan Judge Ibu Ibu Yang Perlukan Me Time Me Time Tak Bermakna Tak Sayangkan Suami Anak

Tolong Jangan Judge Ibu Ibu Yang Perlukan Me Time Me Time Tak Bermakna Tak Sayangkan Suami Anak

papar berkaitan - pada 20/11/2018 - jumlah : 327 hits
Akhir akhir ini banyak diperkatakan tentang me time bagi seorang ibu Namun ramai pula yang memandang ibu ibu yang perlukan me time sebagai ibu yang tak sayangkan suami anak dan pentingkan diri sendiri Ibu ini mengutarakan pandangannya Me ti...
Nak Bagi Ke Tak Jangan Sampai Abang Makan Anak Perempuan Kita Sendiri Suami Durjana

Nak Bagi Ke Tak Jangan Sampai Abang Makan Anak Perempuan Kita Sendiri Suami Durjana

papar berkaitan - pada 11/11/2018 - jumlah : 478 hits
Nak Bagi Ke Tak Jangan Sampai Abang Makan Anak Perempuan Kita Sendiri Suami DurjanaNak Bagi Ke Tak Jangan Sampai Abang Makan Anak Perempuan Kita Sendiri Suami Durjana
Ramai Suami Tidak Sedar Allah Laknat Suami Yang Melakukan 7 Perkara Ini Terhadap Isterinya Rileks Media

Ramai Suami Tidak Sedar Allah Laknat Suami Yang Melakukan 7 Perkara Ini Terhadap Isterinya Rileks Media

papar berkaitan - pada 16/11/2018 - jumlah : 318 hits
Duhai saudara seislam ada beberapa hal yang boleh buat seorang suami dianggap berbuat derhaka pada istri dan akan mendapatkan ganjarannya Dan laknat Allah beberapa di antaranya sebagai berikut 1 Menjadikan Istri Sebagai Pemimpin Rumah Tangg...
Jangan Berkira Sangat Dengan Anak Rezeki Kita Makin Murah Mama Papa Take Note

Jangan Berkira Sangat Dengan Anak Rezeki Kita Makin Murah Mama Papa Take Note

papar berkaitan - pada 17/11/2018 - jumlah : 301 hits
Bila kita nak belikan sesuatu buat anak kita selalu fikir berkali kali sedangkan bila kita nak belikan telefon mahal atau tudung sekalipun kita beli tanpa banyak fikir Jangan berkira sangat dengan anak anak amanah Allah pada kita Hakikatnya...
Hei Mazslee Jangan Sampai Anak Muda Terpaksa Melacur

Hei Mazslee Jangan Sampai Anak Muda Terpaksa Melacur

papar berkaitan - pada 16/11/2018 - jumlah : 141 hits
Wartawan Watan Online Hasrat 15 mahasiswa yang berjalan kaki hari ini berarak dari Universiti Malaya ke bangunan Parlimen sejauh sembilan kilometer untuk membantah PTPTN dan menyerahkan memorandum kepada Menteri Pendidikan Dr Mazslee Malik ...
Nak Murah Rezeki Jangan Kedekut Dan Berkira Dengan Anak

Nak Murah Rezeki Jangan Kedekut Dan Berkira Dengan Anak

papar berkaitan - pada 15/11/2018 - jumlah : 2090 hits
Nak murah rezeki Jangan Kedekut Dan Berkira Dengan Anak Tips lapang rezeki dengan rezeki anak anak 1 Selalulah belanja anak anak makan Kita kerja susah payah pun sebab nak bagi anak anak kita dapat makan sedap sedap macam orang lain 2 Minta...
5 Cara Menghalau Monyet Dan Babi Hutan Tanpa Membunuh

Duit Asb 2021 Cara Keluarkan Secara Online

Hopping Elected Reps Wooed By Money Politics Says Ex Dpm Musa Hitam

Nasib Hangpa Orang Kedah Ooi Bila Dapat Mb Balak

Bukan Melayu Tegur Perempuan Melayu

Photos Of Tok Pa Travelling By Bus To Kota Baru Go Viral

Video Sampai Gitu Sekali Koyak Main Futsal 25 Geng Isarb Hafiz Balun Seorang Lelaki

Anwar Ibrahim Basuh Sprm Kaw Kaw



Ganja Tumbuh Meliar di Kampung Tersembunyi Himalaya Ini Malana Village

6 Tahap Kawalan Autonomi Kenderaan Yang Bakal Menggantikan Manusia

Mengapa Majoriti Sekolah di Dunia Mewajibkan Uniform

Biodata 12 Fakta Instafamous Coki TikTok Yang Ramai Tak Tahu

Apa Yang Berlaku Jika Anda Disedut Ke Dalam Lubang Empangan


Pkpb Pkpp Motac Keluar Senarai Premis Pelancongan Dibenar Beroperasi

Jiran Kes Tembak Isteri Tak Sanggup Subahat

Saya Sudah Keluar Jemaah Tabligh Zul Yahya

Kuo Apple Akan Melancarkan Set Kepala Ar Tahun 2022 Dan Apple Glass Pada Tahun 2025

5 Tips Dan Cara Paling Pantas Untuk Menurunkan Bounce Rate Blog

12 Popular Foods To Enjoy At Cherry Blossom Viewing