15 Bidang Ilmu Yang Harus Dikuasai Untuk Menafsirkan Al Qur An


SEBELUM MENAFSIRKAN AL-QURAN, KUASAI DULU 15 BIDANG ILMU
Sebelum anda ingin menafsirkan Al-Quran, berikut 15 bidang ilmu yang harus dikuasai:

1. Ilmu Lughat (filologi), yaitu ilmu untuk mengetahui arti setiap kata al Quran. Mujahid rah.a. berkata, “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka tidak layak baginya berkomentar tentang ayat2 al Quran tanpa mengetahui ilmu lughat. Sedikit pengetahuan tentang lughat tidaklah cukup karena kadangkala satu kata mengandung berbagai arti. Jika mengetahui satu atau dua arti, tidaklah cukup. Bisa jadi kata itu mempunyai arti dan maksud yg berbeda.

2. Ilmu Nahwu (tata bahasa), Sangat penting mengetahui ilmu Nahwu, karena sedikit saja I’rab (bacaan akhir kata) berubah akan mengubah arti perkataan itu. Sedangkan pengetahuan tentang I’rab hanya didapat dlm ilmu Nahwu.

3. Ilmu Sharaf (perubahan bentuk kata), Mengetahui Ilmu sharaf sangat penting, karena perubahan sedikit bentuk suatu kata akan mengubah maknanya. Ibnu Faris berkata, “Jika seseorang tidak mempunyai ilmu sharaf, berarti ia telah kehilangan banyak hal.” Dalam Ujubatut Tafsir, Syaikh Zamakhsyari rah.a. menulis bahwa ada seseorang yang menerjemahkan ayat al Quran yg berbunyi:
“(Ingatlah) pada suatu hari (yang pada hari itu) kami panggil setiap umat dengan pemimpinya. “(Qs. Al Isra [17]:71)

يَوْمَ نَدْعُو كُلَّ أُنَاسٍ بِإِمَامِهِمْ ۖ فَمَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ فَأُولَٰئِكَ يَقْرَءُونَ كِتَابَهُمْ وَلَا يُظْلَمُونَ فَتِيلًا(Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya; dan barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.
Karena ketidaktahuannya tentang ilmu sharaf, ia menerjemahkan ayat itu seperti ini:“pada hari ketika manusia dipanggil dengan ibu2 mereka.” Ia mengira bahwa kata ‘imaam’ (pemimpin) yg merupakan bentuk mufrad (tunggal) adalah bentuk jamak dari kata ‘um’ (ibu). Jika ia memahami ilmu sharaf, tidak mungkin akan mengartikan ‘imaam’ sebagai ibu-ibu.

4. Imu Isytiqaq (akar kata, Mengetahui ilmu isytiqaq sangatlah penting. Dengan ilmu ini dapat diketahui asal-usul kata. Ada beberapa kata yg berasal dari dua kata yg berbeda, sehingga berbeda makna. Seperti kata ‘masih’ berasal dari kata ‘masah’ yg artinya menyentuh atau menggerakkan tangan yg basah ke atas suatu benda, atau juga berasal dari kata ‘masahat’ yg berarti ukuran.

5. Ilmu Ma’ani, Ilmu ini sangat penting di ketahui, karena dgn ilmu ini susunan kalimat dapat di ketahui dgn melihat maknanya.

6. Ilmu Bayaan, Yaitu ilmu yg mempelajari makna kata yg zhahir dan yg tersembunyi, juga mempelajari kiasan serta permisalan kata.

7. Ilmu Badi’, yakni ilmu yg mempelajari keindahan bahasa. Ketiga bidang ilmu di atas juga di sebut sebagai cabang ilmu balaghah yg sangat penting dimiliki oleh para ahli tafsir. Al Quran adalah mukjizat yg agung, maka dgn ilmu2 di atas, kemukjizatan al Quran dapat di ketahui.

8. Ilmu Qira’at, Ilmu ini sangat penting dipelajari, karena perbedaan bacaan dapat mengubah makna ayat. Ilmu ini membantu menentukan makna paling tepat di antara makna-makna suatu kata.

9. Ilmu Aqa’id, Ilmu yang sangat penting di pelajari ini mempelajari dasar2 keimanan, kadangkala ada satu ayat yg arti zhahirnya tidak mungkin diperuntukkan bagi Allah swt. Untuk memahaminya diperlukan takwil ayat itu, seperti ayat:
“Tangan Allah di atas tangan mereka.” (Qs. Al Faht 48]:10)
Ahli tafsir mentafsiri makna tersebut, "Kekuasaan Allah di atas tangan mereka.

إِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ إِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللَّهَ يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِمْ ۚ فَمَنْ نَكَثَ فَإِنَّمَا يَنْكُثُ عَلَىٰ نَفْسِهِ ۖ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًاBahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Kekuasaan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.  10. Ushul Fiqih, Mempelajari ilmu ushul fiqih sangat penting, karena dengan ilmu ini kita dapat mengambil dalil dan menggali hukum dari suatu ayat.

11. Ilmu Asbabun-Nuzul, Yaitu ilmu untuk mengetahui sebab2 turunnya ayat al Quran. Dengan mengetahui sebab2 turunnya, maka maksud suatu ayat mudah di pahami. Karena kadangkala maksud suatu ayat itu bergantung pada asbabun nuzul-nya.

12. Ilmu Nasikh Mansukh, Dengan ilmu ini dapat dipelajari suatu hokum uang sudah di hapus dan hokum yg masih tetap berlaku.

13. Ilmu Fiqih, Ilmu ini sangat penting dipelajari. Dengan menguasai hukum2 yg rinci akan mudah mengetahui hukum global.

14. Ilmu Hadist, Ilmu untuk mengetahui hadits2 yg menafsirkan ayat-ayat al Quran.

15. Ilmu Wahbi, Ilmu khusus yang di berikan Allah kepada hamba-nya yg istimewa, sebagaimana sabda Nabi Saw..,,
“Barangsiapa mengamalkan apa yg ia ketahui, maka Allah akan memberikan kepadanya ilmu yg tidak ia ketahui.”

Juga sebagaimana disebutkan dalam riwayat, bahwa Ali r.a. pernah ditanya oleh seseorang, “Apakah rasulullah telah memberimu suatu ilmu atau nasihat khusus yang tidak di berikan kepada orang lain?” Maka ia menjawab, “Demi Allah, demi Yang menciptakan Surga dan jiwa. Aku tidak memiliki sesuatu yang khusus kecuali pemahaman al Quran yang Allah berikan kepada hamba-Nya.” Ibnu Abi Dunya berkata, “Ilmu al Quran dan pengetahuan yang didapat darinya seperti lautan yang tak bertepi.
Ilmu2 yg telah diterangkan di atas adalah alat bagi para mufassir al Quran. Seseorang yg tidak memiliki ilmu2 tersebut lalu menfsirkan al Quran, berarti ia telah menafsirkannya menurut pendapatnya sendiri, yang larangannya telah di sebutkan dalam banyak hadist. Para sahabat telah memperoleh ilmu bahasa Arab secara turun temurun, dan ilmu lainnya mereka dapatkan melalui cahaya Nubuwwah.

Iman Suyuthi rah.a. berkata, “Mungkin kalian berpendapat bahwa ilmu Wahbi itu berada di luar kemampuan manusia. Padahal tidak demikian, karena Allah sendiri telah menunjukkan caranya, misalnya dgn mengamalkan ilmu yg dimiliki dan tidak mencintai dunia.”
Tertulis dalam Kimia’us Sa’aadah bahwa ada tiga orang yang tidak akan mampu menafsirkan al Quran:
(1) Orang yg tidak memahami bahasa Arab.
(2) Orang yg berbuat dosa besar, karena perbuatan itu akan membuat hatinya menjadi gelap dan menutupi pemahamannya terhadap al Quran.
(3) Orang yg dalam aqidahnya hanya mengakui makna zhahir nash. Jika ia membaca ayat-ayat al Quran yg tidak sesuai dengan pikirannya (logikanya), maka ia akan gelisah. Orang seperti ini tidak akan mampu memahami al Quran dengan benar.
Wallohu a’lam. https://www.facebook.com/AhmadZuhudID/

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ...

Semoga bermanfaat.

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://prabuagungalfayed.blogspot.com/2019/05/15-bidang-ilmu-yang-harus-dikuasai.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Pertahankan Kedaulatan Indonesia Harus Pertegas Definisi Deforestasi

Pertahankan Kedaulatan Indonesia Harus Pertegas Definisi Deforestasi

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 177 hits
Pemerintah dinilai perlu meredefinisi pemahaman deforestasi dan tata kelola hutan berkelanjutan yang memenuhi aspek umum spesifik terukur memperhatikan isu isu berkembang konsisten serta mudah dipahami pada tingkat tapak untuk mempertahanka...
Umno Harus Diberi Nafas Baru Gerakan Bawa Balik Ahmad Zahid Bukan Sesuatu Yang Baik Untuk Umno

Umno Harus Diberi Nafas Baru Gerakan Bawa Balik Ahmad Zahid Bukan Sesuatu Yang Baik Untuk Umno

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 237 hits
foto sumber internetJOHOR BARU 20 Mei Gerakan untuk membawa balik Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi dan mengambil semula tugas sebagai Presiden Umno bukan sesuatu yang baik untuk parti itu yang baharu sahaja bangkit dan bergerak ke hadapan K...
Bila Lolos Ke Senayan Ahmad Syaikhu Harus Pilih Dpr Atau Wagub Dki

Bila Lolos Ke Senayan Ahmad Syaikhu Harus Pilih Dpr Atau Wagub Dki

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 191 hits
Kendati begitu Bestari menyebut aturan tersebut belum final dan masih akan dibahas bersama anggota DPRD lainnya Selain itu pihaknya juga akan meminta masukan kepada Kementerian Dalam Negeri
Ini Hal Yang Harus Ditaati Pasien Hipertensi Jika Ingin Tetap Berpuasa

Ini Hal Yang Harus Ditaati Pasien Hipertensi Jika Ingin Tetap Berpuasa

papar berkaitan - pada 21/5/2019 - jumlah : 205 hits
Triyani Kresnawan Dietisien Instalasi Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa orang dengan hipertensi boleh berpuasa Tentunya harus disesuaikan dengan kondisi yang dimiliki pasien
A Bloom Produk Terbaru Althea Yang Comel Dan Harus Dicuba

A Bloom Produk Terbaru Althea Yang Comel Dan Harus Dicuba

papar berkaitan - pada 19/5/2019 - jumlah : 357 hits
Hai korang Althea keluarkan lagi produk baru tapi kali ini paling comel Tak sabar nak guna tapi sayang nak guna pun hado sebab comel sangat Hihi Korang pernah tak shopping di Althea Confirm pernah kan Bila last korang shopping Tahu tak seka...
Begini Menu Sahur Dan Buka Puasa Kaya Gizi Yang Harus Kamu Terapkan Selama Ramadan

Begini Menu Sahur Dan Buka Puasa Kaya Gizi Yang Harus Kamu Terapkan Selama Ramadan

papar berkaitan - pada 20/5/2019 - jumlah : 296 hits
Triyani Kresnawan Dietisian Instalasi Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan apabila makan tidak diatur dan berlebihan puasa Ramadan tidak akan berpengaruh banyak pada keadaan tubuh
Wapres Jk Pesan Kabinet Jokowi Ma Ruf Harus Perkuat Ekonomi

Wapres Jk Pesan Kabinet Jokowi Ma Ruf Harus Perkuat Ekonomi

papar berkaitan - pada 22/5/2019 - jumlah : 199 hits
Karena ekonomi berhubungan dengan kemakmuran kesejahteraan dalam kondisi perang dagang dengan China Amerika Eropa tentu banyak tantangan tantangannya dan itu harus dilalui kata JK
Konsultasi Zakat 16 Zakat Dari Usaha Tas Apakah Harus Menunggu Satu Tahun

Konsultasi Zakat 16 Zakat Dari Usaha Tas Apakah Harus Menunggu Satu Tahun

papar berkaitan - pada 22/5/2019 - jumlah : 241 hits
Zakat dari usaha tas apakaha harus menunggu haul atau langsung dikeluarkan ketika mendapatkan penghasilan tiap bulan Posting ditampilkan lebih awal di
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja

The Hardest Singing Show

Beyond Pregnancy And Weight Loss Maryland Breast Augmentation Solutions

Anwar Mahu Saman Individu Sebar Fitnah Isu Kasino

Drama Puaka Cuti Semester Lakonan Mark Adam Zaki Azeman

Cerita Foto Sepanjang Minggu

Jkn Pahang Rampas Produk Ubat Tidak Berdaftar Kosmetik Tiada Notifikasi Bernilai Rm1 Juta



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Sekarang Umno Pula Bawa Masuk Dap Ke Selangor Noh Omar

Kerana Terima Isteri Mesej Dari Sayang Suami Nekad Cangkul Isteri Sampai Mati

Selalu Orang Salah Ni Cakap Last Tidak Dapat Tahan Sebak Aliff Aziz Dedah Alasan Sebar Cerita Bella Astillah Curang

Resepi Udang Berempah Kurma

The Debut Of Huawei Pura 70 Series

Exploring The Impact Of Aluminum In Contemporary Design