13 Rukun Salat Yang Wajib Dipenuhi Apa Saja



Umat muslim di Indonesia mayoritas menggunakan fiqih Mazhab Syafi’i karena para ulama penyebar Islam di Tanah Air dulunya bermazhab Syafi’i. Mereka berasal dari Hadhramaut Yaman Selatan.
Dalam Mazhab Syafi’i, rukun salat ada 13. Rukun salat ini hukumnya wajib dikerjakan. Apabila seseorang tidak mengerjakan salah satu rukun salat maka salatnya tidak sah, misalnya tidak membaca Al-Fatihah.
Berikut 13 Rukun Salat yang Wajib Diketahui
1. Niat.
Niat adalah maksud melakukan sesuatu disertai dengan perbuatan. Letaknya dalam hati. Dalam Mazhab Syafi’i, disunnahkan dilafazkan menjelang Takbiratul Ihram dan wajib menentukan jenis salat yang akan dilakukan begitu pula bilangan rakaatnya.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ إِنَّمَا الأَعْمَالُ بالنِّيَّاتِ وإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ ما نَوَى (حديث النية تقدم في درس الوضوء)
Rasulallah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya.” (HR Muslim)
Tujuan melafazkan niat untuk mengingatkan hati agar lebih siap dalam melaksanakan salat sehingga mendorong kepada kekhusyukan dan menjauhkan dari waswas dan keraguan.
2. Takbiratul Ihram
Yaitu mengucapkan lafaz “Allahu Akbar” pada saat memulai salat. Berikut dalinya:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ دَخَلَ الْمَسْجِدَ ، فَدَخَلَ رَجُلٌ فَصَلَّى فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَرَدَّ ، وَقَالَ : ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ ، فَرَجَعَ يُصَلِّي كَمَا صَلَّى ثُمَّ جَاءَ فَسَلَّمَ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ ، ثَلَاثًا ، فَقَالَ : وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ مَا أُحْسِنُ غَيْرَهُ ، فَعَلِّمْنِي ، فَقَالَ : إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ، ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ، ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْدِلَ قَائِمًا ، ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ، ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ، وَافْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا (رواه الشيخان)
Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah masuk masjid. Lalu ada seorang lelaki masuk dan melakukan shalat. Setelah selesai ia datang dan memberi salam kepada Rasulullah. Beliau menjawab salamnya lalu bersabda: Kembalilah dan shalatlah, karena sesungguhnya kamu belum shalat. Lelaki itu kembali shalat. Setelah shalatnya yang kedua ia mendatangi Nabi صلى الله عليه وسلم dan memberi salam. Kemudian beliau bersabda lagi: Kembalilah dan shalatlah, karena sesungguhnya kamu belum shalat. Sehingga orang itu mengulangi shalatnya sebanyak tiga kali. Lelaki itu berkata: Demi Dzat yang mengutus Kamu dengan membawa kebenaran, saya tidak dapat mengerjakan yang lebih baik daripada ini semua. Ajarilah saya. Beliau bersabda: “Bila kamu melakukan shalat, bertakbirlah. Bacalah bacaan dari Al-Qur’an yang mudah bagimu. Setelah itu ruku’ hingga kamu tenang dalam ruku’mu. Bangunlah hingga berdiri tegak. Lalu bersujudlah hingga kamu tenang dalam sujudmu. Bangunlah hingga kamu tenang dalam dudukmu. Kerjakanlah semua itu dalam seluruh shalatmu. (HR Al-Bukhari, Muslim)
3. Berdiri Bagi yang Mampu (Sehat)
Yaitu berdiri tegak. Jika tidak mampu maka shalat dalam keadaan duduk, jika tidak mampu juga maka shalat sambil berbaring diatas rusuk kanan menghadap kiblat. Jika tidak mampu juga maka shalat sambil tidur terlentang.
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ لِعِمْرَانَ ابْنِ حُصَيْن رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ (رواه الشيخان)
Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda kepada Imran bin Al-Hushain, “Shalatlah kamu dalam keadaan berdiri, jika tidak mampu maka shalatlah dalam keadaan duduk, jika tidak mampu maka shalatlah kamu sambil berbaring.” (HR Al-Bukhari)
عَنْ أَبِي هرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إذا أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ فَأْتُوْا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ (رواه الشيخان)
Dari Abi Hurairah, Rasulallah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Jika aku perintahkan kalian atas satu perkara maka lakukanlah sedapat (semampu) mungkin”. (HR Al-Bukhari Muslim)
4. Membaca Surat Al-Fatihah
Yaitu membacanya dalam shalat dengan bacaan yang benar tajwid dan tartibnya. Membaca Surat Al-Fatihah hukumnya wajib bagi imam dan makmum atau orang yang shalat sendirian, dibaca setiap rakaat. Semua ulama berpendapat bahwa hukum membaca Al-Fatihah di dalam shalat adalah wajib, tidak sah shalat tanpa membaca Al-Fatihah.
عَنْ ‏عُبَادَة بِنْ الصَامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِأُمِّ الْكِتَابِ (رواه الشيخان)
Dari Ubadah bin ash-Shamit, Rasulallah صلى الله عليه وسلم bersabda: “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al-Fatihah).” (HR Al-Bukhari, Muslim)
عَنْ ‏عُبَادَة بِنْ الصَامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصُّبْحَ ، فَثَقُلَتْ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةُ ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : إِنِّي أَرَاكُمْ تَقْرَءُونَ وَرَاءَ إِمَامِكُمْ ! قَالَ : قُلْنَا : وَاللهِ أَجَلْ يَا رَسُولَ اللَّهِ نَفْعَلُ هَذَا ، قَالَ : لا تَفْعَلُوا إِلاَّ بِأُمِّ الكِتَابِ ، فَإِنَّهُ لا صَلاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِهَا (حسن صحيح أبو داود و الترمذي وغيرهما)
Dari Ubadah bin Shamit berkata: “Rasulullah صلى الله عليه وسلم shalat berjamaah bersama kami shalat Subuh. Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم membaca suatu bacaan, kemudian beliau merasa berat dengan bacaan itu. Setelah selesai, beliau bersabda: “Apakah kamu membaca (sesuatu) di belakang imam kamu?” Kami menjawab: “Benar, Ya Rasulullah.” Beliau bersabda: “Janganlah kamu mengerjakan hal itu kecuali membaca Al-Fatihah (ummul Kitab), karena sesungguhnya tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah.” (HR Abu Dawud, At-tirmidzi dll).
Basmalah (Bismillah ar-rahman ar-rahim) temasuk awal ayat dari surat Al-Fatihah dan surat-surat lainya kecuali surat Baraah (At-Taubah).
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي الصَّلاةِ « بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ » ، فَعَدَّهَا آيَةً (صحيح ابن خزيمة)
Dari Ummu Salamah bahwa, “Rasulallah صلى الله عليه وسلم membaca Bismillahi Ar-Rahmaan Ar-Rahiim di awal Surat Al-Fatihah dalam shalat, dan beliau menganggapnya sebagai satu ayat”. (HR Ibnu Khuzaimah, Sahih)
Begitu pula menurut ijma’ para sahabat Nabi yang telah ditetapkan dalam Al-Mushaf bahwa basmalah (Bismillah ar-rahman ar-rahim) merupakan ayat pertama dalam Surat al-Fatihah dan surat-surat lainya kecuali surat Baraah.
5. Ruku’
Yaitu menundukkan kepala, tidak mengangkatnya dan disejajarkan dengan punggung beberapa saat sehingga tenang dalam ruku’. Begitu pula meletakkan kedua tangan di atas lutut dengan sebaik-baiknya, lalu merenggangkan jari-jari seolah-olah menggenggam kedua lutut.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ : ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا (رواه الشيخان)
Sesuai hadis sebelumnya dari Abu Hurairah: “Setelah itu rukulah hingga kamu tenang dalam rukumu”. (HR Al-Bukhari, Muslim)
لِمَا صَحَّ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّم يَنْحَنِى حَتَّى تَنَالَ رَاحَتَاهُ رُكْبَتَيْهِ (رواه البخاري)
Dalam riwayat lain sesungguhnya Rasulallah صلى الله عليه وسلم menunduk sehingga tenang di atas lututnya.” (HR Al-Bukhari)
6. I’tidal (Kembali berdiri dari Ruku’)
Yaitu mengangkat punggung dari ruku sehingga posisinya kembali berdiri dengan syarat harus thuma’ninah. Sesuai dengan hadis tersebut di atas.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ : ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْدِلَ قَائِمًا (رواه الشيخان)
Sesuai hadis sebelumnya dari Abu Hurairah: “Bangunlah hingga berdiri tegak”. (HR Al-Bukhari, Muslim)
7. Sujud
Yaitu sekurang-kurangnya meletakkan kedua lutut, kedua telapak tangan dengan seluruh jari-jarinya. Begitu pula dahi dan hidung ditempelkan ke lantai dan menegakkan kedua kaki serta menghadapkan ujung jari kaki ke kiblat. Begitu pula berthuma’ninah dalam sujud.
Sesuai dengan hadis di atas:
The post 13 Rukun Salat yang Wajib Dipenuhi, Apa Saja? appeared first on Ayo Baca.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://congkop.xyz/2021/01/25/13-rukun-salat-yang-wajib-dipenuhi-apa-saja/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
3 Syarat Yang Wajib Dipenuhi Agar Taubat Sah Dan Diterima Allah Swt

3 Syarat Yang Wajib Dipenuhi Agar Taubat Sah Dan Diterima Allah Swt

papar berkaitan - pada 28/1/2021 - jumlah : 129 hits
Taubat bukan sebatas memohon ampunan Allah SWT Taubat dilengkapi dengan 3 syarat untuk menjadikannya sah dan sempurna Jadi jika selama ini hanya sekedar memohon ampun maka kamu juga perlu tahu dua syarat lainnya agar taubatmu diterima Allah...
Berapa Saja Yang Ada Di Kedah Jadinya Elok Jugak Tu Batalkan Perkara Tersebut

Berapa Saja Yang Ada Di Kedah Jadinya Elok Jugak Tu Batalkan Perkara Tersebut

papar berkaitan - pada 22/1/2021 - jumlah : 116 hits
Mic nasihat Pas didik MB KedahTimbalan Presiden MIC M Saravanan menasihatkan kepimpinan PAS supaya mendidik Menteri Besar Kedah Muhammad Sanusi Mohd Nor Katanya MIC dan PAS telahpun menjalin hubungan mesra tetapi tindakan Sanusi menguji ker...
5316 Tak Makan Berhari Hari Tak Kan Nak Lihat Saja Tanpa Membantu Tv Ppim 22 01 2021

5316 Tak Makan Berhari Hari Tak Kan Nak Lihat Saja Tanpa Membantu Tv Ppim 22 01 2021

papar berkaitan - pada 23/1/2021 - jumlah : 114 hits
Dah masuk tahun 2021 tapi ramai lagi yang masih kebuluran di Malaysia Sejak PKP dilaksanakan kembali ramai yang hilang pendapatan sampai nak beli makanan pun tak mampu Adakah anda mampu melihat saja tanpa menghulurkan sedikit bantuan KAMI P...
Cakap Pun Tak Lut Anak Makin Ringan Tangan Kuat Mengamuk Bukan Saja Saja Tapi Ini Sebabnya

Cakap Pun Tak Lut Anak Makin Ringan Tangan Kuat Mengamuk Bukan Saja Saja Tapi Ini Sebabnya

papar berkaitan - pada 22/1/2021 - jumlah : 117 hits
Anak degil suka pukul mengamuk tak tentu pasal pasti ada sebabnya Kurang perhatian atau tersalah cara didikan antara penyebab anak berubah tingkah laku sebegini sekali Pun begitu pemakanan anak juga mendorong kepada sikap sebegini Inilah ya...
Proud Of Her 2 Kali Saja Tersasar Pengasuh Kongsi Tip Potty Training Aafiyah

Proud Of Her 2 Kali Saja Tersasar Pengasuh Kongsi Tip Potty Training Aafiyah

papar berkaitan - pada 20/1/2021 - jumlah : 133 hits
Apabila anak sudah mula memahami dan boleh memberitahu kepada kita ia adalah masa yang tepat untuk melatih anak potty training Anak kesayangan Datuk Seri Siti Nurhaliza Aafiyah juga rupanya kini sedang dilatih pengasuhnya untuk tidak lagi m...
Tiba Tiba Saja Rakyat Terkenangkan Kisah Notebook 1 Malaysia Dan Cermin Mata 1 Malaysia Dah Buang Tebiat Agaknya

Tiba Tiba Saja Rakyat Terkenangkan Kisah Notebook 1 Malaysia Dan Cermin Mata 1 Malaysia Dah Buang Tebiat Agaknya

papar berkaitan - pada 25/1/2021 - jumlah : 198 hits
FITRAH MANUSIA HANYA MAMPU TERKENANG DAN SESAL TATKALA IANYA SUDAH TIDAK LAGI BERADA DI HADAPAN KITA DALAM GENGGAMAN KITA Tuai padi antara masak Esok jangan layu layuan Intai kami antara nampak Esok jangan rindu rinduan Tulisan Nak masuk in...
039 Parodi Suka Suka Saja 039

039 Parodi Suka Suka Saja 039

papar berkaitan - pada 29/1/2021 - jumlah : 117 hits
Kuala Lumpur Saya rakam dan muat naik video itu untuk suka suka saja bagi memenuhi permintaan rakan tetapi tak sangka pula ia mendapat perhatian warganet hingga tular di laman sosial kata juruteknik penyelenggaraan Mohammad Fadhil Md Yaziz ...
Bukit Dipotong Empangan Pecah Dan Banjir Lumpur Yang Mengerikan

Pengantin Terima Hantaran Kamen Rider Tambahan Kepada Koleksi Bernilai Rm500 000 Cuma Sikit Kecewa Ada Plan Tak Menjadi

Poster Sticker Poster Tangga Peraturan Norma Baharu Di Sekolah

Pinjamkan Semangatmu

Dapat Call Kucing Tak Dapat Diselamatkan G1gih Pergi Jumpa Doktor Dalam Keadaan Sedih

Badak Harapkan Keajaiban Kemenangan

Plays Org Main Game Secara Percuma

Kartun Isu Epl



5 Rakyat Malaysia Yang Telah Selamat Menjadi Meme Internet

Biodata Asha Merican Pelakon Drama Berepisod The Hotel

6 Penjenayah yang Menghadiri Pengebumian Mangsanya

Biodata 10 Fakta Youtuber Alieff Irfan Suami Bella Yang Ramai Tak Tahu

Biodata Bella Isteri Youtuber Alieff Irfan


Isu Wang 1mdb Di Akaun Suami Zeti Di Singapura Kembali Viral Umno Harus Buat Tekanan

Berbaloi Ke Beli Hyundai Kona N Line

R Kelly Mocked As His Alleged Current Net Worth Is Negative 2 Million

Kenapa Awak Comel Sangat

Kisah Seorang Lelaki Meminta Maaf Setelah Mengfitnah Seorang Ulama

Tampilan Anak Keladi Dari Keratan Ubinya