11 Geo Lkpd 364 Pengaruh Kebudayaan Global Terhadap Kebudayaan Nasional


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK GEOGRAFI 11 IPS

IPK 364 Menganalisis pengaruh kebudayaan global terhadap kebudayaan nasional

SENIN, 27 MARET 2023 JP 3-5

 

Langkah pengerjaan

1.        Kerjakan secara mandiri dengan bertanggung jawab di buku PS Geografimu.

2.        Mohon maaf, pengerjakan LKPD ini tak boleh menggunakan sumber dari internet.

3.        Dikumpulkan ke meja gurunya dengan dikoordinasikan oleh ketua kelas paling lambat Snein, 27 Maret 2023 pukul 11.05 WIB.

 

Cermati artikel berikut!

PENGARUH BUDAYA K-POP TERHADAP IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA 

 

K-pop, kepanjangan dari Korean Pop adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Kebudayaan Korea Selatan seperti musik pop, drama atau serial, fashion, produk kecantikan, dan artis Korea yang sudah populer di mancanegara. Kebudayaan K-Pop sekarang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia sejak sepuluh tahun terakhir. Hal ini terjadi dikarenakan Piala Dunia Korea-Jepang tahun 2002 yang berakhir dengan Korea yang masuk ke dalam empat besar dunia. Hal ini juga disebabkan dengan semakin majunya teknologi digitalisasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet. 

 

Masyarakat cenderung mudah terbawa arus mengikuti kebudayaan luar dan hal ini mengancam identitas nasional bangsa Indonesia. Musik pop Korea premodern pertama kali muncul pada tahun 1930-an akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut mempengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea. Budaya Korea berkembang begitu pesatnya dan meluas serta diterima publik sampai menghasilkan sebuah fenomena demam Korean Wave. (Simbar,2016). Korean wave merepresentasikan bagaimana budaya melebur dan bahkan bergeser dari konstruksi asalnya menjadi konsep yang baru. Dalam penelitian ini, peleburan budaya kemudian menjadi wujud baru yaitu budaya populer. (Ridaryanthi, 2014).

 

Dari data dan fakta yang sudah didapat, identitas bangsa Indonesia mulai terancam karena begitu kuatnya pengaruh K-pop sehingga masyarakat sudah sulit untuk memfilter dampak yang baik dan buruk. Dampak positifnya masyarakat bisa mempelajari bahasa Korea karena ketertarikannya di bidang K-Pop. Selain itu, sekarang mulai banyak aplikasi yang menyediakan layanan bagi penggemar K-Pop untuk membentuk relasi pertemanan dengan penggemar K-Pop lainnya dan tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga ada di luar Indonesia seperti Korea, Jepang, Thailand, dan lain-lain. 

 

Dampak negatifnya yaitu karena rasa keingintahuan masyarakat yang tinggi menjadi penyebabnya sehingga masyarakat menjadi konsumtif. Sifat konsumtif ini menumbuhkan sifat hedonisme yang mengganggu kestabilan identitas nasional. Hal lainnya masyarakat cenderung bertingkah laku dan berpakaian seperti artis K-pop favorit mereka. Identitas nasional dikhawatirkan semakin lama dapat pudar. Generasi sekarang dinilai kurang memiliki jati diri nasionalisme yang tinggi.  

 

Dilihat dari beberapa contoh seperti sikap acuh tak acuh terhadap bangsa Indonesia. Kemudian para generasi muda yang cenderung memaknai hari besar nasional seperti sumpah pemuda, hari kemerdekaan, dan hari pahlawan hanya sebagai upacara dan hiburan belaka tanpa mereka paham makna hari besar nasional yang sebenarnya. Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap sosial masyarakat yang semula irasional menjadi rasional. Kita, sebagai masyarakat Indonesia harus berupaya untuk bisa meningkatkan kembali budaya Indonesia. Identitas nasional seperti Bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan lain-lain hanyalah simbol bahwa bangsa Indonesia masih berdiri. Padahal hal yang penting yaitu semangat berjuang memberantas penjajah dan mempertahankan identitas Indonesia dari pengaruh budaya luar. Dilema identitas nasional yang terjadi di masyarakat terus mengalami perubahan di berbagai aspek kehidupan. Diperlukan upaya untuk mengembalikan identitas bangsa Indonesia, misalnya dengan mengadakan lomba tarian daerah, lagu daerah, cerdas cermat mengenai kebudayaan Indonesia. Hal ini dirasa dapat meningkatkan kembali identitas bangsa yang hampir pudar.

 

Berdasarkan pemaparan analisis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat mulai terbawa arus dengan dunia K-pop yang sedang berkembang dikarenakan adanya globalisasi. Hal ini dinilai menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia karena menumbuhkan sifat hedonisme dan konsumerisme di kalangan generasi muda. Timbulnya dampak negatif dari fenomena korean wave membuat generasi sekarang dinilai kurang memiliki jati diri nasionalisme yang tinggi dan tidak sedikit juga yang memiliki sikap acuh tak acuh dalam memaknai hari besar nasional.  Adapun sarannya yaitu diperlukan upaya untuk mengembalikan identitas bangsa Indonesia seperti mengadakan lomba yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia dan lomba cerdas cermat mengenai Indonesia.

 

Dipulikasikan 19 Oktober 2022   01:12 oleh JESSICA VALENTINA CHANDRA di Kompasiana.com

 

Aktivitas 1

Jawablah pertanyaan berikut!

1.        Jelaskan 3 cara saluran globalisasi yang menyebabkan budaya K-Pop bisa sampai ke Indonesia! (skor 6)

2.        Tentukan 4 pengaruh negatif budaya K-Pop terhadap identitas nasional bangsa Indonesia! (skor 4)

3.        Tentukan 4 pengaruh positif budaya K-Pop terhadap identitas nasional bangsa Indonesia! (skor 4)

4.        Jelaskan 4 upaya agar generasi muda bangsa Indonesia dapat menghindari pengaruh negatif budaya K-Pop? (Skor 8)

5.        Menurut Anda, sudah cukuplah upaya pemerintah saat ini untuk melindungi dan melestarikan kebudayaan Indonesia? (skor 4) Apa hal-hal yang seharusnya lebih ditingkatkan? (skor 4)

 

Kekayaan warisan budaya Indonesia tidak kalah hebat dari warisan budaya bangsa lain. Potensi tersebut dapat dijadikan sebagai sumber ekonomi kreatif yang dapat membuat kebudayaan bangsa Indonesia dikenal dunia sekaligus memajukan perekonomian bangsa. Ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi. Subsektor industri ekonomi kreatif antara lain permainan interaktif, peranti lunak, periklanan, ristet dan pengembangan, seni pertunjukan, televisi dan radio, film, video, dan fotografi, kerajinan, arsitektur, fashion, desain, musik, pasar dan barang seni, serta penerbitan dan percetakan. 

 

Aktivitas 2

Andai kata kamu menjadi seorang entrepreneur seperti Raffi Ahmad. Berikan 5 contoh subsektor industri ekonomi kreatif yang akan kamu kembangkan dengan memanfaatkan kekayaan warisan budaya untuk meningkatkan pendapatanmu! (skor 10)

 

JAWABAN AKTIVITAS 1


1) Piala Dunia yang dilaksanakan di Jepang-Korsel pada tahun 2002 dimana Korea Selatan memasuki posisi empat besar. Keberhasilan Korea Selatan dalam kompetisi tersebut membuat Korea Selatan semakin dikenal masyarakat dunia termasuk Indonesia yang pada saat itu juga demam Piala Dunia. Keberhasilan tersebut membuat bangsa Indonesia semakin mengenal dan mengikuti budaya Korea Selatan. 2) Majunya teknologi komunikasi dan digitasi membuat akses internet mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang senang berselancar di dunia maya tentu akan mencari informasi atau hiburan dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali dari Korea Selatan. Masyarakat Indonesia, terlebih kaum milenial senang melihat hal-hal berbau Korea Selatan karena terkesan modern dan sesuai dengan selera golongan remaja. Hal tersebut membuat budaya K-Pop semakin digandrungi remaja Indonesia. 3) Beragam aplikasi dalam platform digital menyediakan konten K-Pop dalam berbagai aktivitas secara langsung. Kemudahan tersebut membuat penggemar K-Pop semakin menggandrungi konten-konten K-Pop dan memperkenalkan kepada teman dekatanya. Masyarakat Indonesia yang mudah menerima pembaruan akan tertarik dapat mencari informasi lebih lanjut dari budaya K-Pop tersebut. 
1) Perekonomian negara dapat terganggu karena masyarakat Indonesia banyak yang membelanjakan uangnya ke luar negeri untuk membeli atau mendapatkan konten-konten K-Pop asli dari Korea Selatan. Kegiatan tersebut dapat membuat barang-barang impor membanjiri pasar dalam negeri sehingga barang lokal banyak yang tersaingi dan bahkan kalah saing. 2) Meningkatkan sifat konsumtif masyarakatan Indonesia melalui pembelian barang-barang hasil budaya Korea Selatan seperti marchandise dari grup band atau serial drama Korea Selatan. Kegiatan tersebut juga dapat mendorong sifat hedonisme masyarakat dengan membanggakan barang-barang asli dari Korea Selatan. 3) Memudarnya semangat nasionalisme bangsa Indonesia khususnya kaum remaja yang kurang memaknai arti besar sejarah dan hari besar bangsa Indonesia. Mereka lebih mementingkan dan memilih berbagai hal yang berkaitan dengan budaya K-Pop dan meninggalkan budaya bangsanya karena budaya K-Pop lebih menarik dari bduaya nasional. 4) Perubahan tingkah laku dan cara berpakaian remaja Indonesia yang terobsesi dengan penampilan bintang K-Pop. Remaja Indonesia mengikuti tingkah laku dan cara berpakaian artis-artis K-Ppp agar mendapatkan kesan modern dan keren sehingga mengabaikan sopan santun budaya nasional.
1) Konten-konten K-Pop berupa musik dan drama dapat menjadi inspirasi bagi kreator musik dan drama Indonesia untuk membuat musik dan drama yang menarik dengan menggabungkan unsur-unsur budaya nasional sehingga dapat diterima di pasar nasional dan internasional. 2) Meluasnya relasi pertemanan antarpenggemar K-Pop Indonesia dengan penggemar K-Pop internasional. Relasi tersebut dapat dikembangkan secara positif untuk meningkatkan pertemanan dalam berbagai bidang kehidupan misalnya dalam bidang inovasi. 3) Berkembangnya K-Pop secara tidak langsung juga dapat mengembangkan kemampuan berbahasa asing bagi bangsa Indonesia. Agar konten-konten K-Pop dapat dipahami dan bermakna, penikmat setidaknya harus mengerti bahasa yang digunakan dalam konten-konten tersebut. Pengguna secara tidak langsung juga akan belajar untuk memahami bahasa dan tulisa-tulisan Korea Selatan. 4) Pendapatan masyarakat juga dapat meningkat jika jeli dalam melihat peluang perkembangan K-Pop. Masyarakat dapat memproduksi barang-barang yang bertemakan K-Pop untuk pasar dalam dan luar negeri dengan menjalin kerja sama ke pemiliki lisensi.
1) Meningkatkan partisipasi pelajar Indonesia untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan bertemakan budaya nasional dengan mengikuti perlombaan-perlombaan budaya yang rutin dilaksanakan oleh pemerintah. Pemerintah diharapkan membuat program-program perlombaan yang menarik bagi peserta dengan pemberian hadiah atau mendatangkan bintang tamu dari kalangan artis atau tokoh pendidikan. 2) Pembuat konten musik dan drama diharapkan dapat membuat konten-konten positif yang berkaitan dengan budaya nasioanal dengan mengadopsi kreasi dari luar negeri. Percampuran budaya tersebut dapat menarik minat remaja untuk mendapatkan konten-konten dari dalam negeri karena berkualitas. 3) Memilah dan memilih budaya K-Pop untuk hal-hal positifnya saja dengan bantuan peran dari pemerintah melalui lembaga sensor dan keluarga. Konten-konten yang tampil di media diharapakan merupakan konten yang sesuai dengan budaya nasional dan kepribadian bangsa sehingga dapat ditiru oleh bangsa Indonesia. 4) Meningkatkan rasa nasionalaisme bangsa Indonesia melalui pendidikan di sekolah-sekolah. Saat awal pelajaran, pelajaran diwajibkan untuk menyanyikan lagi nasioanal atau lagu daerah. Pemerintah bekerjasama dengan sekolah juga dapat membuat pelatihan-pelatihan tentang budaya nasional seperti cara memainkan angklung secara langsung di sekolah-sekolah.
Upaya pemerintah untuk melindungi kebudayaan nasional masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa budaya nasional yang diakui bangsa lain dan tidak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jika hal tersebut terus dibiarkan, bisa semakin banyak budaya nasional yang hilang dari peradaban bangsa. Pemerintah dapat melakukan upaya berupa: 1) Pengenalan budaya nasional melalui pemeran atau pembelajaran budaya nasional secara langsung dari sekolah ke sekolah atau mengundang pelajar ke musium-musim. 2) Mengadakan program-program perlombaan budaya nasional yang menarik kepada pelajar dan masyarakat umum sehingga banyak peminatnya. 3) Memperbanyak acara-acara televisi dengan konten-konten edukasi terkait budaya nasional yang dikemas dengan tampilan modern dan inteaktif. 4) Memciptakan industri konten kreatif yang memuat budaya nasional yang mengimplementasikan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia.

JAWABAN AKTIVITAS 2

Sektor fashion: memodifikasi pakaian-pakaian adat daerah dengan corak-corak budaya bangsa lainnya dan mengaplikasikannya ke dalam berbagai pernak pernik fashion seperti aksesosis, jaket, topi, dan sebagainya.Sektor perfilman: membuat legenda-legenda, cerira rakyat, dan dongen ke dalam layar lebar dengan menggunakan teknologi perfilman mutakhir seperti membuatnya dalam bentuk animasi.Sektor furniture: membuat kerajinan tangan yang dapat digunakan sebagai perabotan rumah tangga dari bahan-bahan ramah lingkungan yang menjadikan corak-corak budaya nasional seperti ukiran.Sektor kuliner: membuat makanan  khas dari berbagaia daerah yang lebih tahan lama tanpa mengurangi keontentikan rasa untuk dijual di pasar modern dan pasar dunia melalui market place. 


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2023/04/11-geo-lkpd-364-pengaruh-kebudayaan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Senjata Biologis Dan Ancaman Terhadap Ketahanan Kesehatan Global

Senjata Biologis Dan Ancaman Terhadap Ketahanan Kesehatan Global

papar berkaitan - pada 4/4/2023 - jumlah : 71 hits
Banyak pihak yang mungkin tidak menyadari bahwa tidak ada tempat di planet Bumi ini yang bisa dikatakan benar benar aman dari ancaman senjata pemusnah massal atau weapons of mass destruction WMD mencakup senjata kimia biologi radiologi nukl...
Warga Asing Bayar Rm50 Lakukan Amang Seksual Terhadap Remaja Perempuan

Warga Asing Bayar Rm50 Lakukan Amang Seksual Terhadap Remaja Perempuan

papar berkaitan - pada 27/3/2023 - jumlah : 307 hits
Nor Azizah Mokhtarbhnews bh com myKUALA LUMPUR Seorang lelaki warga asing ditahan kerana disyaki melakukan amang seksual terhadap remaja perempuan berusia 13 tahun di sebuah rumah di Jalan Kampung Fajar Ampang di sini akhir Disember lalu Su...
Armada Buat Laporan Polis Terhadap Guan Eng Dan Anwar Ibrahim

Armada Buat Laporan Polis Terhadap Guan Eng Dan Anwar Ibrahim

papar berkaitan - pada 25/3/2023 - jumlah : 116 hits
BEBERAPA pemimpin Armada Parti Pribumi Bersatu Malaysia hari ini memfailkan laporan polis terhadap pengerusi kebangsaan DAP Lim Guan Eng dan Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim kerana didakwa mengelirukan Dewan Rakyat Laporan tersebut ...
Kita Semua Pun Main Tiba Tiba Puteri Sarah Failkan Permohonan Hak Penjagaan Penuh Terhadap Dua Anaknya

Kita Semua Pun Main Tiba Tiba Puteri Sarah Failkan Permohonan Hak Penjagaan Penuh Terhadap Dua Anaknya

papar berkaitan - pada 22/3/2023 - jumlah : 200 hits
The ReporterPelakon Puteri Sarah dilaporkan telah memfailkan permohonan hadanah di Mahkamah Syariah Kuala Lumpur hari ini Permohonan hadanah bermaksud permohonan mendapatkan hak penjagaan kanak kanak yang masih kecil dan belum berupaya meng...
Titah Sultan Johor Isyarat Keyakinan Istana Terhadap Anwar

Titah Sultan Johor Isyarat Keyakinan Istana Terhadap Anwar

papar berkaitan - pada 27/3/2023 - jumlah : 239 hits
Corak pemerintahan ditonjolkan Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim bukan sahaja diterima baik oleh rakyat tetapi juga iktiraf istana kata penganalisis politik Dr Mazlan Ali dari Pusat Perdana Fakulti Razak Universiti Teknologi Malaysia...
Berhenti Sebar Kebencian Terhadap Pelarian Rohingya Presiden Hak Asasi Etnik Rohingya Di Malaysia

Berhenti Sebar Kebencian Terhadap Pelarian Rohingya Presiden Hak Asasi Etnik Rohingya Di Malaysia

papar berkaitan - pada 27/3/2023 - jumlah : 151 hits
Presiden Pertubuhan Hak Asasi Manusia Etnik Rohingya Myanmar Malaysia Zafar Ahmad Abdul Ghani menggesa rakyat di negara ini berhenti menyebarkan kempen kebencian terhadap perlarian Rohingya di Malaysia nbsp Ini kerana pihaknya tel
Penyokong Sedih Serta Kecewa Terhadap Keputusan Tetap Berdoa Bossku Bebas

Penyokong Sedih Serta Kecewa Terhadap Keputusan Tetap Berdoa Bossku Bebas

papar berkaitan - pada 31/3/2023 - jumlah : 100 hits
PUTRAJAYA Beberapa penyokong Najib Razak ditemui di luar Mahkamah Persekutuan sedih dan kecewa apabila permohonan bekas perdana menteri itu untuk menyemak sabitan dan hukumannya dalam kes rasuah SRC International ditolak Jailani Othman 59 b...
Diet Suku Suku Separuh Jom Amalkan

Stay Fashionably Fit With Huawei Fit 3 Now Available From Rm559

Bayaran Balik Ptptn Tarikh Pengecualian Penangguhan

Pekerjaan Firma Prop Dalam Mencari Pedagang Terbaik

Kelahi Selepas Kemalangan Lelaki Bawa Kereta Lawan Arus

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Airasia Santan Menu Baru Harga

Pas Dikecam Balun Polis Bukan Fahaman Ekstremis



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Sakit Tekak Yang Amat Sangat

Drama Mihrab Cinta Zulaikha Lakonan Elisya Sandha Azrel Ismail

Syafiq Kyle Transisi Dari Ustaz Adam Ke Meth Killer

Lirik Lagu Satu Selamanya Twins

Dating Dengan Suami Di Ikea Cheras

Lunch Date Di Torii Teppanyaki