11 Efek Positif Hormon Cinta Pada Manusia


 
Jakarta, Hormon cinta atau oksitosin diproduksi oleh suatu struktur di otak bernama hipotalamus. Hormon ini mempengaruhi perilaku manusia dan banyak dihasilkan saat sedang jatuh cinta. Ternyata, manfaat dan efeknya tak hanya membuat anak manusia dimabuk asmara.

Oksitosin menciptakan perasaan tenang dan membuat pasangan yang sedang dilanda asmara menjadi makin intim. Penelitian menemukan bahwa hormon ini ikut dilepaskan saat proses persalinan dan menyusui bayi. Beberapa penelitian akhir-akhir ini pun banyak difokuskan untuk menjelajahi berbagai efek oksitosin bagi tubuh.

Seperti dikutip dari MyHealthNewsDaily.com, Kamis (27/12/2012), berikut adalah bermacam efek hormon cinta bagi manusia

1. Membuat orang jadi murah hati
Sebuah penelitian tahun 2007 yang dimuat jurnal Public Library of Science ONE menemukan kesimpulan ini. Dalam penelitian, peserta diminta menghirup oksitosin atau plasebo lewat hidung kemudian diminta membagi uang yang dimiliki dengan orang asing. Penghirup oksitosin ternyata 80 persen lebih murah hati. Agaknya, hormon ini mempengaruhi sikap altruisme.

2. Membuat gampang tidur
Oksitosin dilepaskan di otak saat kondisi pikiran terbebas dari stres, sehingga secara alami membikin orang jadi gampang tidur, demikian menurut sebuah penelitian tahun 2003 yang dimuat jurnal Peptides Regulatory. Oksitosin menangkal efek hormon stres, kortisol. Efeknya membuat pikiran jadi tenang.

3. Memicu naluri melindungi
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Science menegaskan bahwa oksitosin memicu sikap perlindungan terhadap orang yang dikasihi dari serangan pihak luar atau akrab dikenal dengan solidaritas. Penelitian sebelumnya pada hewan juga menunjukkan bahwa hormon ini mendukung perilaku proteksionis.

4. Meningkatkan keterampilan sosial
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceedings of National Academy of Sciences menemukan bahwa menghirup oksitosin dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada penyandang autisme. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa orang autis memiliki kadar oksitosin yang rendah. Oksitosin juga mengurangi rasa takut pada penyandang autis.

5. Menghambat kecanduan obat
Menurut sebuah laporan penelitan tahun 1999 yang dimuat jurnal Progress in Brain Research, beberapa penelitian menunjukkan bahwa oksitosin menghambat toleransi terhadap obat adiktif, termasuk opium, kokain dan alkohol, serta mengurangi gejala sakau.

6. Meningkatkan gairah seksual
Sejumlah senyawa kimia otak dilepaskan saat manusia mencapai orgasme, termasuk oksitosin. Bahan kimia ini dapat memperkuat ikatan antar pasangan seksual. Tikus yang otaknya disuntik dengan oksitosin mengalami ereksi secara spontan, menurut sebuah penelitian tahun 2001 yang dimuat jurnal Physiological Review.

7. Mendukung persalinan dan menyusui
Oksitosin dilepaskan dalam jumlah besar selama persalinan, sehingga memicu kontraksi rahim yang membuka leher rahim dan memungkinkan bayi melewati jalan lahir. Sejak awal tahun 1900-an, dokter menggunakan oksitosin sintetis yang juga dikenal dengan nama merek Pitocin untuk membantu persalinan.

Setelah persalinan, hormon ini terus merangsang kontraksi rahim untuk mencegah pendarahan dan akan dikeluarkan lebih banyak lagi ketika puting dirangsang saat menyusui bayi.

8. Memperkuat kenangan emosional
Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Proceedings of National Academy of Sciences mendukung teori bahwa oksitosin memperkuat kenangan masa kecil para pria mengenai ibunya. Dalam percobaan terhadap 31 orang, peneliti menemukan bahwa orang yang menghirup oksitosin sintetis makin santer mengingat kenangan indah tentang ibunya, asal hubungannya dengan ibu cukup baik.

9. Meringankan stres
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus prairi menemukan bahwa tikus yang terpisah dari saudaranya menampakkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi. Namun gejala ini mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan Society for Neuroscience tahun 2007 ini menunjukkan efek hormon ini untuk menangkal stres.

10. Mempererat hubungan
Peneliti membandingkan tingkat oksitosin dan hormon terkait yang disebut vasopressin pada urin anak-anak di Rusia dan panti asuhan di Rumania. Hasilnya menemukan bahwa oksitosin meningkat pada anak-anak setelah melakukan kontak dengan ibu kandungnya.

Penelitian yang dilakukan tahun 2005 dan dimuat dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences ini menunjukkan bahwa oksitosin juga tetap berada dalam kadar yang sama pada anak angkat. Hal ini dapat menjelaskan mengapa beberapa anak angkat mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan.

11. Memicu kelekatan ibu dengan bayi
Sebuah penelitian tahun 2007 yang dimuat jurnal Psychological Science menemukan bahwa ibu hamil yang memiliki kadar oksitosin tinggi selama trimester pertama kehamilan lebih dekat dengan bayinya. Dibandingkan dengan perempuan lain, perempuan yang memiliki oksitosin dalam kadar tinggi selama kehamilan dan beberapa bulan setelah persalinan juga lebih dekat dengan buah hatinya.
sumber 

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://tipsremaja1.blogspot.com/2020/01/11-efek-positif-hormon-cinta-pada.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Cinta Sesungguhnya Lirik Sabhi Saddi Ft Marsha

Cinta Sesungguhnya Lirik Sabhi Saddi Ft Marsha

papar berkaitan - pada 9/1/2020 - jumlah : 85 hits
Assalamualaikum Hi Cinta Sesungguhnya Lirik Sabhi Saddi ft Marsha Ku kan berjanji seumur hidupkuTakkan lelah mendampingimu Cinta suci dan sejati antara suami isteri adalah cinta yang paling sweet Apabila seseorang lelaki benar benar mencint...
Mengejutkan Ini 6 Potret Cinta Laura Dengan Gaya Riasan Berbeda

Mengejutkan Ini 6 Potret Cinta Laura Dengan Gaya Riasan Berbeda

papar berkaitan - pada 9/1/2020 - jumlah : 29 hits
Sempat menekuni dunia tarik suara artis cantik berdarah Jerman Indonesia Cinta Laura ternyata ia kerap tampil dengan gaya riasan berbeda Cinta Laura merupakan seorang artis yang kerap tampil di layar kaca sebagai seorang pemeran sinetron hi...
Rindu Cinta Zulaikha

Rindu Cinta Zulaikha

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 137 hits
JUDUL RINDU CINTA ZULAIKHAWAKTU SIARAN Sabtu 4 Januari 2020 9 00 malam SIARAN TV RTM1PENULIS SKRIP Kama Hj AzmanPENGARAH Mohd Fazli Yahya Hadith OmarPRODUKSI Cuepro Productions Sdn BhdPELAKON Alif Satar Uqasha Senrose Isaac Iman Emilia Hani...
Sule Akhirnya Blak Blakan Masih Cinta Mati Pada Lina

Sule Akhirnya Blak Blakan Masih Cinta Mati Pada Lina

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 51 hits
Komedian kondang Entis Sutisna atau Sule akhirnya blak blakan mengungkap jika dirinya masih mencintai Lina Jubaedah
Abang Ceraikan Imani Dengan Talak 3 Demi Bersama Cinta Pertama Lelaki Ini Ceraikan Isterinya Yang Sempurna Tetapi

Abang Ceraikan Imani Dengan Talak 3 Demi Bersama Cinta Pertama Lelaki Ini Ceraikan Isterinya Yang Sempurna Tetapi

papar berkaitan - pada 10/1/2020 - jumlah : 402 hits
Assalamualaikum Aku nak meluahkan perasaan aku Aku nak kenalkan diri sebagai Am berusia 28 tahun berstatus suami orang Apa yang aku ingin ceritakan biarlah menjadi pengajaran dan iktibar kepada semua kaum lelaki kerana ikutkan hati aku mera...
Bermotif Sakit Hati Dan Cinta Segitiga Ini Kronologi Pembunuhan Hakim Pn Medan

Bermotif Sakit Hati Dan Cinta Segitiga Ini Kronologi Pembunuhan Hakim Pn Medan

papar berkaitan - pada 8/1/2020 - jumlah : 27 hits
Pembunuhan terhadap hakim PN Medan Jamaluddin diduga bermotif sakit hati dan cinta segitiga JP dibantu saudaranya RF menghabisi pria itu atas suruhan ZH istri korban yang sakit hati
Jenis Penyakit Mata Pada Manusia

Jenis Penyakit Mata Pada Manusia

papar berkaitan - pada 28/1/2020 - jumlah : 145 hits
Jenis Penyakit Mata pada Manusia Penyakit mata sangat beragam dan tidak semuanya dapat menular Jika penyakit mata disebabkan virus atau bakteri maka bisa menular sedangkan jika penyebabnya alergi tidak akan menular Cara penanganan dan pence...
Pengcas Handphone Yang Dihasilkan Dari Darah Manusia

Pengcas Handphone Yang Dihasilkan Dari Darah Manusia

papar berkaitan - pada 26/1/2020 - jumlah : 42 hits
Seorang pelajar universiti yang berasal dari Jerusalem yang bernama Naomi Kizhner mencipta inovasi yang cukup mengejutkan dalam bidang komunikasi iaitu mencipta pengecas handphone yang dihasilkan dari darah manusia Alat pengecas ini menggun...
Seni Ukiran Wajah Manusia Pada Akar Buluh Yang Menakjubkan

Seni Ukiran Wajah Manusia Pada Akar Buluh Yang Menakjubkan

papar berkaitan - pada 25/1/2020 - jumlah : 39 hits
Selama 7 tahun seniman berasal dari Vietnam Huynh Phuong Do telah mengukir beberapa tokoh sejarah pada akar buluh Hasil karyanya ini membuatnya menjadi popular di Vietnam Phuong Do telah mengukir di kayu sejak berusia 15 tahun Ketika dia ti...
Kumpulan Perampas Sudah Mengaku Kalah

Insha Allah Dsai Menjadi Pilihan Yang Di Pertuan Agong

Pm Interim Mahu Bentuk Kerajaan Perpaduan Tanpa Pembangkang Bn Pas Pbrs Bantah

Maklumat Menarik Mengenai Pertemuan Agong Dengan Ahli Parlimen Petang Tadi

Tommy Thomas Bakal Menasihati Ydpa

Menuju Ke Pilihan Raya Umum Ke 15

Video Semburit Homemade Mirip Pelakon Lokal Viral Di Media Sosial

Mereka Sudah Berdamai Alhamdulillah Nenek



Ini Syarat Dayana Amerda Jika Naim Daniel Mahu Emel Bukti Hakcipta Lagu Sumpah

Isu Buka Tudung Sepenuhnya Akhirnya Ini Jawab Liyana Jasmay

Kisah Kerajaan Amerika Selesaikan Masalah Ketagihan Arak Dengan Racun

Resepi Sotong Kerabu Telur Masin Paling Istimewa

5 Makhluk Mitos Yang Terus Menghantui Masyarakat Dunia


Shafie Apdal Hantar Wakil Hadap Agong Istana Negara Tak Terima

Najib Sindir Pendirian Bercelaru Tiga Pemimpin Ph

Branch Weekly Meeting 2019

Tun Dr Mahathir S Full Speech Text During 26 February 2020 Special Address To The Nation

Setiaku Hingga Hujung Nyawa Ucapan Sweet Dr Wan Azizah Untuk Suaminya

Pilu Sungguh Nasib 6 Anak Kecil Ini Ayah Pula Meninggal Saat Jasad Si Ibu Dimandikan