10 Kerangka Prosedur Laporan Penelitian Geografi


A. Bagian Pembuka: berisi tentang penjelasan secara garis besar, terutama sistematika penulisan. Tujuannya agar pembaca dapat mempelajari garis besar isi laporan dengan mudah. Bagian pembuka ini, terdiri dari beberapa bagian, yaitu: 
a. Judul Pemilihan judul yang baik hendaknya memenuhi beberapa hal berikut ini: 
1) Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, karena keduanya sangat berpotensi mengakibatkan ketidakjelasan akan makna yang akan disampaikan oleh peneliti 
2) Menggunakan istilah yang tepat dan peneliti harus tahu persisakan makna istilah yang digunakan tersebut, sehingga apa yang diuraikan dalam laporan sesuai dengan apa yang akan disampaikan kepada para pembaca. Sebenarnya, pada Judul pula  dapat dicermati kata-kata kunci atau keywords yang mendasari penentuan topik bahasan utama dalam tinjauan pustaka. 
3) Judul hendaknya tidak bersifat ambigu atau bermakna ganda. 
4) Judul penelitian hendaknya mencerminkan kemendalaman analisis peneliti. 
5) Apabila suatu judul terpaksa panjang, dapat disusun dengan menggunakan subjudul. 
b. Halaman Pengesahan Halaman pengesahan berisi tentang pernyataan pengesahan dari kepala sekolah atau lembaga terhadap penelitian dan laporan penelitian. 
c. Kata Pengantar : berfungsi untuk mengantarkan pembaca pada isi laporan, sehingga memuat isi dari keseluruhan laporan. Kata pengantar juga memuat ungkapan terimakasih kepada pihak yang telah mendukung. 
d. Abstrak : rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata lain penyajian point inti dari latar belakang, proses, dan hasil penelitian. 
e. Daftar Isi, Gambar, Tabel, dan Lampiran : membantu pembaca untuk menemukan bagian/gambar/tabel/lampiran tertentu dalam laporan, beserta dengan letak halamannya. Karena format daftar isi yang unik, maka pembuatannya pun harus teliti. 


B. Bagian Inti Bagian inti atau badan laporan, memuat uraian-uraian tentang proses penelitian dan hasilnya. Pada bagian ini penulis harus mampu menggambarkan pola berpikir ilmiah dalam keseluruhan proses penelitian. Bagian isi pada laporan penelitian terdiri dari: 
a. BAB I PENDAHULUAN Bagian pendahuluan harus mencakup hal-hal sebagai berikut ini:
1) Latar belakang masalah : berisi uraian mengenai masalah yang akan diteliti, serta penjelasan tentang ketidakcocokan antara rencana dan pelaksanaan yang kemudian menimbulkan masalah. 
2) Rumusan masalah : berisi suatu pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui pengumpulan data. Setiap rumusan masalah penelitian harus didasarkan pada pokok permasalahan yang dibahas. 
3) Tujuan penelitian : hasil yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian 
4) Manfaat penelitian : kegunaan hasil penelitian baik secara teoritis maupun untuk dijadikan landasan pengambilan keputusan oleh pihak-pihak terkait. 
b. BAB II LANDASAN TEORI : pada bagian landasan teori, hal-hal yang harus dicantumkan adalah sebagai berikut: 
1) Tinjauan Pustaka Adalah dasar-dasar teori yang dijadikan acuan dalam melaksanakan penelitian. 
2) Alur pikir penelitian 
3) Hipotesis 
c. BAB III METODE PENELITIAN : memuat tentang hal-hal sebagai berikut ini: 
1) Cara sistematis yang digunakan untuk mengungkapkan masalah secara mendalam sehingga tujuan penelitian dapat tercapai. 
2) Identitas variabel, menentukan variabel bebas (variabel yang memengaruhi) dan variabel terikat (variabel yang dipengaruhi). 
3) Objek penelitian secara keseluruhan. 
4) Wakil atau sampel dari objek yang diteliti dan dipandang dapat mewakili objek secara keseluruhan. 
5) Teknik pengumpulan data, misalnya observasi langsung, wawancara, angket, dan analisis media untuk mengumpulkan data guna menguji kebenaran hipotesis.
6) Instrumen penelitian, yaitu alat untuk pengambilan data dan informasi dengan mendeskripsikan yang diperuntukkan bagi responden. 
d. BAB IV ANALISIS DATA : kegiatan interpretasi dan kajian terhadap data yang sudah terkumpul. Analisis data juga dapat dilakukan dengan uji statistik atau dengan mendeskripsikan hasil pengamatan atau penelitian. 
3. Bagian Penutup: menyajikan kesimpulan yang singkat, padat dan jelas. Kesimpulan menunjukkan implikasi, hubungan dan hasil dari uraian yang telah dibicarakan. Sesudah itu, penulis menyajikan saran. 
a. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 
i. Kesimpulan adalah intisari dari hasil penelitian terkait dengan masalah dan hasil analisis. 
ii. Saran sebagai rekomendasi yang ditujukan kepada perorangan atau lembaga terkait dengan temuan-temuan hasil penelitian. 
b. DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka adalah kumpulan sumber teori dan bahan bacaan yang dicatat dengan susunan berdasarkan kaidah penulisan yang benar. 
c. LAMPIRAN Lampiran sebagai perangkat bahan penunjang laporan yang dimasukkan terpisah dengan laporan penelitian, umumnya berupa tabel-tabel, foto, gambar, surat izin, dan instrumen pengambilan data (angkrt atau kuesioner). 
Sumber:
Sinartejo, Wisnu. 2019. Geolearning: Bahan Ajar SMA/MA Kelas X.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

http://fastrans22.blogspot.com/2020/10/10-kerangka-prosedur-laporan-penelitian.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Laporan Utusan Berniat Jahat Khalid

Laporan Utusan Berniat Jahat Khalid

papar berkaitan - pada 17/10/2020 - jumlah : 163 hits
SUARA MERDEKA KHALID SAMAD Laporan Utusan Malaysia bertarikh 15hb Oktober bertajuk DAP tiada masalah bersama UMNO disifatkan berniat jahat bertujuan mencetuskan perbalahan antara AMANAH dan DAPPengarah Komunikasi AMANAH Khalid Samad berkata...
Amk Johor Buat Laporan Polis Muhyididn Sogok Jawatan

Amk Johor Buat Laporan Polis Muhyididn Sogok Jawatan

papar berkaitan - pada 18/10/2020 - jumlah : 232 hits
AMK Johor buat laporan polis Muhyididn sogok jawatanOleh October 18 2020Angkatan Muda KEADILAN Johor membuat satu laporan polis ke atas Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin kerana cuba menyogok Ahli Parlimen Gua Musang Tengku Razaliegh ...
Dakwa Diugut Dan Diminta Wang Perlindungan Pemilik Restoran Nasi Kandar Terkenal Buat Laporan Polis

Dakwa Diugut Dan Diminta Wang Perlindungan Pemilik Restoran Nasi Kandar Terkenal Buat Laporan Polis

papar berkaitan - pada 17/10/2020 - jumlah : 469 hits
Bunyinya mungkin agak mengejutkan tetapi itulah yang berlaku kepada pemilik dan pekerja sebuah restoran nasi kandar terkenal di Pulau Pinang yang mendakwa mereka diugut agar memberikan wang perlindungan Kejadian itu menurut pemilik Hameediy...
Pengilang Sarung Tangan Beri Maklum Balas Laporan Buruh Kanak Kanak Buruh Paksa

Pengilang Sarung Tangan Beri Maklum Balas Laporan Buruh Kanak Kanak Buruh Paksa

papar berkaitan - pada 16/10/2020 - jumlah : 239 hits
Presiden Pertubuhan Pengilang Sarung Tangan Getah Malaysia Supramaniam Shanmugam berkata industri sarung tangan getah di negara ini mematuhi undang undang Malaysia dan pelbagai peraturan dan standard yang dikenakan oleh negara pengimport da...
Pemuda Negara Pahang Buat Laporan Polis Terhadap Lokman Anwar

Pemuda Negara Pahang Buat Laporan Polis Terhadap Lokman Anwar

papar berkaitan - pada 15/10/2020 - jumlah : 286 hits
1 551 total views 1 551 views today KUANTAN Badan bukan kerajaan Pemuda Negara Pahang hari ini membuat laporan polis mendesak agar tindakan diambil terhadap bekas Ahli Majlis Kerja Tertinggi UMNO Datuk Lokman Noor Adam yang didakwa menghina...
Polis Siasat Laporan Wanita Amanah Ditumbuk Ketika Mesyuarat

Polis Siasat Laporan Wanita Amanah Ditumbuk Ketika Mesyuarat

papar berkaitan - pada 19/10/2020 - jumlah : 292 hits
M Fakhrull HalimPolis sedang menyiasat aduan seorang wanita yang didakwa dikasari manakala adik perempuannya ditumbuk seorang lelaki dalam satu mesyuarat parti Amanah di Teluk Intan Perak Ketua Polis Daerah Hilir Perak Asisten Komisioner Ka...
Muhyiddin Sedang Bincang Rombak Kabinet Kata Laporan

Muhyiddin Sedang Bincang Rombak Kabinet Kata Laporan

papar berkaitan - pada 20/10/2020 - jumlah : 284 hits
FMT ReportersKUALA LUMPUR Perdana Menteri Muhyiddin Yassin sedang berbincang mengenai kemungkinan merombak Kabinet dalam usaha menenangkan Umno yang mempertimbangkan menarik sokongan terhadap Perikatan Nasional kata 3 sumber kepada agensi b...
Laporan Polis Terhadap Surat Tular Kepada Agong

Laporan Polis Terhadap Surat Tular Kepada Agong

papar berkaitan - pada 21/10/2020 - jumlah : 227 hits
Oleh SITI ROHAIZAH ZAINAL FAISAL Kamal Ariffin menunjukkan laporan polis yang dibuat berkaitan penyebaran surat sokongan Presiden Umno kepada Dato Seri Anwar Ibrahim yang di alamatkan kepada Yang Di Pertuan Agong di hadapan balai polis IPD ...
Gbp Usd Oktober 19 Laporan Cot Boris Johnson Sangat Marah Namun Orang Britain Itu Terus Menghindari Keruntuhan Baru

Gbp Usd Oktober 19 Laporan Cot Boris Johnson Sangat Marah Namun Orang Britain Itu Terus Menghindari Keruntuhan Baru

papar berkaitan - pada 20/10/2020 - jumlah : 191 hits
GBP USD 1H Menurut carta setiap jam harga pasangan GBP USD pertama jatuh ke tahap pembetulan 61 8 kemudian melantun daripadanya dan berpihak kepada mata wang Britain Oleh itu pertumbuhan harga pasangan dapat diteruskan ke arah garis arah al...
Airasia Santan Menu Baru Harga

Koleksi Kad Pokemon Dilelong Rm330 000

Muslims Rebuke Rais Yatim S No No To Sarawak S Proposal Of Conducting Friday Sermons In English

Yuka Kharisma Cinta Indah Buat Kanda Chord

Ulu Tiram Attack Suspect Not Ji Member Initial Link Made Due To Father S Past Says Igp

Apa Jadi Serangan Balai Polis Johor S Pura Ini Komen Pas

Resepi Sos Hijau Vietnamese Rolls

Apakah Sebaik Baiknya Manusia



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Anggun Mikayla Viu Malaysia

Keputusan Markah Mingguan Senarai Lagu Tugasan The Hardest Singing Show Astro Malaysia

Biodata Syad Mutalib Pelakon Drama Berepisod Aku Bukan Ustazah TV3 Bunga Salju Astro Ria

Info Dan Sinopsis Filem Vina Sebelum 7 Hari 2024 Adaptasi Kisah Benar Kini Di Pawagam Malaysia

Biodata Founder Leeyanarahman Nur Liyana Abdul Rahman Yaana Yana Lee Usahawan Tudung Yang Terkenal Bersama Suaminya


Teresa Kok Terkejut Terima Surat Ugutan Bunuh Dan Dua Butir Peluru

Isu Uitm Kerajaan Kena Berani

Ragam Pelik Kucing

15 Breathtaking Mediterranean Powder Room Ideas From Classic To Modern

Durioo Cara Daftar Subscription

A Lone Wolf Does Not Materialise Naturally