Tips Sederhana Untuk Menulis Lagu



Musik ditemukan oleh Al Farabi, seorang filsuf Islam, tentu bertujuan untuk menjadi salah satu media dakwah baginya untuk mensyiarkan Islam ke seluruh dunia. Seperti proses masuknya Islam di Indonesia, Wali Songo dan para syekh lainnya pada masanya juga menjadikan musik sebagai jalan untuk menyampaikan syariat Islam. 
Syiar Islam yang dilakukan melalui alat-alat musik sederhana pada kala itu disertai lirik yang berisikan pesan mengenai syariat Islam. Karena sejatinya hakikat dari adanya sebuah lagu adalah untuk agitasi atau mengajak seseorang pada maksud yang diinginkan oleh penulisnya. 
Kebiasaan tersebut terus berlanjut, lagu-lagu yang berisikan pujian-pujian kepada Allah SWT dan para Rasulullah serta pesan-pesan syariat Islam saat ini dikenal dengan sebutan lagu nasyid, dan pegiat lagu nasyid biasanya dipanggil dengan sebutan munsyid. 
Lagu nasyid mungkin telah jutaan jumlahnya dikaryakan oleh para munsyid di dunia. Dan sebagian dari lagu nasyid tersebut ada yang diterima oleh dunia, negara tertentu, atau pada komunitas tertentu. 
Diterimanya sebuah karya lagu oleh masyarakat luas tentu tidak ada parameter yang dapat menentukannya. Karena semua kembali pada kebijaksanaan Allah SWT yang akan memuliakan dan mengangkat derajat seseorang dan karya lagu yang telah mereka tulis. Namun, ikhtiar tetap dibutuhkan seseorang dalam upaya menghasilkan karya lagu yang terbaik. 
Kekuatan utama sebuah lagu ada pada komposisi nadanya, karena menariknya irama sebuah lagu akan menjadi pemancing bagi seseorang untuk mendengar lagu tersebut. Intro lagu harus dikonsep semenarik mungkin, karena menjadi kunci bagi sebuah lagu didengar orang hingga tuntas. 
Ketika nada telah dikomposisi dengan menarik, lirik lagu juga punya peranan penting. Karena lirik lagu adalah ujung tombak pada sebuah lagu untuk dapat merasuki relung kalbu hingga menancap erat di ingatan hingga mempengaruhi pola pikir pendengarnya. 
Meskipun tak ada ketentuan baku dalam menulis lirik lagu, namun bisa kita petik kuntum hikmah dari lagu-lagu yang biasa diterima masyakat luas, yang coba kita rangkum pada tips berikut ini. 
1. Diksi dan Kosa Kata 
Kemampuan masyarakat dalam memahami bahasa sangat beragam. Pemilihan kata baiknya yang umum digunakan oleh masyarakat, didukung gaya bahasa yang lugas akan semakin membuat pendengar mudah memahami dan menerima pesan lagu yang ditulis. Penyelipan diksi pada larik juga dibutuhkan, selain untuk meningkatkan kualitas lagu juga berfungsi untuk membuat sebuah lagi jadi universal dalam menjangkau segmen pasar yang lebih luas. Persenyawaan gaya bahasa lugas dan diksi akan mengundang rasa penasaran para pendengar untuk lebih dalam menyingkap makna lagu, sehingga membuka peluang lagu tersebut didengar berulang kali. Lirik lagu yang lugas dan berdiksi itu ibarat mangga di sela dedaunan, membuat penasaran orang untuk melihatnya. 
2. Kebutuhan Pendengar 
Idealisme seorang seniman memang kadang berbanding terbalik dengan komersial. Akan tetapi, tujuan utama sebuah lagu ditulis tentu ingin didengar dan diterima oleh orang banyak. Untuk itu, baiknya lirik lagu yang ditulis bersifat aktual, sejalan dengan isu yang tengah viral di tengah masyarakat. Tinggal kita menyelipkan pesan-pesan syariat Islam untuk menjadi solusi dari isu tersebut. 
3. Humaniora 
Sesuatu yang dialirkan lewat hati akan bermuara ke muara hati pendengarnya. Lirik yang mengangkat tema humoniora (kemanusiaan) biasanya akan mudah diterima oleh banyak orang. Karena permasalahan kemanusiaan sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Tema humaniora yang diangkat bisa saja tentang; kondisi umat Islam yang ditindas oleh komunitas tertentu, kehidupan yang mulia, sakaratul maut, makna dari kehidupan, dan berbagai masalah lainnya. Bisa juga tentang percintaan dan kasih sayang, yang dikemas dalam pesan syariat Islam. 
4. Agitasi 
Kembali pada hakikat sebuah lagu yang merupakan agitasi (ajakan) pada pendengarnya, baiknya lirik yang ditulis tidak mendoseni, dan tidak pula menghakimi atau menghujat. Agitasi pada lirik lagu tetap bersifat imbauan, dengan penerapan biimplikasi persoalan pada tema lagu yang diangkat. Lirik yang tawadu, semoga memudahkan sebuah lagu untuk dapat menyentuh hati pendengarnya. 
5. Pengulangan Lirik 
Lagu balada cenderung memiliki lirik yang panjang, karena genre lagu ini liriknya mengangkat sebuah kisah yang ditulis seperti cerita pendek (cerpen). Lirik lagu balada memiliki plot (alur cerita). Pada lagu yang tidak mengkombinasikan genre musiknya dengan balada, liriknya cenderung ditulis empat bait saja, dan menerapkan pola pengulangan lirik. Konsep ini cukup efektif untuk melekatkan irama dan lirik pada pendengarnya. Dan memungkinjan lagu tersebut langsung direrima masyarakat pada saat pertama kali mendengarnya. Sebaliknya, lagu yang memiliki lirik yang panjang, pendengar akan butuh berulang kali mendengar lagu tersebut untuk dapat memahami maksud lagu dan memungut pesannya. 
6. Susunan Lirik 
Ketentuan baku dalam menulis lirik lagu memang tidak ada, karena seni itu fleksibel dan seorang seniman itu butuh kebebasan dalam berekspresi dalam karyanya. Namun lagu yang baik dan diterima oleh masyarakat dan menjadi sebuah lagu yang everlasting biasanya penulis lagu menyusun liriknya sebagaimana berikut. 
a. Bait Pertama 
Berisi latar belakang, bisa berupa tempat, suasana, deskripsi dari permasalahan, atau lainnya. Bait pertama berfungsi untuk membentuk view awal, dan menghadirkan interprestasi bagi pendengar untuk mengajak mereka masuk pada lagu. 
b. Bait ke Dua 
Dari latar belakang yang dihadirkan, pada bait ke duanya kita menyajikan permasalahan atau efek yang disebabkan oleh latar belakang tersebut. Bisa berupa rasa kecewa, keraguan, harapan, keputusasaan, atau lainnya. 
c. Bait ke Tiga 
Puncak emosional pada lagu biasanya dituangkan pada bait ke tiga, akibat dari permasalahan pada bait ke dua tersebut. Pada bait inilah luapan emosional itu dituangkan, baik rasa bahagia maupun kedukaan. 
d. Bait ke Empat 
Dari permasalahan yang disajikan, bait ke empat memberi solusi sehingga pendengar dapat tertuntun untuk menentukan jalan keluarnya. Jika pada lirik lagu hanya terdapat permasalahan tanpa solusi, lagu tersebut hanya menambah kegalauan bagi pendengarnya, dan berkemungkinan besar tidak menjadi sebuah karya yang lebih bermanfaat, dan orientasi untuk berdakwahnya jadi sulit tercapai. 
Lirik lagu yang runtun dan mengalir, dan membentuk alur cerita dari larik ke larik membentuk bait, hingga bait ke bait membentuk sebuah lirik lagu, akan membuat pendengar mudah memahami maksud lagu dan menangkap pesan lagunya. 
Tips membuat lagu ini ditulis hanyalah berdasarkan pengamatan saja, bagi para pegiat lagu tentu lebih dalam kajiannya untuk dapat melahirkan sebuah karya lagu yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat luas. 
Uraian di atas tetap hanyalah sebagian dari ikthiar yang dapat kita lakukan dalam menulis lagu. Kesuksesan sebuah lagu dan penulisnya kembali kepada ketentuan dari Allah SWT yang Maha Bijaksana. Ketika Allah SWT berkehendak untuk memuliakan dan mengangkat derajat seseorang dan karyanya, tak ada yang tak mungkin.
(Ditulis oleh Muhammad Fadhli - Reporter IslamicTunesNews)

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://news.islamictunes.net/2019/06/tips-sederhana-menulis-lagu.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Lirik Lagu Borneo Stand Up Fake Celebrity Fams

Lirik Lagu Borneo Stand Up Fake Celebrity Fams

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 390 hits
AHBOYSalam Hood Hood Salam Salute bawah bayuh Jangan main selit barang selit tak menentuh Selit barang ni selit macam tu Biar main selit barang lit makin majuNi SABAHTERAH SABAH BAWAH BAYU Jeritkan sorakkan means stick bersatu Yang 5 Ngauma...
Lirik Lagu Sempurna Seadanya Sufi Rashid Ara Johari Usop Masya Masyitah

Lirik Lagu Sempurna Seadanya Sufi Rashid Ara Johari Usop Masya Masyitah

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 879 hits
lebaran dinanti telahpun tibasetahun sekali kita bersamabanyaklah soalan banyak ceritaditanya sahabat juga keluargasahabat dan rekan maafkan akukerjaku masih seperti dulugajiku tak besar cukup makankutapi bahagia memang milikkureffayah bund...
Lirik Lagu Ratu By Faizal Tahir

Lirik Lagu Ratu By Faizal Tahir

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 369 hits
AssalamualaikumBismillahLirik Lagu Ratu by Faizal TahirMungkin tiba sudah masaUntukku bicaraMungkin tiba sudah waktuUntuk kamu tahuLama sudah kusembunyiKusimpan sendiriKuharap kau memahamiBila kau ketahuiMaafkan aku tak termampuMembohongi l...
Kord Lagu Altimet Amboi

Kord Lagu Altimet Amboi

papar berkaitan - pada 27/6/2019 - jumlah : 327 hits
Altimet Amboi Chord Lirik LaguD Kalau tinggal rumah sewa tapi beli kereta mewahAmboi amboiKalau mahu gaji besar tapi kerja sambil lewaAmboi amboiD Amboi amboi amboi amboi amboi amboiAmboi amboi amboi amboi amboi amboi amboiAmboi amboi amboi...
Lirik Lagu Aman Aziz Bukan Lagi

Lirik Lagu Aman Aziz Bukan Lagi

papar berkaitan - pada 28/6/2019 - jumlah : 515 hits
Lirik Lagu Aman Aziz Bukan LagiLirik Lagu Aman Aziz Bukan Lagi Assalamualaikum Salam Sejahtera guys Aman Aziz kembali dengan sebuah single baru yang berjudul Bukan Lagi Lagu ini merupakan hasil ciptaan dari Ikhwan Fatanna dan Omar K dan dik...
Nabila Bidik Pasar Internasional Lewat Rilis Lagu Wonderful

Nabila Bidik Pasar Internasional Lewat Rilis Lagu Wonderful

papar berkaitan - pada 1/7/2019 - jumlah : 273 hits
Nabila Penyanyi Indonesia Pemanfaatan media telekomunikasi dan informasi berbasis internet membuka peluang bagi semua orang di mana saja berada untuk mempromosikan produknya pada dunia Begitupun dengan karya seni musik optimalisasi ikhtiar ...
Lirik Lagu Brantley Gilbert Man That Hung The Moon Arti Dan Terjemahannya

Lirik Lagu Brantley Gilbert Man That Hung The Moon Arti Dan Terjemahannya

papar berkaitan - pada 29/6/2019 - jumlah : 331 hits
Info Lirik dan Lagu Brantley Gilbert Man That Hung The Moon Judul lagu Man That Hung The Moon Lelaki Yang Menggantung Bulan Artis Penyanyi Brantley Gilbert Penulis Lagu Brantley Gilbert Album Man That Hung The Moon Single Genre Pop Country ...
Lirik Lagu Dayang Nurfaizah Sebentar

Lirik Lagu Dayang Nurfaizah Sebentar

papar berkaitan - pada 28/6/2019 - jumlah : 312 hits
Lirik Lagu Dayang Nurfaizah SebentarLirik Lagu Dayang Nurfaizah Sebentar Assalamualaikum Salam Sejahtera guys Dayang Nurfaizah kembali dengan sebuah single baru yang berjudul Sebentar Lagu ini merupakan ciptaan dari Faizal Tahir bersama Mag...
Rilis Lagu Sebuah Pilihan Sonyz Kafahuna Ingin Generasimuda Bentengi Keimanan

Rilis Lagu Sebuah Pilihan Sonyz Kafahuna Ingin Generasimuda Bentengi Keimanan

papar berkaitan - pada 25/6/2019 - jumlah : 338 hits
SonyZ Kafahuna Penyanyi Religi Keterbukaan ruang informasi dan komunikasi seiring kemajuan teknologi dan regulasi pemerintahan membuat interaksi antar kebudayaan terjadi Kesenian merupakan salah satu media yang cukup efektif bagi sebuah keb...
Feilina Feisol Mother Friend And Great Advocate Of Autism Rights

Muhyiddin Terlebih Perasan Di Sungai Bakap

Moxy Putrajaya Keselesaan Dan Keseronokkan Dalam Satu Tempat

How The Manly 150ah Lithium Battery Protects Against Overcharging And Short Circuits

With China Producing Many Cars Should We Be Happy

Israel Telah Kalah Tapi Ini Bukan Kata Pas

Najib Tun Razak Game Over

Apa Jadi Kalau Rakyat Jumpa Lubuk Emas Belakang Rumah Hak Milik Siapa Sebenarnya



Info Sinopsis Kutipan Filem Kutukan Ilmu Hitam Waruga Black Magic Curse 2024 Kini Di Netflix Malaysia

5 Tumbuhan Berbentuk Aneh Yang Menyerupai Organ Manusia

Info Dan Sinopsis Filem Pemandi Jenazah The Corpse Washer 2024 Kini Di Netflix Malaysia

Berapakah Tahap Kepanasan Suhu Api Dapur Gas Anda

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Dedaun Hijau Di Angin Lalu Slot Megadrama Astro Ria


Zeus4d Experience Endless Entertainment

Tersangkut Dalam Lif Pejabat

Bos Rajin Bagi Makanan

Color Psychology In Brand Names

Pintu Lain Ke Syurga

Bendera Pahang Sejarah Dan Makna Simbol Negeri Pahang