Sejarah Pemberian Nama Jembatan Tol Kapuas Pontianak


Diantara beberapa nama tempat yang cukup dikenal di kota Pontianak, ternyata Jembatan Kapuas masuk dalam kategori tersebut. Akan tetapi dari hasil interview dengan sejumlah tamu yang datang ke Pontianak (pada saat itu masih sering menerima tawaran jasa paket wisata kota Pontianak) ternyata mereka merasa penasaran dengan adanya jembatan ini karena namanya adalah Jembatan Tol Pontianak.
Di judul tulisan ini, sengaja Blogger Borneo menggunakan nama perpaduan antara Jembatan Tol dan Jembatan Kapuas ditambahkan dengan kata Pontianak sehingga jadilah Jembatan Tol Kapuas Pontianak agar kelihatan transisi perubahan namanya.
Jembatan Tol Kapuas Pontianak Pernah beberapa kali kesempatan, para tamu yang dibawa (notabene rata-rata berasal dari Jakarta) langsung merasa kaget begitu melewati “Jembatan Tol” karena tidak sesuai ekspektasi mereka yang menganggap bahwa Jembatan Tol dimaksud sama seperti di Jakarta.
Sebenarnya Blogger Borneo sendiri sempat heran kenapa jembatan yang cukup dikenal di kota Pontianak ini diberi nama dengan Jembatan Tol, padahal ketika melewatinya tidak ada biaya yang harus dibayar alias gratis. Lagipula tidak tampak juga gerbang tol di sepanjang jalur naik maupun jalur turun jembatan.
Merasa penasaran, maka Blogger Borneo mencoba mencari informasi mengenai sejarah Jembatan Tol Kapuas Pontianak. Alhamdulillah informasi mengenai sejarah Jembatan Tol Kapuas Pontianak ini dapat diperoleh dari laman Wikipedia Indonesia.
Definisi Jembatan Tol Memang jika dilihat berdasarkan informasi di Wikipedia Indonesia, yang dimaksud dengan Jembatan Tol adalah sebuah jembatan dimana yang melewati di atasnya harus membayar. Sejarah praktik pemungutan pada jembatan kemungkinan bermula bahwa dahulu orang harus membayar ketika menumpang perahu penyeberangan sungai.
Yang kita ketahui bersama bahwa kota Pontianak memiliki satu titik penyeberangan melalui jalur air yaitu Dermaga Bardan Nadi di samping Taman Alun Kapuas Pontianak. Selain itu, masyarakat Pontianak dulunya juga lebih mengenal transportasi penyeberangan melalui Sungai Kapuas ketimbang menggunakan jalur darat.
Sepertinya ketika zaman terus berkembang dimana penggunaan jalur transportasi sungai mulai berkurang, maka penggunaan jalur darat mulai menjadi pilihan. Di saat inilah keberadaan jembatan penyeberangan mulai dipikirkan.
Sejarah Pembangunan Jembatan Masih di laman situs yang sama, terdapat informasi mengenai Jembatan Kapuas I (dulunya dikenal dengan nama Jembatan Tol) meskipun hanya berupa gambaran umum saja.
Jembatan Tol Kapuas Pontianak, membentang sepanjang 420 meter dengan lebar 6 meter. Jembatan yang menghubungkan pusat kota Pontianak dengan beberapa kabupaten lainnya di Kalimantan Barat ini dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soehart dua tahun kemudian.

Jembatan ini dibangun dengan nilai proyek sebesar 6,06 miliar rupiah. Waktu awalnya, para pengguna jembatan ini diharuskan membayar tarif setiap kali menyeberang. Menurut informasi yang diperoleh dari orang tua, dulunya memang terdapat pos pembayaran tiket di jalur sebelum naik dan turun jembatan.
Setelah beberapa tahun berselang, sekitar tahun 1990-an biaya tiket naik jembatan ini dibebaskan karena sudah dianggap sebagai jalur utama dan tidak ada jalur alternatifnya. Sejak saat itu hingga sekarang jembatan penyeberangan yang dulunya diberi nama Jembatan Tol ini sudah bebas dilalui oleh para pengendara dan kini namanya sudah diganti menjadi Jembatan Kapuas I Pontianak. (DW)


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/sejarah-pemberian-nama-jembatan-tol-kapuas-pontianak/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Jangan Beri Nama Nombor Telefon Palsu Ketika Daftar Masuk Premis Perniagaan Ismail Sabri

Jangan Beri Nama Nombor Telefon Palsu Ketika Daftar Masuk Premis Perniagaan Ismail Sabri

papar berkaitan - pada 18/5/2020 - jumlah : 466 hits
PUTRAJAYA 18 Mei Jangan letak maklumat seperti nama Badang Superman dan Batman serta nombor telefon palsu ketika membuat pendaftaran di premis perniagaan kata Menteri Kanan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob Menurut beliau tindakan meletakkan n...
Poco Meminta Peminat Mencadangkan Nama Untuk Fon Telinga Mereka Yang Bakal Diperkenalkan

Poco Meminta Peminat Mencadangkan Nama Untuk Fon Telinga Mereka Yang Bakal Diperkenalkan

papar berkaitan - pada 19/5/2020 - jumlah : 265 hits
Poco telah pun memperkenalkan telefon pintar Poco F2 Pro mereka secara rasminya baru baru ini dimana ia hadir dengan penawaran spesifikasi mercu pada harga yang kompetitif Terkini selain daripada telefon pintar Poco turut dalam persiapan un...
Tulis Nama Sebenar Bukan Badang Superman Atau Batman Sebelum Masuk Premis

Tulis Nama Sebenar Bukan Badang Superman Atau Batman Sebelum Masuk Premis

papar berkaitan - pada 18/5/2020 - jumlah : 301 hits
PUTRAJAYA Menteri Kanan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mendedahkan terdapat pengunjung premis tidak menulis nama dan nombor telefon sebenar sebelum memasuki sesebuah premis Menurutnya mereka menulis pelbagai nama bahkan ada yang meletakkan ...
Mujahid Cadang Tukar Nama Parlimen Jadi Bisumen

Mujahid Cadang Tukar Nama Parlimen Jadi Bisumen

papar berkaitan - pada 18/5/2020 - jumlah : 189 hits
Keputusan kerajaan Perikatan Nasional mengadakan sidang Dewan Rakyat selama sehari selain tidak membenarkan sesi perbahasan terus dikritik Ahli Parlimen pembangkang Ahli Parlimen Parit Buntar Datuk Seri Dr Mujahid Yusof antara wakil rakyat ...
Siasatan Rasuah Khalid Dakwa Broker Perguna Nama Bekas Setiausaha Politiknya

Siasatan Rasuah Khalid Dakwa Broker Perguna Nama Bekas Setiausaha Politiknya

papar berkaitan - pada 18/5/2020 - jumlah : 328 hits
BEKAS Menteri Wilayah Persekutuan Khalid Abdul Saman mendakwa nama setiausaha politiknya telah digunakan oleh seorang broker sehingga menyebabkan beliau ditahan polis bagi siasatan rasuah semalam Khalid dalam ciapannya di Twitter berkata be...
Broker Terima Ganjaran Jutaan Ringgit Jual Nama Bekas Setpol Khalid

Broker Terima Ganjaran Jutaan Ringgit Jual Nama Bekas Setpol Khalid

papar berkaitan - pada 18/5/2020 - jumlah : 346 hits
ARIF ATAN Bekas Menteri Wilayah Persekutuan Khalid Abdul Samad memberitahu seorang broker telah menggunakan nama bekas setiausaha politiknya Azli Yusuf Pengarah Komunikasi AMANAH itu malam tadi berkata penahanan Azli ekoran aduan sebuah sya...
Plesetan Nama Latuconsina Berbuntut Panjang Rina Nose Dan Andre Taulany Minta Maaf

Plesetan Nama Latuconsina Berbuntut Panjang Rina Nose Dan Andre Taulany Minta Maaf

papar berkaitan - pada 19/5/2020 - jumlah : 311 hits
Keduanya dilaporkan ke pihak berwajib karena dianggap melecehkan marga asal Maluku tersebut
Hari Guru Istimewa 2020 Bila Pm Sebut Nama Cikgu Hailmi

Hari Guru Istimewa 2020 Bila Pm Sebut Nama Cikgu Hailmi

papar berkaitan - pada 20/5/2020 - jumlah : 565 hits
Baru berkesempatan nak ucap Selamat Hari Guru kepada semua rakan guru di Malaysia 16 Mei yang sibuk dan penuh dengan kejutan Realiti Rakyat ASTRO Awani Segmen Khas Hari Guru 2020 bersama Cikgu Hailmi8 30 pagi Bersama 501awani untuk segmen R...
Akronim Nama Kereta

Akronim Nama Kereta

papar berkaitan - pada 27/5/2020 - jumlah : 517 hits
Selalu ketika dalam kereta Tedi akan melihat banyak kereta lain dengan akronim yang Tedi tak faham Maka di sini Tedi catat beberapa akronim kereta yang telah Tedi kaji BLMProton SAGA BLM base line model DVVTDaihatsu Dynamic Variable Valve T...
Ringgit Closes Higher As Us Dollar Index Declines

Special Zones Can Help Johor Surpass Other States Economically Says Pm

Melaka Signs Tourism Advertising Deal With Chinese Media Company

Anak Batuk Lama Sangat Jangan Biarkan Kesan Pada Anak Ni Mak Ayah Kena Tahu

Ultimate Guide To Ghibli Park

Tanding Pakaian Janda Kerja Gila 1 Mei Tuntut Naik Gaji

Boycott Gone Sour Malays Returning To Mcdonald S Insulted And Called Dogs Pigs By Fellow Malays

Transformation From The Top Down Hajiji S Exemplary Leadership In Sabah



Info Dan Sinopsis Filem J2 J Retribution J2 J Retribusi Filem Malaysia 2021 Di Netflix Sekuel J Revolusi

Info Sinopsis Kutipan Sheriff Narko Integriti Filem Malaysia 2024

Info Dan Sinopsis Dough Doh Filem Malaysia 2023 Lakonan Syafiq Kyle Kini Di Netflix

Info Dan Sinopsis The Djinn s Curse Khong Khaek Filem Seram Thailand 2023 Kini Di Netflix Malaysia

10 Filem Seram Thailand Berhantu Terbaru Mesti Tonton Juga Tersedia Online


Bicara Profesional Pengarah Pendidikan Negeri Johor Bersama Pengetua Sekolah Negeri Johor 2024

Beyond The Pew The Bridal Heart Guides Your Daily Walk With Christ

Wanita Cedera Diragut Ketika Menunggang Motosikal

Kes Lelaki Israel 10 Ditahan Semula Bawah Sosma

Pelbagai Cara Memakai Samping

Isu Buang Beras Sardin Semuanya Sudah Rosak Busuk Bekas Ahli Parlimen Kuala Krau