Pria Ini Lumpuh Gara Gara Pisang Dan Jeruk Ini Penyebab Sebenarnya


Pisang dan jeruk termasuk dalam buah yang digemari oleh banyak orang.
Harganya murah, mudah untuk didapatkan di mana saja, dan rasanya yang enak membuat kita bisa mengonsumsinya kapan saja.
Hanya saja, seorang pria berusia 60-an bernama Wang yang berasal dari kawasan Xi’an, Shaanxi, Tiongkok justru mengalami kelumpuhan hanya gara-gara makan kedua buah ini. Apa yang sebenarnya terjadi?
Usut punya usut, Wang ternyata mengonsumsi buah dan pisang dalam jumlah yang berlebihan.
Meski dikenal sebagai buah yang baik bagi kesehatan, pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi keduanya dalam jumlah yang sangat banyak memang bisa berbahaya.
Hanya saja, kasus yang dialami Wang ini sangatlah langka sehingga membuat dokter yang menanganinya terkejut.
Wang ternyata mengonsumsi total sekitar 2,5 pisang dan 3 kg jeruk hanya dalam waktu seminggu karena percaya jika banyak-banyak mengonsumsi kedua buah ini bisa membuatnya menjadi lebih sehat.
Setelahnya, Wang merasakan gejala mati rasa dan lumpuh. Ia pun langsung dilarikan ke rumah sakit oleh keluarganya.
Dokter menyebut kasus yang dialami oleh Wang diawali oleh kondisi ginjalnya yang tidak berfungsi dengan semestinya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jeruk dan pisang yang Wang konsumsi.
Dilansir laman Doktersehat, kedua buah ini memiliki kandungan potasium yang tinggi sehingga bisa membuat fungsi ginjal menurun.
Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dari kedua buah ini juga menyebabkan kondisi hyperkalemia yang memberikan efek kurang baik bagi kesehatan ginjal.
Salah satu dampak dari kondisi hyperkalemia yang dialami oleh Wang adalah kelumpuhan.
Ia sebenarnya juga cukup beruntung karena jika hyperkalemia sudah berlangsung cukup parah, bisa saja memicu serangan jantung yang mematikan.
Mengenal Lebih Jauh Hyperkalemia
Pakar kesehatan menyebut hyperkalemia sebagai kondisi yang membuat kadar kalium di dalam darah melebihi batas normal. Sebagai informasi, kadar kalium yang wajar adalah sekitar 3,6 – 5,2 mmol/liter.
Jika kadarnya sudah sampai melebihi 7 mmol/liter, maka akan muncul gejala hyperkalemia yang akan mempengaruhi fungsi jantung, otot, dan kesehatan tulang.
Gejala awal yang akan dialami oleh mereka yang menderita hyperkalemia adalah mual-mual, tubuh yang lelah, kesemutan, hingga otot yang lemah.
Hal inilah yang membuat penderitanya seperti merasakan sensasi kelumpuhan. Selain itu, jika sampai hyperkalemia memiicu komplikasi yang serius, maka bisa jadi ritme jantung akan berubah. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai aritmia jantung.
Masalahnya adalah aritmia jantung bisa memicu fibrilasi ventrikel yang bisa mengacaukan denyut jantung. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, jantung bisa saja berhenti berdetak dan memicu kematian.
Penyebab utama dari kondisi hyperkalemia adalah gangguan pada ginjal seperti gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.
Selain itu, kebiasaan mengonsumsi obat-obatan tertentu atau kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kadar kalium yang tinggi dengan berlebihan juga bisa menjadi penyebabnya.
Mengatasi Hyperkalemia
Selain memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan obat atau terapi yang bisa menurunkan kadar kalium di dalam tubuh, pakar kesehatan juga menyarankan penderita hyperkalemia untuk menurunkan asupan makanan berkalium sehingga bisa memastikan bahwa asupan kalium hariannya lebih rendah dari 2.000 – 3.000 mg per hari.
Jika diperlukan, penderita hyperkalemia bahkan bisa mengonsumsi pil diuretik yang bisa merangsang frekuensi buang air besar meningkat demi membuang lebih banyak kalium dari dalam tubuh.
Hanya saja, jika kasus hyperkalemia ini dipicu oleh gangguan pada ginjal, maka diperlukan penanganan bagi ginjal terlebih dahulu.
Selain itu, jika memang penderitanya mengalami gagal ginjal, maka proses pengeluaran kalium dilakukan dengan dialysis atau cuci darah.
Sumber: rakyatku.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/pria-ini-lumpuh-gara-gara-pisang-dan-jeruk-ini-penyebab-sebenarnya/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Ini Penyebab Istri Ustadz Maulana Meninggal Dunia

Ini Penyebab Istri Ustadz Maulana Meninggal Dunia

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 123 hits
Kabar duka datang dari keluarga Ustadz Maulana yang terkenal dengan jargon Jamaah oh jamaah Alhamdulillah Istri Ustadz Maulana Hj Nur Aliyah meninggal dunia di RS Bhayangkara Makassar pukul 17 00 WITA Minggu Berdasar informasi yang diterima...
Perkawinan Usia Dini Di Sultra Tinggi Faktor Ekonomi Pendidikan Jadi Penyebab

Perkawinan Usia Dini Di Sultra Tinggi Faktor Ekonomi Pendidikan Jadi Penyebab

papar berkaitan - pada 21/1/2019 - jumlah : 90 hits
Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Sultra Dr Mustakim Mustakim mengungkapkan faktor ekonomi lemah dan rendahnya pendidikan bagi kalangan perempuan menjadi penyebab utama tingginya angka perkawinan usia muda berkisar antara 15 hingga 16 tahun
Wamen Arcandra Jelaskan Penyebab Penurunan Harga Minyak Dunia

Wamen Arcandra Jelaskan Penyebab Penurunan Harga Minyak Dunia

papar berkaitan - pada 19/1/2019 - jumlah : 69 hits
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar menilai terdapat banyak faktor yang memengaruhi penurunan harga minyak dunia saat ini Dia menjelaskan bahwa terdapat banyak faktor yang memengaruhi harga minyak termasuk masalah ge...
Apakah Penyebab Anda Tidak Patut Menyusukan Anak Dengan Susu Badan

Apakah Penyebab Anda Tidak Patut Menyusukan Anak Dengan Susu Badan

papar berkaitan - pada 26/1/2019 - jumlah : 95 hits
Umum mengetahui bahawa menyusukan anak dengan susu badan mempunyai pelbagai manfaatnya yang tersendiri Namun begitu ada sesetengah wanita yang tidak disarankan untuk melakukannya atas dasar kesihatan atau kondisi yang lain Artikel ini akan ...
Inilah Penyebab Kanker Lidah Artis Ftv Cecillia Putty Meninggal Karena Penyakit Ini

Inilah Penyebab Kanker Lidah Artis Ftv Cecillia Putty Meninggal Karena Penyakit Ini

papar berkaitan - pada 28/1/2019 - jumlah : 83 hits
Kanker lidah ini pula yang menjadi penyebab meninggalnya artis FTV Cecillia Putty Vickend pada tahun 2012 lalu Gadis berusia 26 tahun ini meninggal dunia setelah mengidap penyakit kanker lidah stadium 4
Penyebab Blog Sepi Komentar Lurkers

Penyebab Blog Sepi Komentar Lurkers

papar berkaitan - pada 1/2/2019 - jumlah : 184 hits
Sudah banyak blogger lain yang membahas penyebab blog sepi komentar Mulai dari sepi pengunjung hingga konten tidak menarik dan masalah kolom komentar Dalam posting ini CB akan menambahkan satu penyebab blog sepi komentar yang belum banyak d...
5 Kemungkinan Penyebab Kulit Kepala Berminyak Dan Mengeluarkan Bau Tak Sedap

5 Kemungkinan Penyebab Kulit Kepala Berminyak Dan Mengeluarkan Bau Tak Sedap

papar berkaitan - pada 29/1/2019 - jumlah : 95 hits
5 Kemungkinan penyebab kulit kepala berminyak dan mengeluarkan bau tak sedap Kurang menjaga kebersihan perubahan hormon kondisi medis keringat berlebih dan polusi merupakan beberapa di antaranya
Menko Darmin Beberkan Penyebab Banyaknya Usaha Ritel Bangkrut

Menko Darmin Beberkan Penyebab Banyaknya Usaha Ritel Bangkrut

papar berkaitan - pada 18/1/2019 - jumlah : 47 hits
Fenomena gulung tikar ritel sebenarnya bukan kali ini saja terjadi Sejak dua tahun lalu tercatat 7 Eleven PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk PT Matahari Department Store Tbk dan Lotus juga mengalami nasib sama
Ini Penyebab Phk Mantan Amt Pertamina Oleh Pt Gun

Ini Penyebab Phk Mantan Amt Pertamina Oleh Pt Gun

papar berkaitan - pada 16/1/2019 - jumlah : 38 hits
Upaya PHK yang dilakukan PT GUN menurut Hernovian karena para mantan AMT tersebut memang merupakan mantan karyawan PT GUN Jadi mereka sama sekali tidak terkait dengan Pertamina dan PT Pertamina Patra Niaga sebagaimana selalu disuarakan keti...
Cikgu Malaysia Dedah Mengapa Wuhan Jadi Lubuk Penyakit

Wilayah Paling Sejuk Di Dunia Suhu Jatuh Hingga 59c

Memandu Mabuk Bukan Isu Kaum

Kenali Diri Anda Rahsia Anak Sulong Bongsu Anda Yang Mana Satu

Undian Di Media Sosial Banyak Menunjukkan Keinginan Mereka Tentang Peralihan Kuasa

Tiba Tiba Menteri Ph Saman Menteri Ph Sindir Najib

Dua Pemandu Maut Kereta Bertembung

Koronavirus Tiada Penawar Apa Patut Anda Buat



Resepi Daging Bulgogi Paling Simple Ala Restoran Korea

Info Penuh Anugerah MeleTOP Era AME 2020

7 Mitos Popular Tentang Perang Yang Ramai Percaya Disebabkan Hollywood

Slab City Pekan Kecil Yang Tiada Elektrik Air dan Kerajaan

Wajah Sebenar 11 Selebriti Malaysia Tanpa Mekap Yang Mengejutkan


Sambal Tempoyak Ikan Bilis Dan Petai

Kenali Jenis Jenis Ikan Untuk Masakan

Internship For Graphic Design

Chef De Partie

Sales Cum Training Consultant

Waiter