Polisi Sita Uang 88 5 Juta 20 Orang Akan Menjadi Tersangka Makar


20 Orang Akan Menjadi Tersangka, Polisi Sita Uang 88,5 Juta Yang Akan Disetor Ke Jayapura

FAKFAK_ Penggerebekan kegiatan TPN PB atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat yang merupakan fraksi militer, oleh aparat gabungan di Kampung Warpa, Distrik Kayuni dan di Kampung Pikpik, Distrik Kramamongga, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Minggu, 1 Desember 2019 sore kemarin, memasuki babak baru.

Polisi hari ini akan menetapkan lebih dari 20 orang, sebagai tersangka atas sangkaan berbuat makar, melawan petugas dan persoalan senjata tajam.

“Untuk saat ini sudah dalam tahap penyidikan. Karena yang diperiksa banyak, nanti kami akan dibantu oleh penyidik dari Polda. Dan hari ini pula, kami akan naikkan status 20 orang lebih sebagai tersangka dalam masalah ini. Pasal yang diterapkan dalam kasus ini ialah pasal 2 ayat 1 UU RI nomor 12 tahun 1951 junto pasal  107 KUHP junto pasal 212 KUHP,” terang Kapolres Fakfak, AKBP. Ary Nyoto Setiawan, S.IK., M.H., saat konferensi pers Senin (02 Desember 2019) pagi tadi.

Perkembangan terkini juga terjadi pada jumlah dana atau uang yang berhasil diamankan kemarin. Awalnya, aparat menemukan uang sejumlah 12 juta lebih saat penggerebegan berlangsung. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap para saksi, terjadi penambahan dana sejumlah 70 juta, sehingga hingga Minggu malam, polisi mengamankan uang sejumlah 82 juta. Senin pagi tadi, penyidik kembali menambahkan barang bukti berupa uang sejumlah 6,5 juta, sehingga total uang yang diamankan adalah 88,5 juta lebih.

Menurut Kasat Reskrim Polres Fakfak, AKP. Misbachul Munir, S.IK. saat mendampingi Kapolres dalam konferensi pers tadi pagi, setelah penyidik mengembangkan lagi masalah dana organisasi TPN PB, ternyata masih ada dana sebesar 6,5 juta.

“Berdasarkan keterangan mereka, dana tersebut akan disetorkan kepada pimpinan tertinggi TPN PB di Jayapura yang berinisial SK,” jelas Kasat Reskrim.

Kapolres Fakfak, yang didampingi Komandan Kodim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md. saat konferensi pers, menunjukan sebagian barang bukti yang berhasil diamankan Minggu kemarin sore.

Dari barang bukti yang dipampang di meja, nampak adanya tombak yang terdapat bendera bintang kejora, bendera bintang kejora dalam plastik, busur, anak panah yang diduga telah dilumuri racun pada ujungnya, katapel sebagai pelontar anak panah, katapel pelontar batu, kelereng, katapel panjang untuk melontarkan batu dari jarak yang cukup jauh, KTA TPN PB dan parang.

“Yang kami tampilkan ini adalah sebagian barang bukti. Sebenarnya jumlahnya banyak. Bendera ada belasan, puluhan anak panah dan busur, puluhan parang, 78 KTP TPN PB dan uang tadi. Juga ada baju loreng dan atributnya. Dari KTA yang ada, kita bisa mengetahui bahwa dalam struktur kepangkatan mereka, ada yang berpangkat kopral, kapten, penembak runduk, ada juga provostnya,” jelas Kapolres.

Disinggung adanya dana yang cukup besar yang berhasil diamankan, Kapolres menegaskan akan mengembangkan dugaan penyalahgunaan dana desa yang terindikasi dipakai untuk menyokong kegiatan TPN PB.

“Kalau kita perhatikan, aparat Kampung Pikpik mulai dari kepala kampung, bendahara dan sekretarisnya, ternyata ikut dalam kegiatan ini,” ujar kapolres. “Tentu patut dikembangkan penyelidikan, apakah ada dana desa yang turut dipakai dalam kegiatan tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md. meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan masalah keuangan dana desa.

“Dari kasus ini, saya mendorong pemerintah daerah untuk lebih mengawasi penggunaan dana desa. Jangan sampai dana desa dipakai untuk menyokong kegiatan yang menentang negara,” pungkas Dandim.

Kapolres meminta wartawan untuk terus melakukan update kasus ini, agar menjadi perhatian masyarakat. Menurut Kapolres, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan di lingkungannya masing-masing. Segera melaporkan, bila diketahui hal-hal yang tak biasa. (*)

Foto: Kapolres Fakfak didampingi Dandim 1803/Fakfak dan Kasat Reskrim Polres Fakfak, menunjukkan sebagian barang bukti dalam konferensi pers siang tadi

Sumber:https://infofakfak.com/2019/12/20-orang-akan-menjadi-tersangka-polisi-sita-uang-885-juta-yang-akan-disetor-ke-jayapura

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://phaul-heger.blogspot.com/2019/12/polisi-sita-uang-885-juta-20-orang-akan.html

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Polisi Bongkar Sindikat Peredaran Uang Palsu Di Jember Rp 662 Juta Disita

Polisi Bongkar Sindikat Peredaran Uang Palsu Di Jember Rp 662 Juta Disita

papar berkaitan - pada 6/12/2019 - jumlah : 229 hits
Kepolisian Daerah Jawa Timur membongkar praktik sindikat peredaran uang palsu di kawasan Jember Terkait dengan kasus ini polisi menyita barang bukti uang palsu dari para tersangka kurang lebih sebanyak Rp 662 juta
Polisi Sita 80 Kg Ganja Siap Edar Untuk Karyawan Dan Buruh Di Karawang

Polisi Sita 80 Kg Ganja Siap Edar Untuk Karyawan Dan Buruh Di Karawang

papar berkaitan - pada 4/12/2019 - jumlah : 151 hits
Para pengedar menyasar karyawan dan buruh di Karawang Konsumennya juga yang sudah saling kenal dengan pelaku
Polisi Tetapkan Pelaku Pelemparan Sperma Tersangka Pelecehan Seksual

Polisi Tetapkan Pelaku Pelemparan Sperma Tersangka Pelecehan Seksual

papar berkaitan - pada 20/11/2019 - jumlah : 253 hits
Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Anom Karibianto mengatakan kini polisi masih terus mendalami keterangan dari pelaku dan korban
Pinjami Uang 3 5 Juta Ke Turis Dubai Nggak Dikenal Pria Ini Malah Dapat Balasan 9 5 Miliar Gokil

Pinjami Uang 3 5 Juta Ke Turis Dubai Nggak Dikenal Pria Ini Malah Dapat Balasan 9 5 Miliar Gokil

papar berkaitan - pada 2/12/2019 - jumlah : 216 hits
Kejadian ini nggak cuma menunjukkan bahwa orang Dubai itu emang kaya kaya tapi juga soal kesediaan untuk membantu orang lain
Gasak Uang Nasabah Bank Rp 61 Juta Bandit Spesialis Pecah Ban Mobil Ditangkap

Gasak Uang Nasabah Bank Rp 61 Juta Bandit Spesialis Pecah Ban Mobil Ditangkap

papar berkaitan - pada 23/11/2019 - jumlah : 179 hits
Polisi menangkap tersangka pada tanggal 1 Oktober lalu Kelompok ini terdiri dari lima orang Namun polisi baru menangkap satu tersangka dan empat lainnya masih menjadi DPO Pelaku ditangkap berinisial K Sementara polisi masih memburu empat la...
Tangkap Seorang Penadah Di Serang Polisi Sita Belasan Motor Curian

Tangkap Seorang Penadah Di Serang Polisi Sita Belasan Motor Curian

papar berkaitan - pada 20/11/2019 - jumlah : 168 hits
Setelah diinterogasi pelaku mengaku telah melakukan pencurian sepeda motor beberapa kali Usai dicuri sepeda motor curian biasanya dijual kepada Opang
Tas Berisi Uang Rp12 Juta Tertinggal Di Gerbong Khusus Wanita Krl Jakarta Bogor

Tas Berisi Uang Rp12 Juta Tertinggal Di Gerbong Khusus Wanita Krl Jakarta Bogor

papar berkaitan - pada 30/11/2019 - jumlah : 175 hits
Petugas PT Kereta Commuter Indonesia mengamankan uang sekitar Rp 12 juta di dalam tas tertinggal pada rangkaian KA 1237 relasi Jakarta Kota Bogor Tas itu ditemukan petugas di gerbong khusus wanita pada Jumat malam
Polisi Belum Tahan 13 Tersangka Kasus Pembobolan Atm Ini Alasannya

Polisi Belum Tahan 13 Tersangka Kasus Pembobolan Atm Ini Alasannya

papar berkaitan - pada 27/11/2019 - jumlah : 203 hits
Perkara ini berawal dari laporan Bank DKI beberapa waktu lalu Bahwa ada nasabah yang menarik uang di Anjungan Tunai Mandiri Tapi saldo tidak berkurang Dari hasil penyelidikan mengarah kepada seorang nasabah berinisial I Kini terduga pelaku ...
Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang

Awak Solat Tak 5 Waktu Jika Tidak Awak Balik Saja



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Lunch Di Kedai Makan Os Gerik Perak

Diperlakukan Buruk Oleh Kerabat Tetap Balas Dengan Kebaikan

Meneladani 3 Nilai Semangat Ki Hajar Dewantara Sebagai Bapak Pendidikan Indonesia

Beyond The Buzz Exploring The Science Behind Mushroom Gummie

Senandung Buruh Kasar

Dibunuh Kerana Tak Mahu Rujuk Selepas Bercerai Mayat Disumbat Dalam Bagasi