Pilih Tak Ikut Campur Indonesia Dikritik Karena Tidak Bela Muslim Uighur


Sikap pemerintah Indonesia yang tidak ingin ikut campur urusan dalam negeri China terkait muslim Uighur di Xianjiang menuai kritik.
Indonesia dinilai memiliki kewajiban memverifikasi benar-tidaknya informasi perihal pelanggaran HAM yang dialami muslim Uighur.
Adalah pakar hukum internasional Universitas Indonesia (UI) Prof Hikmahanto Juwana yang menilai pemerintah Indonesia berkewajiban untuk memverifikasi isu pelanggaran HAM yang dialami muslim Uighur.
Hikmahanto menyebut kewajiban tersebut sesuai dengan hukum internasional.
“Adalah kewajiban bagi semua negara menurut hukum internasional (erga omnes) untuk memiliki kepedulian terhadap pelanggaran HAM berat. Termasuk untuk melakukan verifikasi atas kebenaran terjadinya pelanggaran HAM berat,” kata Hikmahanto kepada wartawan, Rabu (25/12/2019).
Hikmahanto menyarankan pemerintah Indonesia membawa isu mengenai dugaan pelanggaran HAM yang dialami muslim Uighur ke Dewan HAM PBB.
Menurutnya, jika hal tersebut dilakukan, Indonesia telah memainkan peran sebagai anggota Dewan HAM PBB.
“Oleh karenanya, bila Indonesia membawa isu dugaan pelanggaran HAM berat ke berbagai organ di lingkungan PBB terhadap dugaan pelanggaran HAM berat atas muslim Uighur, hal tersebut merupakan pelaksanaan kewajiban Indonesia sebagai salah satu masyarakat internasional,” jelasnya.
“Kewajiban ini semakin besar mengingat Indonesia saat ini menjadi anggota Dewan Keamanan dan anggota Dewan HAM PBB,” imbuh Hikmahanto.
Senada dengan Hikmahanto, PPP menilai pemerintah Indonesia tetap bisa memainkan peran terkait isu kekerasan yang dialami muslim Uighur, tanpa mencampuri urusan dalam negeri China.
Wasekjen PPP Achmad Baidowi menyebut pemerintah RI bisa menyarankan China lebih terbuka perihal muslim Uighur.
“Tidak ikut campur dalam urusan negeri orang lain dalam konteks kedaulatan negara benar. Namun, dalam konteks turut serta menciptakan perdamaian dunia, maka soft diplomacy bisa dilakukan pemerintah,” kata Baidowi kepada wartawan, Rabu (25/12).
“Misalnya, memberikan saran kepada pemerintah China untuk terbuka terkait persoalan Uighur tidak ada salahnya, mengingat Indonesia mayoritas berpenduduk muslim,” imbuhnya.
Baidowi khawatir simpang siurnya informasi mengenai muslim Uighur membuat umat Islam di Indonesia bereaksi.
Sebab, menurutnya, muslim di Indonesia kerap mendapatkan informasi mengenai kekerasan yang dialami muslim Uighur dari media sosial yang belum diketahui kebenarannya.
“Jadi, konteksnya adanya kaitan dengan ‘gejolak’ di dalam negeri akibat adanya isu-isu simpang siur yang diterima mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam. Karena sejauh ini yang didapat dari muslim RI berita dari medsos,” jelas politikus yang kerap disapa Awiek itu.
Perihal pernyataan sikap pemerintah Indonesia yang tak ingin mencampuri urusan dalam negeri China soal muslim Uighur disampaikan Kepala Staf Presiden Moeldoko.
Mantan Panglima TNI itu menegaskan bahwa tiap negara memiliki kedaulatan untuk mengatur warganya.
“Saya pikir sudah dalam standar internasional bahwa kita tidak memasuki urusan luar negeri masing-masing negara. Masing-masing negara memiliki kedaulatan untuk mengatur warga negaranya,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (23/12).
Menko Polhukam Mahfud Md lalu menjelaskan maksud pernyataan Moeldoko. Mahfud menyebut pemerintah Indonesia akan berdiplomasi secara lunak.
“Pak Moeldoko bilang kita tak ikut campur, saya bilang juga tak ikut campur, tapi kita diplomasi lunak. Diplomasi lunak itu artinya bicara apa, tidak langsung ikut campur,” kata Mahfud usai menghadiri open house di kediaman Menkominfo, Johnny G Plate, Jalan Bango I, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (25/12).
Mahfud menjelaskan diplomasi lunak itu bukan berarti RI tak melakukan apa-apa. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memastikan pemerintah akan tetap melakukan langkah-langkah seperti memanggil Duta Besar China untuk membahas masalah tersebut.
“Kalau ikut campur kan langsung berhadapan. Ini tak ikut campur ya. Kita lunak saja seperti saya panggil dubesnya (China untuk Ri). Gimana, oke Indonesia tak akan intervensi. Sama persis kok kalimat saya dengan Pak Moeldoko,” ucapnya.
Sumber: detik.com


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://islamidia.com/pilih-tak-ikut-campur-indonesia-dikritik-karena-tidak-bela-muslim-uighur/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Soal Muslim Uighur Moeldoko Tegaskan Indonesia Tak Mau Ikut Campur Urusan China

Soal Muslim Uighur Moeldoko Tegaskan Indonesia Tak Mau Ikut Campur Urusan China

papar berkaitan - pada 23/12/2019 - jumlah : 215 hits
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pemerintah Indonesia tidak mau ikut campur urusan negara China terkait masalah muslim Uighur di Xinjiang Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah tak bisa mengintervensi urusan dalam negeri China
Muhammadiyah Siap Tuntut The Wall Street Journal Karena Berita Soal Muslim Uighur

Muhammadiyah Siap Tuntut The Wall Street Journal Karena Berita Soal Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 18/12/2019 - jumlah : 268 hits
Dalam artikel berjudul How China Persuaded One Muslim Nation to Keep Silent on Xinjiang Camps ormas Islam seperti Majelis Ulama Indonesia Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dianggap berhasil dibungkam oleh pemerintah China setelah diajak berk...
Sonny Bill Williams Ikut Jejak Ozil Dan Khabib Kecam Penindasan Terhadap Muslim Uighur

Sonny Bill Williams Ikut Jejak Ozil Dan Khabib Kecam Penindasan Terhadap Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 23/12/2019 - jumlah : 405 hits
Siapa yang tak kenal dengan pemain rugbi All Black Beliau dalam ciapan Twitter terbarunya turut menyelar tindakan kerajaan China terhadap etnik Uighur Beliau juga mengikut langkah bintang bola sepak Mesut Ozil dan ahli gusti UFC Khabib deng...
Ustadz Abdul Somad Dukung Mesut Oezil Bela Muslim Uighur

Ustadz Abdul Somad Dukung Mesut Oezil Bela Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 21/12/2019 - jumlah : 278 hits
Gelandang Arsenal Mesut Oezil tengah dalam sorotan beberapa hari terakhir ini Bermula dari cuitannya di Twitter yang mengecam umat muslim di seluruh dunia Oezil merasa seluruh negara Islam di dunia tidak melakukan tindakan tegas terhadap pe...
China Coba Bungkam Indonesia Suarakan Muslim Uighur Lipi Bisa Diadukan Ke Pbb

China Coba Bungkam Indonesia Suarakan Muslim Uighur Lipi Bisa Diadukan Ke Pbb

papar berkaitan - pada 14/12/2019 - jumlah : 193 hits
Isu Pemerintah China yang coba membungkam Indonesia dalam menyuarakan soal kaum minoritas Muslim Uighur patut disikapi dengan serius Bahkan bisa dilaporkan ke PBB Seperti dikabarkan Wall Street Journal sejumlah organisasi massa Islam Indone...
Kecaman China Saat Mesut Ozil Bela Muslim Uighur

Kecaman China Saat Mesut Ozil Bela Muslim Uighur

papar berkaitan - pada 17/12/2019 - jumlah : 340 hits
Global Times menulis kelakuan Ozil seperti badut kebingungan dan ceroboh Pesepak bola warga Jerman itu juga dianggap menyalahgunakan posisi sebagai seorang publik figure
Usai Panggil Dubes China Mahfud Md Akui Tak Bisa Ikut Campur Soal Uighur

Usai Panggil Dubes China Mahfud Md Akui Tak Bisa Ikut Campur Soal Uighur

papar berkaitan - pada 27/12/2019 - jumlah : 197 hits
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan sebagai umat muslim terusik dengan apa yang terjadi dengan suku Uighur di China Secara diplomasi Indonesia telah memanggil duta besar China
Kesal Dikritik Soal Muslim Uighur China Undang Mesut Ozil Ke Xinjiang

Kesal Dikritik Soal Muslim Uighur China Undang Mesut Ozil Ke Xinjiang

papar berkaitan - pada 18/12/2019 - jumlah : 362 hits
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang menilai Ozil tampaknya telah tertipu berita palsu Ozil harusnya datang untuk melihat secara langsung kondisi Uighur di Xinjiang yang sebenarnya
Mesut Oezil Kecam Umat Muslim Di Seluruh Dunia Karena Tak Peduli Penderitaan Uighur

Mesut Oezil Kecam Umat Muslim Di Seluruh Dunia Karena Tak Peduli Penderitaan Uighur

papar berkaitan - pada 16/12/2019 - jumlah : 239 hits
Bintang Arsenal Mesut Oezil mengecam seluruh umat muslim di di dunia Sebab Oezil merasa seluruh negara Islam di dunia tidak melakukan tindakan tegas terhadap penderitaan kaum muslim Uighur di China Dalam unggahannya di Twitter pribadinya Oe...
Pesanan Buat Sang Suami

Politikus Merosakkan Nama Raja Raja Melayu

Thousands Rally On Labour Day Demand Better Rights

Pesanan Datin Thalia Kepada Wanita Jadilah Wanita Yang Mahal

Set Up Gig Workers Commission Quickly Says Anwar

Continuous Learning

Embark On The Journey Of Family Togetherness With Sharp This Parents Day

Pengangguran Hilang Kerja Dan Kerja Luar Bidang



Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Bercakap Dengan Jun Slot DramaVaganza Astro Ria

5 Amalan Muslim Yang Sering Dijadikan Bahan Lawak di Malaysia

6 Fungsi Kereta Yang Sepatutnya Ada Tapi Tak Dijadikan Standard

5 Perkhidmatan Yang Kini Entah Kenapa Kita Langgan Bulanan

5 Tumbuhan Penghalau Kucing Yang Turut Mencantikkan Laman Rumah


Cerita Foto Sepanjang Minggu

Kkb Polls Indians And The Futility Of Voting

They Travelled For Hours To Celebrate Raya With Us

Tinta Bernoktah

Peluang Bisnis Digital Apa Yang Bagus Tahun 2024

The Hardest Singing Show