Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen Di Jakarta


Kondisi lahan hunian yang terus berkurang di kawasan Ibukota secara tidak langsung mengubah gaya hidup masyarakat untuk memilih apartemen sebagai tempat tinggal. Berbeda dengan konsep rumah tinggal tunggal, dalam satu bangunan apartemen bisa berisikan puluhan atau bahkan ratusan unit.
Menurut Wikipedia, istilah apartemen mulai digunakan secara luas di Amerika Utara. Sedangkan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran, apartemen diistilahkan sebagai flat. Jumlah apartemen di Indonesia terus mengalami peningkatan. Selama 3 (tiga) tahun berturut-turut mulai dari tahun 2013 hingga 2015, terjadi penambahan jumlah apartemen baru di Jakarta dari 15.068 menjadi 24.854 bangunan.
Beli Apartemen di Jakarta Jika diperhatikan, pertumbuhan jumlah apartemen ini tidak terlepas dari jumlah penduduk yang terus bertambah tapi tidak diikuti dengan jumlah lahan hunian yang tersedia. Jadi jika dulu konsepnya masih menggunakan bangunan tunggal, sekarang dalam satu bangunan dihuni oleh banyak orang.
Kondisi ibukota yang pada saat sekarang ini banyak dihuni oleh para pendatang dari luar Jakarta membuat keberadaan apartemen ini telah menjadi sebuah kebutuhan. Bagi orang-orang yang memiliki modal, memiliki unit apartemen dapat dianggap sebagai langkah investasi karena nilainya akan terus meningkat setiap tahunnya.
5 Hal yang Harus Diperhatikan Harga yang cukup bervariasi membuat para pemilik modal harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli unit apartemen yang diinginkan. Di tulisan ini Blogger Borneo ingin berbagi informasi mengenai 7 hal yang harus diperhatikan, antara lain:
1. Status Developer Hal pertama yang harus menjadi perhatian ketika akan membeli sebuah unit apartemen adalah lihat siapa perusahaan developernya. Banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggal terlantar karena developernya bermasalah. Informasi mengenai data perusahaan developer yang berkompeten dan profesional dapat dilihat di Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI).
Sebagai calon pemilik unit apartemen, kita sangat bergantung kepada perusahaan developer. Oleh karena itu, lihat juga semua izin-izin yang berhubungan seperti sertifikat seperti Hak Guna Bangunan (HGB), surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT). Jangan lupa cek juga sertifikat yang nantinya akan Anda terima yaitu Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).
2. Lokasi Bangunan Setelah melihat perusahaan developernya cukup kompeten dan profesional, hal berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah lokasi keberadaan apartemen tersebut. Pilih lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat kerja, sebagai contoh bila kita bekerja di kawasan Jakarta Pusat maka carilah lokasi apartemen yang ada disekitarnya. Selain itu perhatikan juga akses jalan, akses kereta api dan kemudahan kendaraan umum menuju kesana.
Jika membutuhkan hunian yang tenang, maka carilah apartemen yang tidak berdekatan dengan cafe, bar, diskotik, atau tempat-tempat hiburan. Dalam memilih lokasi apartemen, faktor lokasi menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan bila menginginkan keuntungan.
3. Fasilitas Pendukung Hal ketiga yang harus menjadi perhatian adalah fasilitas pendukung yang dimiliki. Lihat apakah di sekitar apartemen tersebut memiliki fasilitas-fasilitas umum seperti stasiun LRT, halte bus, rumah sakit, kantor polisi, sekolah, kampus, minimarket, pusat perbelanjaan, dan pusat perkantoran.
Selain itu lihat juga apakah apartemen tersebut menyediakan lahan parkir khusus untuk penghuni. Berapa banyak lahan parkir yang disediakan. Jika kita memiliki mobil, pastikan juga sebelumnya apakah memerlukan biaya tambahan atau tidak. Satu lagi, perhatikan kemananan di sekitar lingkungan apartemen, apakah terdapat CCTV dan sekuriti yang beroperasi 24 jam.
4. Sesuaikan Kebutuhan Ketika ingin membeli apartemen, harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bukan karena keinginan. Dalam penawarannya, developer apartemen biasa membaginya menjadi 3 jenis apartemen, antara lain: Apartemen Tanpa Furniture, Apartemen Semi Furniture, atau Apartemen Penuh Furniture. Selain itu ada juga yang membaginya berdasarkan dari segi ukuran, antara lain: studio 22 meter persegi, 1 kamar tidur 34 meter persegi dan dua kamar tidur 39 meter persegi.
5. Mekanisme Pembelian Untuk hal terakhir, yang harus menjadi perhatian adalah adalah mekanisme pembelian. Ada dua mekanisme pembelian apartemen, yaitu secara tunai (cash) atau kredit melalui Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Biasanya dengan membeli apartemen secara tunai, harga jualnya akan lebih rendah dibandingkan membeli secara kredit.
Sewa Apartemen di Jakarta Sekarang bagaimana dengan para eksekutif muda atau para pekerja perusahaan besar yang tidak memiliki dana cukup untuk membeli unit apartemen? Jangan kuatir, banyak para pemilik atau perusahaan developer yang menyewakan unit apartemennya untuk jangka waktu tertentu, misalnya satu hari, satu minggu, satu bulan, bahkan sampai satu tahun.
Mengenai harga sewanya, kembali lagi kepada 5 hal yang harus diperhatikan diatas. Semakin strategis lokasinya dan semakin lengkap fasilitas pendukungnya tentu saja harganya akan semakin tinggi juga. Tapi khusus lokasi apartemen yang akan disewa, strategis atau tidaknya justru dilihat dari dekat atau tidaknya akses dengan tempat kerja. (DW)
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Apartemen

Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://bloggerborneo.com/perhatikan-5-hal-ini-sebelum-membeli-apartemen-di-jakarta/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Inilah Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi Jiwa

Inilah Kesalahan Fatal Saat Membeli Asuransi Jiwa

papar berkaitan - pada 27/6/2019 - jumlah : 296 hits
Pada dasarnya asuransi jiwa itu sangat penting dimiliki Akan tetapi saat ini masih banyak orang yang kurang paham akan maksud dan fungsi asuransi jiwa itu sebenarnya Sehingga tak sedikit orang yang akhirnya salah beli yang menyebabkan premi...
Membeli Keperluan Bayi Di My Baby Expo 2019 Di Pwtc Kuala Lumpur

Membeli Keperluan Bayi Di My Baby Expo 2019 Di Pwtc Kuala Lumpur

papar berkaitan - pada 24/6/2019 - jumlah : 355 hits
Assalamualaikum Lama betul terperap dalam draf cerita pergi ke Baby Expo beberapa bulan lepas Bukan apa banyak betul story morry nak tulis Ada yang perlu kejar dateline maka perlu didahulukan Membeli keperluan bayi di My Baby Expo 2019 di P...
Selepas Huawei Pengeluar Adikomputer China Pula Dilarang Dari Membeli Perkakasan Amerika Syarikat

Selepas Huawei Pengeluar Adikomputer China Pula Dilarang Dari Membeli Perkakasan Amerika Syarikat

papar berkaitan - pada 24/6/2019 - jumlah : 192 hits
China ialah negara yang mempunyai jumlah adikomputer tertinggi di dunia menurut senarai yang dikeluarkan oleh Persidangan Adikomputer Antarabangsa minggu ini Mereka mempunyai 219 adikomputer berbanding Amerika Syarikat di tangga kedua denga...
Syarikat Sebalik Tiktok Pernah Mempertimbangkan Untuk Membeli Snap Twitter Dan Quora

Syarikat Sebalik Tiktok Pernah Mempertimbangkan Untuk Membeli Snap Twitter Dan Quora

papar berkaitan - pada 2/7/2019 - jumlah : 126 hits
Bytedance merupakan salah satu syarikat internet dari China yang semakin popular dari hari ke hari Salah satu aplikasi daripada Bytedance yang popular adalah TikTok yang mana mencipta fenomena pada peringkat global dan kini bersaing dengan ...
Tips Jimat Membeli Tiket Flight Airasia

Tips Jimat Membeli Tiket Flight Airasia

papar berkaitan - pada 24/6/2019 - jumlah : 343 hits
Ada beberapa cara untuk anda beli tiket flight Contohnya melalui perbankan internet seperti M2U CIMBClicks RHBNow atau melalui kad kredit MasterCard VISA Kalau beli tiket flight AirAsia menggunakan perbankan internet seperti M2U dan CIMBCli...
Tips Membeli Sebuah Freezer

Tips Membeli Sebuah Freezer

papar berkaitan - pada 3/7/2019 - jumlah : 762 hits
Apabila punyai keluarga besar langkah terbaik untuk penjimatan ialah membeliu secara pukal Tidak kira lah makanan kering atau makanan basah Namun bergitu apabila membeli makanan basah secara pukal harus dipastikan kita punyai tempat atau te...
Solatlah Ia Tiang Agama Paul Pogba Kongsi Kisah Meruntun Hati Sebelum Kembali Amal Ajaran Islam

Solatlah Ia Tiang Agama Paul Pogba Kongsi Kisah Meruntun Hati Sebelum Kembali Amal Ajaran Islam

papar berkaitan - pada 13/6/2019 - jumlah : 297 hits
Solatlah Ia Tiang Agama Paul Pogba Kongsi Kisah Meruntun Hati Sebelum Kembali Amal Ajaran Islam Peminat bola sepak pasti mengenali nama Paul Pogba seorang pemain profesional dari Perancis yang sedang hangat diperkatakan sekarang dek kerana ...
High Court Fixes 3 Additional Trial Dates To Complete 1mdb Case

Since Mic Pointless Pn Confident Of Marginalised Indian Votes

Sabah Peroleh Rm580 Juta Hasil Jualan Minyak Mentah

Norjuma Didakwa Lima Pertuduhan Mencederakan Tiga Individu Lakukan Khianat

Berjalan Bersama Pengguna Inovasi Pengalaman Interaktif Zuhyx

Ministers Hit Out At Us Academic S Safety Claim

The Evolution Of Adult Entertainment

Kesarjanaan Yang Biasa Biasa Sahaja



5 Trend Bodoh Netizen Yang Nampaknya Semakin Menjadi Jadi

Info Dan Sinopsis Drama Berepisod Puaka Cuti Semester Slot Lestary TV3

Biodata Rozana Rozek TV Youtuber Resipi

8 Istilah Jerman Yang Kita Rakyat Malaysia Kerap Gunakan

Biodata Aizat Saha Pelakon Drama Berepisod Racun Rihanna TV3 Personaliti TikTok


Malaysia S Ex Pm Mahathir Faces Anticorruption Probe

Datuk Beraksi Di Pentas Peragaan Pada Usia 88 Tahun

Pemilik R R Didenda Rm30 000 Jual Petrol Bersubsidi Kepada Rakyat Thailand

Selepas Menjadi Penumpang Umno Bakal Terkubur Pada Pru16

Tak Cukup Tangan Caprice Terkejut Terima Lebih 900 Aduan Baru

Benci Kesalahan Jangan Benci Orang Yang Salah Ig Ibu Lesap Aisyah Aziz Kongsi Quote Nasihat