Peran Apoteker Dalam Pemberantasan Obat Palsu


Berbicara soal Apoteker, tentu tidak hanya melulu tentang pembuatan obat saja. Lebih dari itu, Apoteker ternyata juga memiliki peran lain yang tak kalah pentingnya, loh! termasuk dalam hal pemberantasan obat palsu. Mengapa obat palsu?
Yah, obat palsu merupakan masalah serius yang berdampak langsung pada kesehatan masyarakat. Tidak hanya membahayakan nyawa, peredaran obat palsu juga bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap industri farmasi dan kesehatan yang selama ini terus dijaga.

Oleh karena itu, peran apoteker menjadi sangat penting dalam upaya pemberantasan obat palsu. Apoteker yang merupakan tenaga kesehatan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang obat-obatan, turut berperan aktif dalam memastikan bahwa obat-obat yang beredar adalah obat yang aman, efektif, dan asli. Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan oleh Apoteker, yang erat kaitannya dengan pemberantasan obat-obat palsu.
1. Memastikan Keaslian Obat Salah satu tanggung jawab utama seorang apoteker adalah memeriksa keaslian obat-obat yang diterima dari pemasok sebelum mendistribusikannya kepada pasien. Apoteker ini memiliki kemampuan untuk mengenali ciri-ciri obat asli, baik dari segi kemasan, label, maupun nomor izin edar-nya. Apoteker juga wajib memastikan bahwa supplier obat yang bekerja sama dengan apotek telah terdaftar secara resmi dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, dengan kata lain, obat-obatan yang biasa pasien terima dari farmasi (Apotek), sudah diperiksa dan ditinjau terlebih dahulu dalam hal keamanan dan keasliannya.
2. Meng-edukasi Masyarakat tentang Bahaya Obat Palsu Tidak hanya memeriksa kualitas dan keaslian obat aja, seorang Apoteker juga bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai obat yang di terima oleh pasien. Apoteker harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai ciri-ciri obat palsu dan pentingnya membeli obat hanya dari apotek yang resmi. Bukan tanpa alasan, di zaman yang serba canggih ini, mendapatkan obat sudah sangat mudah melalui pembelian online. Akibatnya seringkali pasien membeli obat-obatan murah dan tidak memperhatikan apakah obat tersebut memiliki ijin edar atau tidak.
Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Apoteker yang selalu mengikut perkembangan dunia farmasi. Disinilah peran Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sangat dibutuhkan. Sebagai sebuah organisasi kesehatan yang menaungi Apoteker terbesar di Indonesia, pafi yang beralamat web di pafi.ac.id terus memberikan pelatihan dan informasi terbaru mengenai perkembangan di dunia farmasi kepada anggotanya, termasuk upaya pemberantasan obat palsu.
3. Kerja Sama dengan Pihak Berwenang Apoteker juga berperan dalam mendukung pemerintah dan lembaga terkait dalam menindaklanjuti kasus-kasus obat palsu. Mereka sering kali menjadi sumber informasi bagi BPOM atau kepolisian dalam penyelidikan terhadap jaringan obat-obatan palsu. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, Apoteker ini akan membantu mengidentifikasi sumber distribusi obat palsu, klasifikasi bahan-bahan berbahaya yang digunakan, sampai dengan membantu proses hukumnya.


Artikel ini hanyalah simpanan cache dari url asal penulis yang berkebarangkalian sudah terlalu lama atau sudah dibuang :

https://www.vellimarwan.com/peran-apoteker-dalam-pemberantasan-obat-palsu/

Kempen Promosi dan Iklan
Kami memerlukan jasa baik anda untuk menyokong kempen pengiklanan dalam website kami. Serba sedikit anda telah membantu kami untuk mengekalkan servis percuma aggregating ini kepada semua.

Anda juga boleh memberikan sumbangan anda kepada kami dengan menghubungi kami di sini
Gua Akaun Palsu Kemudian Maki Kerajaan

Gua Akaun Palsu Kemudian Maki Kerajaan

papar berkaitan - pada 1/10/2024 - jumlah : 55 hits
Jamjuri Ardaani Terlalu banyak sebaran fahaman takfiri yang diulang ulang oleh pemilik fake account Kerajaan perlu bertindak tegas kepada pihak yang berada di sebalik pemilik fake acount ini Saya perhatikan ada kemungkinan pihak yang berada...
Terkini Pn Dah Goyang Istana Pahang Selar Berita Palsu Adik Naj

Terkini Pn Dah Goyang Istana Pahang Selar Berita Palsu Adik Naj

papar berkaitan - pada 4/10/2024 - jumlah : 66 hits
1 Pengerusi Biro Antarabangsa PKR dakwa kesepakatan anggota PN semakin longgar 2 Penolong Setiausaha Armada Bersatu nafi anjur Pidato Penerimaan Pencalonan Armada Bersatu Malaysia 3 Perdana Menteri akui usaha diplomatik sukar hentikan kekej...
Influencer Kalimantan Barat Peran Dan Dampaknya Dalam Dunia Digital

Influencer Kalimantan Barat Peran Dan Dampaknya Dalam Dunia Digital

papar berkaitan - pada 5/10/2024 - jumlah : 250 hits
BloggerBorneo com Dalam beberapa tahun terakhir peran influencer semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan dunia digital Influencer baik di tingkat lokal maupun nasional mampu mengubah cara perusahaan dan bisnis berkomunikasi d...
Joint Press Statement By Sabah And Sarawak Ngos Others Opposing The Mufti Bill

Lelaki Buta Anak Dihalau Keluarga Lepas Tukar Agama

Mufti Bill Nearly The Same As 20 Year Old Sabah Law

Rambut Wanita Disambar Api Lilin Kek Hari Jadi

Strategic Move By Azmin To Skip Bersatu Polls Say Analysts

For The Love Of Go The Inaugural Worship Moto Show Report

Resepi Sambsl Tumis Terung Dengan Ikan Bilis

Kalendar Akademik Uitm 2024 2025 Tarikh Exam Dan Cuti Semester


echo '';
10 Fakta Biodata Pelakon Fattah Amin Bekas Suami Fazura Penyanyi Lagu Wanita Terakhir Juara Hero Remaja Hero Remaja 2011 2012

10 Fakta Biodata Pelakon Fazura Bekas Isteri Fattah Amin Foto Dulu Sekarang

ABPBH 2024 Keputusan Pemenang Calon Top 5 Anugerah Bintang Popular Berita Harian 36 Siaran Live Di TV3 Tonton 11 Oktober

5 Individu Termuda Bergelar Graduan Universiti di Dunia

Info Dan Sinopsis Filem Telekinesis 2024 Arahan Syafiq Yusof Kini Di Astro First


Drama Andai Tiada Dia Lakonan Ummi Nazeera Hisyam Hamid

Cucur Udang Dan Kuah Kacang Yang Mudah Dan Sedap

Hukum Bekerja Di Bank Menyimpan Wang Di Dalamnya Dan Mengambil Pinjaman Bank

Peran Apoteker Dalam Pemberantasan Obat Palsu

Pesta Buku Usm 2024

Cara Buat Qr Code Untuk Kad Kahwin